•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Nutrient Science

Program Studi S1 Biologi UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the nutrient elements needed by plants to support optimal plant growth, including their classification, absorption mechanisms carried out by plants both through roots and leaves and the involvement of these elements in vital processes such as photosynthesis, Nitrogen metabolism. , and other processes related to the assimilation of nutrients. This includes discussing the consequences of nutrient deficiencies and excesses for plants as well as how to practically diagnose these nutrient deficiencies and excesses. Studies on plant symbiosis with other microorganisms related to nutrient availability are also subject to study, for example with Rhizobium, Mycorrhiza, phosphate solubilizing bacteria and other microorganisms. The decomposition process that occurs in the soil is related to the availability of nutrients and allelochemical compounds in the soil as a result of this process is also included in this study material. In this course, methods regarding the rhizosphere are also studied, for example in relation to marginal land, rhizosphere gradients and the nutrients contained in each rhizosphere gradient. This course is presented in the form of theory and practice to facilitate various process skills (minds on activity and hands on activity) which will be used to solve problems in the field of plant nutrition and its application to support the growth of the spirit of ecopreneurship, research and quality control related to nutrient science. Learning is packaged with a student-certified learning approach using various methods according to the characteristics of the material, for example presentations, discussions, and practicums or other learning strategies.

Program Objectives (PO)

  • 1. Menerapkan dan mengkomunikasikan konsep-konsep hara tumbuhan dan interaksi organisme bagi ketersediaan hara mineral (CPL-2, CPL-3).
  • 2. Menerapkan konsep ilmu hara dalam mengatasi masalah-masalah terkait dengan hara mineral dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan identifikasi dan dikenalinya gejala-gejala defisiensi dan kelebihan hara mineral bagi tanaman (CPL-2, CPL-3).
  • 3. Memiliki jiwa ecopreneurship, peneliti atau quality control yang dapat dikembangkan dan diaplikasikan terkait dengan hara tumbuhan (CPL-7)
  • 4. Mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok dalam bidang hara tumbuhan (CPL-9)
  • 5. Memiliki sikap mandiri, jujur, dan bertanggung jawab dengan menerapkan konsep-konsep dan prinsip-prinsip ilmu hara dalam keseharian yang aman (CPL-10)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Kriteria hara esensial dan mekanisme penyerapannya pada akar.
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Membedakan konsep pengangkutan melalui%2ylem dan pengangkutan melalui floem serta mendiskripsikan kaitannya terhadap hasil produksi tanaman.
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Mekanisme penyerapan hara melalui daun serta mengaplikasi-kan konsep tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Definisi, fungsi, defisiensi, dan kelebihan hara makro bagi tanaman.
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Definisi, fungsi, defisiensi, dan kelebihan hara makro bagi tanaman.
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Definisi, fungsi, defisiensi, dan kelebihan hara mikro dan hara tambahan bagi tanaman (Beneficial Mineral Element; definisi, Na, Si, Co, Se, Al, dan lainnya).
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Merancang project untuk mengidentifikasi gejala-gejala defisiensi dan kelebihan hara makro, hara mikro, dan hara tambahan pada tanaman sekitar
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    USS
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menyusun suatu rekomendasi berdasarkan hasil diagnosis terhadap gejala-gejala yang muncul pada tanaman.
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Mekanisme fiksasi nitrogen oleh Rhizobium (biological fixation Nitrogene) agar dapat menerapkan-nya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengatasi masalah kesuburan tanah.
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Peranan dan mekanisme mikoriza dan bakteri pelarut fosfat agar dapat menerapkan-nya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengatasi masalah-masalah terkait.
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Peranan dan mekanisme mikoriza dan bakteri pelarut fosfat agar dapat menerapkan-nya dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu mengatasi masalah-masalah terkait.
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Sifat bakteri patogen tanah dan keterkaitannya dengan kesehatan tanah.
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Proses dekomposisi dan peranan allelopat terkait dengan pengendalian hayati.
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Konsep ilmu hara pada ruang lingkup rhizosphere terkait hubungan tanaman, tanah, dan mikroorganis-me.
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Evaluasi Akhir Semester / Ujian Akhir Semester
    • Date  23 Mei 2024

Lecturer

YUNI SRI RAHAYU
YUNI SRI RAHAYU
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SARI KUSUMA DEWI
SARI KUSUMA DEWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

YULIANI
YULIANI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Biologi
  • Semester6
  • Lectures3
Difficult Things About Education.
$75$10