Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Unesa
Study Program | : | Early Childhood Education |
Establishment Date | : | 28 September 2007 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Memiliki kemampuan pedagogis dan konseptual di bidang pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran dan manajemen di unit pendidikan anak usia dini.
- Mampu terus mengembangkan diri dalam penelitian dan mengejar pendidikan di tingkat yang lebih tinggi.
- Menyebarluaskan inovasi hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini.
Tujuan
- Memiliki kemampuan pedagogis dan konseptual di bidang pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran dan manajemen di unit pendidikan anak usia dini.
- Mampu terus mengembangkan diri dalam penelitian dan mengejar pendidikan di tingkat yang lebih tinggi.
- Menyebarluaskan inovasi hasil penelitian melalui pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini.
Nilai_dasar
- Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
- Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
- Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
- Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
- Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
- Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
Visi
Menjadi program studi unggulan dalam pendidikan anak usia dini dengan mengintegrasikan kearifan lokal dan teknologi digital yang adaptfi, inovatif, berbudaya, tangguh, dan mampu merespons tantangan globalCapaian Lulusan Program Studi Early Childhood Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Early Childhood Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik PAUD
- Memiliki kepribadian yang luhur sesuai dengan nilai budaya bangsa, agama dan profesi peningkatan.
- Mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi di masyarakat.
- Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran bagi anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan anak usia dini dalam berbagai jenjang (TPA/KB/TK/RA/SPS) dan berbagai kondisi (terluar, terdepan, dan tertinggal).
- Menguasai berbagai prinsip dan teori pendidikan anak usia dini sesuai dengan kompetensi pedagogik dan profesional.
- Mampu memperbaiki pembelajaran berdasarkan hasil analisis informasi dan data dan menemukan berbagai alternatif pemecahan permasalahan anak usia dini.
- Pengelola PAUD
Lulusan pengelola lembaga PAUD adalah individu yang memiliki pemahaman mendalam tentang perkembangan anak usia dini, keterampilan manajemen dan pengelolaan satuan PAUD, keterlibatan yang baik dengan orang tua, serta komitmen terhadap peningkatan Lembaga PAUD dan pengembangan profesional yang berkelanjutan.
Struktur Kurikulum Early Childhood Education
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM OBE 2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620702197
Science Education
2.00
8620702035
Interpersonal Communication
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8620702149
Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Aud
2.00
8620702150
Pengembangan Sosial Emosional Aud
2.00
8620703100
Development Aud
3.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8620703039
Basic Concepts Of Early Childhood Education
3.00
8620702144
Drawing Learning Aud
2.00
8620702184
Religious Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8620702206
Educator Character Aud
2.00
8620702213
English Language Development Aud
2.00
8620702153
Pengembangan Fisik Motorik Aud
2.00
8620702211
Development Of Science Learning Aud
2.00
8620702155
Problems And Guidance Aud
2.00
8620702212
Early Childhood Teaching And Learning Strategies
2.00
8620702083
Pendidikan Inklusi
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8620702214
Fine Arts Learning Development Aud
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620702215
Bermain Dan Permainan Aud
2.00
8620702025
Philosophy Of Education
2.00
8620700233
Health And Nutrition Aud
2.00
8620702151
Cognitive Development Aud
2.00
8620702147
Early Childhood Curriculum Development
2.00
8620702217
Literacy And Language Development Aud
2.00
8620702232
Statistik
2.00
8620702192
Teori Belajar
2.00
8620702080
Pendidikan Anak Dalam Keluarga
2.00
8620702176
Pendidikan Inklusif
2.00
8620702189
Education Aud Citizenship Education
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620702236
Analysis And Design Of Early Childhood Facilities
2.00
8620702234
Evaluation And Assessment Of Learning Aud
2.00
8620702203
Teaching And Learning Skills Micro
2.00
8620702239
Development Of Early Childhood Teaching Materials And Media
2.00
8620702221
Musical Arts Learning Development Aud
2.00
8620702220
Education Learning Development Dance Arts Aud
2.00
8620702238
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8620716227
Advocacy And Protection Of Early Childhood
2.00
8620704059
Metodologi Penelitian Pendidikan
4.00
8620702207
Learning Mitigation Aud
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620703240
Writing Scientific Work Early Childhood Education
3.00
8620702231
Early Childhood Learning Technology
2.00
8620702225
Music Creation Aud
2.00
8620702226
Dance Choreography Aud
2.00
8620702180
Apprenticeship
2.00
8620703222
Early Childhood
3.00
8620702237
Storytelling Aud
2.00
8620702229
Kindergarten Management Kindergarten
2.00
8620702230
Management
2.00
8620702228
Kindergarten Management
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020101
Kkn T
20.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8620702241
Seminar Proposal
2.00
8620706122
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620702197 | Science Education | 2.00 | |
8620702035 | Interpersonal Communication | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8620702149 | Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Aud | 2.00 | |
8620702150 | Pengembangan Sosial Emosional Aud | 2.00 | |
8620703100 | Development Aud | 3.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8620703039 | Basic Concepts Of Early Childhood Education | 3.00 | |
8620702144 | Drawing Learning Aud | 2.00 | |
8620702184 | Religious Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8620702206 | Educator Character Aud | 2.00 | |
8620702213 | English Language Development Aud | 2.00 | |
8620702153 | Pengembangan Fisik Motorik Aud | 2.00 | |
8620702211 | Development Of Science Learning Aud | 2.00 | |
8620702155 | Problems And Guidance Aud | 2.00 | |
8620702212 | Early Childhood Teaching And Learning Strategies | 2.00 | |
8620702083 | Pendidikan Inklusi | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8620702214 | Fine Arts Learning Development Aud | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620702215 | Bermain Dan Permainan Aud | 2.00 | |
8620702025 | Philosophy Of Education | 2.00 | |
8620700233 | Health And Nutrition Aud | 2.00 | |
8620702151 | Cognitive Development Aud | 2.00 | |
8620702147 | Early Childhood Curriculum Development | 2.00 | |
8620702217 | Literacy And Language Development Aud | 2.00 | |
8620702232 | Statistik | 2.00 | |
8620702192 | Teori Belajar | 2.00 | |
8620702080 | Pendidikan Anak Dalam Keluarga | 2.00 | |
8620702176 | Pendidikan Inklusif | 2.00 | |
8620702189 | Education Aud Citizenship Education | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620702236 | Analysis And Design Of Early Childhood Facilities | 2.00 | |
8620702234 | Evaluation And Assessment Of Learning Aud | 2.00 | |
8620702203 | Teaching And Learning Skills Micro | 2.00 | |
8620702239 | Development Of Early Childhood Teaching Materials And Media | 2.00 | |
8620702221 | Musical Arts Learning Development Aud | 2.00 | |
8620702220 | Education Learning Development Dance Arts Aud | 2.00 | |
8620702238 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8620716227 | Advocacy And Protection Of Early Childhood | 2.00 | |
8620704059 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 4.00 | |
8620702207 | Learning Mitigation Aud | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620703240 | Writing Scientific Work Early Childhood Education | 3.00 | |
8620702231 | Early Childhood Learning Technology | 2.00 | |
8620702225 | Music Creation Aud | 2.00 | |
8620702226 | Dance Choreography Aud | 2.00 | |
8620702180 | Apprenticeship | 2.00 | |
8620703222 | Early Childhood | 3.00 | |
8620702237 | Storytelling Aud | 2.00 | |
8620702229 | Kindergarten Management Kindergarten | 2.00 | |
8620702230 | Management | 2.00 | |
8620702228 | Kindergarten Management | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020101 | Kkn T | 20.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8620702241 | Seminar Proposal | 2.00 | |
8620706122 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Early Childhood Education
Universitas Negeri Surabaya
Mekanisme pemutahiran kurikulum mengacu pada Buku Pedoman Akademik dan Kurikulum MBKM Universitas Negeri Surabaya 2020 dan Standar Operasional Prosedur Pengembangan Kurikulum Nomor SOP/19/TLS-AKD/FIP-UNESA. Penyusunan kurikulum berdasarkan pada kompetensi pendukung di Program studi PG PAUD. Pengembangan kurikulum KKNI Program studi PG PAUD dilakukan dengan hasil analisis kegiatan tracer study, studi banding kurikulum, pembuatan struktur mata kuliah, penyusunan deskripsi mata kuliah, penyusunan naskah kurikulum, penyusunan RPS, sanctioning kurikulum dengan mendatangkan narasumber dan dengan melakukan uji publik kurikulum.
Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala setiap 4 tahun sekali dengan mengacu pada hasil tracer study, survei pengguna lulusan, dan audit mutu internal terhadap kurikulum. Hasil tracer study tahun 2021 terhadap alumni dan pengguna lulusan menunjukan kemampuan bahasan asing dan IPTEKS sebagai kelemahan lulusan PG PAUD, sehingga perlu dilakukan pemutahiran kurikulum yang berorientasi pada penguasan bahasa asing dan IPTEKS. Maka tidak lanjut dari hasil evaluasi adalah 1) penggunaan referensi dari jurnal bereputasi internasional, 2) dosen diwajibkan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar mata kuliah minimal 40% dari total tatap muka, 3) mengembangkan program english club sebagai upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa, 4) mendorong mahasiswa aktif dalam berbahasa inggris pada saat berdiskusi di kelas.
Hasil Audit kurikulum yang dilakukan oleh Auditor dari Gugus Penjaminan Mutu (GPM) tingkat fakultas. Hasil Audit Kurikulum menunjukkan belum adanya kesesuaian struktur RPS OBE yang sesuai pedoman kurikulum OBE. Tindak lanjut kegiatan ini adalah menyusun hal-hal krusial menyangkut pemutakhiran format RPS OBE serta ditindaklanjuti sesuai dengan pedoman dan prosedur yang berlaku sampai pada pembuatan RPS setiap mata kuliah.
Berdasarkan hasil tracer study dan audit mutu internal oleh GPM maka Ketua Program Studi PG PAUD membentuk Tim Pengembang Kurikulum (TPK) https://bit.ly/3Q9ZIad untuk menyesuaikan struktur RPS OBE sesuai Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Tim Pengembang Kurikulum mengacu pada hasil tracer study dengan menetapkan kompetensi pendukung lulusan mahasiswa melalui mata kuliah pilihan dengan beban studi sebanyak 12 SKS. Tahapan selanjutnya dilakukan sanctioning oleh ahli dari asosiasi APG PAUD Prof. Dr. Rachma Hasibuan, M.Kes., Dr. Rina Syafrida, M.Pd dari Universitas Singaperbangsa Karawang dan Pacific Early Childhood Education Research Association (PECERA). Sanctioning kurikulum melalui FGD dengan melibatkan alumni, pengguna lulusan, dan stakeholder dari CV. Wardhana (Perusahaan Alat Permainan Edukatif) diwakili oleh Ibu Rahmi untuk menyesuaikan kurikulum dengan tuntutan dunia kerja dan dunia industri secara global.
Tim Pengembang Kurikulum Program Studi PG PAUD juga melakukan Benchmark Kurikulum ke Universitas Kebangsaan Malaysia untuk menyesuaikan CPL Mata Kuliah dengan kebutuhan global. Hasil Benchmark Kurikulum dijadikan bahan pertimbangan Tim Pengembang Kurikulum dalam merestrukturisasi mata kuliah Program Studi PG PAUD. Kegiatan Benchmark Kurikulum sesuai dengan persiapan pengajuan akreditasi internasional ACQUIN.
Rekap PLO Program Studi Early Childhood Education
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Early Childhood Education
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Kurikulum
Landasan Yuridis
Landasan hukum yang menjadi dasar atau rujukan pada tahapan perancangan, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi, serta sistem penjaminan mutu perguruan tinggi yang akan menjamin pelaksanaan kurikulum dan tercapainya tujuan kurikulum. Berikut adalah beberapa landasan hukum yang perlu diacu dalam penyusunan dan pelaksanaan kurikulum, yaitu :
- Pancasila dan UUD 1945;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157 Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Landasan Filosofis
Landasan filsafat dalam pengembangan kurikulum adalah hasil dari pemikiran mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan kurikulum. Filsafat pendidikan berupaya memecahkan berbagai masalah pendidikan dengan menerapkan pemikiran-pemikiran filosofis. Filsafat juga menentukan arah pendidikan dan menjadi landasan nilai-nilai yang mengarahkan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu, filsafat yang dianut oleh masyarakat atau individu akan mempengaruhi pendidikan yang ingin direalisasikan (Sukirman, 2007). Landasan filsafat Kurikulum PG PAUD UNESA didasarkan pada beberapa prinsip filosofis yang mendasar. Prinsip-prinsip tersebut meliputi humanisme, konstruktivisme, keterlibatan dan pembelajaran berbasis pengalaman, keanekaragaman dan inklusi, serta kolaborasi dan komunikasi. Kurikulum ini mengakui nilai-nilai, potensi, dan keunikan setiap individu dalam upaya mengembangkan kualitas manusia secara menyeluruh. Dalam hal ini, pendidikan berfokus pada peran aktif peserta didik dalam membangun pengetahuan dan pemahaman mereka sendiri melalui interaksi dengan lingkungan dan pengalaman pribadi. Pembelajaran juga melibatkan anak-anak secara aktif dalam pengalaman nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari mereka, dengan tujuan memperdalam pemahaman dan mengembangkan keterampilan yang relevan.
Selain itu, kurikulum ini mengakui dan menghargai keanekaragaman individu dan budaya. Pendekatan inklusif diterapkan untuk memastikan bahwa semua anak, tanpa memandang latar belakang sosial, etnis, atau kondisi khusus, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Kurikulum ini juga mendorong kolaborasi dan komunikasi antara pendidik, orang tua, dan masyarakat dalam mendukung proses pembelajaran anak-anak. Kerjasama yang kuat dianggap penting dalam membangun lingkungan pendidikan yang inklusif, mendukung perkembangan anak secara menyeluruh, dan memastikan kelangsungan pendidikan yang bermakna. Dengan landasan filsafat ini, Kurikulum PG PAUD UNESA bertujuan untuk memberikan pendidikan yang holistik, inklusif, dan relevan bagi anak-anak usia dini.
Landasan Historis
Landasan historis dalam pengembangan kurikulum PG PAUD (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) UNESA (Universitas Negeri Surabaya) mencakup perkembangan sejarah pendidikan guru PAUD di universitas tersebut. Berikut adalah beberapa poin penting dalam landasan historis kurikulum PG PAUD UNESA:
- Pendirian Program Studi PG PAUD UNESA: Program Studi PG PAUD di UNESA didirikan dengan tujuan untuk melahirkan tenaga pendidik yang kompeten di bidang pendidikan anak usia dini. Pada saat pendiriannya, kurikulum yang dikembangkan berfokus pada pengembangan kemampuan pedagogis, psikologis, dan kepribadian calon guru PAUD.\
- Pencapaian Akreditasi dan Pengakuan: Melalui upaya pengembangan dan peningkatan kualitas, Program Studi PG PAUD UNESA berhasil memperoleh akreditasi yang menunjukkan pengakuan terhadap kurikulum dan program pendidikan yang diselenggarakan. Akreditasi ini menjadi landasan penting dalam memperkuat posisi PG PAUD UNESA sebagai lembaga pendidikan yang berkualitas di bidang pendidikan anak usia dini.
- Perkembangan Paradigma Pendidikan Anak Usia Dini: Selama perkembangan kurikulum PG PAUD UNESA, terjadi pergeseran paradigma dalam pendidikan anak usia dini. Dari pendekatan tradisional yang lebih berorientasi pada pembelajaran formal, perhatian beralih ke pendekatan yang lebih holistik dan bermain, dengan penekanan pada pengembangan potensi anak secara menyeluruh.
- Perubahan dalam Kebijakan Pendidikan: Dalam beberapa dekade terakhir, terjadi perubahan signifikan dalam kebijakan pendidikan anak usia dini di Indonesia. Pemerintah mengakui pentingnya pendidikan anak usia dini dan menetapkan regulasi serta pedoman yang mendukung pengembangan kurikulum PG PAUD. Landasan historis kurikulum PG PAUD UNESA mencerminkan perubahan dalam kebijakan pendidikan nasional terkait pendidikan anak usia dini.
- Perkembangan Ilmu dan Penelitian dalam Bidang PAUD: Landasan historis juga mencakup perkembangan ilmu pengetahuan dan penelitian dalam bidang pendidikan anak usia dini. Penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa PG PAUD UNESA, serta kontribusi ilmiah dari para pakar PAUD, menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum yang berorientasi pada bukti empiris dan inovasi pendidikan terkini.
Landasan historis ini mencerminkan evolusi dan perubahan dalam pengembangan kurikulum PG PAUD UNESA. Melalui pemahaman terhadap landasan historis ini, kurikulum dapat terus diperbarui dan disesuaikan dengan perkembangan terbaru dalam bidang pendidikan anak usia dini.
Landasan Psikologis
Landasan psikologis untuk Kurikulum PG PAUD UNESA didasarkan pada pemahaman bahwa kurikulum adalah program dan alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan perubahan perilaku peserta didik. Dalam mengembangkan kurikulum, asumsi-asumsi atau landasan yang berasal dari studi ilmiah bidang psikologi harus digunakan. Dua jenis psikologi yang memiliki hubungan erat dan menjadi sumber pemikiran dalam pengembangan kurikulum adalah psikologi perkembangan dan psikologi belajar. Psikologi perkembangan mempelajari perkembangan manusia beserta kecenderungan perilaku yang ditunjukkan. Sedangkan psikologi belajar adalah studi mengenai proses belajar yang dilakukan oleh manusia secara umum.
Dalam perspektif psikologi belajar, terdapat klasifikasi belajar yang meliputi: belajar berdasarkan keseluruhan, di mana belajar melibatkan seluruh individu secara holistik; belajar sebagai pembentukan kepribadian, di mana belajar tidak hanya berfokus pada pengetahuan tetapi juga pada pengembangan kepribadian; belajar berkat pemahaman, di mana pemahaman mendalam akan materi pembelajaran penting dalam proses belajar; belajar berdasarkan pengalaman, di mana pengalaman langsung memainkan peran penting dalam proses belajar; belajar sebagai proses perkembangan, di mana belajar berkontribusi pada perkembangan individu secara keseluruhan; dan belajar sebagai proses berkelanjutan, di mana belajar adalah suatu proses yang berlangsung sepanjang hayat (Sukirman, 2007).
Dengan menggunakan landasan psikologis ini, Kurikulum PG PAUD UNESA dapat dirancang dan dikembangkan dengan mempertimbangkan perkembangan individu dan prinsip-prinsip belajar yang sesuai. Psikologi perkembangan akan membantu memahami tahapan perkembangan peserta didik dalam berbagai aspek, sedangkan psikologi belajar akan membantu merancang metode pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan proses belajar peserta didik.
Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis untuk Kurikulum PG PAUD UNESA didasarkan pada dua aspek penting, yaitu norma-norma sosial atau budaya dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan dianggap sebagai proses budaya, dan individu yang akan dididik adalah makhluk yang berbudaya dan terus mengembangkan kebudayaannya. Oleh karena itu, kurikulum perlu dikembangkan berdasarkan norma-norma sosial atau budaya yang ada. Melalui pendidikan, budaya dapat diwariskan kepada generasi berikutnya, sambil berfungsi untuk mengembangkan kehidupan sosial dan budaya menuju arah yang lebih baik sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat yang berbudaya.
Namun, pendidikan juga harus menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat. Oleh karena itu, untuk menjaga keberlanjutan dan kekuatan kurikulum, pengembangannya harus didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat. Dengan mengintegrasikan elemen-elemen ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam kurikulum, maka kurikulum tersebut akan mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang, baik dari segi perkembangan sosial budaya maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Sukirman, 2007).
Dengan mempertimbangkan landasan sosiologis, Kurikulum PG PAUD UNESA dapat mengimplementasikan pendekatan yang holistik, mempertimbangkan nilai-nilai budaya dan sosial serta memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang relevan dan efektif bagi peserta didik, mempersiapkan mereka untuk berinteraksi dengan masyarakat yang berbudaya dan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved