•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Steam Education

Program Studi S2 Pendidikan Sains UNESA

 
Card image

Course Description

This course focuses on increasing students‘ understanding and knowledge of science, technology, engineering, art and mathematics, so that this understanding can be used to solve problems and make decisions for human progress. This course uses two approaches, project-based and problem-based with an emphasis on Project Based Learning. In the middle of the first semester, students are asked to critically identify problems in society, search for and offer solutions to these problems by integrating STEAM knowledge components in the learning context. In the middle of the last semester, they will use the integration patterns they have experienced to design simple STEAM activity designs for students.

Program Objectives (PO)

  • CPMK 1. Mendesripsikan karakteristik proyek-proyek berbasis STEAM.
  • CPMK 2. Menemukenali permasalahan di masyarakat terkait proyek-proyek berbasis STEAM.
  • CPMK 3. Merancang (merencanakan dan menyusun jadwal) proyek STEAM.
  • CPMK 4. Mengembangkan instrumen terkait proyek STEAM.
  • CPMK 5. Mengembangkan desain (material) pembelajaran di berbasis STEAM.
  • CPMK 6. Mengevaluasi desain pembelajaran di berbasis STEAM.
  • CPMK 7. Mendesain draf perlindungan hukum (hak cipta) terkait instrumen dan/atau material pembelajaran di berbasis STEAM
  • CPMK 8. Mendesain material pembelajaran dan instrumen penelitian terkait proyek STEAM yang dikembangkan
  • CPMK 9. Mengimplementasi proyek STEAM dalam pembelaran skala mikro (kelas terbatas)
  • CPMK 10. Menganalisis data hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 11. Mengomunikasikan secara oral/lisan untuk hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 12. Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 13. Mengevaluasi draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 14. Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 15. Mendeseminasikan (submit) draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
  • CPMK 16. Merefleksikan dan mendesain tindak lanjut pembelajaran STEAM.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Karakteristik proyek-proyek berbasis STEAM.
    • Date  31 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Permasalahan di masyarakat terkait proyek-proyek berbasis STEAM.
    • Date  7 September 2023

  • Pertemuan 3
    Merancang (merencanakan dan menyusun jadwal) proyek STEAM.
    • Date  14 September 2023

  • Pertemuan 4
    Instrumen terkait proyek STEAM.
    • Date  21 September 2023

  • Pertemuan 5
    Desain (material) pembelajaran di berbasis STEAM.
    • Date  28 September 2023

  • Pertemuan 6
    Desain pembelajaran di berbasis STEAM.
    • Date  5 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Mendesain draf perlindungan hukum (hak cipta) terkait instrumen dan/atau material pembelajaran di berbasis STEAM
    • Date  12 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    UTS (Sub CPMK 1 sd 7)
    • Date  19 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Proyek STEAM dalam pembelaran skala mikro (kelas terbatas)
    • Date  26 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Menganalisis data hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  2 November 2023

  • Pertemuan 11
    Secara oral/lisan untuk hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  9 November 2023

  • Pertemuan 12
    Mendesain manuskrip/artikel dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  16 November 2023

  • Pertemuan 13
    Draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  23 November 2023

  • Pertemuan 14
    Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  30 November 2023

  • Pertemuan 15
    Memfinalisasikan draf tulisan Ilmiah dari hasil implementasi proyek STEAM yang dikembangkan.
    • Date  7 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    UAS (merefleksikan dan mendesain tindak lanjut pembelajaran STEAM)
    • Date  21 Desember 2023

References

Lecturer

HASAN SUBEKTI
HASAN SUBEKTI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MOHAMMAD BUDIYANTO
MOHAMMAD BUDIYANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Sains
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10