•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course TEORI PENDIDIKAN KRITIS

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Teori Pendidikan Kritis membahas konsep, prinsip, dan aplikasi pendidikan kritis dalam konteks pendidikan luar sekolah, dengan menekankan peran pendidikan dalam membangun kesadaran kritis terhadap ketidakadilan sosial, ekonomi, dan politik. Mahasiswa akan mendalami sejarah dan perkembangan teori pendidikan kritis, pemikiran tokoh utama seperti Paulo Freire, Henry Giroux, dan Peter McLaren, serta kritik terhadap model pendidikan tradisional yang bersifat hegemonik. Mata kuliah ini juga mengeksplorasi metode dialogis, pedagogi pembebasan, peran media dalam reproduksi ideologi, serta strategi implementasi pendidikan kritis dalam pendidikan nonformal. Mahasiswa akan dianalisis secara mendalam melalui studi kasus, refleksi kritis, dan proyek berbasis komunitas untuk memahami bagaimana teori ini dapat diaplikasikan dalam pemberdayaan masyarakat dan transformasi sosial.

CPMK

  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang, dan menerapkan strategi pendidikan kritis dalam program pendidikan luar sekolah, dengan pendekatan dialogis dan berbasis kesadaran kritis
  • Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan teori pendidikan kritis serta menghubungkannya dengan realitas pendidikan luar sekolah dalam konteks sosial, ekonomi, dan politik.
  • Mahasiswa mampu menganalisis pemikiran tokoh utama pendidikan kritis seperti Paulo Freire, Henry Giroux, dan Peter McLaren serta relevansinya dalam pendidikan nonformal.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi model pendidikan tradisional yang bersifat hegemonik dan mengkritisinya berdasarkan prinsip pendidikan kritis.
  • Mahasiswa mampu menerapkan konsep kesadaran kritis dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan nonformal berbasis pemberdayaan masyarakat.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan metode pembelajaran berbasis dialogis dan reflektif sebagai alternatif pendidikan partisipatif di lingkungan nonformal.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk ketimpangan sosial yang direproduksi dalam sistem pendidikan serta merancang solusi berbasis pendidikan kritis.
  • Mahasiswa mampu merancang bahan ajar dan media pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kesadaran kritis dan transformasi sosial.
  • Mahasiswa mampu mengomunikasikan gagasan kritis secara sistematis dan argumentatif baik secara lisan maupun tulisan sesuai dengan norma dan etika akademik.
  • Mahasiswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk melakukan studi kasus dan proyek berbasis komunitas terkait implementasi pendidikan kritis dalam pendidikan nonformal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar pendidikan kritis dan perannya dalam pendidikan luar sekolah.
    • Date  9 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Evolusi pendidikan kritis dan tokoh-tokohnya.
    • Date  16 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Membandingkan pemikiran tokoh pendidikan kritis.
    • Date  23 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep hegemoni dalam pendidikan dan mampu mengkritisinya.
    • Date  1 Maret 2024

  • Pertemuan 5
    Merancang model pendidikan kritis berbasis pemberdayaan.
    • Date  8 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Teori dan prinsip pembelajaran dialogis dalam pendidikan kritis.
    • Date  15 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Merancang dan menerapkan metode pembelajaran dialogis dalam praktik pendidikan nonformal.
    • Date  22 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Pemahaman mereka tentang konsep-konsep utama pendidikan kritis.
    • Date  29 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan dalam pendidikan.
    • Date  5 April 2024

  • Pertemuan 10
    Merancang strategi pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  12 April 2024

  • Pertemuan 11
    Bahan ajar berbasis pendidikan kritis.
    • Date  19 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menyusun tulisan akademik berbasis pendidikan kritis.
    • Date  26 April 2024

  • Pertemuan 13
    Berkolaborasi dalam proyek pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  3 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Prinsip pendidikan kritis dalam pemberdayaan masyarakat.
    • Date  10 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Merefleksikan pengalaman belajar mereka sepanjang mata kuliah dan menghubungkannya dengan praktik profesional.
    • Date  17 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Pemahaman mereka tentang teori pendidikan kritis dan aplikasinya dalam pendidikan luar sekolah.
    • Date  24 Mei 2024

Dosen

RIVO NUGROHO
RIVO NUGROHO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SHOBRI FIRMAN SUSANTO
SHOBRI FIRMAN SUSANTO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10