Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Study Program | : | Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus) |
Establishment Date | : | 17 Juli 2023 |
Study Program Coordinator | : | Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Tahun 2035 terwujud Keilmuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui pendidikan futuristik yang berorientasi kepada Pembelajaran Inovatif Kreatif Berbasis Digital dan EdupreunerMisi
- Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Menyelenggarakan pendidikan enterpreuner teacher dengan pembelajaran inovatif kreatif berbasis digital dan edupreuner
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar
Nilai_dasar
- Integritas, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan. Ini mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusan;
- Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga);
- Keadilan dan Inklusivitas, Menekankan pentingnya keadilan dan inklusivitas dalam pengelolaan pendidikan, memastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi;
- Kreativitas dan Inovasi, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ke-SD an, baik dalam hal merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian;
- Kolaborasi dan Kerjasama, Program studi ini juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan kolaborasi, baik di antara sesama tenaga pendidik maupun dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan;
- Orientasi Kualitas, Menanamkan nilai-nilai yang mendorong mahasiswa untuk selalu berorientasi pada peningkatan kualitas dalam semua aspek pendidikan guru sekolah dasar, baik dari segi proses, output, maupun outcomes pendidikan
- Tanggung Jawab Sosial, Program ini mengajarkan pentingnya tanggung jawab sosial, di mana para lulusan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memajukan pendidikan yang berkelanjutan
- Pendidikan Berkelanjutan, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis pendidikan guru sekolah dasar, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi dalam dunia pendidikan.
Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-7 | Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif - Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. - Praktisi/Konsultan Pendidikan
Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina kegiatan ekstra kurikuler, memiliki sikap tanggung jawab dan memahami etika profesi dengan baik pada jenjang pendidikan sekolah dasar.
Struktur Kurikulum Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PGSD (Kampus Magetan) 2024-2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002177
English
2.00
8624302002
Numbers And Data Processing
2.00
1000002048
Dasar Dasar Kependidikan
2.00
8624302001
Language Studies
2.00
8624303006
Basic Concepts Of Social Science Elementary School
3.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8624302052
Character Building
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624302015
Literature Appreciation
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8624302013
Guidance In Elementary School
2.00
8624302009
Geometri Dan Pengukuran
2.00
8624303010
Konsep Dasar Ipa
3.00
8624302014
School Curriculum For Primary Schools
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8624302012
Development Elementary School Civics Teaching Materials
2.00
8624303011
Development Of Social Science Dimensions Elementary School
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624302020
Local Language
2.00
8624303017
Basic Concepts Advanced
3.00
8624303019
Thematic Learning Early Class Elementary School
3.00
8624302018
Pembelajaran Terpadu
2.00
8624302023
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8624303016
Skills Improving Indonesian Language Skills
3.00
8624302022
Innovative Learning Planning In Elementary School
2.00
8624302024
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
8624302021
Statistics
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624304032
Teaching Skills And Microlearning
4.00
8624302031
Learning Media In Elementary School
2.00
8624303030
Research Methodology
3.00
8624303026
Mathematics Learning In Elementary School
3.00
8624304028
Science Thematic Learning Advanced Classes Elementary
4.00
8624303025
Pendidikan Seni Musik
3.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8624303027
Fine Arts Education And
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624303042
Ethnoscience In
3.00
8624303040
Social Science Learning Innovation In Elementary School Civics
3.00
8624303044
School Listening And Speaking For Speaking For Primary School
3.00
8624303041
Balanced Literacy
3.00
8624303043
Pembelajaran Ipa Sd
3.00
8624302049
Learning In Elementary School
2.00
8624303038
Development Of Sports Games For Elementary
3.00
8624303037
Development Of Indonesian Language Learning In Elementary School
3.00
8624303034
Development Of Dance Arts For Children
3.00
8624303045
Reading Writing And Dictation For Primary School
3.00
8624303047
Rme Based On Ethnomathematics In Elementary School
3.00
8624303046
Steam Education In Elementary School
3.00
8624303036
Development Of Dramatic Arts For Children
3.00
8624303033
Development Of Music Arts For Children
3.00
8624303035
Fine Arts Development For Children
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8624306050
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002177 | English | 2.00 | |
8624302002 | Numbers And Data Processing | 2.00 | |
1000002048 | Dasar Dasar Kependidikan | 2.00 | |
8624302001 | Language Studies | 2.00 | |
8624303006 | Basic Concepts Of Social Science Elementary School | 3.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8624302052 | Character Building | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624302015 | Literature Appreciation | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8624302013 | Guidance In Elementary School | 2.00 | |
8624302009 | Geometri Dan Pengukuran | 2.00 | |
8624303010 | Konsep Dasar Ipa | 3.00 | |
8624302014 | School Curriculum For Primary Schools | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8624302012 | Development Elementary School Civics Teaching Materials | 2.00 | |
8624303011 | Development Of Social Science Dimensions Elementary School | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624302020 | Local Language | 2.00 | |
8624303017 | Basic Concepts Advanced | 3.00 | |
8624303019 | Thematic Learning Early Class Elementary School | 3.00 | |
8624302018 | Pembelajaran Terpadu | 2.00 | |
8624302023 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8624303016 | Skills Improving Indonesian Language Skills | 3.00 | |
8624302022 | Innovative Learning Planning In Elementary School | 2.00 | |
8624302024 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8624302021 | Statistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624304032 | Teaching Skills And Microlearning | 4.00 | |
8624302031 | Learning Media In Elementary School | 2.00 | |
8624303030 | Research Methodology | 3.00 | |
8624303026 | Mathematics Learning In Elementary School | 3.00 | |
8624304028 | Science Thematic Learning Advanced Classes Elementary | 4.00 | |
8624303025 | Pendidikan Seni Musik | 3.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8624303027 | Fine Arts Education And | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624303042 | Ethnoscience In | 3.00 | |
8624303040 | Social Science Learning Innovation In Elementary School Civics | 3.00 | |
8624303044 | School Listening And Speaking For Speaking For Primary School | 3.00 | |
8624303041 | Balanced Literacy | 3.00 | |
8624303043 | Pembelajaran Ipa Sd | 3.00 | |
8624302049 | Learning In Elementary School | 2.00 | |
8624303038 | Development Of Sports Games For Elementary | 3.00 | |
8624303037 | Development Of Indonesian Language Learning In Elementary School | 3.00 | |
8624303034 | Development Of Dance Arts For Children | 3.00 | |
8624303045 | Reading Writing And Dictation For Primary School | 3.00 | |
8624303047 | Rme Based On Ethnomathematics In Elementary School | 3.00 | |
8624303046 | Steam Education In Elementary School | 3.00 | |
8624303036 | Development Of Dramatic Arts For Children | 3.00 | |
8624303033 | Development Of Music Arts For Children | 3.00 | |
8624303035 | Fine Arts Development For Children | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624306050 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.
Rekap PLO Program Studi Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Numbers and Data Processing | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Basic Concepts of Social Science Elementary School | 3 | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||||
Language Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Character building | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of Elementary School Teacher Education (Magetan Regency Campus)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved