•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Ilmu Hara

Program Studi S1 Biologi UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini membahas tentang unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman untuk menyokong pertumbuhan tanaman yang optimal, termasuk di dalamnya pengklasifikasikannya, mekanisme penyerapan yang dilakukan oleh tanaman baik melalui akar maupun daun sampai keterlibatan unsur-unsur tersebut dalam proses-proses vital misalnya fotosintesis, metabolisme Nitrogen, dan proses-proses lainnya yang terkait dengan asimilasi unsur-unsur hara. Termasuk di dalamnya akan dibahas akibat defisiensi dan kelebihan hara bagi tumbuhan serta cara mendiagnosis defisiensi dan kelebihan hara tersebut secara praktis. Kajian terhadap simbiosis tanaman dengan mikroorganisme lain yang terkait dengan ketersediaan hara juga menjadi bahan kajian misalnya dengan Rhizobium, Mikoriza, bakteri pelarut fosfat dan mikroorganisme lainnya. Proses dekomposisi yang terjadi di dalam tanah terkait dengan ketersedian hara dan senyawa-senyawa allelokemi yang ada di tanah akibat proses tersebut juga termasuk dalam bahan kajian ini. Dalam Matakuliah ini, dipelajari juga cara-cara mengenai rhizosfer misalnya dalam kaitannya dengan lahan marginal, gradien-gradien rhizosfer dan hara yang terdapat di setiap gradien rhizosfer. Matakuliah ini disajikan dalam bentuk teori dan praktik untuk memfasilitasi berbagai keterampilan proses (minds on activity dan hands on activity) yang akan digunakan untuk memecahkan masalah dalam bidang hara tanaman dan aplikatifnya untuk menunjang tumbuhnya jiwa ecopreunership, peneliti dan quality control terkait ilmu hara. Pembelajaran dikemas dengan pendekatan student-certered learning menggunakan berbagai metode sesuai dengan karakteristik materi misalnya presentasi, diskusi, dan praktikum atau strategi pembelajaran lainnya.

CPMK

  • 1. Menerapkan dan mengkomunikasikan konsep-konsep hara tumbuhan dan interaksi organisme bagi ketersediaan hara mineral (CPL-2, CPL-3).
  • 2. Menerapkan konsep ilmu hara dalam mengatasi masalah-masalah terkait dengan hara mineral dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan identifikasi dan dikenalinya gejala-gejala defisiensi dan kelebihan hara mineral bagi tanaman (CPL-2, CPL-3).
  • 3. Memiliki jiwa ecopreneurship, peneliti atau quality control yang dapat dikembangkan dan diaplikasikan terkait dengan hara tumbuhan (CPL-7)
  • 4. Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang hara tumbuhan (CPL-9)
  • 5. Memiliki sikap mandiri, jujur, dan bertanggung jawab dengan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip ilmu hara dalam keseharian yang aman (CPL-10)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kriteria hara esensial dan mekanisme penyerapannya pada akar.
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Membedakan konsep pengangkutan melalui%2ylem dan pengangkutan melalui floem serta mendiskripsikan kaitannya terhadap hasil produksi tanaman.
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Mekanisme penyerapan hara melalui daun serta mengaplikasi-kan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Definisi, fungsi, defisiensi, dan kelebihan hara makro bagi tanaman.
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Definisi, fungsi, defisiensi, dan kelebihan hara makro bagi tanaman.
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Definisi, fungsi, defisiensi, dan kelebihan hara mikro dan hara tambahan bagi tanaman (Beneficial Mineral Element; definisi, Na, Si, Co, Se, Al, dan lainnya).
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Merancang project untuk mengidentifikasi gejala-gejala defisiensi dan kelebihan hara makro, hara mikro, dan hara tambahan pada tanaman sekitar
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    USS
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menyusun suatu rekomendasi berdasarkan hasil diagnosis terhadap gejala-gejala yang muncul pada tanaman.
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Mekanisme fiksasi nitrogen oleh Rhizobium (biological fixation Nitrogene) agar dapat menerapkan-nya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengatasi masalah kesuburan tanah.
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Peranan dan mekanisme mikoriza dan bakteri pelarut fosfat agar dapat menerapkan-nya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengatasi masalah-masalah terkait.
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Peranan dan mekanisme mikoriza dan bakteri pelarut fosfat agar dapat menerapkan-nya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengatasi masalah-masalah terkait.
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Sifat bakteri patogen tanah dan keterkaitannya dengan kesehatan tanah.
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Proses dekomposisi dan peranan allelopat terkait dengan pengendalian hayati.
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Konsep ilmu hara pada ruang lingkup rhizosphere terkait hubungan tanaman, tanah, dan mikroorganis-me.
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
    • Date  23 Mei 2024

Dosen

YUNI SRI RAHAYU
YUNI SRI RAHAYU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SARI KUSUMA DEWI
SARI KUSUMA DEWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

YULIANI
YULIANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Biologi
  • Semester6
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10