Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan kemampuan tentang konsep, hakekat dan tujuan andragogi, asumsi dan prinsip belajar orang dewasa, teori-teori belajar orang dewasa, pengorganisasian program belajar orang dewasa, pendekatan, metode, teknik dan media serta satuan pembelajaran orang dewasa melalui penjelasan, diskusi, studi kasus dan presentasi. indikator keberhasilan mata kuliah ini adalah mahasiswa memiliki pemahaman yang baik mengenai pendidikan orang dewasa dan menyadari bahwa pendidikan orang dewasa menjadi bagian dari pembelajaran sepanjang hayat. Mahasiswa diarahkan untuk memahami karakteristik belajar orang dewasa yang telah mengantongi banyak pengalaman belajar sebelumnya, sehingga mereka lebih suka jika proses belajar yang dijalankan adalah mengedepankan penghargaan akan pencapaian serta self esteem mereka. Metode dalam pembelajaran di mata kuliah andragogi menggunakan sistem ceramah, studi kasus dan kooperatif learning. Sedangkan asesmen dalam pembelajaran menggunakan tes atau ujian tengah semester dan ujian akhir semester dengan bobot masing-masing asesmen adalah 50%.