•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Bahasa Indonesia

Program Studi D4 Manajemen Informatika UNESA

 
Card image

Deskripsi MataKuliah

Mata kuliah ini mempelajari tentang (1) sejarah, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia (2) membaca kritis (3) karakteristik bahasa Indonesia ilmiah (4) EyD (5) karya ilmiah (6) penulisan proposal (7) artikel dan makalah (8) penyuntingan (9) pengutipan dan daftar rujukan, dan (10) presentasi. Metode yang digunakan, yakni ceramah, diskusi, proyek, dan studi kasus.

CPMK

  • 1. Menjelaskan Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam bentuk karya 2. Mampu membaca membaca kritis dan menjelaskan fungsi dan teknik membaca kritis dalam bentuk produk 3. Memahami karakteristik bahasa Indonesia Ilmiah 4. Memahami ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf dalam penggunaan bahasa bahasa Indonesia ilmiah 5. Menjelaskan etika, dan plagiasi dalam karya ilmiah dalam bentuk produk 6. Memahami penulisan proposal, laporan, dan artikel 7. Mampu melakukan keterampilan akademis: perujukan dan pengutipan 8. Mampu menyunting tulisan karya ilmiah 9. Mampu menghasilkan karya ilmiah populer dan resmi 10. Mampu menerapkan teknik presentasi yang baik
  • 2. Mampu membaca membaca kritis dan menjelaskan fungsi dan teknik membaca kritis dalam bentuk produk
  • 3. Memahami karakteristik bahasa Indonesia Ilmiah
  • 4. Memahami ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf dalam penggunaan bahasa bahasa Indonesia ilmiah
  • 5. Menjelaskan etika, dan plagiasi dalam karya ilmiah dalam bentuk produk
  • 6. Memahami penulisan proposal, laporan, dan artikel
  • 7. Mampu melakukan keterampilan akademis: perujukan dan pengutipan
  • 8. Mampu menyunting tulisan karya ilmiah
  • 9. Mampu menghasilkan karya ilmiah populer dan resmi
  • 10. Mampu menerapkan teknik presentasi yang baik

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menjelaskan Sejarah, Kedudukan, dan Fungsi Bahasa Indonesia dalam bentuk karya/produk
  • Pertemuan 2
    Mampu membaca membaca kritis dan menjelaskan fungsi dan teknik membaca kritis dalam bentuk produk
  • Pertemuan 3
    Memahami Karakteristik bahasa Indonesia Ilmiah
  • Pertemuan 4
    Menghasilkan analisis penggunaan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf bahasa bahasa Indonesia yang disajikan dalam bentuk produk: Ejaan (4) Kalimat efektif (5) Paragraph (6)
  • Pertemuan 5
    Menghasilkan analisis penggunaan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf bahasa bahasa Indonesia yang disajikan dalam bentuk produk: Ejaan (4) Kalimat efektif (5) Paragraph (6)
  • Pertemuan 6
    Menghasilkan analisis penggunaan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf bahasa bahasa Indonesia yang disajikan dalam bentuk produk: Ejaan (4) Kalimat efektif (5) Paragraph (6)
  • Pertemuan 7
    Menghasilkan analisis penggunaan ejaan, pilihan kata, kalimat, dan paragraf bahasa bahasa Indonesia yang disajikan dalam bentuk produk: Ejaan (4) Kalimat efektif (5) Paragraph (6)
  • Pertemuan 8
    ujian tengah semester (UTS)
  • Pertemuan 9
    Memahami pengertian dan jenis karya ilmiah
  • Pertemuan 10
    Memahami Etika dan Plagiasi dalam Karya Ilmiah
  • Pertemuan 11
    Memahami penulisan proposal, laporan, dan artikel
  • Pertemuan 12
    Mampu menyusun daftar rujukan dan teknik pengutipan
  • Pertemuan 13
    Mampu menyusun daftar rujukan dan teknik pengutipan
  • Pertemuan 14
    Mampu menyunting bahasa dalam ragam ilmiah dan mendesiminasikannya
  • Pertemuan 15
    Mampu menerapkan presentasi ilmiah
  • Pertemuan 16
    UAS

Dosen

FAFI INAYATILLAH
FAFI INAYATILLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiD4 Manajemen Informatika
  • Semester1
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10