Mata kuliah ini mengkaji tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD ditinjau dari aspek fisik, phsikis, sosial, permasalahan, dan penanganannya serta membahas juga tentang kajian neurosains dalam tumbuh kembang anak.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-8 Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini
Program Objectives (PO)
PO-1 Mahasiswa mampu memahami secara mendalam prinsip-prinsip perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta mampu mengaitkan prinsip-prinsip ini dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan.
PO-2 Mahasiswa mampu menguasai beragam strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, termasuk penggunaan pendekatan bermain, pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan media pembelajaran yang tepat.
PO-3 Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemikiran logis untuk memahami secara mendalam konsep-konsep perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta menggunakan pemikiran kritis untuk mengevaluasi berbagai teori dan penelitian terkait.
PO-4 Mahasiswa mampu menguasai berbagai teknik pengasuhan yang didukung oleh bukti ilmiah, termasuk teknik pemberian stimulasi, pemberian dukungan emosional, dan pembentukan kebiasaan yang positif.