Matakuliah ini mengkaji hakekat pembelajaran matematika bagi ABK , konsep dasar matematika, implementasi pembelajaran sains bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat matematika, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti program pembelajaran matematika bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran matematika anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan pendidikan matematika anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pembelajaran matematika anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran matematika anak berkebutuhan khusus. Pada akhir mata kuliah mahasiswa mampu memanfaatkan IPTEKS untuk merancang media pembelajaran matematika bagi anak berkebutuhan khusus berbasis digital.