Mata kuliah ini mengajarkan tentang interaksi antara manusia dan komputer, tentang perkembangan interaksi manusia komputer, pembuatan interface (antarmuka) yang baik di dalam pembuatan program, kecenderungan Interaksi Manusia komputer masa datang
CPL Program Studi pada MK
CPL-8 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur serta memanfaatkannya untuk menganalisa, mendokumentasikan dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk laporan yang terjamin kesahihannya.
CPL-10 Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat atau teknologi modern untuk merancang dan mewujudkan bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non fungsional secara spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah kultural, sosial, dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri.
CPMK
CPMK-1 Mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar interaksi manusia dan komputer dalam pengembangan antarmuka pengguna yang efektif dan efisien (C3)
CPMK-2 Menganalisis kebutuhan pengguna untuk menciptakan desain antarmuka yang intuitif dan responsif sesuai dengan konteks penggunaan yang beragam (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi usability dari antarmuka pengguna menggunakan metode pengujian yang sesuai untuk memastikan kualitas interaksi (C5)
CPMK-4 Menciptakan prototipe antarmuka pengguna yang inovatif berdasarkan analisis kebutuhan dan feedback pengguna (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik dan alat desain terkini dalam pengembangan antarmuka pengguna untuk memastikan integrasi yang mulus dengan teknologi backend (C3)
CPMK-6 Menganalisis interaksi pengguna dengan sistem untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah ergonomis dan kognitif (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi dan memilih teknologi yang tepat untuk implementasi antarmuka pengguna yang sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non-fungsional (C5)
CPMK-8 Menciptakan solusi inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas interaksi manusia dengan komputer melalui pendekatan multidisiplin (C6)
CPMK-9 Menerapkan metode evaluasi yang beragam untuk menguji dan memperbaiki kesalahan desain antarmuka yang dapat mengganggu pengalaman pengguna (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan mengintegrasikan aspek-aspek kultural, sosial, dan lingkungan dalam desain antarmuka untuk menciptakan produk yang inklusif dan dapat diakses oleh berbagai kalangan (C4)