•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan STEAM

Program Studi S2 Pendidikan Sains UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini fokus pada pemahaman dan pengetahuan peserta didik mengenai science, technology, engineering, art, dan mathematics dapat meningkat, sehingga pemahaman tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dan membuat suatu keputusan untuk kemajuan manusia. Mata kuliah ini menggunakan dua pendekatan, berbasis proyek dan berbasis masalah dengan penekanan Project Based Learning. Di pertengahan semester awal, mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi permasalahan di masyarakat secara kritis, mencari dan menawarkan solusi atas permasalahan tersebut dengan mengintegrasikan komponen pengetahuan STEAM dalam konteks pembelajaran. Di tengah semester terakhir, pola pengintegrasian yang telah mereka alami akan mereka gunakan untuk merancang desain aktivitas STEAM yang sederhana untuk peserta didik.

CPMK

  • CPMK 1. Mendesripsikan karakteristik proyek-proyek berbasis STEAM.
  • CPMK 2. Menemukenali permasalahan di masyarakat terkait proyek-proyek berbasis STEAM.
  • CPMK 3. Merancang (merencanakan dan menyusun jadwal) proyek STEAM.
  • CPMK 4. Mengembangkan instrumen terkait proyek STEAM.
  • CPMK 5. Mengembangkan desain (material) pembelajaran di berbasis STEAM.
  • CPMK 6. Mengevaluasi desain pembelajaran di berbasis STEAM.
  • CPMK 7. Mendesain draf perlindungan hukum (hak cipta) terkait instrumen dan/atau material pembelajaran di berbasis STEAM
  • CPMK 8. Mendesain material pembelajaran dan instrumen penelitian terkait proyek STEAM yang dikembangkan
  • CPMK 9. Mengimplementasi proyek STEAM dalam pembelaran skala mikro (kelas terbatas)
  • CPMK 10. Menganalisis data hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 11. Mengomunikasikan secara oral/lisan untuk hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 12. Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 13. Mengevaluasi draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 14. Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 15. Mendeseminasikan (submit) draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 16. Merefleksikan dan mendesain tindak lanjut pembelajaran STEAM.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Karakteristik proyek-proyek berbasis STEAM.
    • Date  31 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Permasalahan di masyarakat terkait proyek-proyek berbasis STEAM.
    • Date  7 September 2023

  • Pertemuan 3
    Merancang (merencanakan dan menyusun jadwal) proyek STEAM.
    • Date  14 September 2023

  • Pertemuan 4
    Instrumen terkait proyek STEAM.
    • Date  21 September 2023

  • Pertemuan 5
    Desain (material) pembelajaran di berbasis STEAM.
    • Date  28 September 2023

  • Pertemuan 6
    Desain pembelajaran di berbasis STEAM.
    • Date  5 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Mendesain draf perlindungan hukum (hak cipta) terkait instrumen dan/atau material pembelajaran di berbasis STEAM
    • Date  12 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    UTS (Sub CPMK 1 sd 7)
    • Date  19 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Proyek STEAM dalam pembelaran skala mikro (kelas terbatas)
    • Date  26 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Menganalisis data hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  2 November 2023

  • Pertemuan 11
    Secara oral/lisan untuk hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  9 November 2023

  • Pertemuan 12
    Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  16 November 2023

  • Pertemuan 13
    Draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  23 November 2023

  • Pertemuan 14
    Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  30 November 2023

  • Pertemuan 15
    Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  7 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    UAS (merefleksikan dan mendesain tindak lanjut pembelajaran STEAM)
    • Date  21 Desember 2023

Pustaka

Dosen

MOHAMMAD BUDIYANTO
MOHAMMAD BUDIYANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HASAN SUBEKTI
HASAN SUBEKTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Sains
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10