•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course design thinking & inovasi

Program Studi S1 Bisnis Digital UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memperkenalkan pemikiran desain dan penerapannya untuk mengembangkan produk, layanan, dan organisasi bisnis baru. Design Thinking adalah pendekatan interdisipliner yang berpusat pada manusia terhadap inovasi. Design Thinking bertujuan untuk membantu perusahaan besar dan kecil (misalnya startup) untuk berubah dan berinovasi. Design thinking yang dipraktikkan dalam mata kuliah ini sebagian mengikuti pendekatan IDEO yang memadukan pemikiran kreatif dan pemikiran logis atau rasional, dan melibatkan proses yang terdiri dari empati, ide, dan prototipe. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip desain, metodologi dan kerangka kerja, dan menerapkannya melalui latihan dan proyek. Mata kuliah ini dibagi menjadi empat aspek utama, semuanya saling berhubungan tetapi juga kami tekankan secara terpisah: (1) metodologi desain (misalnya proses desain, penelitian etnografi, brainstorming, pemikiran integratif, peran desain, komposisi tim), (2) "hal" yang akan dirancang (misalnya, produk, layanan, atau bisnis itu sendiri), misalnya model bisnis), (3) sikap dan perilaku manusia (terhadap desain), dan (4) konteks desain. Konteks desain mengacu pada konteks yang muncul lebih luas untuk desain dan bisnis, khususnya, masyarakat (termasuk budaya yang berbeda. user persona dan lingkungan fisik). Pembelajaran terutama akan bersifat pengalaman - melalui analisis kasus, latihan kelompok, dan proyek tim. Prototipe yang menggunakan bahan yang mudah diakses akan diharapkan dan pembicara tamu dengan pengalaman praktis dalam Design Thinking juga dapat diundang untuk mendukung pembelajaran.

CPMK

  • 1. Memahami nilai inovasi untuk organisasi, perekonomian dan masyarakat
  • 2. Menerapkan inovasi dan proses inovasi di dalam organisasi
  • 3. Memahami hubungan antara inovasi, design thinking dan kewirausahaan
  • 4. Menerapkan tahapan proses design thinking ke dalam proyek inovasi
  • 5. Menghasilkan keputusan strategis di bidang desain dan inovasi berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar design thinking
    • Date  1 September 2023
  • Pertemuan 2
    Tahap Design Thinking: Define and Research
    • Date  8 September 2023
  • Pertemuan 3
    Tahap Design Thinking: Define and Research
    • Date  15 September 2023
  • Pertemuan 4
    Tahap Design Thinking: Idea Generation
    • Date  22 September 2023
  • Pertemuan 5
    Etika Desain
    • Date  29 September 2023
  • Pertemuan 6
    Etika Desain
    • Date  6 Oktober 2023
  • Pertemuan 7
    User centric design
    • Date  13 Oktober 2023
  • Pertemuan 8
    User centric design
    • Date  20 Oktober 2023
  • Pertemuan 9
    Graphic Design Software
    • Date  27 Oktober 2023
  • Pertemuan 10
    Graphic Design Software
    • Date  3 November 2023
  • Pertemuan 11
    Tahap desain: Refinement
    • Date  10 November 2023
  • Pertemuan 12
    Tahap desain: Prototyping
    • Date  17 November 2023
  • Pertemuan 13
    Tahap desain: Prototyping
    • Date  24 November 2023
  • Pertemuan 14
    Tahap desain: Implementation
    • Date  1 Desember 2023
  • Pertemuan 15
    Hasil desain produk/layanan digital
    • Date  8 Desember 2023
  • Pertemuan 16
    Hasil desain produk/layanan digital
    • Date  15 Desember 2023

Dosen

ANITA SAFITRI
ANITA SAFITRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

IKA DYAH CANDRA ARIFAH
IKA DYAH CANDRA ARIFAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Bisnis Digital
  • Semester3
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10