Kajian berbagai aspek yang terkait dengan ontologi, epistimologi, aksiologi, dan estetika Matematika dan Pendidikaan matematika yang meliputi konsepfilsafatilmu, kedudukan filosofi matematika, pendidikan, dan pendidikan matematika, pemikiran filosofi matematika menurut pandangan realisme (platonisme, Arstitelesion), logisisme, formalisme, intuisionisme, konstruktivisme, finitisme, strukturalisme, teori-teori embodied, dan fiksionalisme, pemikiran filosofi pendidikan menurut pandangan realisme, skolastisisme, pragmatisme, analisisme, eksistensialisme, teori kritis, perenialisme, esesnsialisme, rekonstruksionisme sosial, demokratisme, dan progresivisme, pemikiran filosofi pendidikan matematika dalam hal status pendidikan matematika dan bidang ilmu lain, pengajaran matematika, belajar matematika, berbagai tujuan pendidikan menurut pandangan otoriter, pragmatis industri, humanisme, pendidik progresif, dan pendidik umum, teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan enaktivisme, serta estetika matematika. Perkuliahan berbasis RPS-OBE dengan memberi kebebasan mahasiswa untuk melatih berpikir kritis, aktif, inovatif, dan kolaboratif, dengan memfokus pada penugasan individual, diskusi kelompok dan presentasi.