•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Ethnoscience

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses "community science" and scientific science, methods for exploring "community science" by exploring information from ‘elders‘ or ‘knowledge keepers‘ to interpret it as scientific science, developing it, and reflecting on the results of development. Apart from that, it discusses the integration of STEM and Sustainable Development Goals (SDGs). Learning is carried out in the form of a Project Based Learning model with several case study methods, discussions, experimentation and presentations, as well as making reports

Program Objectives (PO)

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan integrasi IPA dan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA
  • Mampu menunjukkan sikap menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain Mampu menunjukkan sikap menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di mayarakat
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas
  • Mampu menunjukkan sikap jujur dan bertanggung jawab dalam mempelajari konsep IPA dan kegiatan laboratorium yang sesuai
  • Mampu melakukan kerja ilmiah secara terintegrasi dengan memanfaatkan IPTEK yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah di bidang IPA

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA.
    • Date  7 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA.
    • Date  14 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  21 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  28 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  7 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  14 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  21 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  28 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  4 April 2025

  • Pertemuan 10
    Implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  11 April 2025

  • Pertemuan 11
    Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas.
    • Date  18 April 2025

  • Pertemuan 12
    Melakukan kerja ilmiah secara terintegrasi dengan memanfaatkan IPTEK yang dapat digunakan dalam memberikan alternatif penyelesaian masalah di bidang IPA.
    • Date  25 April 2025

  • Pertemuan 13
    • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang IPA.
    • Date  2 Mei 2025

  • Pertemuan 14
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  9 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai yang sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
    • Date  16 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  23 Mei 2025

References

Lecturer

SITI NURUL HIDAYATI
SITI NURUL HIDAYATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

FASIH BINTANG ILHAMI
FASIH BINTANG ILHAMI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD FAUZI HENDRATMOKO
AHMAD FAUZI HENDRATMOKO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Semester2
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10