Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman Unesa
Study Program | : | German Language Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dwi Imroatu Julaikah, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Unggul dalam Kependidikan Bahasa Jerman
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan bimbingan dalam bidang Bahasa Jerman secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Melaksanakan dan meningkatkan penelitian serta mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Jerman secara aktif dan berkesinambungan dalam persaingan internasional
- Menerapkan hasil penelitian dan mengembangkan bidang keilmuan Pendidikan Bahasa Jerman kepada masyarakat
- Mengembangkan kompetensi ( bahasa Jerman ) yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja
Capaian Lulusan Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-5 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan berdasarkan agama, moral, dan etika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-6 | Menghargai keanekaragaman budaya, agama, kepercayaan, dan pendapat serta berkontribusi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-7 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab sesuai etika akademik dan etika profesi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-8 | Mampu merancang pembelajaran bahasa dan sastra Jerman yang tepat untuk pengembangan ilmu bahasa, sastra dan budaya Jerman serta keterampilan berbahasa Jerman sesuai konsep, metode, strategi baru, dan karakteritik peserta didik dengan pendekatan intra dan interdisplin.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-9 | Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman. Mampu melakukan kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan Jerman
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-10 | Mampu menguasai bahasa Jerman dalam dunia usaha dan industri (Wirtschaftskommunikationsdeutsch) dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-11 | ampu menguasai konsep, metode, dan strategi untuk pemecahan masalah sesuai dengan profesi yang diemban melalui intra dan interdisiplin dalam bidang bahasa, sastra, budaya, pendidikan, psikologi, sosiologi, dan bidang ilmu lain yang terkait
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-12 | Bekerjasama dan berpikir logis untuk menyelesaikan permasalahan, mengambil keputusan, serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-13 | Menguasai ilmu kepariwisataan dan kepemanduwisataan dalam bhs Jerman pada level B1 plus CEFR
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-14 | Mampu melakukan kegiatan kepariwisataan dan kepemanduwisataan dalam bhs Jerman pada level B1 plus CEFR
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-15 | Mampu melakukakan kegiatan dalam dunia usaha dan industri dengan menggunakan bahasa Jerman (Wirtschaftskommunikationsdeutsch)dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dengan tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-16 | Menguasai ilmu penerjemahan dari bhs Jerman ke bahasa Indonesia dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-17 | Mampu melakukan penerjemahan dari bhs Jerman ke bahasa Indonesia dalam level B1 plus CEFR secara profesional sesuai dgn tanggung jawab keilmuan
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Bahasa Jerman 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820702195 | GRUNDGRAMMATIC | 2.00 | |
8820703317 | HOEREN FUER ANFAENGER | 3.00 | |
8820702068 | KULTURKUNDE | 2.00 | |
8820703315 | LESEN FUER ANFAENGER | 3.00 | |
8820703316 | SCHREIBEN FUER ANFAENGER | 3.00 | |
8820703314 | SPRECHEN FUER ANFAENGER | 3.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8820702080 | TEACHING MEDIA | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
8820702200 | SPRACHLEHRE | 2.00 | |
8820702249 | TELAAH KURIKULUM | 2.00 | |
8820702209 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
8820702196 | THEMATISCHES HOEREN | 2.00 | |
8820702198 | THEMATISCHES LESEN | 2.00 | |
8820702199 | THEMATISCHES SCHREIBEN | 2.00 | |
8820702197 | THEMATISCHES SPRECHEN | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702201 | ERWEITERTES HOEREN | 2.00 | |
8820702203 | ERWEITERTES LESEN | 2.00 | |
8820702204 | ERWEITERTES SCHREIBEN | 2.00 | |
8820702202 | ERWEITERTES SPRECHEN | 2.00 | |
8820702043 | TEACHING EVALUATION | 2.00 | |
8820702251 | INTERKULTURELLE KOMMUNIKATION | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8820702210 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
8820702214 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
8820702244 | LANGUAGE LEARNING AND TEACHING SEMINAR | 2.00 | |
8820702154 | STATISTICS | 2.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702014 | ARBEIT AM TEXT | 2.00 | |
8820703313 | DEUTSCH | 3.00 | |
8820702240 | FREIER VORTRAG | 2.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
8820702238 | AND LANGUAGE LEARNING | 2.00 | |
8820702247 | LITERATURE IM DEUTSCHUNTERRICHT | 2.00 | |
8820703288 | RESEARCH METHODS | 3.00 | |
8820702239 | MIKROTEACHING | 2.00 | |
8820702106 | TEACHING PLANNING | 2.00 | |
8820703126 | SCHRIFTLICHER AUSDRUCK | 2.00 | |
8820702242 | WISSENSCHAFTLICHES SCHREIBEN | 2.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
MBKM0013 | PROJECT IN THE VILLAGE PROGRAM EVALUATION | 3.00 | |
MBKM0014 | PROJECTS IN PROGRAM IMPLEMENTATION VILLAGES | 4.00 | |
MBKM0015 | PROJECTS IN THE VILLAGE DISSEMINATION PROGRAM | 3.00 | |
MBKM0016 | PROJECTS IN VILLAGE DEVELOPMENT REPORT | 3.00 | |
MBKM0017 | PROJECT IN THE DEVICE DEVELOPMENT VILLAGE | 4.00 | |
MBKM0018 | PROJECTS IN PROGRAM DESIGN VILLAGES | 3.00 | |
8820702250 | PRUEFUNGSVORBEREITUNG | 2.00 | |
8820702171 | UEBERSETZEN UND DOLMETSCHEN | 2.00 |
Semester ke 6
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
1000020149 | DESIGNING A SCHOOL FIELD INTRODUCTION PROGRAM | 4.00 | |
1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
MBKM0031 | PLP PROGRAM EVALUATION | 2.00 | |
1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000004056 | PLP PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
8820702207 | PRUEFUNGSVORBEREITUNG | 2.00 |
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820702017 | ENGLISH | 2.00 | |
1000020158 | CRITICAL AND CREATIVE THINKING | 2.00 | |
1000020163 | COMMUNICATION SKILLS | 2.00 | |
8820702248 | DEUTSCH FUER DEN TOURISMUS | 2.00 | |
1000020160 | EMPATHY AND EMOTIONAL INTELLIGENCE | 2.00 | |
8820702054 | GRUNDLAGE DER TOURISTIK | 2.00 | |
1000020164 | INTERNATIONAL CONFERENCE | 3.00 | |
1000020159 | INCLUSIVE LEADERSHIP | 2.00 | |
1000020161 | COMMUNICATION AND TEAMWORK | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
1000020157 | EVENT MANAGEMENT | 2.00 | |
1000020165 | NATIONAL CONFERENCE | 2.00 | |
1000020156 | EMOTIONAL AND SOCIAL LEARNING | 2.00 | |
8820702120 | REISELEITUNG | 2.00 | |
8820706133 | THESIS | 6.00 | |
1000020162 | SOFT SKILLS | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum Prodi Pendidikan dilakukan secara periodik untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kurikulum. Perubahan dan penyuaian kurikulum dilakukan juga berdasarkan hasil tracer study yang dilakukan oleh prodi Pendidikan secara teratur.
Rekap PLO Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | PLO15 | PLO16 | PLO17 | |||
Basic Education | 2 | 5.26% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 5.26% | 21.05% | 5.26% | 99.99 % | |||||||||
Freier Vortrag | 2 | 25% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||||||||
Deutsch | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||||||
Grundgrammatic | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||||
Thematisches Sprechen | 2 | 28.57% | 25% | 17.86% | 17.86% | 7.14% | 3.57% | 100 % | |||||||||||
Kulturkunde | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||||||
Statistics | 2 | 15.38% | 15.38% | 30.77% | 23.08% | 15.38% | 99.99 % | ||||||||||||
Sprechen Fuer Anfaenger | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||||
Thematisches Schreiben | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||||
and Language Learning | 2 | 12% | 12% | 16% | 16% | 12% | 16% | 16% | 100 % | ||||||||||
Telaah Kurikulum | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||||||
Sprechen Fr Anfnger | 4 | 100% | 100 % | ||||||||||||||||
Introduction to Communication Sup23 | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||||||
Wissenschaftliches Schreiben | 3 | 44.44% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||||||||||||
Freier Vortrag | 4 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||||||||
Pruefungsvorbereitung | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||||
Educational Linguistics | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||||||||
Wissenschaftliches Schreiben | 4 | 25% | 15% | 15% | 10% | 5% | 10% | 15% | 5% | 100 % | |||||||||
Freier Vortrag | 4 | 36.36% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | ||||||||||||
Introduction To Linguistics | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi German Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum penndidikan Bahasa Jerman Unesa dikembangkan berdasarkan empat landasan, yaitu
(1) Landasan filosofis,
(2) landasan psikologis,
(3) sosiologis dan
(4) landasan ilmu pengetahuan
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved