Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 17 Juli 2023 |
Study Program Coordinator | : | Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Tahun 2035 terwujud Keilmuan Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui pendidikan futuristik yang berorientasi kepada Pembelajaran Inovatif Kreatif Berbasis Digital dan EdupreunerMisi
- Menyelenggarakan pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Menyelenggarakan pendidikan enterpreuner teacher dengan pembelajaran inovatif kreatif berbasis digital dan edupreuner
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang berprinsip pendidikan futuristik yang adaptif terhadap perubahan, responsif terhadap perkembangan digital dan menjunjung tinggi local wisdom
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan perspektif global
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang inovatif dari hasil penelitian tentang pendidikan guru sekolah dasar
- Mengahsilkan calon pendidik yang inovatif dan kreatif berbasis digital dan edupreuner
Nilai_dasar
- Integritas dan Pancasila, Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan. Ini mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusan
- Kompetensi, Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga)
- Inklusivitas, Menekankan pentingnya inklusivitas dalam penyelenggaraan pendidikan, memastikan bahwa semua mahasiswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi
- Kreativitas dan Berjiwa Ilmiah, Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam bidang ke-SD an, baik dalam hal merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian
- Belajar sepanjang hayat, Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis pendidikan guru sekolah dasar, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi dalam dunia pendidikan
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-5 | Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-6 | Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-7 | Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-8 | Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-9 | Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-10 | Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-11 | Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif - Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar. - Praktisi/Konsultan Pendidikan
Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu mengelola dan mengevaluasi pendidikan dan pembelajaran, membina kegiatan ekstra kurikuler, memiliki sikap tanggung jawab dan memahami etika profesi dengan baik pada jenjang pendidikan sekolah dasar.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 PGSD (Kampus Magetan) 2024-2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8624302002 | NUMBERS AND DATA PROCESSING | 2.00 | |
1000002048 | DASAR DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
8624302001 | LANGUAGE STUDIES | 2.00 | |
8624303006 | BASIC CONCEPTS OF SOCIAL SCIENCE ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8624302052 | CHARACTER BUILDING | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624303011 | DEVELOPMENT OF SOCIAL SCIENCE DIMENSIONS ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624302015 | LITERATURE APPRECIATION | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8624302009 | GEOMETRI DAN PENGUKURAN | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8624303010 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8624302014 | SCHOOL CURRICULUM FOR PRIMARY SCHOOLS | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624302022 | INNOVATIVE LEARNING PLANNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624302013 | GUIDANCE IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624302024 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8624302054 | INNOVATION IN MEDIA AND TEACHING MATERIALS IN ELEMENTARY SCHOOLS | 2.00 | |
8624303017 | BASIC CONCEPTS ADVANCED | 3.00 | |
8624302004 | BASIC CONCEPTS OF CIVICS ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624302005 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
8624303025 | PENDIDIKAN SENI MUSIK | 3.00 | |
8624303027 | FINE ARTS EDUCATION AND | 3.00 | |
8624302053 | ABACUS AND FINGER MATHEMATIC | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624303037 | DEVELOPMENT OF INDONESIAN LANGUAGE LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624302020 | LOCAL LANGUAGE | 2.00 | |
8624304032 | TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING | 2.00 | |
8624303030 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8624303043 | PEMBELAJARAN IPA SD | 3.00 | |
8624303026 | MATHEMATICS LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303039 | CIVICS LEARNING ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624303046 | STEAM EDUCATION IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303038 | DEVELOPMENT OF SPORTS GAMES FOR ELEMENTARY | 3.00 | |
8624303045 | READING WRITING AND DICTATION FOR PRIMARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303042 | ETHNOSCIENCE IN | 3.00 | |
8624303040 | SOCIAL SCIENCE LEARNING INNOVATION IN ELEMENTARY SCHOOL CIVICS | 3.00 | |
8624303044 | SCHOOL LISTENING AND SPEAKING FOR SPEAKING FOR PRIMARY SCHOOL | 3.00 | |
8624303041 | BALANCED LITERACY | 3.00 | |
8624302049 | LEARNING IN ELEMENTARY SCHOOL | 2.00 | |
8624303036 | DEVELOPMENT OF DRAMATIC ARTS FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303033 | DEVELOPMENT OF MUSIC ARTS FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303035 | FINE ARTS DEVELOPMENT FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303034 | DEVELOPMENT OF DANCE ARTS FOR CHILDREN | 3.00 | |
8624303047 | RME BASED ON ETHNOMATHEMATICS IN ELEMENTARY SCHOOL | 3.00 |
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003053 | PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000003052 | PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8624306050 | THESIS | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi pelaksanaan kurikulum yang telah dan sedang berjalan dengan menyajikan mekanisme dan hasil evaluasi kurikulum. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan.
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Konsep Dasar Ipa | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Numbers and Data Processing | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Basic Concepts of Social Science Elementary School | 3 | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||||
Language Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Development of Social Science Dimensions Elementary School | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Literature Appreciation | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Character building | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang berlaku saat ini di PS S1 PGSD adalah Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM).
Berikut merupakan beberapa kebijakan yang menjadi dasar pengembangan kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PS S1 PGSD):
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2023, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012, tentang KKNI;
6. Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi Di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Tahun 2020;
8. Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Unesa Tahun 2016;
9. Buku Standar Mutu Program Sarjana Unesa Tahun 2020;
10. Standar Mutu Unesa no. 31 tentang Kurikulum;
11. Pedoman Akademik Unesa Tahun 2020;
12. Pedoman Kurikulum MBKM Unesa Tahun 2020;
13. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka;
14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Program Merdeka Belajar serta Pengakuan dan Konversi Mata Kuliah pada Universitas Negeri Surabaya;
15. Buku Panduan Penulisan Skripsi Tahun 2014;
16. Prosedur Operasional Standar Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar No. POS/01/GPM/FIP-UNESA.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved