Pengembangan dimensi IPS SD merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang IPS sebagai program pendidikan. Mata kuliah ini meliputi hakekat dan karakteristik pendidikan IPS, kedudukan dan peranan ilmu-ilmu sosial dalam pembelajaran IPS, muatan kompetensi dasar, materi dan tema pembelajaran IPS, dimensi pembelajaran IPS (pengetahuan, keterampilan, dan sikap), standar proses pembelajaran IPS SD, pemanfaatan media dan sumber pembelajaran IPS, penyusunan alat penilaian pembelajaran IPS SD. Mata kuliah ini dirancang melalui nuansa pembelajaran yang berorientasi proyek dan berberbasis aktivitas, pengembangan kemampuan berfikir ( High Order Thinking Skills ), menghasilkan produk/karya serta melalui kegiatan ekspositori, tanya jawab, diskusi, CTL, inkuiri, investigasi kelompok, serta berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).