•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Chujokyu Dokkai

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang UNESA

 
Card image

Course Description

This chujokyu dokkai course is aimed at Japanese language learners with intermediate-advanced level abilities in order to improve their mastery of reading various types of texts by using intensive and extensive reading techniques with the final result being able to develop the ability to produce a real product from project-based learning activities with use of ICT, which prioritizes 21st century skills (6C = communication, collaboration, critical thinking, citizenship, creativity and character) in a responsible manner. Learning applies active learning and project-based learning (PjBL) methods. Assessment and measurement are carried out in the form of objective, subjective (affective) and performance tests.

Program Objectives (PO)

  • CPMK-S3 Memiliki kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, disertai kreativitas dalam mengerjakan tugas-tugas projek yang diberikan dengan mengedepankan sikap bertanggung jawab secara individual maupun kelompok.
  • CPMK-P1-1 Menguasai pengetahuan mengenai konsep dasar bahasa Jepang dalam beragam teks yang dipelajari, seperti: teks deskriptif, narasi, eksposisi, argumentatif, memo, poster, dsb. dari beragam sumber baik cetak maupun digital.
  • CPMK-P1-2 Menguasai pengetahuan mengenai teknik-teknik membaca secara intensif maupun ekstensif, seperti: scanning, skimming, bottom-up, top-down, dsb guna menunjang pemahaman beragam teks yang dipelajari.
  • CPMK-KK1 Mampu mengaplikasikan pengetahuan berbahasa Jepang mengenai beragam teks serta teknik-teknik membaca efektif yang telah dipelajari dalam kegiatan merencanakan, melaksanakan, mempresentasikan/mempublikasikan, maupun mengembangkan/mengevaluasi tugas projek yang diberikan baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C=communication, collaboration, critical thinking, citizenship, creativity, dan character) sehingga bermanfaat dan berdaya guna dalam kegiatan akademis maupun kehidupan nyata.
  • CPMK-KU1 Mampu mengaplikasikan TIK disertai pemanfaatan beragam sumber belajar baik cetak mapun digital guna mendukung pengerjaan tugas projek berbasis 6C.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Tujuan pembelajaran, tata aturan pelaksanaan pembelajaran, metode penilaian, dan rencana pelaksanaan pembelajaran
    • Date  28 Agustus 2023

  • Pertemuan 2
    Komponen-komponen dalam beragam jenis teks deskriptif, narasi secara intensif, yaitu: kosa kata, pola kalimat, jenis-jenis ungkapan, organisasi teks, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital. (Sub-CPMK-P1-1.1), serta mengaplikasikan pengetahuan mengenai teknik membaca scanning (Sub-CPMK-P1-2.1)
    • Date  4 September 2023

    Tugas 1
  • Pertemuan 3
    Komponen-komponen dalam beragam jenis teks eksposisi, memosecara intensif, yaitu: kosa kata, pola kalimat, jenis-jenis ungkapan, organisasi teks, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital. (Sub-CPMK-P1-1.1), serta mengaplikasikan pengetahuan mengenai teknik membaca bottom-up (Sub-CPMK-P1-2.1)
    • Date  11 September 2023

  • Pertemuan 4
    Komponen-komponen dalam beragam jenis teks pengumuman/ pemberitahuan/larangan/ himbauan/iklan dsb secara intensif, yaitu: kosa kata, pola kalimat, jenis-jenis ungkapan, organisasi teks, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital. (Sub-CPMK-P1-1.1), serta mengaplikasikan pengetahuan mengenai teknik membaca scanning dan bottom-up (Sub-CPMK-P1-2.1)
    • Date  18 September 2023

  • Pertemuan 5
    Komponen-komponen dalam beragam jenis teks deskriptif, narasi secara ekstensif, yaitu: topik, tema, gagasan/ide penulis, opini penulis, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital. (Sub-CPMK-P1-1.2), serta mengaplikasikan pengetahuan mengenai teknik membaca skimming(Sub-CPMK-P1-2.2)
    • Date  25 September 2023

  • Pertemuan 6
    Komponen-komponen dalam beragam jenis teks eksposisi, memo secara ekstensif, yaitu: topik, tema, gagasan/ide penulis, opini penulis, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital. (Sub-CPMK-P1-1.2), serta mengaplikasikan pengetahuan mengenai teknik membaca top down (Sub-CPMK-P1-2.2)
    • Date  2 Oktober 2023

  • Pertemuan 7
    Komponen-komponen dalam beragam jenis teks pengumuman/ pemberitahuan/larangan/ himbauan/iklan dsb secara ekstensif, seperti: topik, tema, gagasan/ide penulis, opini penulis, dsb dari beragam sumber baik cetak maupun digital (Sub-CPMK-P1-1.2), serta mengaplikasikan pengetahuan mengenai teknik membaca skimming dan top-down (Sub-CPMK-P1-2.2)
    • Date  9 Oktober 2023

  • Pertemuan 8
    Penyelesaian soal-soal bacaan (Sub-CPMK-P1-1.1,2 dan P1-2.1,2)
    • Date  16 Oktober 2023

  • Pertemuan 9
    Merencanakan (menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan projek) tugas projek yaitu menulis karangan berdasarkan teks yg dibaca secara baik individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C) (Sub-CPMK-KK1-1)
    • Date  23 Oktober 2023

  • Pertemuan 10
    Mempresentasikan/ mempublikasikan (menguji proses dan hasil belajar) tugas projek berupa menulis karangan dengan tema berdasarkan teks yang dibaca baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C). (Sub-CPMK-KK1-3)
    • Date  30 Oktober 2023

  • Pertemuan 11
    Merencanakan (menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan projek) tugas projek yaitu mendesain poster dengan tema berdasarkan teks yg dibaca baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C).(Sub-CPMK-KK1-1)
    • Date  6 November 2023

  • Pertemuan 12
    Mempresentasikan/ mempublikasikan (menguji proses dan hasil belajar) tugas projek berupa mendesain poster dengan tema berdasarkan teks yang dibaca baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C). (Sub-CPMK-KK1-3)
    • Date  13 November 2023

  • Pertemuan 13
    Merencanakan (menentukan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan projek) tugas projek berupa pembuatan e-buletin tematik baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C).(Sub-CPMK-KK1-1)
    • Date  20 November 2023

  • Pertemuan 14
    Mempresentasikan/ mempublikasikan (menguji proses dan hasil belajar) tugas projek berupa pembuatan e-buletin tematik baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C). (Sub-CPMK-KK1-3)
    • Date  27 November 2023

  • Pertemuan 15
    Mengevaluasi/ mengembangkan (evaluasi pengalaman) tugas projek berupa pembuatan e-buletin tematik baik secara individual maupun kelompok, dengan mengedepankan kemahiran abad-21 (6C). (Sub-CPMK-KK1-4)
    • Date  4 Desember 2023

  • Pertemuan 16
    Mempublikasikan e-buletin tematik yang telah dibuat melalui jejaring media sosial (Sub-CPMK KK1-3; KU1-2)
    • Date  11 Desember 2023

Lecturer

MINTARSIH
MINTARSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Bahasa Jepang
  • Semester5
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10