Deskripsi Mata Kuliah
Pembahasan tentang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pada penguasaan dalam memahami konsep baca tulis braille dengan menggunakan perangkat stilus reglet dan program Mibee Braille Converter Versi 4 (MBC4). Penguasaan aplikasi teori braille untuk reading writing and arithmetic (3R) untuk pembelajaran di sekolah baik desain, pemanfaatan dan pengelolaan alat-alat tulis braille dan program Mibee Braille Converter Versi 4 (MBC4) dalam format braille. Pengembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam matematika, bahasa Indonesia, baca tulis Braille huruf Arab, dan Inggris, tusing tanda kata, tusing tanda bagian kata dan sibra untuk siswa tunanetra. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.
CPMK
- Menguasai konsep braille berbasis ICT, sejarah dan aplikasi teori braille berbasis ICT dalam proses pembelajaran di sekolah
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi perangkat keras dan lunak berbasis ICT yang digunakan dalam pembelajaran Braille (misalnya: embosser Braille, Braille display, screen reader, aplikasi Braille digital).
- Mahasiswa mampu mengoperasikan perangkat dan aplikasi berbasis ICT untuk membaca dan menulis Braille secara efektif.
- Mahasiswa mampu merancang dan mengimplementasikan strategi pembelajaran Braille berbasis ICT yang sesuai dengan karakteristik peserta didik tunanetra.
- Mahasiswa mampu mengevaluasi efektivitas penggunaan media dan teknologi ICT dalam pembelajaran Braille di kelas reguler maupun inklusif.