Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Sastra Jerman Unesa
Study Program | : | German Literature |
Establishment Date | : | 30 Januari 2003 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Wisma Kurniawati, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Sastra Jerman
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program studi yang berkarakter Tangguh, Adaptif, dan Inovatif, Berwawasan Internasional dan Berdaya Saing Tinggi yang berbasis kewirausahaan di Bidang Bahasa dan Sastra Jerman yang meliputi bidang penerjemahan, jurnalistik, dan kepariwisataan.Misi
- 1. menyelenggarakan pendidikan yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang bahasa dan sastra Jerman;
- 2. menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi yang berbasis kewirausahaan di bidang bahasa dan sastra Jerman; menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi yang berbasis kewirausahaan bagi kesejahteraan masyarakat di bidang Bahasa dan Sastra Jerman; menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi melalui sistem multikampus secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan UNESA dan keunggulan Program Studi;
- 3. menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- 4. menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Bahasa dan Sastra Jerman yang berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- 1. menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan di bidang bahasa dan sastra Jerman;
- 2. menghasilkan dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang Bahasa dan Sastra Jerman yang berbasis kewirausahaan;
- 3. menyebarluaskan inovasi di bidang bahasa dan sastra Jerman yang berbasis kewirausahaan;
- 4. menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Bahasa dan Sastra Jerman yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan UNESA dan Program Studi;
- 5. mewujudkan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu berkelanjutan; dan mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang bahasa dan sastra Jerman yang berbasis kewirausahaan.
Nilai_dasar
- Pengembangan kurikulum dilakukan dengan menggunakan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, maupun yuridis. Hal tersebut untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan produk sistem berpikir yang komprehensif dan sistemik dalam mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berupa aktivitas akademik namun juga nonakademik guna menunjang pencapaian visi dan misi Prodi, yang dilandasi visi dan misi Fakultas Bahasa dan Seni, dan Universitas Negeri Surabaya.
- Berdasar pada Buku Pedoman Akademik UNESA 2024, maka nilai dasar Kurikulum Program Studi Sastra Jerman adalah: a. Pancasila; b. Ilmiah; c. Kewirausahaan; d. Inklusif; dan e. Belajar sepanjang hayat.
Capaian Lulusan Program Studi German Literature
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-5 | Mampu menguasai keterampilan berbahasa Jerman dan menerapkannya secara lisan dan tulis sesuai konteks dengan kompetensi setara Common European Framework of Reference (CEFR) level A1–B1.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-6 | Mampu menguasai konsep teoretis linguistik dan menganalisis masalah kebahasaan secara prosedural dengan pendekatan ilmiah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-7 | Mampu menguasai konsep teoretis kesusastraan dan menganalisis karya sastra dengan pendekatan ilmiah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-8 | Mampu menguasai konsep teoretis kebudayaan dan menganalisis masalah budaya secara prosedural dengan pendekatan ilmiah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu menguasai dasar-dasar penelitian dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Jerman serta menerapkannya secara sistematis untuk menghasilkan penelitian akademik sebagai peneliti pemula.
Dibebankan pada matakuliah: |
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-10 | Mampu menguasai dasar-dasar kepariwisataan dan menerapkannya dalam berbagai produk wisata baik secara digital maupun nondigital yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-11 | Mampu menguasai konsep teoretis dan metode penerjemahan, serta menerjemahkan teks dari bahasa Jerman ke bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan menerapkan prinsip-prinsip kebahasaan, baik dengan maupun tanpa aplikasi digital.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Download SVG Download PNG Download CSV | |
PLO-12 | Mampu menguasai konsep teoretis dan teknik penyuntingan, serta menghasilkan ulasan dan suntingan berbagai teks lisan serta tulisan berbahasa Jerman dengan pendekatan kebahasaan, sastra, dan budaya sesuai konteks yang relevan.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi German Literature
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum German Literature
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Sastra Jerman 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
7920606270 | DEUTSCH FUER ANFAENGER | 6.00 | |
7920602292 | GRAMMATICAL UND WORTSCHATZ IN DER KOMMUNIKATION | 2.00 | |
7920602271 | INTERKULTURELLE KOMPETENZ | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
7920602273 | LITERATURWERKE FUER ANFAENGER | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
7920602128 | PHONETIK UND PHONOLOGIE | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
1000020158 | CRITICAL AND CREATIVE THINKING | 2.00 | |
1000020163 | COMMUNICATION SKILLS | 2.00 | |
7920606274 | DEUTSCH FUER ANFAENGER | 6.00 | |
7920602276 | DIGITALE LITERATURE | 2.00 | |
1000020160 | EMPATHY AND EMOTIONAL INTELLIGENCE | 2.00 | |
7920602293 | GRAMMATICAL UND WORTSCHATZ IN DER KOMMUNIKATION | 2.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
7920602251 | MORPHOLOGIE SYNTAX | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
7920602253 | SEMANTIK PRAGMATIK | 2.00 | |
1000020162 | SOFT SKILLS | 2.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
7920606277 | DEUTSCH FUER FORTGESCHRITTENE | 6.00 | |
7920604275 | GRAMMATICAL UND WORTSCHATZ IN DER KOMMUNIKATION FUER FORTGESCHRITTENE | 3.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
7920603089 | KREATIVES SCHREIBEN | 3.00 | |
7920603279 | LITERARYCRITICISM | 3.00 | |
7920602252 | STYLISTICS BASIC READING | 2.00 | |
7920604278 | TRANSLATION THEORY AND METHODS | 4.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
7920602295 | AKADEMISCHER VORTRAG | 2.00 | |
7920602283 | CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS | 2.00 | |
7920602294 | ARBEIT AM TEXT | 2.00 | |
7920606280 | DEUTSCH FUER SELBSTSTAENDIGE | 6.00 | |
7920603282 | LITERATURAUFFUEHRUNG | 3.00 | |
7920603281 | RESEARCH METHODS | 3.00 | |
7920602175 | STATISTICS | 2.00 | |
7920602266 | VORBEREITUNG ZUR PRUEFUNG B1 | 2.00 |
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020164 | INTERNATIONAL CONFERENCE | 3.00 | |
1000020159 | INCLUSIVE LEADERSHIP | 2.00 | |
1000020161 | COMMUNICATION AND TEAMWORK | 2.00 | |
1000020103 | APPRENTICESHIP | 20.00 | |
1000004098 | MAGANG RISET PENGANALISISAN DATA | 4.00 | |
1000004096 | MAGANG RISET PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN | 4.00 | |
1000003095 | MAGANG RISET PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN | 3.00 | |
1000004097 | MAGANG RISET PENGUMPULAN DATA | 4.00 | |
1000002099 | MAGANG RISET PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN | 2.00 | |
1000003100 | MAGANG RISET PUBLIKASI | 3.00 | |
1000004169 | INTERNATIONAL EVENT MANAGEMENT | 4.00 | |
1000003167 | NATIONAL EVENT MANAGEMENT | 3.00 | |
1000020157 | EVENT MANAGEMENT | 2.00 | |
1000003060 | DESAIN PROGRAM | 3.00 | |
1000003058 | KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA | 3.00 | |
1000002059 | MANAJEMEN OPERASIONAL | 2.00 | |
1000004061 | PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
1000002064 | PELAPORAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002063 | PENDESIMINASIAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002062 | PENILAIAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002057 | PERENCANAAN | 2.00 | |
1000020165 | NATIONAL CONFERENCE | 2.00 | |
1000020156 | EMOTIONAL AND SOCIAL LEARNING | 2.00 |
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
7920603262 | DEUTSCH FUER TOURISMUS | 3.00 | |
7920604048 | DOLMETSCHEN | 4.00 | |
7920604290 | TOURISM MANAGEMENT | 4.00 | |
1000002030 | PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
7920603289 | MANUSCRIPT EDITING | 3.00 | |
7920604291 | REISELEITUNG | 4.00 | |
7920604287 | REPORTER | 4.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 | |
7920603286 | TEXTBEARBEITUNG MIT UEBERSETZUNGSMASCHINE | 3.00 | |
7920604285 | UEBERSETZEN | 4.00 |
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | THESIS | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi German Literature
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum yang sedang berjalan di Program Studi S1 Sastra Jerman Universitas Negeri Surabaya dievaluasi secara berkala untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi pelaksanaannya dan memperbaiki hal-hal yang kurang sesuai dalam penerapannya. Evaluasi dilakukan setiap tahun dalam forum workshop dan lokakarya dengan memperhatikan hasil pelaksanaan kurikulum sebelumnya, analisis kebutuhan, studi banding, hasil tracer studi, sanctioning, dan uji publik; restrukturisasi dilakukan setiap 5 tahun sekali. Restrukturisasi kurikulum dimaksudkan untuk menghasilkan kurikulum yang efektif dan efisien yang dapat diimplementasikan dalam menghasilkan lulusan yang berdaya saing kuat dalam dunia kerja dan masyarakat.
Rekap PLO Program Studi German Literature
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | |||
Syntax | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Reiseleitung | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
2 | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Entrepreneurship | 2 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Grundlage Der Touristik | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Morphologie | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Deutsch Fuer Fortgeschrittene | 4 | 100% | 100 % | |||||||||||
Drama Studies | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Kreatives Schreiben Fuer Tourismus | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Arbeit Am Text Fuer Journalismus | 2 | 28.57% | 47.62% | 23.81% | 100 % | |||||||||
Uebersetzen | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dolmetschen | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sprechen 1 | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Schreiben 1 | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Hoeren 1 | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Lesen 1 | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Interkulturelle Landeskunde | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Translation Theory | 2 | 53.85% | 46.15% | 100 % | ||||||||||
Prose Studies | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Schreiben 3 | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Lesen 3 | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||||
Hoeren 3 | 3 | 42.86% | 57.14% | 100 % | ||||||||||
Schreiben 2 | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Statistics | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||||
Translation Method | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Lesen 4 | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Hoeren 4 | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Research methods | 4 | 100% | 100 % | |||||||||||
Schreiben 4 | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Sprechen 2 | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Poetry Studies | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Hoeren 2 | 3 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||||
Sprechen 4 | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Sprechen 3 | 3 | 20% | 80% | 100 % | ||||||||||
Thesis | 6 | 100% | 100 % | |||||||||||
Diskursanalyse | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Tourism Management | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Manuscript Editing | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Phonetik Und Phonologie | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Stylistics Basic Reading | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Semantik Pragmatik | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Dolmetschen Deutsch Indonesisch | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Drama Studies | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||||
Deutsch Fuer Tourismus | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Uebersetzen Deutsch Indonesisch | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Vorbereitung Zur Pruefung B1 | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Proposal Seminar | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Deutsch Fuer Anfaenger | 6 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Interkulturelle Kompetenz | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Deutsch Fuer Anfaenger | 6 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Deutsch Fuer Fortgeschrittene | 6 | 100% | 100 % | |||||||||||
Digitale Literature | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Manuscript Editing | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Grammatical Und Wortschatz In Der Kommunikation | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Grammatical Und Wortschatz In Der Kommunikation | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi German Literature
Universitas Negeri Surabaya
Landasan perancangan dan pengembangan kurikulum
- UU No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- PP No. 4 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 16, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5500);
- PP No. 37 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 198, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6825);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 47);
- Keputusan Majelis Wali Amanat Nomor 001/SK/MWA/KP/2022 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Negeri Surabaya Periode Tahun 2022-2027;
- Peraturan Rektor Nomor 5 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kurikulum dan Evaluasi Kurikulum Universitas Negeri Surabaya.
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan menggunakan landasan landasan yang menjadi dasar pijakan dalam mengembangkan capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Landasan tersebut adalah a) Landasan Filosofis, b) Landasan Sosiologis, c) Landasan Psikologis, d) Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan e) Landasan Yuridis. Hal tersebut untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan produk sistem berpikir yang komprehensif dan sistemik dalam mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud tidak hanya berupa aktivitas akademik namun juga nonakademik guna menunjang pencapaian visi dan misi Prodi, yang dilandasi visi dan misi Fakultas Bahasa dan Seni, dan Universitas Negeri Surabaya.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved