Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah chujokyu dokkai ini ditujukan kepada pemelajar bahasa Jepang dengan kemampuan level menengah-lanjut guna meningkatkan penguasaan membaca beragam jenis teks dengan menggunakan teknik-teknik membaca secara intensif maupun ekstensif dengan hasil akhir mampu mengembangkan kemampuan dalam menghasilkan sebuah produk nyata dari kegiatan belajar berbasis projek dengan pemanfaatan TIK, yang mengedepankan kemahiran abad-21 (6C= communication, collaboration, critical thinking, citizenship, creativity, dan character) secara penuh tanggung jawab. Pembelajaran menerapkan metode active learning dan pembelajaran berbasis projek (PjBL). Penilaian dan pengukuran dilakukan dalam bentuk tes objektif, subjektif (afektif), dan kinerja.
CPMK
- CPMK-S3 Memiliki kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, disertai kreativitas dalam mengerjakan tugas-tugas projek yang diberikan dengan mengedepankan sikap bertanggung jawab secara individual maupun kelompok.
- CPMK-P1-1 Menguasai pengetahuan mengenai konsep dasar bahasa Jepang dalam beragam teks yang dipelajari, seperti: teks deskriptif, narasi, eksposisi, argumentatif, memo, poster, dsb. dari beragam sumber baik cetak maupun digital.
- CPMK-P1-2 Menguasai pengetahuan mengenai teknik-teknik membaca secara intensif maupun ekstensif, seperti: scanning, skimming, bottom-up, top-down, dsb guna menunjang pemahaman beragam teks yang dipelajari.
- CPMK-KK1 Mampu mengaplikasikan pengetahuan berbahasa Jepang mengenai beragam teks serta teknik-teknik membaca efektif yang telah dipelajari dalam kegiatan merencanakan, melaksanakan, mempresentasikan/mempublikasikan, maupun mengembangkan/mengevaluasi tugas projek yang diberikan baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C=communication, collaboration, critical thinking, citizenship, creativity, dan character) sehingga bermanfaat dan berdaya guna dalam kegiatan akademis maupun kehidupan nyata.
- CPMK-KU1 Mampu mengaplikasikan TIK disertai pemanfaatan beragam sumber belajar baik cetak mapun digital guna mendukung pengerjaan tugas projek berbasis 6C.