Deskripsi Mata Kuliah
Kajian terhadap model-model pembelajaran inovatif yang berbasis siswa aktif baik secara konseptual maupun data empiris yang menunjangnya.
Model pembelajaran yang dikaji meliputi inquiry learning, discovery learning, kooperatif learning, problem base learning, proyect base learning, dan pembelajaran berbasis TPACK. Pengkajian dilakukan melalui diskusi, chapter report, dan evaluasi terhadap pembelajaran real dari berbagai media online. Aktivitas perkuliahan bermuara pada menghasilkan ide menyusun perencanaan pembelajaran inovatif sebagai bentuk solusi untuk masalah yang teridentifikasi.
CPMK
- Mampu mengembangkan konsep Pendidikan Biologi dan teknologi Pendidikan Biologi untuk mengatasi permasalahan melalui penelitian inovatif atau kinerja ilmiah.
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, dalam bidang Pendidikan Biologi, sertamenyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
- Mengembangkan konsep bioecopreunership dalam bidang Pendidikan Biologi untuk menunjang kemandirian masyarakat menuju era RevolusiIndustri 5.0.
- Mampu menyelesaikan masalah pembelajaran atau pendidikan Biologi dengan mengembangkan model atau program pendidikan berbasis HOTS dan TPACK yang bermanfaat bagi masyarakat dan ilmu Pendidikan.
- Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya dengan memperhatikan etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya, dan mampu mewujudkan karakter iman,cerdas,mandiri, jujur,peduli dan tangguh dalam perilaku keseharian.