CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-5 Menguasai filosofi ilmu ekonomi yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan baru pada bidang pendidikan ekonomi yang logis, kritis, dan inovatif dengan mengedepankan nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.
CPL-6 Menguasai filosofi perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas sehingga mampu mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran ekonomi yang original, inovatif, efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS.
CPL-7 Menguasai metodologi penelitian untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di bidang pendidikan ekonomi melalui riset atau penciptaan karya kreatif, original, dan teruji dengan pendekatan inter, multi dan transdisipliner dengan penuh tanggung jawab sesuai kaidah dan etika ilmiah.
CPL-8 Menguasai filosofi teori manajerial serta mengembangkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi dengan penuh tanggung jawab serta menjunjung nilai-nilai budaya lokal, nasional dan global.
CPMK
CPMK-1 CPMK 1 Menganalisis Teori Mikroekonomi Lanjut: 1. Sub CPMK 1.1: Mahasiswa mampu menjelaskan teori permintaan dan penawaran dengan pendekatan matematis yang lebih kompleks. 2. Sub CPMK 1.2: Mahasiswa mampu menganalisis konsep elastisitas dalam berbagai konteks ekonomi. 3. Sub CPMK 1.3: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan teori produksi dan biaya dengan menggunakan model-model ekonomi yang lebih maju.
CPMK-2 CPMK 2 Menganalisis Pasar dan Struktur Pasar: 4. Sub CPMK 2.1: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisis berbagai bentuk struktur pasar (persaingan sempurna, monopoli, oligopoli, dan monopsoni). 5. Sub CPMK 2.2: Mahasiswa mampu menganalisis perilaku produsen dan konsumen dalam berbagai struktur pasar menggunakan pendekatan kuantitatif. 6. Sub CPMK 2.3: Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan konsep game theory dalam konteks persaingan oligopolistik.
CPMK-3 CPMK 3 Mengevaluasi Ekonomi Kesejahteraan dan Kegagalan Pasar: 7. Sub CPMK 3.1: Mahasiswa mampu menganalisis konsep kesejahteraan ekonomi dan kriteria Pareto dalam distribusi sumber daya. 8. Sub CPMK 3.2: Mahasiswa mampu mengidentifikasi penyebab dan dampak kegagalan pasar, serta mampu merumuskan solusi kebijakan untuk mengatasinya. 9. Sub CPMK 3.3: Mahasiswa mampu memahami konsep eksternalitas dan barang publik serta implikasinya terhadap kebijakan ekonomi.
CPMK-4 CPMK 4 Menganalisis Teori Pilihan dan Perilaku Konsumen: 10. Sub CPMK 4.1: Mahasiswa mampu menjelaskan teori utilitas dan kurva indiferens dalam analisis perilaku konsumen. 11. Sub CPMK 4.2: Mahasiswa mampu menganalisis keputusan konsumsi dalam kondisi ketidakpastian dan risiko. 12. Sub CPMK 4.3: Mahasiswa mampu menerapkan teori preferensi terungkap (revealed
CPMK-5 CPMK 5 Menerapkan Teori Mikroekonomi dalam Konteks Terapan 13. Sub CPMK 5.1: Mahasiswa mampu menerapkan teori mikroekonomi dalam konteks kebijakan publik dan analisis pasar tenaga kerja. 14. Sub CPMK 5.2: Mahasiswa mampu merancang dan melakukan penelitian mikroekonomi dengan menggunakan data empiris: 15. Sub CPMK 5.3: Mahasiswa mampu menyusun kebijakan ekonomi mikro yang inovatif berdasarkan hasil penelitian.
CPMK-6 CPMK 6 Mengkritisi dan Mengembangkan Teori Mikroekonomi: 16. Sub CPMK 6.1: Mahasiswa mampu mengkritisi dan mengevaluasi berbagai teori mikroekonomi klasik dan kontemporer. 17. Sub CPMK 6.2: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengembangkan pendekatan-pendekatan baru dalam analisis mikroekonomi. 18. Sub CPMK 6.3: Mahasiswa mampu berkontribusi dalam pengembangan teori mikroekonomi melalui kajian ilmiah yang mendalam.