•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Nihon Shakai To Bunka

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Kajian tentang struktur, konsep, budaya dan perkembangan masyarakat Jepang. Kajian meliputi teori penggolongan Pranata Kebudayaan berdasarkan 8 kebutuhan hidup manusia (Koentjaraningrat, 1994: 14-17). 日本文化と社会Nihon Shakai to Bunka merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayan Jepang mulai dari pakaian, budaya, perayaan, pakaian dll (dan juga sedikitmenyinggung pola pikir orang Jepang). Mata kuliah ini hanya mempelajarinya untuk mengenal budaya Jepang secara umum. Sehingga, kita dapat memahami perbedaan budaya dankebiasaan masyarakat Jepang dengan Indonesia (secara umum). Alasan yang paling utama kita mempelajari 日本文化と社会Nihon Shakai to Bunka ini, adalah sebagai awalan untuk memahami Jepang secara keseluruhan. Sebagai pancinganuntuk lebih menjelajah dan mendalami apa pun Jepang. Terutama pola pikir manusia Jepang yang berhubungan dengan bahasanya. Karena mempelajari sebuah bahasa tidak lepas dari budaya yang menjadi latar belakang untuk memahami bahasanya. Harapan ke depannya, dengan belajar日本文化と社会Nihon Shakai to Bunka ini untuk bisa membuka pintu gerbang memahami norma yang harus ditaati ketika berhadapanlangsung dengan masyarakat Jepang. Misal, jika ada kesempatan tinggal atau pun pergi ke Jepang, agar tidak sampai salah dalam mengambil tingkah laku. 日本文化と社会Nihon Shakai to Bunka merupakan ilmu yang mempelajari tentang kebudayan Jepang mulai dari pakaian, budaya, perayaan, pakaian dll (dan juga sedikitmenyinggung pola pikir orang Jepang). Mata kuliah ini hanya mempelajarinya untuk mengenal budaya Jepang secara umum. Sehingga, kita dapat memahami perbedaan budaya dankebiasaan masyarakat Jepang dengan Indonesia (secara umum). Alasan yang paling utama kita mempelajari 日本文化と社会Nihon Shakai to Bunka ini, adalah sebagai awalan untuk memahami Jepang secara keseluruhan. Sebagai pancinganuntuk lebih menjelajah dan mendalami apa pun Jepang. Terutama pola pikir manusia Jepang yang berhubungan dengan bahasanya. Karena mempelajari sebuah bahasa tidak lepas dari budaya yang menjadi latar belakang untuk memahami bahasanya. Harapan ke depannya, dengan belajar日本文化と社会Nihon Shakai to Bunka ini untuk bisa membuka pintu gerbang memahami norma yang harus ditaati ketika berhadapanlangsung dengan masyarakat Jepang. Misal, jika ada kesempatan tinggal atau pun pergi ke Jepang, agar tidak sampai salah dalam mengambil tingkah laku. Penggolongan tersebut adalah sebagai berikut: Domestic Institutisions : pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan. Misalnya, pelamaran, perkawinan, perceraian, pengasuhan anak, dan lain lain. Economic Institusions : pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk pencarian hidup, memproduksi, menimbun dan mendistribusikan harta benda. Misalnya, pertanian, perternakan, pemburuan, feodalisme, industri, dan lain lain Educational Institusions : pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan penerangan dan pendidikan manusia supaya menjadi anggota masyarakat yang berguna. Misalnya, pengasuhan anak, pendidikan dan pengajaran, pendidikan keagamaan, perpustakaan, dan lain lain. Scientific Institusions : pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia, menyelami alam semesta. Misalnya, penelitian, metodik ilmiah, perkembangan IPTEKS dan lain lain. Aesthetic and Recreational Institusions : pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk menyatakan rasa keindahannya dan untuk rekreasi. Misalnya, seni rupa, seni suara, seni gerak, seni drama, kesusasteraan, sport, perayaan, festival dan lain lain. Religious Institusions : pranata yang memenuhi kebutuhan manusia yang berhubungan dengan Tuhan atau alam gaib. Misalnya, tempat ibadah, doa, penyiaran agama, ilmu gaib dan lain lain. Political Institusions : pranata yang betujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok secara besar-besaran atau kehidupan bernegara. Misalnya, pemerintahan, demokrasi, kehakiman, politik, ketentaraan, kepolisian, dan lain lain. Somatic Institusions : pranata yang mengurus kebutuhan jasmaniah dari manusia. Misalnya, pemeliharaan kecantikan, pemeliharaan kesehatan, perkembangan ilmu kedokteran, dan lain lain.

CPMK

  • mahasiswa mampu memahami

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    1. Pengkondisan kelas, mengenai budaya Jepang
    • Date  28 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    2. Siklus 1: Memahami Budaya Jepang Serta Memahami Dampak Pengetahuan Budaya Dalam Kehidupan Sosial (pemantik: media sosial)
    • Date  4 September 2023

  • Pertemuan 3
    3. Siklus 1:レジュメ作り(下書き):ポスターのたまご
    • Date  11 September 2023

  • Pertemuan 4
    4. Siklus 1:ポスターの下書き(先生との個人的な面談)
    • Date  18 September 2023

  • Pertemuan 5
    5. Siklus 1:出来上がりのポスターを印刷し、ポスターの展示(Tugas 評価)
    • Date  25 September 2023

  • Pertemuan 6
    6. Siklus 1:クラスからのコメント(partisipasi 評価)
    • Date  2 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    7. Siklus 1の発表 (中間テスト)
    • Date  9 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    8. Siklus 2: Memahami Budaya Jepang Serta Memahami Dampak Pengetahuan Budaya Dalam Kehidupan Sosial (pemantik: media sosial)
    • Date  16 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    9. Siklus 2:レジュメ作り(下書き):ポスターのたまご
    • Date  23 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    10. Siklus 2:ポスターの下書き(先生との個人的な面談)
    • Date  30 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    11. Siklus 2:出来上がりのポスターを印刷し、ポスターの展示(Tugas 評価)
    • Date  6 November 2023

  • Pertemuan 12
    Melakukan finalisasi pada topik yang telah disepakati.
    • Date  13 November 2023

  • Pertemuan 13
    13. Siklus 2の発表(中間テスト)
    • Date  20 November 2023

  • Pertemuan 14
    中間試験
    • Date  27 November 2023

  • Pertemuan 15
    15. レポート1 (期末試験)
    • Date  4 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    16. レポート2 (期末試験)
    • Date  11 Desember 2023

Dosen

PARASTUTI
PARASTUTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Jepang
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10