Matakuliah ini mengaji tentang selesaian analitik PDB orde satu PDB linear orde dua dengan koefisien konstan Koefisien tak tentu dan variasi parameter selesaian deret dari PDB metode transformasi Laplace dan deret. Pembelajaran melibatkan mahasiswa secara aktif melalui diskusi kelompok kolaboratif untuk memahami, mengkonstruksi, menyelesaikan, mensimulasikan, dan menginterpretasikan penyelesaian persamaan diferensial dan terapannya. Pembelajaran dilakukan secara hybrid dengan berbantuan LMS SiDia.
CPMK
Menjelaskan pengertian dan contoh PDB serta mengklasifikasikannya.
Memodelkan fenomena nyata dalam bentuk PDB, menentukan penyelesaian dan menginterpretasikannya.
Menentukan penyelesaian deret dari PDB dengan koefisien fungsi.
Menyusun laporan hasil analisis pemodelan ke dalam bentuk PDB dan mempresentasikannya.
Mengenal bentuk-bentuk khusus PDB dan metode penyelesaiannya.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Pengertian PDB dan contohnya
Pertemuan 2
1. Menerapkan metode faktor integrasi dan metode pemisahan peubah untuk menyelesaikan PD biasa linear orde satu.
Pertemuan 3
Dan menggunakan Teorema Keujudan dan Ketunggalan Penyelesaian PDB
Pertemuan 4
Konsep PDB eksak dan menerapkan metode faktor integrasi untuk menyelesaikan PDB tak eksak.
Pertemuan 5
Konsep PDB homogen, Bernoulli, Riccati, Implisit, Clairaut, dan D'Alembert dan metode penyelesaiannya.
Pertemuan 6
Konsep PDB homogen, Bernoulli, Riccati, Implisit, Clairaut, dan D'Alembert dan metode penyelesaiannya.
Pertemuan 7
Memodelkan suatu masalah nyata dalam bentuk PD biasa ordo satu, menyelesaikan, dan menginterpretasikannya.
Pertemuan 8
UTS
Pertemuan 9
Pengertian PDB orde 2 melalui model matematika dan menyelesaikannya
Pertemuan 10
Konsep PDB orde 2 tak homogen yang dapat diselesaikan dengan metode koefisien tak tentu.
Pertemuan 11
Konsep PDB orde 2 tak homogen yang dapat diselesaikan dengan metode variasi parameter.
Pertemuan 12
Konsep PDB orde 2 tak homogen yang dapat diselesaikan dengan metode Transformasi Laplace.
Pertemuan 13
Konsep PDB orde 2 tak homogen yang dapat diselesaikan dengan metode Transformasi Laplace.
Mengaji tentang hakikat perencanaan pembelajaran, model perencanaan pembelajaran, komponen perencanaan pembelajaran (Prota, Promes, silabus, KD, KI, indikator, dan tujuan pembelajaran,materi pembelajaran, metode/pendekatan pembelajaran, media pembelajaran,
Kajian tentang teori dasar analisis kualitatif dan kuantitatif yang medukung proses, serta evaluasi hasil; analisis kualitatif yg mencakup identifikasi kation dan anion secara sistematis; analisis
Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan