Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori-teori kepribadian dari pendekatan psikodinamika, pendekatan sifat, pendekatan humanistik, pendekatan kognitif, pendekatan perilaku, dan pendekatan kontemporer serta penerapannya untuk memahami perilaku dan permasalahan peserta didik (konseli) dalam konteks praktek bimbingan dan konseling di sekolah. Teori kepribadian yang dikaji dari penekatan psikodinamika adalah teori psikoanalisa dari Sigmund Freud, teori psikoanalitik dari Carl Gustaf Jung, dan teori psikologi individual dari Alfred Adler. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan sifat adalah teori sifat dari Gordon Allport dan teori tipologi dari Eysenc. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan humanistik adalah teori dari Abraham Maslow , Carl Rogers, dan Carl May. Teori kepribadian dari pendekatan kognitif yang dikaji adalah teori George Kelly. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan perilaku adalah teori B.F. Skinner, Jullian Rotter, dan Albert Bandura. Teori kepribadian yang dikaji dari pendekatan kontemporer adalah teori multikultural, teori Big Five, dan teori Suryomentaram. Perkuliahan dilaksanakan dengan menggunakan metode kombinasi dari ceramah, tanya jawab, diskusi, contoh, latihan, dan tugas rumah dan dibantu dengan menggunakan teknologi multimedia sebagai alat bantu penyampaian. Penilaian terhadap keberhasilan mahasiswa didasarkan pada nilai partisipasi dalam mengikuti perkuliahan, nilai tugas terstruktur dan tugas akhir, nilai UTS dan UAS.