|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Bahasa dan Seni
Program Studi S1 Sastra Inggris
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Web Desa Wisata |
7920204338 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=6.36 |
5 |
22 November 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Ali Mustofa, S.S., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Memahami konsep dasar pengembangan web dan implementasinya dalam sektor pariwisata, khususnya untuk desa wisata.
|
PO - 2 |
Mampu merancang dan mengembangkan situs web yang menarik dan efektif untuk mempromosikan destinasi wisata desa.
|
PO - 3 |
Menguasai teknik digital marketing dan SEO untuk meningkatkan visibilitas situs web desa wisata.
|
PO - 4 |
Mengaplikasikan keterampilan teknis dalam desain web untuk menghasilkan tampilan dan pengalaman pengguna yang optimal.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PO-1 | | ✔ | | PO-2 | | | ✔ | PO-3 | ✔ | | | PO-4 | | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | ✔ | ✔ | ✔ | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai konsep, perancangan, dan pengembangan situs web yang efektif bagi desa wisata. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana membuat web desa wisata yang menarik dan informatif, yang dapat meningkatkan promosi dan daya tarik pariwisata lokal. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek desain web, optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran digital, serta bagaimana mengintegrasikan konten multimedia seperti gambar, video, dan teks untuk menyampaikan informasi yang jelas kepada pengunjung situs. Pembelajaran dilakukan melalui presentasi, diskusi, tugas proyek, dan penilaian akhir berupa proyek pengembangan web. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Krug, Steve. 2014. Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability.
- Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice.
- Kumar, Nitin, & Kumar, Dinesh. 2018. Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability & Science of Customer Centricity.
- Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar pengembangan situs web dan perannya dalam promosi pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dari situs web yang efektif |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengenali komponen penting seperti navigasi, konten, dan desain visual Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: prinsip user-friendly dalam desain web Pustaka: Krug, Steve. 2014. Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability. |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar pengembangan situs web dan perannya dalam promosi pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dari situs web yang efektif |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengenali komponen penting seperti navigasi, konten, dan desain visual Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: prinsip user-friendly dalam desain web Pustaka: Krug, Steve. 2014. Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability. |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar pengembangan situs web dan perannya dalam promosi pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dari situs web yang efektif |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengenali komponen penting seperti navigasi, konten, dan desain visual Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: prinsip user-friendly dalam desain web Pustaka: Krug, Steve. 2014. Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability. |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip dasar pengembangan situs web dan perannya dalam promosi pariwisata desa. |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi komponen utama dari situs web yang efektif |
Kriteria:
Ketepatan dalam mengenali komponen penting seperti navigasi, konten, dan desain visual Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: prinsip user-friendly dalam desain web Pustaka: Krug, Steve. 2014. Don't Make Me Think, Revisited: A Common Sense Approach to Web Usability. |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa dapat merancang layout web yang responsif dan user-friendly untuk desa wisata. |
Mahasiswa mampu membuat sketsa layout web desa wisata yang menarik dan mudah digunakan. |
Kriteria:
Kesesuaian sketsa layout dengan prinsip user-friendly dan estetika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: strategi pemasaran digital dan SEO Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa dapat merancang layout web yang responsif dan user-friendly untuk desa wisata. |
Mahasiswa mampu membuat sketsa layout web desa wisata yang menarik dan mudah digunakan. |
Kriteria:
Kesesuaian sketsa layout dengan prinsip user-friendly dan estetika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: strategi pemasaran digital dan SEO Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa dapat merancang layout web yang responsif dan user-friendly untuk desa wisata. |
Mahasiswa mampu membuat sketsa layout web desa wisata yang menarik dan mudah digunakan. |
Kriteria:
Kesesuaian sketsa layout dengan prinsip user-friendly dan estetika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: strategi pemasaran digital dan SEO Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
8
Minggu ke 8 |
Mahasiswa dapat merancang layout web yang responsif dan user-friendly untuk desa wisata. |
Mahasiswa mampu membuat sketsa layout web desa wisata yang menarik dan mudah digunakan. |
Kriteria:
Kesesuaian sketsa layout dengan prinsip user-friendly dan estetika. Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: strategi pemasaran digital dan SEO Pustaka: Chaffey, Dave, & Ellis-Chadwick, Fiona. 2019. Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. |
5% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu mengoptimalkan situs web desa wisata dengan teknik SEO dan strategi pemasaran digital. |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik SEO dasar pada konten web |
Kriteria:
Keberhasilan optimasi SEO dalam meningkatkan ranking situs di mesin pencari Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: mengoptimalkan web menggunakan analisis pengunjung Pustaka: Kumar, Nitin, & Kumar, Dinesh. 2018. Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability & Science of Customer Centricity. |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengoptimalkan situs web desa wisata dengan teknik SEO dan strategi pemasaran digital. |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik SEO dasar pada konten web |
Kriteria:
Keberhasilan optimasi SEO dalam meningkatkan ranking situs di mesin pencari Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: mengoptimalkan web menggunakan analisis pengunjung Pustaka: Kumar, Nitin, & Kumar, Dinesh. 2018. Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability & Science of Customer Centricity. |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu mengoptimalkan situs web desa wisata dengan teknik SEO dan strategi pemasaran digital. |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik SEO dasar pada konten web |
Kriteria:
Keberhasilan optimasi SEO dalam meningkatkan ranking situs di mesin pencari Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: mengoptimalkan web menggunakan analisis pengunjung Pustaka: Kumar, Nitin, & Kumar, Dinesh. 2018. Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability & Science of Customer Centricity. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa mampu mengoptimalkan situs web desa wisata dengan teknik SEO dan strategi pemasaran digital. |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik SEO dasar pada konten web |
Kriteria:
Keberhasilan optimasi SEO dalam meningkatkan ranking situs di mesin pencari Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: mengoptimalkan web menggunakan analisis pengunjung Pustaka: Kumar, Nitin, & Kumar, Dinesh. 2018. Web Analytics 2.0: The Art of Online Accountability & Science of Customer Centricity. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi multimedia dalam pengembangan web desa wisata. |
Mahasiswa mampu mengedit dan mengunggah konten multimedia (gambar, video) ke situs web |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman dasar HTML dan CSS Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi multimedia dalam pengembangan web desa wisata. |
Mahasiswa mampu mengedit dan mengunggah konten multimedia (gambar, video) ke situs web |
Kriteria:
5 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman dasar HTML dan CSS Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mahasiswa dapat memanfaatkan teknologi multimedia dalam pengembangan web desa wisata. |
Mahasiswa dapat membuat galeri multimedia yang menarik untuk promosi desa wisata. |
Kriteria:
10 Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
|
Materi: pemahaman dasar HTML dan CSS Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites Materi: galeri multimedia Pustaka: Duckett, Jon. 2014. HTML and CSS: Design and Build Websites |
10% |
16
Minggu ke 16 |
|
Mahasiswa akan mengembangkan sebuah situs web untuk promosi desa wisata secara mandiri. |
Kriteria:
- Pengembangan Situs Web Desa Wisata
- Presentasi Proyek Web
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Praktik / Unjuk Kerja |
Luring 4 X 50 |
Daring
|
|
15% |