•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Manajemen Unesa

 
Study Program  :  Management
Establishment Date  :  3 Februari 2016
Study Program Coordinator  :  Dr. Andre Dwijanto Witjaksono, S.T., M.Si.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Manajemen
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Unggul dalam pendidikan magister berbasis profesional manajemen dan entrepreneurship


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan S2 Manajemen yang berbasis ilmu manajemen dan entrepreneurship.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu Manajemen yang berbasis ilmu manajemen dan entrepreneurship
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada ilmu manajemen dan entrepreneurship
  4. Menyelenggarakan tata kelola prodi yang sesuai dengan prinsip Good University Governance
  5. Membangun kerjasama kemitraan strategis dengan UMKM, dunia industri dalam dan luar negeri, dan pemerintah

Tujuan
  1. Dihasilkannya lulusan magister manajemen yang memiliki kemampuan yang unggul dalam keilmuan manajemen, kemampuan manajerial, kepemimpinan dan entrepreneurship
  2. Dihasilkannya produk penelitian yang berkualitas yang berbasis pada keilmuan manajemen dan entrepreneurship.
  3. Terlaksananya berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada keilmuan manajemen dan entrepreneurship
  4. Terwujudnya sistem tata kelola Program Studi yang sesuai dengan prinsip Good University Governance
  5. Terwujudnya jejaring kerjasama kemitraan strategis dengan UMKM, dunia industri dalam dan luar negeri, dan pemerintah.

Capaian Lulusan Program Studi Management
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu mengembangkan ilmu, teori serta kerangka konseptual manajemen dan bisnis
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu memecahkan permasalahan organisasi melalui kajian manajemen dan bisnis dengan pendekatan inter atau multi disipliner
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu mengelola organisasi dengan menerapkan ilmu, teori, serta kerangka konseptual manajemen dan bisnis yang bermanfaat bagi kepentingan Masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu menghasilkan dan mengembangkan ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu mengelola penelitian bisnis dalam menghadapi dinamika perubahan lingkungan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis yang dihadapi dengan baik
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu mengembangkan jiwa entrepreneurial secara berkelanjutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Mampu berkomunikasi secara efektif
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Management
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Management
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum 2024

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6110103001 Ekonomi Manajerial 3.00
    6110103328 Ethics And Governance 3.00
    6110102321 Philosophy Of Science 2.00
    6110104330 Global Strategic Leadership 3.00
    6110104329 Multivariate Statistics 3.00
    6110103004 Theory Management Theory 3.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6110104335 Investment Analysis And Portfolio Management 3.00
    6110104334 Culture And Change Management 3.00
    6110104336 Dynamic Strategic Marketing 3.00
    6110103333 Integrated Entrepreneurship 3.00
    6110103307 Risk Management 3.00
    6110133006 Manajemen Strategik 3.00
    6110133005 Research Methodology 3.00
    6110100302 Msdm Global 3.00
    6110103337 Supply Chain Management 3.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6110104341 Internship 4.00
    6110102340 Research Instrument Development 2.00
    6110103339 Final Project Proposal 3.00
    1000002166 Research Results Seminar 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6110104338 Publication 4.00
    1000007108 Thesis 7.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Management
    Universitas Negeri Surabaya

    Prohram Studi S2 Manajemen Unesa menerapkan fungsi pengelolaan perencanaan, pengorganisasian, penempatan personel, pelaksanaan good university governance, pengendalian dan pengawasan, dan pelaporan pada unit pengelola yang diadopsi dari pengelolaan universitas. Pada fungsi pengorganisasi di tingkat program studi, semua kegiatan dikoordinasikan oleh ketua program studi sesuai dengan rencana Rapat Kerja Tahunan dengan mengorganisasikan sepenuhnya kepada masing-masing penanggung jawab program baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Adapun kegiatan program studi yang dilakukan antara lain: (1) penyusunan kurikulum dan melakukan evaluasi kurikulum; (2) penyusunan aktivitas bidang kompetensi, seperti pelaksanaan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, penyelenggaraan seminar dan pengembangan mata kuliah. Sebagai bagian aktivitas utama dari kegiatan program studi S2 Manajemen, Evaluasi Kurikulum menjadi hal yang sangat penting karena dapat mengetahui tingkat keberhasilan kurikulum dalam mencapai tujuan pedidikan yang telah ditetapkan. Evaluasi kurikulum juga membantu dalam menentukan apakah kurikulum tersebut perlu diperbaharui atau tidak dalam pengembangan kurikulum, evaluasi harus dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa kurikulum tersebut masih relevan dan efektif dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, sebagai mana tujuan pendidikan nasional No 20 tahun 2003 yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Secara lebih spesifik, tujuan dari Prodi S2 Manajemen berdasarkan Visi dan Misi adalah sebagai berikut: 1) Dihasilkannya lulusan magister manajemen yang memiliki kemampuan yang unggul dalam keilmuan manajemen, kemampuan manajerial, kepemimpinan dan entrepreneurship, 2) Dihasilkannya produk penelitian yang berkualitas yang berbasis pada keilmuan manajemen dan entrepreneurship, 3) Terlaksananya berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berbasis pada keilmuan manajemen dan entrepreneurship, 4) Terwujudnya sistem tata kelola Program Studi yang sesuai dengan prinsip Good University Governance, 5) Terwujudnya jejaring kerjasama kemitraan strategis dengan UMKM, dunia industri dalam dan luar negeri, dan pemerintah. Selain itu, survei kepuasan pengguna akan kemampuan kerja lulusan dilakukan melalui tracer study yang dilaksanakan setiap tahun dan melembaga secara terpusat oleh divisi tracer study Unesa dengan susunan instrumen yang mengacu pada peraturan dikti dan pedoman tracer Unesa. Kegiatan tracer study dilakukan dengan pemberian dan pengisian kuesioner oleh para alumni dan pengguna lulusan dan didokumentasikan dalam bentuk laporan.

    Rekap PLO Program Studi Management
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12
    Brand Management 3 50% 50% 100 %
    Theory Management Theory 3 9.09% 18.18% 9.09% 36.36% 27.27% 99.99 %
    Multivariate Statistics 4 20% 20% 20% 40% 100 %
    Investment Analysis and Portfolio Management 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Global Strategic Leadership 4 12.5% 25% 12.5% 12.5% 25% 12.5% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Management
    Universitas Negeri Surabaya

    Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum mencakup landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, dan yuridis. 

    Landasan filosofis merupakan asumsi-asumsi atau rumusan yang diperoleh secara mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam merencanakan, melaksanakan, membina, serta mengembangkan kurikulum. 

    Landasan sosiologis melihat pendidikan sebagai proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pendidikan adalah proses sosialisasi melalui interaksi insani menuju manusia yang berbudaya. Peserta didik dihadapkan dengan budaya manusia, dibina dan dikembangkan sesuai dengan nilai budayanya, serta dipupuk kemampuan dirinya menjadi manusia yang berbudaya. Di sisi lain, pendidikan berupaya menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran, atau latihan dalam menghadapi perubahan yang sangat pesat dan sulit diprediksi di masa sekarang dan mendatang. Demikian pula perkembangan ilmu dan teknologi yang berkembang sangat pesat yang harus dikuasai seiring kemajuan jaman. Kurikulum sebagai program pendidikan dan pengalaman yang diterapkan dalam proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan khususnya Prodi S2 Manajemen juga telah memperhatikan kedua aspek tersebut. 

    Dalam kaitannya dengan Landasan Psikologis, pendidikan senantiasa berkaitan dengan perilaku manusia, di mana terjadi interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya baik lingkungan yang bersifat fisik atau sosial. Melalui pendidikan diharapkan terjadi adanya perubahan perilaku peserta didik menuju kedewasaan, baik secara fisik dan mental, emosional, moral, intelektual dan sosial. Kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan/program pendidikan, diharapkan dapat membentuk tingkah laku baru berupa kemampuan atau kompetensi aktual maupun potensial dari setiap peserta didik, serta kemampuan baru yang dimiliki dalam waktu yang relatif lama.

    Landasan Historis mengarahkan kurikulum Prodi S2 Manajemen mampu memfasilitasi peserta didik belajar sesuai zamannya, yaitu mampu mewariskan dan mentransformasikan nilai budaya dan sejarah bangsa sebagai spirit belajar era kekinian, mempersiapkan peserta didik untuk ke depan hidup lebih baik, serta mampu berperan aktif dan membaca tanda-tanda perkembangan zaman. 

    Adapun Landasan Yuridis yang digunakan antara lain:

    1. UU RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
    2. UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
    3. Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
    4. Permendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan kkni bidang perguruan tinggi
    5. Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi
    6. Permendikbud RI nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi
    7. Permendikbud RI Nomor 5 tahun 2020 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi
    8. Permendikbud RI nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
    9. Peraturan Pemerintah RI Nomor 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya
    10. Permenristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi
    11. Rencana strategis Universitas Negeri Surabaya
    12. Rencana strategis Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya