•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Bisnis Digital Unesa

 
Study Program  : 
Establishment Date  :  23 April 2021
Study Program Coordinator  :  Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Bisnis Digital
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Prodi yang Berdaya Saing Global, Inovatif, dan Beretika Bisnis di Indonesia tahun 2026


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu Bisnis Digital yang berbasis etika bisnis;
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Bisnis Digital yang berbasis etika bisnis;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis Bisnis Digital yang berbasis etika bisnis;
  4. Menyelenggarakan tata kelola prodi yang sesuai dengan prinsip good university governance;
  5. Membangun kerja sama dengan stakeholder di dalam negeri dan luar negeri.

Tujuan
  1. 1. Terselenggaranya program pendidikan bidang ekonomi dan bisnis yang berkualitas dan berdaya saing.
  2. 2. Meningkatnya kuantitas, kualitas dan inovasi penelitan bidang Bisnis Digital berbasis etika ekonomi dan bisnis
  3. 3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat bidang ekonomi dan bisnis.
  4. 4. Terselenggaranya tata kelola organisasi yang efektif, efisien dan berintegritas.
  5. 5. Meningkatnya lulusan yang memiliki penguatan pelaksanaan tridharma yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder

Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif

PLO-8 Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan

PLO-10 Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat

Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
  • Wirausaha muda di bidang bisnis digital
    Wirausahawan muda bisnis digital yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untuk dioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembangan usaha.
  • Konsultan Bisnis Digital  
    Konsultan bisnis digital yang mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi berdasar atas data-data agar manajemen organisasi/intitusi/lembaga di bidang bisnis digital dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya. 
  • Profesional Pemasaran Digital
    Profesional pemasaran digital yang mampu mengevaluasi teknologi, aplikasi, dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat.

Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Bisnis Digital 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002003 Indonesian 2.00
6120903004 Information Technology 3.00
6120903001 Introduction To Digital Business 3.00
6120903005 Introduction To Economic Theory 3.00
1000002177 English 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
6120903006 Pengantar Akuntansi 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
6120903030 Algoritma Pemrograman 3.00
1000002033 Citizenship 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
6120903011 Management Human Resources And Organizations 3.00
6120903088 Logical Mathematics 3.00
6120903010 Accounting Information System 3.00
6120902045 Manajemen Pengantar 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120906017 Design Thinking Innovation 3.00
6120906013 Manajemen Keuangan 3.00
6120906015 Website Programming 3.00
6120903101 Database 3.00
6120903009 Sistem Informasi Manajemen 3.00
6120902065 Manajemen Operasional 2.00
6120906018 Digital Marketing 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120906014 Cross Cultural Management 3.00
6120903026 Data Security Management 3.00
6120902067 Desain Dan Analisis Sistem 2.00
6120903021 Financial Technology 3.00
6120903025 Internet Of Things 3.00
6120903028 Project Negotiation 3.00
6120903003 Statistik Bisnis 3.00
6120906022 Technopreneurship 3.00
6120906023 Digital Business Ethics I 3.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120902074 Operational Data Analysis 2.00
6120903073 Business Data Intelligence 3.00
6120904069 Ui Design 4.00
6120902072 Implementation Of Customer Relationship Management 2.00
6120903070 Implementation Of Digital Business Ethics 3.00
6120902071 Business Risk Managerial 2.00
1000002064 Pelaporan Program 2.00
1000002057 Perencanaan 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120903055 Agile Business 3.00
6120903085 Ai For Business 3.00
6120903079 Behavioral Digital Marketing 3.00
6120903087 Big Data Analytics 3.00
6120902076 Digital Scientific Writing Business 2.00
6120903077 Digital Advertising 3.00
6120903078 Digital Content Creative 3.00
6120903054 Digital Crowdfunding Programs 3.00
6120903082 Digital Social Capital 3.00
6120903020 E-Commerce 3.00
6120903053 Enterprise Resource Planning 3.00
6120903086 Game Development 3.00
6120903066 Research Methodology 3.00
6120903029 Mobile Application Programming Basic 3.00
6120906059 Marketing Research Managerial 3.00
6120903084 Sme And Startup Business 3.00
6120903062 Social Media Marketing Programs 3.00
6120903080 Strategic Digital Marketing 3.00
6120906057 Audit Ti 3.00
6120903083 Digital Social Entrepreneurship 3.00
6120903081 Innovation And Sustainable Business 3.00
6120903060 Digital Business Project Management 3.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002104 Seminar Proposal Final Project 2.00
1000004105 Thesis 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum

Telaah kurikulum yang dilakukan oleh Tim Pengembang Kurikulum menunjukkan indikasi bahwa terbangun keselarasan (link and match) dari kurikulum yang disiapkan oleh ProgramStudi S1 Bisnis Digital FEB Unesa dengan kebutuhan profesi bisnis digital, yaitu menghasilkan lulusan Sarjana Strata Satu Bisnis Digital yang kompeten, beretika dan adaptif dengan perkembangan teknologi informasi. Pembentukkan mata kuliah, bahan kajian, dan struktur kurikulum berupaya untuk seimbang mengikuti dinamika perubahan peraturan dan kebijakan kurikulum perguruan tinggi dari pemerintah seperti kompetensi lulusan mengikuti KKNI Level 7 dan SN-Dikti, re-orientasi kurikulum menghadapi era-Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, dan terakhir adanya program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, untuk membentuk kompetensi inti Program Studi S1 Bisnis Digital FEB Unesa pada kurikulumnya juga telah mengadopsi standar kompetensi pembentukkan kualifikasi IEEE. Proses Penyusunan Kurikulum Program Studi S1 Bisnis Digital FEB Unesa terdiri dari tahap- tahap berikut ini:

Penyusunan Awal Kurikulum

Program studi S1 bisa digital merupakan program studi yang baru didirikan tahun 2020 untuk penyusunan awal kurikulum dilakukan sekaligus dengan penyusunan instrumenprogram studi baru yaitu diawali dengan penyusunan awal kurikulum oleh tim pengusul. Proses penyusunan dilakukan dengan mempertimbangkan analisa kebutuhan industri,referensi kurikulum asosiasi IEEE, tujuan pendirian prodi, juga profil lulusan yang akandihasilkan sehingga ditemukan beberapa mata kuliah yang dinilai mampu mencapai profil lulusan Prodi S1 Bisnis Digital Unesa. Susunan kurikulum terdiri atas minimal 144 SKS karena jenis programnya adalah sarjana. Bidang keahlian yang terlibat pada prodi ini yaitu gabungan antara manajemen bisnis, teknologi informasi. Pada tahap ini juga dilakukan analisis mengenai mata kuliah penciri program studi yang menggambarkan kemampuan prodi untuk mencapai visi dan misi program studi yaitu mata kuliah Etika Bisnis Digital danjuga Technopreneurship.

Studi Banding Kurikulum

Pada tahap kedua ini merupakan tahap lanjutan dari penyusunan awal kurikulum yangdilakukan oleh tim pengusul dengan melakukan studi banding kurikulum pada programstudi sejenis. Berdasarkan pertimbangan tim maka dilakukan studi banding pada Prodi S1 Bisnis Digital Universitas Padjadjaran dan juga S1 Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Forum Group Discussion dilakukan bersama para koordinator program studi dan dekan universitas terkait. pada tahap ini jelas memberikan kontribusi yang sangat berarti pada program studi S1 Bisnis Digital Unesa. Karena dengan adanya pertimbangan dananalisis dari prodi lain, maka dibutuhkan S1 Bisnis Digital Indonesia dapat memiliki pendiri yang berbeda dibandingkan prodi sejenis lainnya.

Sanctioning Kurikulum

Pada tahap ketiga ini program studi Bisnis Digital Unesa melakukan sanctioning kurikulum dengan mengundang ahli kurikulum untuk memberikan pandangan dan Analisis komprehensif terhadap struktur kurikulum dan juga perangkat kurikulum yang perludimiliki oleh prodi. Selain itu pada tahap ini para ahli yang diundang juga memberikan masukan kepada tercapainya visi misi dan profil lulusan prodi yang tertuang pada kurikulum dan juga muatan dari masing-masing mata kuliah. Sanctioning kurikulum dihadiri oleh ahli dari program studi Bisnis Digital IT Telkom Surabaya dan Universitas Padjajaran. Beberapa masukan yang diperoleh adalah:

  • Perlunya dibuat visualisasi course path yang komunikatif.
  • Mengusulkan rasio struktur mata kuliah manajemen bisnis dibanding teknologi informasi adalah 60:40.
  • Perlu dimatangkan kembali terkait komposisi mata kuliah yang berbasis manajemen bisnis dan teknologi informasi.
  • Mengusulkan rasio mata kuliah 40% manajemen bisnis dan 60% teknologi informasi, sehingga kompetensi lulusannya kuat pada sisi teknologi informasinya.
  • Mengusulkan profil lulusan Product Manager dengan kompetensi yang menguasai baik dibidang teknologi informasi maupun bisnis.
  • Mata kuliah pilihan belum proporsional, bisa benchmark ke Prodi Bisnis Digital Unpad.

Dari sanctioning kurikulum, dirumuskan proporsi mata kuliah prodi bisnis digital adalah 55% manajemen dan 45% teknologi informasi, roadmap kurikulum dan penentuan mata kuliah pilihan yang proporsional untuk masing-masing bidang konsentrasi Technopreneur, Pemasaran Digital dan Konsultan Bisnis Digital.

Penyusunan Akhir Kurikulum

Fase setelah sanctioning adalah tim melakukan finalisasi penyusunan akhir buku kurikulumdengan mempertimbangkan masukan para ahli dan benchmarking dengan prodi sejenis.

Uji Publik Kurikulum

Setelah draft akhir kurikulum terbentuk, dilakukan uji publik kurikulum dengan mengundang para stakeholder dan mitra kerjasama dari Prodi S1 Bisnis digital yang tujuannya untuk memberikan masukan yang komprehensif mengenai keterkaitan antara dunia kerja dengan dunia pendidikan. Pada tahap ini uji publik kurikulum dihadiri oleh 9orang perwakilan perusahaan/calon pengguna lulusan (PT INKA, PT Blitaris Solusi Teknologi, PT Algorista Engineering, Tokopedia, Universitas Muhammadiyah Surabaya,Pelindo Regional 3, PT RSP, PT Digtive Global Media). dan setelah uji kurikulum selesai maka lengkap sudah rangkaian penyusunan buku kurikulum yang kemudian disahkan oleh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis FEB Unesa. Hasil dari uji publik kurikulum ini adalah:

  1. Perlu dimasukkannya wawasan tentang IP law, patent law dan undang-undang sejenis serta konsekuensi hukumnya secara pidana maupun perdata di mata kuliah Etika Bisnis Digital 1 dan 2.
  2. Perlu adanya penjelasan lebih detail mengenai software yang akan digunakan dalam mata kuliah berbasis teknologi informasi yang mudah dan open source sehingga memudahkan mahasiswa untuk menginstall dan mempelajarinya.
  3. Mata kuliah Pemasaran Digital dan Bahasa Inggris perlu dimasukkan secara simultan, karena kendala yang sering terjadi di lapangan adalah kurangnya skill analis maupun pemasar digital dalam bahasa Inggris/asing.
  4. Perlu adanya mata kuliah Jaringan/Network karena ada mata kuliah Cloud Computing, Internet of Things, dan Data Security management, untuk dapat memahami mata kuliah tersebut jika tidak mendapat dasar Network.
  5. Mata kuliah pemrograman aplikasi mobile perlu dipertimbangkan untuk menggunakan Kotlin/Flutter. Selain itu perlu diberi pemahaman mengenai Basis Data yang digunakan diPerangkat Android (Firebase, SQLite) ataupun IoS dan juga kaidah pengembangan UI/UX.
  6. Mata kuliah Cloud Computing sepertinya juga perlu diberi bahasan mengenai Service Level Agreement agar tidak terlalu teknis. Serta mungkin perlu diberi pengetahuan mengenai administrasi jaringan.
  7.  Konsep Internet of Things sebenarnya cukup luas, dan teknologi yang digunakan bermacam-macam (Sensor, Robot, Mobile, dll) sehingga rasanya perlu diperjelas lagi tujuan mata kuliah ini dan perannya dalam Bisnis Digital (misal jika ternyata hanya terpaku pada pengembangan mobile bisa digabungkan dengan mata kuliah Pemrograman Aplikasi Mobile).
  8. Untuk mata kuliah dengan IT akan lebih baik jika menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning agar lebih paham pemanfaatan ilmu yang didapat.

Evaluasi Kurikulum

Fase ini bertujuan untuk melakukan evaluasi secara berkala pada kurikulum yang telah diuji publik. Evaluasi ini dapat berupa perbaikan dan rencana pembelajaran semester dan jugaperbaikan capaian pembelajaran mata kuliah yang ada di Prodi S1 bisnis digital Unesa.Evaluasi ini dilakukan rutin setiap 2 bulan dikemas dalam rapat rutin Prodi dan telah tercatat lengkap pada notulen rapat.

Tabel 4. Roadmap Strategi Pengembangan Prodi S1 Bisnis Digital

NoMisi ProdiTujuan Misi ProdiSasaran Kegiatan ProdiStrategi Pengembangan Prodi
1MenyelenggarakanTerselenggaranyaPeningkatan kualitas1. Peningkatan akses dan mutu calon
 pendidikan danprogram pendidikanakademik di bidangmahasiswa baru;
 pengembanganbidang ekonomi danekonomi dan bisnis2. Pengembangan sumber dan media
 ilmu Bisnis Digitalbisnis yang pembelajaran;
 yang berbasis etikaberkualitas dan 3. Pengembangan kurikulum berbasis
 bisnisberdaya saing Output Base Education (OBE);
    4. Peningkatan penjaminan mutu
    program studi;
    5. Pengembangan kelas internasional;
    6. Pengembangan kewirausahaan
    mahasiswa.
    7. Perbaikan rasio dosen mahasiswa.
2MenyelenggarakanMeningkatnyaPeningkatan kualitas1. Menyusun, mengembangkan dan
 penelitian dikuantitas, kualitasriset yangmengimplementasikan roadmap
 bidang Bisnisdan inovasi penelitanberkontribusi dalampenelitian
 Digital yangbidang Bisnis Digitalpengembangan2. Pengembangan penelitian multi
 berbasis etikaberbasis etikaIPTEKSdisplin;
 bisnisekonomi dan bisnis 3. Inisiasi kerjasama penelitian dalam
    dan luar negeri;
    4. Peningkatan jumlah publikasi dalam
    jurnal nasional dan internasional;
    5. Peningkatan kualitas publikasi dan
    jumlah sitasi;
    6. Menyusun roadmap pengembangan
    penerbitan jurnal nasional dan
    intenasional;
    7. Pengembangan kerjasama dengan
    lembaga internasional dibidang riset;
3MenyelenggarakanTerwujudnyaTerlaksananya1. Menyusun roadmap pengabdian
 pengabdian padapengabdian kepadapengabdian kepadakepada masyarakat;
 masyarakat yangmasyarakat yangmasyarakat yang2. Peningkatan jumlah kegiatan
 berbasis Bisnisberbasis Bisnisberkualitas danpengabdian pada masyarakat;
 Digital yangDigital dengan etikabermanfaat dalam3. Pengembangan entreupeneurship di
 dengan etikaekonomi dan bisnis.meningkatkanmasyarakat
 bisnis  4. Pengembangan kegiatan tindak
    

kesejahteraan

masyarakat

lanjut Ipteks dan sosial yang berdaya

guna;

4MenyelenggarakanTerselenggaranyaTerlaksananya tata1. Peningkatan kualitas dan kuantitas
 tata kelola proditata kelola organisasikelola, sistemdaya tampung program studi;
 yang sesuaiyang efektif, efisienpenjaminan mutu, serta2. Pengembangan laboratorium
 dengan prinsipdan berintegritas.jejaring kerjasamapembelajaran;
 good university dengan stakeholder di3. Peningkatan income generating dari
 governance. dalam maupun luarkerjasama;
   negeri.4. Pengembangan kualitas Akreditasi
    Nasional dan Internasional;
    5. Peningkatan daya saing di tingkat
    nasional;
    6. Peningkatan kerjasama internasional
    untuk pendidikan dalam bentuk
    lecturer and/or student exchange, atau
    program lain yang relevan untuk
    mendapatkan rekognisi internasional;
    7. Peningkatan dana dari Corporate
    Social Responsibility (CSR)
    perusahaan BUMN/swasta."
5MeningkatkanMeningkatnyaMeningkatnya daya1. Peningkatan kualitas kegiatan
 daya sainglulusan yangsaing lulusan di duniakeorganisasian, bakat minat,
 mahasiswa danmemiliki jiwakerjakerohanian dan penalaran;
 lulusan yangkepemimpinan dan 2. Pengembangan startup mahasiswa;
 memiliki jiwakewirausahaan 3. Peningkatan inovasi dan kreativitas
 kepemimpinan-berbasis Bisnis mahasiswa;
 kewirausahaanDigital. 4. Peningkatan prestasi mahasiswa di
 berbasis Bisnis  tingkat nasional dan internasional;
 Digital  5. Peningkatan mahasiswa penerima
    beasiswa
    6. Peningkatan sarana dan prasarana
    kemahasiswaan
    7. Pengembangan karir mahasiswa;
    8. Partisipasi alumni dalam kegiatan
    kemahasiswaan.

Sumber: Rencana Strategis Prodi Bisnis Digital 2021-2024
 

Tabel 4. Roadmap Strategi Pengembangan Prodi S1 Bisnis Digital

NoMisi ProdiTujuan Misi ProdiSasaran Kegiatan ProdiStrategi Pengembangan Prodi
1MenyelenggarakanTerselenggaranyaPeningkatan kualitas1. Peningkatan akses dan mutu calon
 pendidikan danprogram pendidikanakademik di bidangmahasiswa baru;
 pengembanganbidang ekonomi danekonomi dan bisnis2. Pengembangan sumber dan media
 ilmu Bisnis Digitalbisnis yang pembelajaran;
 yang berbasis etikaberkualitas dan 3. Pengembangan kurikulum berbasis
 bisnisberdaya saing Output Base Education (OBE);
    4. Peningkatan penjaminan mutu
    program studi;
    5. Pengembangan kelas internasional;
    6. Pengembangan kewirausahaan
    mahasiswa.
    7. Perbaikan rasio dosen mahasiswa.
2MenyelenggarakanMeningkatnyaPeningkatan kualitas1. Menyusun, mengembangkan dan
 penelitian dikuantitas, kualitasriset yangmengimplementasikan roadmap
 bidang Bisnisdan inovasi penelitanberkontribusi dalampenelitian
 Digital yangbidang Bisnis Digitalpengembangan2. Pengembangan penelitian multi
 berbasis etikaberbasis etikaIPTEKSdisplin;
 bisnisekonomi dan bisnis 3. Inisiasi kerjasama penelitian dalam
    dan luar negeri;
    4. Peningkatan jumlah publikasi dalam
    jurnal nasional dan internasional;
    5. Peningkatan kualitas publikasi dan
    jumlah sitasi;
    6. Menyusun roadmap pengembangan
    penerbitan jurnal nasional dan
    intenasional;
    7. Pengembangan kerjasama dengan
    lembaga internasional dibidang riset;
3MenyelenggarakanTerwujudnyaTerlaksananya1. Menyusun roadmap pengabdian
 pengabdian padapengabdian kepadapengabdian kepadakepada masyarakat;
 masyarakat yangmasyarakat yangmasyarakat yang2. Peningkatan jumlah kegiatan
 berbasis Bisnisberbasis Bisnisberkualitas danpengabdian pada masyarakat;
 Digital yangDigital dengan etikabermanfaat dalam3. Pengembangan entreupeneurship di
 dengan etikaekonomi dan bisnis.meningkatkanmasyarakat
 bisnis  4. Pengembangan kegiatan tindak


 

 

    

kesejahteraan

masyarakat

lanjut Ipteks dan sosial yang berdaya

guna;

4MenyelenggarakanTerselenggaranyaTerlaksananya tata1. Peningkatan kualitas dan kuantitas
 tata kelola proditata kelola organisasikelola, sistemdaya tampung program studi;
 yang sesuaiyang efektif, efisienpenjaminan mutu, serta2. Pengembangan laboratorium
 dengan prinsipdan berintegritas.jejaring kerjasamapembelajaran;
 good university dengan stakeholder di3. Peningkatan income generating dari
 governance. dalam maupun luarkerjasama;
   negeri.4. Pengembangan kualitas Akreditasi
    Nasional dan Internasional;
    5. Peningkatan daya saing di tingkat
    nasional;
    6. Peningkatan kerjasama internasional
    untuk pendidikan dalam bentuk
    lecturer and/or student exchange, atau
    program lain yang relevan untuk
    mendapatkan rekognisi internasional;
    7. Peningkatan dana dari Corporate
    Social Responsibility (CSR)
    perusahaan BUMN/swasta."
5MeningkatkanMeningkatnyaMeningkatnya daya1. Peningkatan kualitas kegiatan
 daya sainglulusan yangsaing lulusan di duniakeorganisasian, bakat minat,
 mahasiswa danmemiliki jiwakerjakerohanian dan penalaran;
 lulusan yangkepemimpinan dan 2. Pengembangan startup mahasiswa;
 memiliki jiwakewirausahaan 3. Peningkatan inovasi dan kreativitas
 kepemimpinan-berbasis Bisnis mahasiswa;
 kewirausahaanDigital. 4. Peningkatan prestasi mahasiswa di
 berbasis Bisnis  tingkat nasional dan internasional;
 Digital  5. Peningkatan mahasiswa penerima
    beasiswa
    6. Peningkatan sarana dan prasarana
    kemahasiswaan
    7. Pengembangan karir mahasiswa;
    8. Partisipasi alumni dalam kegiatan
    kemahasiswaan.

Sumber: Rencana Strategis Prodi Bisnis Digital 2021-2024

  1. Profil Lulusan & Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Tujuan Program Studi S1 Bisnis Digital adalah menghasilkan lulusan yang berprofesi sebagai akuntan pemula, auditor pemula, konsultan pemula, wirausahawan, dan profesional pemasaran digital yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

  1. PEO.1: Mampu menerapkan konsep dan teori manajemen dalam bidang kewirausahaandigital, analis bisnis digital dan pemasaran digital untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaannya.
  2. PEO.2: Mampu mengembangkan diri melalui pendidikan formal maupun informal di bidang bisnis digital.
  3. PEO.3: Mampu mengimplementasikan etika bisnis, keterampilan manajerial, teknologi informasi dan kewirausahaan dalam praktik profesinya.

 

Profil Lulusan

Tabel 5. Profil Lulusan dan deskripsinya

No

Profil Lulusan

(PL)

Deskripsi Profil Lulusan

Kemampuan yang diperlukan dari profil

lulusan

PL1Wirausahawanmuda bisnis digitalLulusan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untuk dioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembangan usaha.
  • Lean & Agile
  • User Experience
  • User Research
  • Creative Design
  • Design Thinking
  • Innovation Management
  • Service Design
  • Data analytic
  • Data management
  • Data visualisation
PL2Konsultan bisnis digitalLulusan mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi berdasar atas data-data agar manajemen organisasi/institusi/lembaga di bidang bisnis digital dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya.
  • Innovation Management
  • Integrated System
  • Software Requirement System
  • Resource Management
  • Business Modeling
  • Partnership Initiation

•      Partnership Management & Governance

  • Prototyping
  • Data analytic
  • Data management
  • Data visualisation
PL3Profesional pemasaran digitalLulusan mampu mengevaluasi teknologi, aplikasi, dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat.
  • Content Strategy & Planning
  • Content Management
  • Digital Content Editorial
  • Media Research

•      Integrated Marketing Communication

  • Personalization
  • Data analytic
  • Data management
  • Data visualisation

 

 

 

 


 

Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Enterprise Resource Planning 3 20% 40% 40% 100 %
Sistem Informasi Manajemen 3 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 99.99 %
Accounting information system 3 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Management Human Resources and Organizations 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
E-Commerce 3 9.52% 9.52% 9.52% 14.29% 9.52% 9.52% 9.52% 9.52% 9.52% 9.52% 99.97 %
Financial Technology 3 7.14% 7.14% 7.14% 14.29% 14.29% 21.43% 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 99.99 %
Digital Business Ethics I 3 33.33% 66.67% 100 %
Design Thinking Innovation 3 7.14% 7.14% 7.14% 7.14% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Manajemen Keuangan 3 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Manajemen Operasi 3 15% 15% 20% 20% 20% 10% 100 %
Website Programming 3 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Digital Marketing 3 6.25% 6.25% 6.25% 6.25% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Database Systems 3 6.67% 13.33% 13.33% 13.33% 13.33% 20% 20% 99.99 %
Cross Cultural Management 3 7.14% 7.14% 7.14% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 7.14% 7.14% 7.14% 100 %
Data Security Management 3 20% 20% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 100 %
English 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Information Technology 3 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Introduction to Economic Theory 3 20% 20% 40% 20% 100 %
Introduction to Digital Business 3 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 100 %
Pengantar Akuntansi 3 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Ui 3 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 9.38% 6.25% 100 %
Business Intelligence 4 8.33% 8.33% 8.33% 8.33% 8.33% 8.33% 16.67% 16.67% 8.33% 8.33% 99.98 %
Data Analytics 4 12.5% 25% 12.5% 25% 25% 100 %
Cloud Computing 2 14.29% 14.29% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Risk Management 3 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Strategic Leadership 3 11.76% 23.53% 11.76% 11.76% 5.88% 17.65% 17.65% 99.99 %
Ethics Digital Business Ii 2 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Simulation Digital Business 3 25% 25% 25% 12.5% 12.5% 100 %
Manajemen Pengantar 2 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 99.99 %
Artificial Intelligence 6 23.08% 15.38% 15.38% 7.69% 15.38% 15.38% 7.69% 99.98 %
Digital Business Project Management 3 28.57% 28.57% 14.29% 28.57% 100 %
Marketing Research Managerial 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Social Media Marketing Programs 3 17.07% 17.07% 17.07% 17.07% 17.07% 14.63% 99.98 %
Green Business 3 38.1% 38.1% 23.81% 100 %
Manajemen Operasional 2 33.33% 66.67% 100 %
Digital Business Research Seminar 2 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Research methodology 3 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Business Cloud Design 3 14.29% 14.29% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Kurikulum

Universitas Value

Mewujudkan karakter Idaman Jelita yang meliputi: Iman, Cerdas, Jujur, Peduli, dan Tangguh.Nilai tersebut menjadi ciri khas yang ditanamkan untuk mewujudkan “Growing with Character”.

Landasan Filosofi

Penyusunan kurikulum Program Studi S1 Bisnis Digital berlandaskan pada:

  1. Pancasila
  2. Undang-Undang Dasar 1945

Penyusunan kurikulum ini berlandaskan dan merefleksikan nilai-nilai luhur yang terdapat pada Pancasila dan UUD 1945.

Landasan Sosiologis

Penentuan dasar penyusunan kurikulum, memperhatikan kebutuhan sosiologis sebagai berikut:

  • Nilai – nilai moral yang tumbuh dalam masyarakat dan membentuk sikap dan karakter masing-masing peserta didik harus tetap terjaga dan terasah sehingga membentuk potensi pendidikan yang berprestasi dan bersifat toleran-multikultural.
  • Responsifitas terhadap perkembangan teknologi informasi yang masif.
  • Perkembangan dan pergeseran implementasi keilmuan di bidang Bisnis Digital.

Landasan Historis

Di Jawa Timur, program studi S1 Bisnis Digital murni belum dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sedangkan Jawa Timur, khususnya Surabaya adalah salah satu pusat manufaktur, ritel dan UMKM terbesar di Indonesia yang mulai beralih ke platform digital. Hal inilah yang menjadi faktor pendorong dirumuskannya kebutuhan program studi bisnis digital di UNESA. Berdasarkan KeputusanMenteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 197/E/0/2021 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana Pada Universitas Negeri Surabaya Di Kota Surabaya resmi dibuka. Penyelenggaran Program Studi S1 Bisnis Digital dimulai pada angkatan 2021berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 197/E/0/2021 tentang Izin Pelaksanaan Program Studi di Universitas Negeri Surabaya. Jejak penyusunan kurikulum mengalami perubahan dan pergeseran disesuaikan dengan peraturan dan berlaku. Saat ini penyusunan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Selain itu kurikulum juga merujuk pada ACM (AssociationComputing Machinery) Curricula 2020. Penyusunan kurikulum juga memperhatikan perkembangan teknologi di era industry 4.0 dan society 5.0. Selama kurun waktu 5 tahun berikutnya, terdapati soft danhard skills yang dibutuhkan era Revolusi Industri 5.0 yaitu kreativitas dan inovasi sebagai soft skills; dancloud computing, blockchain, UX Design, análisis bisnis berbasis big data, digital marketing, manajemen start-up dan kewirausahaan digital sebagai hard skills. Kurikulum prodi bisnis digital mengakomodasi required skills profesi analis data, analis fintech,technopreneur (wirausahawan digital), manajer pemasaran digital, manajer pengembangan bisnis, dankonsultan bisnis digital ke dalam mata kuliahnya. Sehingga Prodi bisnis digital UNESA diharapkan dapat menjadi sarjana terapan yang siap pakai dalam mendukung ekonomi digital di sektor manufaktur, ritel dan UMKM di kawasan Indonesia Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dari penjelasan tersebut, maka penyusunan kurikulum menerapkan konsep humanistik-teknologis. Kurikulum teknologis menekankan pada kompetensi dengan adaptasi teknologi sedangkan kurikulum humanistik mewujudkan pengembangan masing-masing potensi pembelajar dengan tetap memperhatikan nilai moral dan karakter.

Landasan Hukum

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  5. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional pendidikan Tinggi.
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
  12. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  13. Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 197/E/0/2021
  14. Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu:“Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata krama”.
  15. Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.

Perumusan CPL

Perumusan capaian pembelajaran lulusan (learning outcome) program studi S1 Bisnis Digital FEB Unesa dibentuk dari empat aspek yaitu, kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, kompetensi umum dan kompetensi khusus. Penjelasan rinci kompetensi tersebut dapat dilihat pada tabel 3.

Tabel 6. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

NoCapaian Pembelajaran Lulusan (CPL)Sumber acuan
CPL1Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnyaCPL Universitas
CPL 2Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaanCPL Universitas
CPL 3Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutanCPL Universitas
CPL 4Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.CPL Universitas
CPL 5Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh.ACM 
CPL 6Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik.ACM
CPL 7Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif.ACM
CPL 8Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat.ACM
CPL 9Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan.ACM
CPL 10Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif.ACM
CPL 11Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat.ACM


Matrik hubungan CPL dengan Profil Lulusan

  1. PEO.1: Mampu menerapkan konsep dan teori manajemen dalam bidang kewirausahaandigital, analis bisnis digital dan pemasaran digital untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaannya.
  2. PEO.2: Mampu mengembangkan diri melalui pendidikan formal maupun informal di bidang bisnis digital.
  3. PEO.3: Mampu mengimplementasikan etika bisnis, keterampilan manajerial, teknologi informasi dan kewirausahaan dalam praktik profesinya.

Tabel 7. Matrik hubungan Profil & CPL Prodi

NoCPL ProdiPEO1PEO2PEO3
1Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya  v
2Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaanv  
3Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutanv  
4Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.vvv
5Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh.vvv
6Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik.vvv
7Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif.vvv
8Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat.vvv
9Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan.vvv
10Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif.vvv
11Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat.vvv