|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S3 Manajemen Pendidikan
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Analisis Sistem Pengelolaan Pendidikan (PAUD, Dikdasmen, dan Dikti) |
8603104946 |
|
T=4 |
P=0 |
ECTS=10.08 |
2 |
4 Desember 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
.......................................
|
.......................................
|
Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-1 |
Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-5 |
Mengembangkan teori/konsepsi/gagasan baru substansi Manajemen Pendidikan melalui pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah. |
PLO-7 |
Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis dan mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui perencanaan strategik yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan (konsultan) |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menginternalisasikan karakter "cerdas, inovatif, berakhlak mulia, mandiri, peduli, beretika akademik dan berkomitmen mengembangkan ide-ide baru sesuai dengan peran dan fungsi yang diemban di dalam maupun di luar lingkungan kerja, maupun dalam kontek bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
PO - 2 |
Memiliki pengetahuan pada tingkat advance tentang substansi inti dan ekstensi manajemen pendidikan, organisasi pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan pengambilan keputusan, supervisi Pendidikan, dan kebijakan pendidikan untuk menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji
|
PO - 3 |
Mampu menghasilkan novelty perkembangan manajemen pendidikan, organisasi pendidikan kepemimpinan pendidikan dan pengambilan keputusan supervisi Pendidikan, kebijakan pendidikan melalui pengembangan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin.
|
PO - 4 |
Mampu melakukan advokasi kepada masyarakat dengan ide dan argumen teknis secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pendidikan yang adaptable.
|
PO - 5 |
Mampu merancang program dan strategi transformasi organisasi pendidikan melalui perencanaan strategik yang futuristik, visible, flexible, dan relevan dengan dinamika perkembangan pendidikan, konteks dan kebutuhan masyarakat
|
PO - 6 |
Mampu mengembangkan mutu kerjasama dengan stakeholders lembaga serta mempromosikan lembaga pendidikan dan atau organisasi lainya dengan memperhatikan area kunci lingkungan masyarakat melalui proses identifikasi dan interpertasi yang didasarkan pada data dengan memanfaatkan Management Information Systems (MIS).
|
PO - 7 |
Mampu merancang blueprint, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan menjabarkan konsep pembelajaran (pedagogik, andragogik, paragogik, heutagogik) pada peranan administrator pendidikan serta mampu melakukan validasi akademik bidang manajemen pendidikan secara efektif
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-1 | PLO-2 | PLO-3 | PLO-4 | PLO-5 | PLO-7 | PO-1 | | | | | | | PO-2 | | | | | | | PO-3 | | | | | | | PO-4 | | | | | | | PO-5 | | | | | | | PO-6 | | | | | | | PO-7 | | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-5 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-6 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-7 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang teori, konsep, dan teknik dalam analisis dan pengelolaan sistem pendidikan. Mahasiswa akan memproyeksikan berbagai aspek pengelolaan pendidikan, termasuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi sistem pendidikan di berbagai tingkat. Mata kuliah ini juga mencakup analisis kritis terhadap kebijakan dan praktik pengelolaan pendidikan yang ada, serta identifikasi peluang untuk perbaikan dan inovasi. Luaran dari mata kuliah ini adalah mahasiswa diharapkan mampu menyusun naskah akademik dan laporan kajian program atau kebijakan, yang mencerminkan analisis kritis terhadap kebijakan dan praktik pengelolaan pendidikan, serta identifikasi peluang untuk perbaikan dan inovasi. |
Pustaka
|
Utama : |
|
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
|
|
|
|
|
0% |
2
Minggu ke 2 |
|
|
|
|
|
|
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
|
|
|
|
|
0% |
4
Minggu ke 4 |
|
|
|
|
|
|
0% |
5
Minggu ke 5 |
|
|
|
|
|
|
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
|
|
|
|
|
0% |
7
Minggu ke 7 |
|
|
|
|
|
|
0% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
|
|
|
|
0% |
9
Minggu ke 9 |
|
|
|
|
|
|
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
|
|
|
|
|
0% |
11
Minggu ke 11 |
|
|
|
|
|
|
0% |
12
Minggu ke 12 |
|
|
|
|
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
|
|
|
|
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
|
|
|
|
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
|
|
|
|
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
|
|
|
|
|
|
0% |