•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course ETNOSAINS

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas “sains masyarakat” dan sains ilmiah, metode untuk menggali “sains mayarakat” dengan eksplorasi informasi terhadap ‘elder’ atau ‘knowledge keeper’ untuk dimaknai sebagai sains ilmiah, mengembangkannya, dan merefleksikan hasil pengembangan. Selain itu membahas tentang integrasi STEM dan Sustainable Development Goals (SDGs). Pembelajaran dilakukan dalam bentuk model Project Based Learning dengan beberapa metode studi kasus, diskusi, eksperimentasi, dan presentasi, serta membuat laporan

CPMK

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan integrasi IPA dan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA
  • Mampu menunjukkan sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain Mampu menunjukkan sikap menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di mayarakat
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas
  • Mampu menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab dalam mempelajari konsep IPA dan kegiatan laboratorium yang sesuai
  • Mampu melakukan kerja ilmiah secara terintegrasi dengan memanfaatkan IPTEK yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah di bidang IPA

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA.
    • Date  7 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA.
    • Date  14 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  21 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  28 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  7 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  14 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  21 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  28 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  4 April 2025

  • Pertemuan 10
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  11 April 2025

  • Pertemuan 11
    Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas.
    • Date  18 April 2025

  • Pertemuan 12
    Melakukan kerja ilmiah secara terintegrasi dengan memanfaatkan IPTEK yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah di bidang IPA.
    • Date  25 April 2025

  • Pertemuan 13
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA.
    • Date  2 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  9 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  16 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  23 Mei 2025

Pustaka

Dosen

AHMAD FAUZI HENDRATMOKO
AHMAD FAUZI HENDRATMOKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SITI NURUL HIDAYATI
SITI NURUL HIDAYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

FASIH BINTANG ILHAMI
FASIH BINTANG ILHAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Semester2
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10