Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Fisika Unesa
Study Program | : | Physics Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Mita Anggaryani, M.Pd., Ph.D. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Fisika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
MENGHASILKAN LULUSAN PENDIDIKAN FISIKA YANG ADAPTIF, TANGGUH, DAN INOVATIF DALAM MENERAPKAN ILMU KEPENDIDIKAN FISIKA SERTA MEMPEROLEH REKOGNISI NASIONAL DAN ATAU INTERNASIONALMisi
- Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset di bidang Pendidikan Fisika yang adaptif, inovatif, kolaboratif, dan berciri eduecopreneurship.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang Pendidikan Fisika melalui kolaborasi global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Fisika untuk pemberdayaan masyarakat.
- Menjalin kerjasama nasional dan internasional yang produktif untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Fisika.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dengan keahlian di bidang Pendidikan Fisika yang berkarakter, profesional, berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Menghasilkan produk penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang Pendidikan Fisika untuk mendapatkan rekognisi nasional dan internasional.
- Terselenggaranya program pengabdian kepada masyarakat dan penyebarluasan inovasi di bidang Pendidikan Fisika untuk pemberdayaan masyarakat;
- Terwujudnya kolaborasi nasional dan internasional dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi di bidang Pendidikan Fisika.
Nilai_dasar
- Sikap dan Etika: Mengembangkan sikap religius, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, menghargai keanekaragaman budaya, serta memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan.
- Penguasaan Pengetahuan: Memahami konsep teoretis fisika klasik dan modern, prinsip matematika, komputasi, serta aplikasi fisika dalam pendidikan.
- Keterampilan Khusus: Mampu merancang perangkat pembelajaran fisika yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna, serta mengelola laboratorium fisika untuk pembelajaran.
Capaian Lulusan Program Studi Physics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menguasai dan mendemonstrasikan prinsip-prinsip teori fisika klasik dan modern
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Merumuskan gejala dan masalah fisis berdasarkan hasil observasi dan eksperimen, serta memodelkannya menggunakan matematika dan komputasi untuk pengambilan keputusan yang tepat baik dalam masalah familiar maupun baru
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menguasai pengetahuan pedagogis dalam perencanaan, pengajaran, dan evaluasi pembelajaran fisika serta pengelolaan sumber daya pada penyelenggaran kelas, laboratorium fisika dan lembaga pendidikan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Melakukan penelitian pendidikan fisika dalam bentuk pengkajian dan evaluasi pembelajaran fisika dengan pendekatan kuantitatif dan/atau kualitatif dalam bentuk lisan dan penulisan akademis secara efektif
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Menguasai prinsip-prinsip pengembangan media pembelajaran fisika berbasis ilmu pengetahuan, teknologi yang kontekstual khususnya tik (teknologi informasi dan komunikasi), dan lingkungan sekitar
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Physics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Praktisi
- Profesional dalam bidang fisika : lulusan harus mampu menganalisis dan menyelesaikan beberapa permasalahan menggunakan pendekatan ilmiah fisika berbasis data penelitian
- Pembuat keputusan : lulusan dapat berperan secara profesional dalam posisi kontrol kualitas dan proses dalam industri atau dalam aktivitas penelitian pada institusi penelitian
- Pemimpin komunitas: Dikarenakan kehormatan dan kepercayaan pada komunitas lokal, lulusan program studi fisika dapat mengambil peran strategi dalam memotivasi komunitas untuk berpartisi aktif dalam lingkungan mereka
- Asisten Peneliti
Lulusan dapat berperan sebagai asisten peneliti profesional dalam bidang fisika, yang selalu mampu mengembangkan diri secara tepat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mendukung pengembangan melalui peningkatan penelitian berbasis ilmu pengetahuan di bidang fisika. - Akademisi
Lulusan memiliki kepekaan terhadap kebutuhan perkembangan ilmu di bidang fisika sehingga dapat memiliki kreativitas dan inovasi untuk melakukan perubahan dan memberikan solusi berdasarkan ilmu fisika.
Struktur Kurikulum Physics Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Fisika 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420302030
BIOLOGI UMUM
2.00
8420302275
BASIC EDUCATION
2.00
8420303291
CALCULUS FOR PHYSICS
3.00
8420303106
KIMIA UMUM
3.00
8420304294
BASIC MECHANICS AND THERMODYNAMICS
4.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
8420302188
MEASUREMENT SYSTEMS PHYSICS
2.00
8420302236
TEORI BELAJAR
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002177
ENGLISH
2.00
8420304292
SERIES AND LINEAR ALGEBRA FOR PHYSICS
4.00
8420303081
WAVE
3.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8420302107
CONSERVATION OF NATURAL RESOURCES
2.00
8420302250
SCHOOL CURRICULUM
2.00
8420304295
MAGNETIC ELECTRICITY AND BASIC OPTICS
4.00
8420302245
LEARNING PHYSICS LITERACY
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
INDONESIAN
2.00
8420304293
SPECIAL FUNCTIONS FOR PHYSICS
4.00
8420304130
MECHANICS
4.00
8420302144
OPTICS
2.00
8420303296
ELECTRONIC CIRCUITS
3.00
8420303218
THERMODYNAMICS
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420303297
ELECTRONICS
3.00
8420302240
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8420303076
MODERN PHYSICS
3.00
8420302288
SKILLS MICRO
2.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
8420302267
SCHOOL LABORATORY MANAGEMENT
2.00
8420302287
PHYSICS LEARNING MEDIA
2.00
8420303135
RESEARCH METHODOLOGY
3.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
8420302244
INNOVATIVE LEARNING PLANNING
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420303279
ENGLISH FOR PHYSICS
3.00
8420302252
AUDIOVISUAL PHYSICS
2.00
8420302263
OLYMPIAD PHYSICS
2.00
1000020164
INTERNATIONAL CONFERENCE
3.00
8420302254
LOCAL WISDOM PHYSICS
2.00
8420302259
PHYSICS COMMUNICATION AND MEDIA ANALYSIS
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
1000020157
EVENT MANAGEMENT
2.00
8420302143
MULTIMEDIA
2.00
1000020165
NATIONAL CONFERENCE
2.00
8420302270
COMPUTER BASED ASSESSMENT ITEMS
2.00
8420302283
LEARNING PLANNING
2.00
8420302269
PHYSICS EDUTAINMENT PHYSICS
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420303077
SCHOOL PHYSICS
3.00
1000002051
PLP ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
MBKM0031
PLP PROGRAM EVALUATION
2.00
1000002049
PLP MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003053
PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002050
PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
MBKM0032
PLP PROGRAM PLANNING
2.00
1000004056
PLP PRAKTIK MENGAJAR
4.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420303068
CORE PHYSICS
3.00
8420303069
QUANTUM PHYSICS
3.00
8420303078
FISIKA STATISTIK
3.00
8420303080
FISIKA ZAT PADAT
3.00
8420302099
IPBA
2.00
8420303115
ELECTRIC MAGNET
3.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT
2.00
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420302030 | BIOLOGI UMUM | 2.00 | |
8420302275 | BASIC EDUCATION | 2.00 | |
8420303291 | CALCULUS FOR PHYSICS | 3.00 | |
8420303106 | KIMIA UMUM | 3.00 | |
8420304294 | BASIC MECHANICS AND THERMODYNAMICS | 4.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
8420302188 | MEASUREMENT SYSTEMS PHYSICS | 2.00 | |
8420302236 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
8420304292 | SERIES AND LINEAR ALGEBRA FOR PHYSICS | 4.00 | |
8420303081 | WAVE | 3.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8420302107 | CONSERVATION OF NATURAL RESOURCES | 2.00 | |
8420302250 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
8420304295 | MAGNETIC ELECTRICITY AND BASIC OPTICS | 4.00 | |
8420302245 | LEARNING PHYSICS LITERACY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8420304293 | SPECIAL FUNCTIONS FOR PHYSICS | 4.00 | |
8420304130 | MECHANICS | 4.00 | |
8420302144 | OPTICS | 2.00 | |
8420303296 | ELECTRONIC CIRCUITS | 3.00 | |
8420303218 | THERMODYNAMICS | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420303297 | ELECTRONICS | 3.00 | |
8420302240 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
8420303076 | MODERN PHYSICS | 3.00 | |
8420302288 | SKILLS MICRO | 2.00 | |
1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
8420302267 | SCHOOL LABORATORY MANAGEMENT | 2.00 | |
8420302287 | PHYSICS LEARNING MEDIA | 2.00 | |
8420303135 | RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
8420302244 | INNOVATIVE LEARNING PLANNING | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420303279 | ENGLISH FOR PHYSICS | 3.00 | |
8420302252 | AUDIOVISUAL PHYSICS | 2.00 | |
8420302263 | OLYMPIAD PHYSICS | 2.00 | |
1000020164 | INTERNATIONAL CONFERENCE | 3.00 | |
8420302254 | LOCAL WISDOM PHYSICS | 2.00 | |
8420302259 | PHYSICS COMMUNICATION AND MEDIA ANALYSIS | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
1000020157 | EVENT MANAGEMENT | 2.00 | |
8420302143 | MULTIMEDIA | 2.00 | |
1000020165 | NATIONAL CONFERENCE | 2.00 | |
8420302270 | COMPUTER BASED ASSESSMENT ITEMS | 2.00 | |
8420302283 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
8420302269 | PHYSICS EDUTAINMENT PHYSICS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420303077 | SCHOOL PHYSICS | 3.00 | |
1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
MBKM0031 | PLP PROGRAM EVALUATION | 2.00 | |
1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000003053 | PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
MBKM0032 | PLP PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
1000004056 | PLP PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420303068 | CORE PHYSICS | 3.00 | |
8420303069 | QUANTUM PHYSICS | 3.00 | |
8420303078 | FISIKA STATISTIK | 3.00 | |
8420303080 | FISIKA ZAT PADAT | 3.00 | |
8420302099 | IPBA | 2.00 | |
8420303115 | ELECTRIC MAGNET | 3.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Physics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Evaluasi Kurikulum
Pelaksanaan evaluasi kurikulum menggunakan pendekatan evaluasi dan penjaringan masukan dari proses pembelajaran lulusan melalui asesmen capaian pembelajaran lulusan, alumni, dan pengguna alumni (industri). Evaluasi kurikulum dilakukan secara berkala di prodi S1 Pendidikan Fisika. Evaluasi dilakukan setiap tahun dan restrukturisasi dilakukan setiap 5 tahun. Pengukuran PLO merupakan suatu proses yang krusial dalam memastikan bahwa program pendidikan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan memilikisistem pengukuran yang efektif, Program Studi S1 Pendidikan Fisika dapat mengevaluasi sejauh mana mahasiswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi serta kebutuhan pasar kerja. Selain itu, pengukuran PLO juga membantu dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam kurikulum, serta memberikan umpan balik yang berguna bagi pengembangan program pendidikan di masa mendatang. Oleh karena itu, laporan mengenai pengukuran PLO pada Program Studi S1 Pendidikan Fisika menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan.
2. Asesmen Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Pengukuran CPL merupakan suatu proses yang krusial dalam memastikan bahwa program pendidikan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan memiliki sistem pengukuran yang efektif, Program Studi S1 Pendidikan Fisika dapat mengevaluasi sejauh mana mahasiswa telah mencapai kompetensi yang diharapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi serta kebutuhan pasar kerja. Selain itu, pengukuran CPL juga membantu dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif, mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan dalam kurikulum, serta memberikan umpan balik yang berguna bagi pengembangan program pendidikan di masa mendatang. Oleh karena itu, laporan mengenai pengukuran CPL pada Program Studi S1 Pendidikan Fisika menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Adapun CPL pada program studi S1 Pendidikan Fisika untuk periode 2019 – 2023 sebagai berikut:
ASPEK | CPL | |
Pengetahuan | CPL 1 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan tentang fisika klasik dan fisika modern. |
CPL 2 | Mampu memformulasikan sistem fisis sebagai model fisika dengan menggunakan matematika. | |
CPL 3 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika. | |
CPL 4 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan fisika. | |
Keterampilan Khusus | CPL 5 | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika dengan memanfaatkan ICT. |
CPL 6 | Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam pembelajaran fisika dengan menerapkan metode saintifik. | |
CPL 7 | Mampu meningkatkan pengetahuan dan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. | |
Keterampilan Umum | CPL 8 | Mampu mengkomunikasikan ide, gagasan, dan hasil penelitiannya secara efektif, baik lisan maupun tulisan. |
CPL 9 | Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan. | |
CPL 10 | Mampu bekerja sebagai individu sekaligus tim secara efektif, memiliki keterampilan wirausaha, dan kepedulian terhadap masalah lingkungan. | |
Sikap | CPL 11 | Mampu mendemonstrasikan sikap ilmiah yang baik, pemikiran kritis, dan keterampilan inovasi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan profesional. |
CPL 12 | Mampu mendemonstrasikan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa, serta etika akademik dalam menjalankan tugas profesionalnya. |
Dalam konteks yang semakin berkembang dan berubah dengan cepat, seperti kemajuan teknologi dan perkembangan paradigma pendidikan, peninjauan terhadap proses pengukuran CPL perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan relevansi dan keberlanjutan program pendidikan tersebut. Melalui pengukuran CPL seperti yang ditunjukkan oleh grafik di bawah ini, diharapkan dapat diidentifikasi tantangan, peluang, dan rekomendasi perbaikan yang dapat meningkatkan efektivitas Program Studi S1 Pendidikan Fisika dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh bahwa nilai rata-rata untuk semua CPL adalah sebesar 79,30, sedangkan untuk nilai yang diperoleh tiap CPL berbeda.
Tabel Hasil Evaluasi CPL Prodi S1 Pendidikan Fisika
CPL 1 | CPL 2 | CPL 3 | CPL 4 | CPL 5 | CPL 6 | CPL 7 | CPL 8 | CPL 9 | CPL 10 | CPL 11 | CPL 12 | |
Nilai PLO | 77,9 | 78,5 | 83,79 | 83,34 | 85,53 | 77,1 | 85,53 | 77,53 | 80,98 | 75,69 | 76,83 | 82,21 |
Nilai Rata-rata | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 | 79,3 |
Terdapat 6 CPL yang berada di atas nilai rata-rata CPL secara keseluruhan yaitu CPL 3, CPL 4, CPL 5, CPL 7, CPL 9, dan CPL 12. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian pada CPL tersebut sudah sangat baik sehingga harus dipertahankan dan terus ditingkatkan. Sedangkan 6 CPL lainnya yaitu CPL 1, CPL 2, CPL 6, CPL 8, CPL 10, dan CPL 11 masih berada di bawah rata-rata yang artinya masih perlu dilakukan upaya untuk memperbaiki segala bentuk pembelajaran baik dari aspek pengembangan perangkat pembelajaran maupun proses pembelajaran. Namun, secara umum pencapaian CPL pada program studi S1 pendidikan Fisika sudah sangat baik.
Tabel Presentasi Level Pencapaian CPL Prodi S1 Pendidikan Fisika
CPL 1 | CPL 2 | CPL 3 | CPL 4 | CPL 5 | CPL 6 | CPL 7 | CPL 8 | CPL 9 | CPL 10 | CPL 11 | CPL 12 | |
E | 47% | 52% | 74% | 100% | 50% | 50% | 50% | 47% | 73% | 55% | 60% | 97% |
G | 46% | 41% | 24% | 0% | 46% | 44% | 46% | 46% | 23% | 40% | 31% | 0% |
S | 6% | 5% | 2% | 0% | 4% | 6% | 4% | 5% | 4% | 4% | 7% | 0% |
F | 1% | 2% | 0% | 0% | 0% | 0% | 0% | 1% | 0% | 2% | 2% | 3% |
Tampak jelas bahwa secara keseluruhan hasil pengukuran CPL sudah sangat baik. Hal ini terlihat bahwa persentase jumlah mahasiswa mampu mencapai CPL dengan level sangat baik (Excelent) berada interval 47% (CPL 1 dan 8) sampai 100% (CPL 4). Demikian juga dengan persentase jumlah mahasiswa yang mencapai CPL pada level baik (Good) berada pada interval 23% (CPL 9) sampai 46% (CPL1, CPL 5, CPL 7, CPL 8). Sedangkan persentase jumlah mahasiwa yang gagal (failed) dalam mencapai CPL paling tinggi hanya 4% yaitu pada CPL 12. Selain itu, persentase jumlah mahasiswa yang mencapai CPL minimum paling tinggi hanya 7% dari jumlah mahasiswa. Walaupun demikian, Prodi S1 Pendidikan Fisika harus terus berbenar untuk terus memperbaiki kualitas pembelajaran agar CPL yang ditetapkan dapai tercapai secara maksimal. Namun untuk lebih jelas pencapaian masing CPL pada setiap aspek Pengetahuan, Keterampilan dapat dilihat pada data berikut:
a. Aspek Pengetahuan
Berdasarkan kurikulum yang telah ditetap pada prodi S1 pendidikan Fisika bahwa untuk aspek pengetahuan mencakup CPL 1, CPL 2, CPL 3, dan CPL 4. persentase pencapaian CPL 1 untuk masing-masing kategori memberikan gambaran tentang seberapa baik mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Fisika mencapai tujuan pembelajaran yang terkait dengan CPL 1 dimana 47% dari total mahasiswa yang diukur mencapai standar yang ditetapkan untuk CPL 1 dengan kinerja yang sangat baik atau sangat tinggi. Mereka telah menunjukkan pemahaman mendalam, kemampuan aplikasi yang kuat, dan keterampilan analitis yang tinggi terkait dengan CPL 1. Dari grafik tersebut juga menunjukkan bahwa bahwa 46% dari total mahasiswa yang diukur telah mencapai standar yang ditetapkan untuk CPL 1 dengan kategori baik. Meskipun ada ruang untuk peningkatan, mereka masih berhasil menunjukkan pemahaman yang solid dan kemampuan dalam mencapai CPL 1. Selain itu, hanya 6% dari total mahasiswa yang diukur mencapai standar yang ditetapkan untuk CPL 1 dengan kinerja yang memenuhi, tetapi belum optimal. Meskipun mereka mencapai tujuan ini, masih ada ruang untuk peningkatan dalam pemahaman atau penerapan konsep terkait CPL 1. Sedangkan hanya 1% dari total mahasiswa yang diukur gagal mencapai standar yang ditetapkan untuk CPL 1. Ini menunjukkan bahwa ada sejumlah kecil mahasiswa yang belum mencapai tujuan pembelajaran yang terkait dengan CPL 1, dan mungkin memerlukan perhatian ekstra atau dukungan dalam memahami materi tersebut.
Demikian halnya dengan CPL 2 di mana sebanyak 52% dari peserta berhasil mencapai tingkat kinerja yang sangat baik. Ini mencerminkan pemahaman dan penerapan konsep atau keterampilan yang sangat baik sesuai dengan CPL 2. Di samping itu, terdapat sebanyak 41% peserta berhasil mencapai tingkat kinerja yang baik. Ini menunjukkan pemahaman dan penerapan konsep atau keterampilan yang baik, meskipun tidak mencapai tingkat kesempurnaan sebagaimana tercermin dalam kategori "Excelent". Sedangkan peserta mencapai tingkat kinerja yang memenuhi persyaratan sebanyak 5%. Meskipun mungkin ada pemahaman dasar terhadap konsep atau keterampilan, masih diperlukan peningkatan untuk mencapai tingkat "Good" atau "Excelent". Walaupun demikian hanya terdapat 2% peserta yang tidak mencapai tingkat kinerja yang memadai. Ini menunjukkan bahwa sebagian kecil peserta memerlukan perhatian khusus atau bantuan tambahan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Artinya dapayt disimpukan bahwa hasil pencapaian CPL 2 menunjukkan sebagian besar peserta (52%) mencapai tingkat kinerja yang sangat baik, diikuti oleh 41% yang mencapai tingkat kinerja yang baik. Namun, ada beberapa peserta (5%) yang masih perlu meningkatkan kinerja mereka, dan hanya sebagian kecil (2%) yang tidak mencapai tingkat yang memadai.
Berbeda dengan CPL 1 dan CPL 2, CPL3 tampak jelas bahwa persentase jumlah mahasiswa yang berada pada kategori Excelent sebanyak 74% artinya mencerminkan pencapaian yang sangat baik. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah melebihi standar yang ditetapkan untuk CPL 3. Dan untuk mahasiswa yang berada pada kategori Good sebanyak 24%. Ini menunjukkan bahwa sebagian kecil siswa telah mencapai standar yang ditetapkan untuk CPL 3. Sedangkan siswa yang beada pada kategori "Satisfy" hanya terdapat 2% dan tidak ada mahsiswa yang berada pada kategori failed. Ini menunjukkan bahwa hanya sejumlah kecil mahasiswa telah mencapai standar minimum yang ditetapkan untuk CPL 3 dan tidak ada mahasiswa yang gagal dalam pencapaian CPL 3.
Sejalan dengan CPL 3, CPL 4 menunjukkan bahwa mahasiswa yang berada pada kategori "Excelent" memiliki persentase pencapaian sebesar 100%, tidak ada siswa yang mencapai tingkat kinerja yang lebih rendah atau gagal dalam mencapai standar CPL 4. Ini menunjukkan bahwa semua mahasiswa telah mencapai atau melebihi standar yang ditetapkan untuk CPL 4. Dengan demikian, keseluruhan mahasiswa menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang terkait dengan CPL 4. Hal ini mengindikasikan bahwa program pendidikan telah berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran yang terkait dengan CPL 4. Jadi, berdasarkan hasil pengukuran CPL pada aspek pengetahuan tampak jelas bahwa pencapaian CPL sudah sangat baik. Namun, masih dibutuhkan untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran terutama pada CPL 1 dan CPL 2.
b. Aspek Keterampilan Khusus
Pada bagian keterampilan khusus terdapat 3 CPL yang menjadi acuan dalam pencapaian kompetensi yaitu CPL 5, CPL 6, dan CPL7. Data hasil pengukuran untuk ketercapaian CPL 5, CPL 6, dan CPL 7 menunjukkan persentase pencapaian yang besar adalah berada pada kategori "Excelent" dengan persentase pencapaian sebesar 50%. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai atau melebihi standar yang ditetapkan untuk CPL 5, CPL 6 dan CPL 7 menunjukkan kinerja yang sangat baik dalam kedua bidang tersebut. Selain itu, sebanyak 46% dari jumlah siswa berada pada kategori "Good" (G) memiliki persentase pencapaian. Ini menunjukkan bahwa sebagian siswa mencapai standar yang baik dalam CPL 5 dan CPL 7, namun masih memiliki ruang untuk meningkatkan kinerja mereka. Sebaliknya, tidak ada siswa yang tercatat gagal (Failed) dalam mencapai CPL 5, CPL 6, dan CPL 7. Data ini mengindikasikan bahwa sebagian besar siswa telah mencapai tingkat pencapaian yang baik atau sangat baik dalam CPL 5, CPL 6, dan CPL 7, namun masih ada ruang untuk perbaikan untuk sebagian kecil siswa. Ini menunjukkan bahwa program pendidikan telah berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran terkait dengan kedua CPL tersebut, namun tetap memberikan dorongan untuk meningkatkan kinerja siswa yang lebih besar lagi.
c. Aspek Keterampilan Umum
Pada aspek keterampilan umum dalam hal ini ditunjukkan oleh CPL 8, CPL 9, dan CPL 10. terdapat 47% dari jumlah mahasiswa memiliki kinerja yang sangat baik dalam mencapai CPL 8. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang mendalam tentang isu-isu kompleks dan mampu menganalisisnya dengan cermat, menghasilkan solusi yang inovatif dan efektif. Selain itu, Sebanyak 46% siswa mencapai tingkat kinerja yang baik. Ini menunjukkan bahwa mereka memiliki pemahaman yang kuat tentang isu-isu kompleks dan mampu menganalisisnya dengan baik. Meskipun mungkin ada ruang untuk perbaikan, kinerja mereka masih dianggap memuaskan. Disamping itu, hanya 5% siswa yang mencapai tingkat kinerja yang memuaskan dalam CPL 8. Ini mungkin menunjukkan bahwa sebagian kecil siswa memiliki pemahaman yang cukup tentang isu-isu kompleks, namun kemampuan analisis mereka mungkin belum sepenuhnya terwujud. Sedangkan siswa yang tidak mencapai tingkat kinerja yang diharapkan dalam CPL 8 hanya 1%. Ini bisa menandakan bahwa siswa ini membutuhkan bantuan tambahan atau pengulangan dalam memahami dan menganalisis isu-isu kompleks.
Berbeda denngan CPL 8, CPL 9 menunjukkan hal positif dimana 73%, memiliki kinerja yang sangat baik dalam mencapai CPL 9. Hal ini menunjukkan bahwa mereka mampu menyusun argumen dengan jelas, logis, dan persuasif, baik dalam bentuk lisan maupun tertulis. Siswa-siswa ini mungkin mampu menghadapi berbagai tantangan dalam menyampaikan argumen mereka dengan kejelasan dan efektivitas yang tinggi. Selain itu, terdapat sebanyak 23% siswa mencapai tingkat kinerja yang baik dalam CPL 9. Meskipun tidak mencapai tingkat keunggulan seperti pada kategori E, siswa-siswa ini masih mampu menyusun argumen dengan cukup baik, meskipun mungkin ada beberapa kelemahan dalam kejelasan atau persuasifitasnya dan hanya 4% siswa yang mencapai tingkat kinerja memuaskan dalam CPL 9. Ini menunjukkan bahwa sebagian kecil siswa memiliki kemampuan untuk menyusun argumen, namun argumen mereka mungkin kurang jelas atau kurang persuasif dalam konteks tertentu. Namun yang terpenting adalah tidak ada siswa yang gagal dalam mencapai CPL 9. Ini menunjukkan bahwa semua siswa setidaknya mencapai tingkat kinerja yang memuaskan dalam kemampuan menyusun dan menyampaikan argumen.
Dari data pada gambar 4 juga menunjukkan bahwa besar mahasiswa, yaitu 55%, memiliki kinerja yang sangat baik dalam mencapai CPL 10. Mereka mampu memecahkan masalah dengan pendekatan yang sistematis dan kreatif, menghasilkan solusi yang inovatif serta mampu bekerja sebagai individu sekaligus tim secara efektif. Selain itu, sebanyak 40% siswa mencapai tingkat kinerja yang baik dalam CPL 10. Meskipun tidak mencapai tingkat keunggulan seperti pada kategori Excelent. Pada CPL 10 juga hanya 4% siswa yang mencapai tingkat kinerja memuaskan. Ini menunjukkan bahwa sebagian kecil siswa memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah, namun mungkin dengan pendekatan yang kurang sistematis atau kreatif. Sedangkan mahasiswa gagal dalam mencapai CPL 10 tidak ada. Ini menandakan bahwa sebagian kecil siswa mungkin mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah, mungkin karena kurangnya pemahaman konsep atau kurangnya kemampuan untuk menerapkan strategi yang tepat.
Secara keseluruhan pencapaian CPL pada aspek keterampilan umum sudah sangat baik di mana mayoritas siswa telah mencapai tingkat keunggulan dan kinerja yang baik dalam tiap CPL. Namun, masih ada ruang untuk peningkatan bagi sebagian kecil siswa yang belum mencapai tingkat kinerja yang diharapkan melalui perancangan strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pencapaian hasil pembelajaran siswa.
d. Aspek Sikap
Pada CPL 11 terdapat sebanyak 60% dari jumlah mahasiswa telah mencapai tingkat kinerja yang sangat baik. Artimnya, mereka mampu menunjukkan sikap ilmiah yang baik, seperti ketertarikan pada penemuan ilmiah, etika kerja yang kuat, dan kemampuan untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka secara kritis dan inovatif dalam konteks pendidikan, penelitian, dan profesionalisme. Selain itu, sebanyak 31% siswa mencapai tingkat kinerja yang baik dalam CPL 11. Meskipun tidak mencapai tingkat keunggulan seperti pada kategori Excelent, mahasiswa ini masih mampu menunjukkan sikap ilmiah yang baik, berpikir secara kritis, dan menunjukkan keterampilan inovatif dalam berbagai konteks pendidikan, penelitian, dan profesional. Hanya 7% mahasiswa yang mencapai tingkat kinerja memuaskan dalam CPL 11. Ini menunjukkan bahwa sebagian kecil siswa memiliki kemampuan untuk menunjukkan sikap ilmiah yang baik, namun mungkin masih ada beberapa kekurangan dalam pemikiran kritis atau keterampilan inovasi dalam konteks pendidikan, penelitian, dan profesionalisme. Sedangkan jumlah siswa gagal dalam mencapai CPL 11 hanya 2%. Ini menandakan bahwa sebagian kecil siswa mungkin mengalami kesulitan dalam menunjukkan sikap ilmiah yang baik, berpikir secara kritis, atau mengaplikasikan keterampilan inovatif dalam konteks pendidikan, penelitian, dan profesional.
Berbeda dengan CPL 11, dari Gambar 5 CPL 12 menunjukan hasil pencapaian yang sangat bagus dimana sebanyak 97% dari jumlah mahasiswa telah mencapai tingkat kinerja yang sangat baik dalam CPL 12. Mereka mampu mendemonstrasikan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa dengan baik, serta mempraktikkan etika akademik yang sesuai dalam menjalankan tugas profesional. Mahasiswa ini memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai tersebut dan mampu menerapkannya dengan konsisten dalam konteks akademik dan profesional. Sedangkan sisanya yaitu sebanyak 4% siswa gagal dalam mencapai CPL 12. Ini menandakan bahwa sebagian kecil siswa mungkin mengalami kesulitan dalam mendemonstrasikan nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa, serta mempraktikkan etika akademik dalam menjalankan tugas profesional. Kemungkinan, mereka membutuhkan bantuan tambahan atau arahan untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut.
Dari hasil penjelasan terkait hasil pengukuran CPL dapat disimpulkan bahwa pencapaian CPL untuk semua aspek pada kurikulum S1 pendidikan Fisika sudah baik. Walaupun demikian, tetap diperlukan peningkatan agar semua semua mahasiswa dapat melampaui standar CPL yang telah ditetapkan dari yang gagal dan yang mencapai CPL minimum dapat meningkat pada pencapaian dengan kategori baik atau sangat baik. Hal ini diperlukan agar semua mahasiswa memiliki kemampuan dan kompetensi sesuai dengan yang diharapkan.
3. Masukan Akademisi/Profesional, Pengguna Alumni dan Alumni
Selain mengevaluasi kurikulum dari asesmen CPL, kemudian dilakukan review oleh ahli. Program Studi S1 Pendidikan Fisika telah melaksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan masukan dari Akdemisi/Profesional, Pengguna Alumni dan Alumni dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dan Benchmarking. Kegiatan tersebut antara lain adalah:
- FGD untuk mendapatkan masukan stake holder, alumni, dan narasumber dari Physics Society of Indonesia. (Tanggal 17 Juli 2022)
- FGD kurikulum OB Program Studi S1-Pendidikan Fisika pada Perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK (9 Oktober 2022) di Gorontalo.
- Benchmarking dengan mengundang narasumber dari Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Malang (Tanggal 10 Oktober 2022)
- FGD kurikulum OB Program Studi S1 Pendidikan Fisika pada Perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi MIPA LPTK (10 September 2023) di UNY Yogyakarta
Tabel Saran Pengguna Lulusan Berdasarkan FGD
Saran Pengguna Lulusan terkait Mata Kuliah | Saran Pengguna Lulusan terkait Kualitas Lulusan |
|
|
4. Tracer Study
Keseluruhan populasi tracer pada alumni lulusan tahun 2022 adalah sejumlah 77 alumni dan yang telah mengisi sebanyak 77 atau 100%. Dari seluruh populasi terdapat 39 (50,65%) alumni yang statusnya bekerja baik part time/full time, ada 0 (0 %) alumni yang belum memungkinkan bekerja atau tidak bekerja tetapi sedang mencari kerja. Untuk alumni yang berwirausaha saja sebanyak 11 (14,29 %) alumni, dan yang studi lanjut sebanyak 22 (28,57 %) alumni. Dari 44 alumni yang bekerja hanya ada 26 (33,77%) alumni mendapat pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan, sedangkan dari jumlah tersebut ternyata hanya 15 (19,48 %) yang mendapatkan pendapatan lebih besar dari 1,2x Upah Minimum Provinsi. Maka kualitas alumni prodi S1 Pendidikan Fisika yang lulus di tahun 2022 dimana mereka bekerja kurang dari 6 bulan sekaligus memiliki upah 1,2 UMP/berwirausaha/studi lanjut sebanyak 45 (58,44%) yang masuk dalam ‘Gold Standar’ Indikator Kinerja Utama I Universitas Negeri Surabaya sampai dengan akhir triwulan ke 4 (November 2023). Selain itu juga disajikan masa tunggu lulusan pada Tabel berikut ini:
Tabel Masa Tunggu Lulusan
Mendapatkan pekerjaan pertama setelah lulus | Jumlah | Rata-rata masa tunggu |
1 bulan | 7 | 4 Bulan |
2 bulan | 3 | |
3 bulan | 2 | |
4 bulan | 1 | |
5 bulan | 0 | |
6 bulan | 0 | |
6-12 bulan | 26 |
Berdasarkan Tabel di atas menunjukkan jumlah alumni Program Studi S1 Pendidikan Fisika yang lulus tahun 2022 dan mendapatkan pekerjaan pertama menunjukkan sebanyak 7 alumni mendapatkan pekerjaan 1 bulan setelah lulus. Berikutnya, sebanyak 3 alumni mendapatkan pekerjaan pertama pada 2 bulan setelah lulus. Sebanyak 2 alumni mendapatkan pekerjaan pertamanya pada bulan ke 3 setelah mereka lulus. Sedangkan terdapat 1 alumni mendapatkan pekerjaan pertamanya pada bulan ke 4 setelah mereka lulus Sebanyak 0 alumni mendapatkan pekerjaan pertamanya pada bulan ke 5 setelah mereka lulus. Berikutnya, sebanyak 0 alumni mendapatkan pekerjaan pertama pada 6 bulan setelah lulus. Terakhir, sebanyak 26 alumni mendapatkan pekerjaan antara 6-12 bulan setelah lulus. Rata-rata masa tunggu alumni lulusan 2023 dalam mendapatkan pekerjaan pertama adalah 4 bulan. Adapun jenis pekerjaan alumni seperti yang ditunjukkan oleh Tabel dibawah berikut:
Evaluasi Tracer Study
Berdasarkan data Tracer Study Lulusan 2022, mayoritas alumni Program Studi S1 Pendidikan Fisika bekerja sebagai pendidik adalah sebesar 74%. Berikutnya terdapat 4% yang bekerja sebagai staf administrasi lembaga baik sektor perusahaan/perbankan/usaha. Selain itu, terdapat 22 % sebagai Pemilik Usaha. Dengan demikian mayoritas lulusan Program Studi S1 Pendidikan Fisika telah memenuhi profil lulusan S1 Pendidikan Fisika sebagaimana tercantum dalam dokumen kurikulum, yaitu sebagai pendidik.
Alumni Program Studi S1 Pendidikan Fisika dengan tahun lulus 2022 yang telah mendapatkan pekerjaan, memiliki tingkat kesesuaian antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini, sebanyak 86 %, responden menilai antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah sangat erat, terdapat 4,7 % merasa keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah erat, sebanyak 9,3 % menilai cukup erat antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini, ada 0 % alumni menilai kurang erat, dan sisanya menilai tidak erat sama sekali sebanyak 0 %. Mayoritas menilai sangat erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan yang saat ini digeluti alumni. Hal ini menunjukkan bahwa Kurikulum S1 Pendidikan Fisika yang dirancang telah mampu membekali lulusan S1 Pendidikan Fisika dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia pekerjaan,
Lebih lanjut, alumni Program Studi S1 Pendidikan Fisika dalam mendapatkan pekerjaan yang dijalani saat ini, memiliki tingkat ketepatan yang berbeda-beda antara posisi pekerjaannya saat ini dengan tingkat pendidikan yang telah ditempuh. Dapat disimpulkan bahwa pekerjaan alumni yang lulus tahun 2022 saat ini tidak memerlukan pendidikan tinggi sebesar 4,7 %, pekerjaan alumni yang saat ini memerlukan pendidikan setingkat lebih rendah sebesar 16,3 %, pekerjaan alumni yang saat ini memerlukan pendidikan setingkat lebih tinggi sebesar 48,8 %, dan pekerjaan alumni yang saat ini memerlukan tingkat pendidikan yang sama sebesar 30,2 %. Hasil ini mengindikasikan bahwa Kurikulum S1 Pendidikan Fisika telah memenuhi kebutuhan mendasar alumni untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan profil lulusan, yakni sebagai pendidik di level sekolah menengah. Namun, untuk alumni yang bekerja di level pendidikan yang lebih tinggi, seperti alumni yang menjadi dosen, harus melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan karier akademiknya.
Rekap PLO Program Studi Physics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Conservation of Natural Resources | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Physics Edutainment Physics | 2 | 20% | 10% | 40% | 30% | 100 % | |||||
Statistics | 2 | 18.75% | 56.25% | 25% | 100 % | ||||||
Measurement Systems Physics | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
English For Physics | 3 | 31.25% | 31.25% | 4.17% | 14.58% | 14.58% | 4.17% | 100 % | |||
Learning Planning | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Development of Teaching Materials | 2 | 42.86% | 14.29% | 42.86% | 100 % | ||||||
Physics Learning Media | 2 | 21.43% | 28.57% | 50% | 100 % | ||||||
Skills Micro | 2 | 21.43% | 28.57% | 21.43% | 28.57% | 100 % | |||||
Learning Physics Literacy | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||
Fisika Dasar I | 4 | 23.08% | 30.77% | 46.15% | 100 % | ||||||
Local Wisdom Physics | 2 | 38.89% | 22.22% | 38.89% | 100 % | ||||||
Entrepreneurship | 2 | 45% | 45% | 10% | 100 % | ||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 23.81% | 33.33% | 4.76% | 38.1% | 100 % | |||||
Physics Mathematics Ii Physics | 3 | 25% | 50% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||
Fisika Statistik | 2 | 20% | 60% | 20% | 100 % | ||||||
School Curriculum | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||
Thermodynamics | 3 | 25% | 50% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||
Research methodology | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Core Physics | 3 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % | ||||||
Physics Space | 2 | 17.65% | 29.41% | 29.41% | 11.76% | 11.76% | 99.99 % | ||||
Ipba | 2 | 23.08% | 15.38% | 19.23% | 19.23% | 11.54% | 11.54% | 100 % | |||
Physics Laboratory | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||
Modern Physics | 3 | 33.33% | 46.67% | 20% | 100 % | ||||||
Electric Magnet | 3 | 28% | 40% | 32% | 100 % | ||||||
Biologi Umum | 2 | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||
Physics Experiments Ii | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||||
Learning Steam | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||
Un Timss and Pisa Study | 2 | 23.53% | 29.41% | 41.18% | 5.88% | 100 % | |||||
Physics Communication and Media Analysis | 2 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
Eksperimen Fisika III | 2 | 18.75% | 37.5% | 43.75% | 100 % | ||||||
Experimental Materials Physics I | 2 | 61.54% | 38.46% | 100 % | |||||||
Earth | 2 | 26.09% | 8.7% | 17.39% | 39.13% | 8.7% | 100 % | ||||
Optics | 2 | 6.25% | 43.75% | 31.25% | 18.75% | 100 % | |||||
Community Service Program | 3 | 23.08% | 30.77% | 23.08% | 23.08% | 100 % | |||||
Basic Education | 2 | 25% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||
Calculus For Physics | 3 | 55.56% | 16.67% | 27.78% | 100 % | ||||||
Series and Linear Algebra for Physics | 4 | 21.43% | 21.43% | 50% | 3.57% | 3.57% | 100 % | ||||
Basic Mechanics and Thermodynamics | 4 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
Magnetic Electricity and Basic Optics | 4 | 5% | 45% | 45% | 5% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Physics Education
Universitas Negeri Surabaya
Dalam mengembangkan kurikulum, Prodi S1 Pendidikan Fisika mendasarkan pada landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum Nasional dan Kebijakan Universitas Negeri Surabaya. Adapun landasan yang digunakan adalah sebagai berikut:
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
- Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019, tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020.
- Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2019, tentang Musyawarah Desa.
- Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
- Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa.
- SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019 tentang Penetapan Buku Pedoman Penambahan Muatan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Universitas Negeri Surabaya.
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2019 Tentang pemberian Penghargaan Akademis Kepada Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Surabaya.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved