•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Unesa

 
Study Program  :  Master Of Indonesian Language Education
Establishment Date  :  5 April 2021
Study Program Coordinator  :  Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Visi

“Unggul dalam pengembangan inovasi pendidikan bahasa Indonesia, kukuh dalam pengembangan dan penyebarluasan Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia”


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang beraksentuasi pada inovasi kependidikan bahasa Indonesia—baik  pada penutur bahasa Indonesia maupun penutur asing—serta pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada inovasi pendidikan bahasa Indonesia; pengembangan BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia 
  3. Menyebarluaskan inovasi pendidikan bahasa Indonesia, pengembangan BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia melalui pengabdian pada masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders)  yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa Indonesia, BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Menyelenggarakan pengelolaan program studi yang akademis, transparan, akuntable, dan berorientasi masa depan sehingga menjadi pusat kajian ilmiah di bidang inovasi pendidikan bahasa Indonesia, BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia

Capaian Lulusan Program Studi Master Of Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia/BIPA/bahasa dan sastra Indonesia guna kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner yang diakui secara nasional/internasional

PLO-8 Terampil mengembangkan pendidikan dan pembelajaran inovatif bahasa Indonesia dan BIPA dengan mengaplikasikan teori dan konsep pembelajaran serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mengembangkan konsep teoretis pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia serta pembelajaran BIPA dengan menerapkan pemikiran kritis, logis, sistematis, dan inovatif sesuai dengan kaidah keilmuan pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mengembangkan konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan Indonesia dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner.
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Master Of Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Master Of Indonesian Language Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa Indonesia 2024--2028

    Semester ke 1

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1234602007 Kritik Sastra Mutakhir 2.00
    8810102015 Applied Linguistics 2.00
    1234603008 Research Methodology 3.00
    8810103031 Innovative Learning For Bipa 3.00
    8810102017 Creative Literary Learning 2.00
    8810102033 Research Instrument Development 2.00
    8810102013 Curriculum Development Bipa 2.00
    1234602010 Pragmatics Education 2.00
    8810104034 Scientific Publication 4.00
    8810102018 Interdisciplinary Literature 2.00
    8810102016 Critical Discourse Analysis 2.00
    8810102014 It-Based Indonesian Language Learning Innovation 2.00
    8810102019 Gender Studies In Indonesian Language Learning Learning 2.00

    Semester ke 3

    Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah
    • Paket Matakuliah Riset (3 SKS)
    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8810104026 Field Study 4.00
    1000020155 Final Project Seminar 2.00
    Matakuliah Riset
    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8810103032 Research Proposal 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8810107035 Thesis 7.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Master Of Indonesian Language Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Evaluasi kurikulum dan tracer study di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dilakukan setiap tahun sekali. Evaluasi kurikulum pada tingkat Prodi dilakukan oleh tim kurikulum prodi. Evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum fakultas. Adapun evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum universitas.

    Rekap PLO Program Studi Master Of Indonesian Language Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
    Innovative Learning Materials and Media 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Critical Discourse Analysis 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Philosophy of Language and Literature Education 2 50% 50% 100 %
    Innovative 3 50% 50% 100 %
    Indonesian Language Learning Assessment 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Master Of Indonesian Language Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Pengembangan kurikulum Prodi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia didasari oleh landasan yuridis berikut.

    1)     Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945;

    2)    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

    3)    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; 

    4)    Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi; 

    5)    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen; 

    6)    Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Studi; 

    7)    Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia; 

    8)    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi; 

    9)    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, 

    10) Panduan Pengembangan dan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi: Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Pendidikan Berbasis Capaian

    11)  Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya.

    Selain landasan yuridis, Pengembangan kurikulum Prodi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia juga didasari oleh landasan 

     

    University Value

    Sebagai pendidikan tinggi yang pada mulanya berbentuk isnstitut kependidikan dengan tugas menyiapkan tenaga kependidikan dan mengembangkan ilmu kependidikan, tetapi selanjutnya memperoleh perluasan mandat mengembangkan ilmu murni hingga menjadi universitas, Universitas Negeri Surabaya menetapkan motto Growing with Characters. Dengan motto itu, aktivitas akademik di Unesa berupaya dan berpumpunkan pada pengembangan karakter mahasiswa sebagaimana filosofi pendidikan sebagai pengarakteran. Karakter yang dikembangkan pada para mahasiswa terumus dalam Idaman Jelita, yakni berIman, cerDAs, MANdiri, Jujur, pEduLI, dan TAngguh. Selain itu, untuk memacu segenap civitas akademika bergerak secara sinergis era kompetitif, motto kerja Unesa adalah Unesa satu langkah di depan.

     

    Filosofis

    Menurut faham determinisme, manusia adalah makhluk simbol (homo simbolicum). Manusia berbeda dengan makhluk yang lain karena mampu menciptakan dan mengunakan simbol-simbol. Tidak ada dalam hidup manusia tanpa simbol. Simbol paling sempurna yang diciptakan dan dikuasai manusia adalah bahasa. Prodi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan kelanjutan dari Prodi S-1 Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia serta Prodi S-1 Sastra Indonesia yang dikembangkan untuk mendidik para mahasiswa agar dapat menguasai bahasa sebagai simbol, baik penguasaan secara pragmatis maupun penguasaan secara teoretis. Penguasaan secara pragmatis memumpunkan arah aktivitas pembelajaran pada penciptaan inovasi pembelajaran dan BIPA, sedangkan secara teoretis memumpunkan arah aktivitas pembelajaran pada penguasaan teori-teori pendidikan, bahasa, dan sastra untuk menjadi ahli dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia. Manakala keduanya tercapai, maka para lulusan akan menjadi semakin manusiawi dengan bahasa dan sastra yang dikuasianya baik secara pragmatis maupun secara teoretis. Dengan demikian landasan filosofis kedua adalah filsafat humanisme. Segala aktivitas pendidikan bahasa dan sastra dengan kurikulum yang dikembangkan disikapi sebagai proses humanisasi, pemanusiawian manusia.

     

    Sosiologis

    Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai bagian dari Universitas Negeri Surabaya berada pada wilayah sosiologis regional Kota Surabaya, Jawa Timur. Itu berarti, dari segi bahasa dan budaya Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia bersentuhan dengan situasi berbahasa yang majemuk, yang berkaitan dengan teknologi dan cenderung terjadi di kota besar. Ditambah lagi dengan penggunaan bahasa Indonesia oleh penutur asing yang saat ini cenderung berdiam di Surabaya. Begitupun dari segi demografis, penduduk kota Surabaya, dan Jawa Timur umumnya, terdapat beragam suku, beraaneka bidangkerja. Kondisi sosiologis yang majemuk serta tidak lepas dengan perkembangan teknologi tersebut berkontribusi sebagai pertimbangan dalam pengembangan kurikulum Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia Unesa. 

     

    Historis

    Berdasarkan aspek historis, lulusan S-1 pendidikan bahasa Indonesia/sastra Indonesia yang melanjutkan studi ditampung di Prodi S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra. Adanya kebutuhan akan keselarasan dengan nomenklatur dan guna kepentingan lulusan, maka didirikan Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia, yang izinnya diterbitkan pada Februari 2021. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan pecahan dari Prodi S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra yang berkonsentrasi pada pengembangan inovasi pembelajaran serta BIPA, serta merupakan kelanjutan dari Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sastra Indonesia. Aspek sejarah tersebut serta pengembangan keilmuan pendidikan bahasa Indonesia, bahasa, dan sastra melandasi juga pengembangan kurikulum pada Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia.