Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Bisnis Digital Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 23 April 2021 |
Study Program Coordinator | : | Hujjatullah Fazlurrahman, S.E., MBA. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Bisnis Digital
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang Berdaya Saing Global, Inovatif, dan Beretika Bisnis di Indonesia tahun 2026
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu Bisnis Digital yang berbasis etika bisnis;
- Menyelenggarakan penelitian di bidang Bisnis Digital yang berbasis etika bisnis;
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis Bisnis Digital yang berbasis etika bisnis;
- Menyelenggarakan tata kelola prodi yang sesuai dengan prinsip good university governance;
- Membangun kerja sama dengan stakeholder di dalam negeri dan luar negeri.
Tujuan
- 1. Terselenggaranya program pendidikan bidang ekonomi dan bisnis yang berkualitas dan berdaya saing.
- 2. Meningkatnya kuantitas, kualitas dan inovasi penelitan bidang Bisnis Digital berbasis etika ekonomi dan bisnis
- 3. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat bidang ekonomi dan bisnis.
- 4. Terselenggaranya tata kelola organisasi yang efektif, efisien dan berintegritas.
- 5. Meningkatnya lulusan yang memiliki penguatan pelaksanaan tridharma yang sesuai dengan kebutuhan stakeholder
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Wirausaha muda di bidang bisnis digital
Wirausahawan muda bisnis digital yang mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untuk dioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembangan usaha. - Konsultan Bisnis Digital
Konsultan bisnis digital yang mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi berdasar atas data-data agar manajemen organisasi/intitusi/lembaga di bidang bisnis digital dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya. - Profesional Pemasaran Digital
Profesional pemasaran digital yang mampu mengevaluasi teknologi, aplikasi, dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Bisnis Digital 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
6120903004
Information Technology
3.00
6120903001
Introduction To Digital Business
3.00
6120903005
Introduction To Economic Theory
3.00
1000002177
English
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
6120903006
Pengantar Akuntansi
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
6120903030
Algoritma Pemrograman
3.00
1000002033
Citizenship
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
6120903011
Management Human Resources And Organizations
3.00
6120903088
Logical Mathematics
3.00
6120903010
Accounting Information System
3.00
6120902045
Manajemen Pengantar
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
6120906017
Design Thinking Innovation
3.00
6120906013
Manajemen Keuangan
3.00
6120906015
Website Programming
3.00
6120903101
Database
3.00
6120903009
Sistem Informasi Manajemen
3.00
6120902065
Manajemen Operasional
2.00
6120906018
Digital Marketing
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
6120906014
Cross Cultural Management
3.00
6120903026
Data Security Management
3.00
6120902067
Desain Dan Analisis Sistem
2.00
6120903021
Financial Technology
3.00
6120903025
Internet Of Things
3.00
6120903028
Project Negotiation
3.00
6120903003
Statistik Bisnis
3.00
6120906022
Technopreneurship
3.00
6120906023
Digital Business Ethics I
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
6120903068
Business Implementation Analysis
4.00
6120902100
Teaching Assistance Evaluation
2.00
6120902099
Planning Teaching Assistance
2.00
6120903089
Business Cloud Design
3.00
6120903040
Strategic Leadership
3.00
6120902098
Program Evaluation Internship
2.00
6120902097
Program Design Internship
2.00
6120904096
Modul Nusantara
4.00
6120903039
Digital Business Monitoring Digital
3.00
6120903091
Projects In Villages, Evaluation, Reporting And Dissemination Of Activity Results
2.00
6120903090
Project In Village Program Planning
2.00
6120902093
Independent Program Evaluation Project
2.00
6120902092
Independent Program Design Project
2.00
6120906038
Simulation Digital Business
3.00
6120902095
Independent Entrepreneur Development Report
2.00
6120902094
Independent Entrepreneur Program Design
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
6120902074
Operational Data Analysis
2.00
6120903073
Business Data Intelligence
3.00
6120904069
Ui Design
4.00
6120902072
Implementation Of Customer Relationship Management
2.00
6120903070
Implementation Of Digital Business Ethics
3.00
6120902071
Business Risk Managerial
2.00
1000002064
Pelaporan Program
2.00
1000002057
Perencanaan
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
6120903055
Agile Business
3.00
6120903085
Ai For Business
3.00
6120903079
Behavioral Digital Marketing
3.00
6120903087
Big Data Analytics
3.00
6120902076
Digital Scientific Writing Business
2.00
6120903077
Digital Advertising
3.00
6120903078
Digital Content Creative
3.00
6120903054
Digital Crowdfunding Programs
3.00
6120903082
Digital Social Capital
3.00
6120903020
E-Commerce
3.00
6120903053
Enterprise Resource Planning
3.00
6120903086
Game Development
3.00
6120903066
Research Methodology
3.00
6120903029
Mobile Application Programming Basic
3.00
6120906059
Marketing Research Managerial
3.00
6120903084
Sme And Startup Business
3.00
6120903062
Social Media Marketing Programs
3.00
6120903080
Strategic Digital Marketing
3.00
6120906057
Audit Ti
3.00
6120903083
Digital Social Entrepreneurship
3.00
6120903081
Innovation And Sustainable Business
3.00
6120903060
Digital Business Project Management
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002104
Seminar Proposal Final Project
2.00
1000004105
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
6120903004 | Information Technology | 3.00 | |
6120903001 | Introduction To Digital Business | 3.00 | |
6120903005 | Introduction To Economic Theory | 3.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
6120903006 | Pengantar Akuntansi | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
6120903030 | Algoritma Pemrograman | 3.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
6120903011 | Management Human Resources And Organizations | 3.00 | |
6120903088 | Logical Mathematics | 3.00 | |
6120903010 | Accounting Information System | 3.00 | |
6120902045 | Manajemen Pengantar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
6120906017 | Design Thinking Innovation | 3.00 | |
6120906013 | Manajemen Keuangan | 3.00 | |
6120906015 | Website Programming | 3.00 | |
6120903101 | Database | 3.00 | |
6120903009 | Sistem Informasi Manajemen | 3.00 | |
6120902065 | Manajemen Operasional | 2.00 | |
6120906018 | Digital Marketing | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
6120906014 | Cross Cultural Management | 3.00 | |
6120903026 | Data Security Management | 3.00 | |
6120902067 | Desain Dan Analisis Sistem | 2.00 | |
6120903021 | Financial Technology | 3.00 | |
6120903025 | Internet Of Things | 3.00 | |
6120903028 | Project Negotiation | 3.00 | |
6120903003 | Statistik Bisnis | 3.00 | |
6120906022 | Technopreneurship | 3.00 | |
6120906023 | Digital Business Ethics I | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
6120903068 | Business Implementation Analysis | 4.00 | |
6120902100 | Teaching Assistance Evaluation | 2.00 | |
6120902099 | Planning Teaching Assistance | 2.00 | |
6120903089 | Business Cloud Design | 3.00 | |
6120903040 | Strategic Leadership | 3.00 | |
6120902098 | Program Evaluation Internship | 2.00 | |
6120902097 | Program Design Internship | 2.00 | |
6120904096 | Modul Nusantara | 4.00 | |
6120903039 | Digital Business Monitoring Digital | 3.00 | |
6120903091 | Projects In Villages, Evaluation, Reporting And Dissemination Of Activity Results | 2.00 | |
6120903090 | Project In Village Program Planning | 2.00 | |
6120902093 | Independent Program Evaluation Project | 2.00 | |
6120902092 | Independent Program Design Project | 2.00 | |
6120906038 | Simulation Digital Business | 3.00 | |
6120902095 | Independent Entrepreneur Development Report | 2.00 | |
6120902094 | Independent Entrepreneur Program Design | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
6120902074 | Operational Data Analysis | 2.00 | |
6120903073 | Business Data Intelligence | 3.00 | |
6120904069 | Ui Design | 4.00 | |
6120902072 | Implementation Of Customer Relationship Management | 2.00 | |
6120903070 | Implementation Of Digital Business Ethics | 3.00 | |
6120902071 | Business Risk Managerial | 2.00 | |
1000002064 | Pelaporan Program | 2.00 | |
1000002057 | Perencanaan | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
6120903055 | Agile Business | 3.00 | |
6120903085 | Ai For Business | 3.00 | |
6120903079 | Behavioral Digital Marketing | 3.00 | |
6120903087 | Big Data Analytics | 3.00 | |
6120902076 | Digital Scientific Writing Business | 2.00 | |
6120903077 | Digital Advertising | 3.00 | |
6120903078 | Digital Content Creative | 3.00 | |
6120903054 | Digital Crowdfunding Programs | 3.00 | |
6120903082 | Digital Social Capital | 3.00 | |
6120903020 | E-Commerce | 3.00 | |
6120903053 | Enterprise Resource Planning | 3.00 | |
6120903086 | Game Development | 3.00 | |
6120903066 | Research Methodology | 3.00 | |
6120903029 | Mobile Application Programming Basic | 3.00 | |
6120906059 | Marketing Research Managerial | 3.00 | |
6120903084 | Sme And Startup Business | 3.00 | |
6120903062 | Social Media Marketing Programs | 3.00 | |
6120903080 | Strategic Digital Marketing | 3.00 | |
6120906057 | Audit Ti | 3.00 | |
6120903083 | Digital Social Entrepreneurship | 3.00 | |
6120903081 | Innovation And Sustainable Business | 3.00 | |
6120903060 | Digital Business Project Management | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002104 | Seminar Proposal Final Project | 2.00 | |
1000004105 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Telaah kurikulum yang dilakukan oleh Tim Pengembang Kurikulum menunjukkan indikasi bahwa terbangun keselarasan (link and match) dari kurikulum yang disiapkan oleh ProgramStudi S1 Bisnis Digital FEB Unesa dengan kebutuhan profesi bisnis digital, yaitu menghasilkan lulusan Sarjana Strata Satu Bisnis Digital yang kompeten, beretika dan adaptif dengan perkembangan teknologi informasi. Pembentukkan mata kuliah, bahan kajian, dan struktur kurikulum berupaya untuk seimbang mengikuti dinamika perubahan peraturan dan kebijakan kurikulum perguruan tinggi dari pemerintah seperti kompetensi lulusan mengikuti KKNI Level 7 dan SN-Dikti, re-orientasi kurikulum menghadapi era-Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, dan terakhir adanya program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Selain itu, untuk membentuk kompetensi inti Program Studi S1 Bisnis Digital FEB Unesa pada kurikulumnya juga telah mengadopsi standar kompetensi pembentukkan kualifikasi IEEE. Proses Penyusunan Kurikulum Program Studi S1 Bisnis Digital FEB Unesa terdiri dari tahap- tahap berikut ini:
Penyusunan Awal Kurikulum
Program studi S1 bisa digital merupakan program studi yang baru didirikan tahun 2020 untuk penyusunan awal kurikulum dilakukan sekaligus dengan penyusunan instrumenprogram studi baru yaitu diawali dengan penyusunan awal kurikulum oleh tim pengusul. Proses penyusunan dilakukan dengan mempertimbangkan analisa kebutuhan industri,referensi kurikulum asosiasi IEEE, tujuan pendirian prodi, juga profil lulusan yang akandihasilkan sehingga ditemukan beberapa mata kuliah yang dinilai mampu mencapai profil lulusan Prodi S1 Bisnis Digital Unesa. Susunan kurikulum terdiri atas minimal 144 SKS karena jenis programnya adalah sarjana. Bidang keahlian yang terlibat pada prodi ini yaitu gabungan antara manajemen bisnis, teknologi informasi. Pada tahap ini juga dilakukan analisis mengenai mata kuliah penciri program studi yang menggambarkan kemampuan prodi untuk mencapai visi dan misi program studi yaitu mata kuliah Etika Bisnis Digital danjuga Technopreneurship.
Studi Banding Kurikulum
Pada tahap kedua ini merupakan tahap lanjutan dari penyusunan awal kurikulum yangdilakukan oleh tim pengusul dengan melakukan studi banding kurikulum pada programstudi sejenis. Berdasarkan pertimbangan tim maka dilakukan studi banding pada Prodi S1 Bisnis Digital Universitas Padjadjaran dan juga S1 Bisnis Digital Universitas Negeri Medan. Forum Group Discussion dilakukan bersama para koordinator program studi dan dekan universitas terkait. pada tahap ini jelas memberikan kontribusi yang sangat berarti pada program studi S1 Bisnis Digital Unesa. Karena dengan adanya pertimbangan dananalisis dari prodi lain, maka dibutuhkan S1 Bisnis Digital Indonesia dapat memiliki pendiri yang berbeda dibandingkan prodi sejenis lainnya.
Sanctioning Kurikulum
Pada tahap ketiga ini program studi Bisnis Digital Unesa melakukan sanctioning kurikulum dengan mengundang ahli kurikulum untuk memberikan pandangan dan Analisis komprehensif terhadap struktur kurikulum dan juga perangkat kurikulum yang perludimiliki oleh prodi. Selain itu pada tahap ini para ahli yang diundang juga memberikan masukan kepada tercapainya visi misi dan profil lulusan prodi yang tertuang pada kurikulum dan juga muatan dari masing-masing mata kuliah. Sanctioning kurikulum dihadiri oleh ahli dari program studi Bisnis Digital IT Telkom Surabaya dan Universitas Padjajaran. Beberapa masukan yang diperoleh adalah:
- Perlunya dibuat visualisasi course path yang komunikatif.
- Mengusulkan rasio struktur mata kuliah manajemen bisnis dibanding teknologi informasi adalah 60:40.
- Perlu dimatangkan kembali terkait komposisi mata kuliah yang berbasis manajemen bisnis dan teknologi informasi.
- Mengusulkan rasio mata kuliah 40% manajemen bisnis dan 60% teknologi informasi, sehingga kompetensi lulusannya kuat pada sisi teknologi informasinya.
- Mengusulkan profil lulusan Product Manager dengan kompetensi yang menguasai baik dibidang teknologi informasi maupun bisnis.
- Mata kuliah pilihan belum proporsional, bisa benchmark ke Prodi Bisnis Digital Unpad.
Dari sanctioning kurikulum, dirumuskan proporsi mata kuliah prodi bisnis digital adalah 55% manajemen dan 45% teknologi informasi, roadmap kurikulum dan penentuan mata kuliah pilihan yang proporsional untuk masing-masing bidang konsentrasi Technopreneur, Pemasaran Digital dan Konsultan Bisnis Digital.
Penyusunan Akhir Kurikulum
Fase setelah sanctioning adalah tim melakukan finalisasi penyusunan akhir buku kurikulumdengan mempertimbangkan masukan para ahli dan benchmarking dengan prodi sejenis.
Uji Publik Kurikulum
Setelah draft akhir kurikulum terbentuk, dilakukan uji publik kurikulum dengan mengundang para stakeholder dan mitra kerjasama dari Prodi S1 Bisnis digital yang tujuannya untuk memberikan masukan yang komprehensif mengenai keterkaitan antara dunia kerja dengan dunia pendidikan. Pada tahap ini uji publik kurikulum dihadiri oleh 9orang perwakilan perusahaan/calon pengguna lulusan (PT INKA, PT Blitaris Solusi Teknologi, PT Algorista Engineering, Tokopedia, Universitas Muhammadiyah Surabaya,Pelindo Regional 3, PT RSP, PT Digtive Global Media). dan setelah uji kurikulum selesai maka lengkap sudah rangkaian penyusunan buku kurikulum yang kemudian disahkan oleh Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis FEB Unesa. Hasil dari uji publik kurikulum ini adalah:
- Perlu dimasukkannya wawasan tentang IP law, patent law dan undang-undang sejenis serta konsekuensi hukumnya secara pidana maupun perdata di mata kuliah Etika Bisnis Digital 1 dan 2.
- Perlu adanya penjelasan lebih detail mengenai software yang akan digunakan dalam mata kuliah berbasis teknologi informasi yang mudah dan open source sehingga memudahkan mahasiswa untuk menginstall dan mempelajarinya.
- Mata kuliah Pemasaran Digital dan Bahasa Inggris perlu dimasukkan secara simultan, karena kendala yang sering terjadi di lapangan adalah kurangnya skill analis maupun pemasar digital dalam bahasa Inggris/asing.
- Perlu adanya mata kuliah Jaringan/Network karena ada mata kuliah Cloud Computing, Internet of Things, dan Data Security management, untuk dapat memahami mata kuliah tersebut jika tidak mendapat dasar Network.
- Mata kuliah pemrograman aplikasi mobile perlu dipertimbangkan untuk menggunakan Kotlin/Flutter. Selain itu perlu diberi pemahaman mengenai Basis Data yang digunakan diPerangkat Android (Firebase, SQLite) ataupun IoS dan juga kaidah pengembangan UI/UX.
- Mata kuliah Cloud Computing sepertinya juga perlu diberi bahasan mengenai Service Level Agreement agar tidak terlalu teknis. Serta mungkin perlu diberi pengetahuan mengenai administrasi jaringan.
- Konsep Internet of Things sebenarnya cukup luas, dan teknologi yang digunakan bermacam-macam (Sensor, Robot, Mobile, dll) sehingga rasanya perlu diperjelas lagi tujuan mata kuliah ini dan perannya dalam Bisnis Digital (misal jika ternyata hanya terpaku pada pengembangan mobile bisa digabungkan dengan mata kuliah Pemrograman Aplikasi Mobile).
- Untuk mata kuliah dengan IT akan lebih baik jika menggunakan metode pembelajaran Project Based Learning agar lebih paham pemanfaatan ilmu yang didapat.
Evaluasi Kurikulum
Fase ini bertujuan untuk melakukan evaluasi secara berkala pada kurikulum yang telah diuji publik. Evaluasi ini dapat berupa perbaikan dan rencana pembelajaran semester dan jugaperbaikan capaian pembelajaran mata kuliah yang ada di Prodi S1 bisnis digital Unesa.Evaluasi ini dilakukan rutin setiap 2 bulan dikemas dalam rapat rutin Prodi dan telah tercatat lengkap pada notulen rapat.
Tabel 4. Roadmap Strategi Pengembangan Prodi S1 Bisnis Digital
No | Misi Prodi | Tujuan Misi Prodi | Sasaran Kegiatan Prodi | Strategi Pengembangan Prodi |
1 | Menyelenggarakan | Terselenggaranya | Peningkatan kualitas | 1. Peningkatan akses dan mutu calon |
pendidikan dan | program pendidikan | akademik di bidang | mahasiswa baru; | |
pengembangan | bidang ekonomi dan | ekonomi dan bisnis | 2. Pengembangan sumber dan media | |
ilmu Bisnis Digital | bisnis yang | pembelajaran; | ||
yang berbasis etika | berkualitas dan | 3. Pengembangan kurikulum berbasis | ||
bisnis | berdaya saing | Output Base Education (OBE); | ||
4. Peningkatan penjaminan mutu | ||||
program studi; | ||||
5. Pengembangan kelas internasional; | ||||
6. Pengembangan kewirausahaan | ||||
mahasiswa. | ||||
7. Perbaikan rasio dosen mahasiswa. | ||||
2 | Menyelenggarakan | Meningkatnya | Peningkatan kualitas | 1. Menyusun, mengembangkan dan |
penelitian di | kuantitas, kualitas | riset yang | mengimplementasikan roadmap | |
bidang Bisnis | dan inovasi penelitan | berkontribusi dalam | penelitian | |
Digital yang | bidang Bisnis Digital | pengembangan | 2. Pengembangan penelitian multi | |
berbasis etika | berbasis etika | IPTEKS | displin; | |
bisnis | ekonomi dan bisnis | 3. Inisiasi kerjasama penelitian dalam | ||
dan luar negeri; | ||||
4. Peningkatan jumlah publikasi dalam | ||||
jurnal nasional dan internasional; | ||||
5. Peningkatan kualitas publikasi dan | ||||
jumlah sitasi; | ||||
6. Menyusun roadmap pengembangan | ||||
penerbitan jurnal nasional dan | ||||
intenasional; | ||||
7. Pengembangan kerjasama dengan | ||||
lembaga internasional dibidang riset; | ||||
3 | Menyelenggarakan | Terwujudnya | Terlaksananya | 1. Menyusun roadmap pengabdian |
pengabdian pada | pengabdian kepada | pengabdian kepada | kepada masyarakat; | |
masyarakat yang | masyarakat yang | masyarakat yang | 2. Peningkatan jumlah kegiatan | |
berbasis Bisnis | berbasis Bisnis | berkualitas dan | pengabdian pada masyarakat; | |
Digital yang | Digital dengan etika | bermanfaat dalam | 3. Pengembangan entreupeneurship di | |
dengan etika | ekonomi dan bisnis. | meningkatkan | masyarakat | |
bisnis | 4. Pengembangan kegiatan tindak |
kesejahteraan masyarakat | lanjut Ipteks dan sosial yang berdaya guna; | ||||
4 | Menyelenggarakan | Terselenggaranya | Terlaksananya tata | 1. Peningkatan kualitas dan kuantitas | |
tata kelola prodi | tata kelola organisasi | kelola, sistem | daya tampung program studi; | ||
yang sesuai | yang efektif, efisien | penjaminan mutu, serta | 2. Pengembangan laboratorium | ||
dengan prinsip | dan berintegritas. | jejaring kerjasama | pembelajaran; | ||
good university | dengan stakeholder di | 3. Peningkatan income generating dari | |||
governance. | dalam maupun luar | kerjasama; | |||
negeri. | 4. Pengembangan kualitas Akreditasi | ||||
Nasional dan Internasional; | |||||
5. Peningkatan daya saing di tingkat | |||||
nasional; | |||||
6. Peningkatan kerjasama internasional | |||||
untuk pendidikan dalam bentuk | |||||
lecturer and/or student exchange, atau | |||||
program lain yang relevan untuk | |||||
mendapatkan rekognisi internasional; | |||||
7. Peningkatan dana dari Corporate | |||||
Social Responsibility (CSR) | |||||
perusahaan BUMN/swasta." | |||||
5 | Meningkatkan | Meningkatnya | Meningkatnya daya | 1. Peningkatan kualitas kegiatan | |
daya saing | lulusan yang | saing lulusan di dunia | keorganisasian, bakat minat, | ||
mahasiswa dan | memiliki jiwa | kerja | kerohanian dan penalaran; | ||
lulusan yang | kepemimpinan dan | 2. Pengembangan startup mahasiswa; | |||
memiliki jiwa | kewirausahaan | 3. Peningkatan inovasi dan kreativitas | |||
kepemimpinan- | berbasis Bisnis | mahasiswa; | |||
kewirausahaan | Digital. | 4. Peningkatan prestasi mahasiswa di | |||
berbasis Bisnis | tingkat nasional dan internasional; | ||||
Digital | 5. Peningkatan mahasiswa penerima | ||||
beasiswa | |||||
6. Peningkatan sarana dan prasarana | |||||
kemahasiswaan | |||||
7. Pengembangan karir mahasiswa; | |||||
8. Partisipasi alumni dalam kegiatan | |||||
kemahasiswaan. |
Sumber: Rencana Strategis Prodi Bisnis Digital 2021-2024
Tabel 4. Roadmap Strategi Pengembangan Prodi S1 Bisnis Digital
No | Misi Prodi | Tujuan Misi Prodi | Sasaran Kegiatan Prodi | Strategi Pengembangan Prodi |
1 | Menyelenggarakan | Terselenggaranya | Peningkatan kualitas | 1. Peningkatan akses dan mutu calon |
pendidikan dan | program pendidikan | akademik di bidang | mahasiswa baru; | |
pengembangan | bidang ekonomi dan | ekonomi dan bisnis | 2. Pengembangan sumber dan media | |
ilmu Bisnis Digital | bisnis yang | pembelajaran; | ||
yang berbasis etika | berkualitas dan | 3. Pengembangan kurikulum berbasis | ||
bisnis | berdaya saing | Output Base Education (OBE); | ||
4. Peningkatan penjaminan mutu | ||||
program studi; | ||||
5. Pengembangan kelas internasional; | ||||
6. Pengembangan kewirausahaan | ||||
mahasiswa. | ||||
7. Perbaikan rasio dosen mahasiswa. | ||||
2 | Menyelenggarakan | Meningkatnya | Peningkatan kualitas | 1. Menyusun, mengembangkan dan |
penelitian di | kuantitas, kualitas | riset yang | mengimplementasikan roadmap | |
bidang Bisnis | dan inovasi penelitan | berkontribusi dalam | penelitian | |
Digital yang | bidang Bisnis Digital | pengembangan | 2. Pengembangan penelitian multi | |
berbasis etika | berbasis etika | IPTEKS | displin; | |
bisnis | ekonomi dan bisnis | 3. Inisiasi kerjasama penelitian dalam | ||
dan luar negeri; | ||||
4. Peningkatan jumlah publikasi dalam | ||||
jurnal nasional dan internasional; | ||||
5. Peningkatan kualitas publikasi dan | ||||
jumlah sitasi; | ||||
6. Menyusun roadmap pengembangan | ||||
penerbitan jurnal nasional dan | ||||
intenasional; | ||||
7. Pengembangan kerjasama dengan | ||||
lembaga internasional dibidang riset; | ||||
3 | Menyelenggarakan | Terwujudnya | Terlaksananya | 1. Menyusun roadmap pengabdian |
pengabdian pada | pengabdian kepada | pengabdian kepada | kepada masyarakat; | |
masyarakat yang | masyarakat yang | masyarakat yang | 2. Peningkatan jumlah kegiatan | |
berbasis Bisnis | berbasis Bisnis | berkualitas dan | pengabdian pada masyarakat; | |
Digital yang | Digital dengan etika | bermanfaat dalam | 3. Pengembangan entreupeneurship di | |
dengan etika | ekonomi dan bisnis. | meningkatkan | masyarakat | |
bisnis | 4. Pengembangan kegiatan tindak |
kesejahteraan masyarakat | lanjut Ipteks dan sosial yang berdaya guna; | ||||
4 | Menyelenggarakan | Terselenggaranya | Terlaksananya tata | 1. Peningkatan kualitas dan kuantitas | |
tata kelola prodi | tata kelola organisasi | kelola, sistem | daya tampung program studi; | ||
yang sesuai | yang efektif, efisien | penjaminan mutu, serta | 2. Pengembangan laboratorium | ||
dengan prinsip | dan berintegritas. | jejaring kerjasama | pembelajaran; | ||
good university | dengan stakeholder di | 3. Peningkatan income generating dari | |||
governance. | dalam maupun luar | kerjasama; | |||
negeri. | 4. Pengembangan kualitas Akreditasi | ||||
Nasional dan Internasional; | |||||
5. Peningkatan daya saing di tingkat | |||||
nasional; | |||||
6. Peningkatan kerjasama internasional | |||||
untuk pendidikan dalam bentuk | |||||
lecturer and/or student exchange, atau | |||||
program lain yang relevan untuk | |||||
mendapatkan rekognisi internasional; | |||||
7. Peningkatan dana dari Corporate | |||||
Social Responsibility (CSR) | |||||
perusahaan BUMN/swasta." | |||||
5 | Meningkatkan | Meningkatnya | Meningkatnya daya | 1. Peningkatan kualitas kegiatan | |
daya saing | lulusan yang | saing lulusan di dunia | keorganisasian, bakat minat, | ||
mahasiswa dan | memiliki jiwa | kerja | kerohanian dan penalaran; | ||
lulusan yang | kepemimpinan dan | 2. Pengembangan startup mahasiswa; | |||
memiliki jiwa | kewirausahaan | 3. Peningkatan inovasi dan kreativitas | |||
kepemimpinan- | berbasis Bisnis | mahasiswa; | |||
kewirausahaan | Digital. | 4. Peningkatan prestasi mahasiswa di | |||
berbasis Bisnis | tingkat nasional dan internasional; | ||||
Digital | 5. Peningkatan mahasiswa penerima | ||||
beasiswa | |||||
6. Peningkatan sarana dan prasarana | |||||
kemahasiswaan | |||||
7. Pengembangan karir mahasiswa; | |||||
8. Partisipasi alumni dalam kegiatan | |||||
kemahasiswaan. |
Sumber: Rencana Strategis Prodi Bisnis Digital 2021-2024
- Profil Lulusan & Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
Tujuan Program Studi S1 Bisnis Digital adalah menghasilkan lulusan yang berprofesi sebagai akuntan pemula, auditor pemula, konsultan pemula, wirausahawan, dan profesional pemasaran digital yang memiliki kompetensi sebagai berikut:
- PEO.1: Mampu menerapkan konsep dan teori manajemen dalam bidang kewirausahaandigital, analis bisnis digital dan pemasaran digital untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaannya.
- PEO.2: Mampu mengembangkan diri melalui pendidikan formal maupun informal di bidang bisnis digital.
- PEO.3: Mampu mengimplementasikan etika bisnis, keterampilan manajerial, teknologi informasi dan kewirausahaan dalam praktik profesinya.
Profil Lulusan
Tabel 5. Profil Lulusan dan deskripsinya
No | Profil Lulusan (PL) | Deskripsi Profil Lulusan | Kemampuan yang diperlukan dari profil lulusan |
PL1 | Wirausahawanmuda bisnis digital | Lulusan mampu memanfaatkan perkembangan teknologi mutakhir untuk dioptimalkan sebagai basis dalam mengembangkan pengembangan usaha. |
|
PL2 | Konsultan bisnis digital | Lulusan mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi berdasar atas data-data agar manajemen organisasi/institusi/lembaga di bidang bisnis digital dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya. |
• Partnership Management & Governance
|
PL3 | Profesional pemasaran digital | Lulusan mampu mengevaluasi teknologi, aplikasi, dan trend IT yang sedang berkembang serta memberikan pemikiran dan perspektif untuk mengadopsi teknik pemasaran online yang tepat. |
• Integrated Marketing Communication
|
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Enterprise Resource Planning | 3 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||||||
Sistem Informasi Manajemen | 3 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Accounting information system | 3 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Management Human Resources and Organizations | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
E-Commerce | 3 | 9.52% | 9.52% | 9.52% | 14.29% | 9.52% | 9.52% | 9.52% | 9.52% | 9.52% | 9.52% | 99.97 % | |
Financial Technology | 3 | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 14.29% | 14.29% | 21.43% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 99.99 % | |
Digital Business Ethics I | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Design Thinking Innovation | 3 | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||
Manajemen Keuangan | 3 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Manajemen Operasi | 3 | 15% | 15% | 20% | 20% | 20% | 10% | 100 % | |||||
Website Programming | 3 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Digital Marketing | 3 | 6.25% | 6.25% | 6.25% | 6.25% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |
Database Systems | 3 | 6.67% | 13.33% | 13.33% | 13.33% | 13.33% | 20% | 20% | 99.99 % | ||||
Cross Cultural Management | 3 | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 100 % | |
Data Security Management | 3 | 20% | 20% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |||
English | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Information Technology | 3 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Introduction to Economic Theory | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Introduction to Digital Business | 3 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |
Pengantar Akuntansi | 3 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||
Ui | 3 | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 9.38% | 6.25% | 100 % |
Business Intelligence | 4 | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 8.33% | 99.98 % | |
Data Analytics | 4 | 12.5% | 25% | 12.5% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Cloud Computing | 2 | 14.29% | 14.29% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||
Risk Management | 3 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Strategic Leadership | 3 | 11.76% | 23.53% | 11.76% | 11.76% | 5.88% | 17.65% | 17.65% | 99.99 % | ||||
Ethics Digital Business Ii | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Simulation Digital Business | 3 | 25% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Manajemen Pengantar | 2 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Artificial Intelligence | 6 | 23.08% | 15.38% | 15.38% | 7.69% | 15.38% | 15.38% | 7.69% | 99.98 % | ||||
Digital Business Project Management | 3 | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 28.57% | 100 % | |||||||
Marketing Research Managerial | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Social Media Marketing Programs | 3 | 17.07% | 17.07% | 17.07% | 17.07% | 17.07% | 14.63% | 99.98 % | |||||
Green Business | 3 | 38.1% | 38.1% | 23.81% | 100 % | ||||||||
Manajemen Operasional | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Digital Business Research Seminar | 2 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % |
Research methodology | 3 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % |
Business Cloud Design | 3 | 14.29% | 14.29% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Kurikulum
Universitas Value
Mewujudkan karakter Idaman Jelita yang meliputi: Iman, Cerdas, Jujur, Peduli, dan Tangguh.Nilai tersebut menjadi ciri khas yang ditanamkan untuk mewujudkan “Growing with Character”.
Landasan Filosofi
Penyusunan kurikulum Program Studi S1 Bisnis Digital berlandaskan pada:
- Pancasila
- Undang-Undang Dasar 1945
Penyusunan kurikulum ini berlandaskan dan merefleksikan nilai-nilai luhur yang terdapat pada Pancasila dan UUD 1945.
Landasan Sosiologis
Penentuan dasar penyusunan kurikulum, memperhatikan kebutuhan sosiologis sebagai berikut:
- Nilai – nilai moral yang tumbuh dalam masyarakat dan membentuk sikap dan karakter masing-masing peserta didik harus tetap terjaga dan terasah sehingga membentuk potensi pendidikan yang berprestasi dan bersifat toleran-multikultural.
- Responsifitas terhadap perkembangan teknologi informasi yang masif.
- Perkembangan dan pergeseran implementasi keilmuan di bidang Bisnis Digital.
Landasan Historis
Di Jawa Timur, program studi S1 Bisnis Digital murni belum dibuka oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sedangkan Jawa Timur, khususnya Surabaya adalah salah satu pusat manufaktur, ritel dan UMKM terbesar di Indonesia yang mulai beralih ke platform digital. Hal inilah yang menjadi faktor pendorong dirumuskannya kebutuhan program studi bisnis digital di UNESA. Berdasarkan KeputusanMenteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 197/E/0/2021 Tentang Izin Pembukaan Program Studi Bisnis Digital Program Sarjana Pada Universitas Negeri Surabaya Di Kota Surabaya resmi dibuka. Penyelenggaran Program Studi S1 Bisnis Digital dimulai pada angkatan 2021berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No. 197/E/0/2021 tentang Izin Pelaksanaan Program Studi di Universitas Negeri Surabaya. Jejak penyusunan kurikulum mengalami perubahan dan pergeseran disesuaikan dengan peraturan dan berlaku. Saat ini penyusunan kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI). Selain itu kurikulum juga merujuk pada ACM (AssociationComputing Machinery) Curricula 2020. Penyusunan kurikulum juga memperhatikan perkembangan teknologi di era industry 4.0 dan society 5.0. Selama kurun waktu 5 tahun berikutnya, terdapati soft danhard skills yang dibutuhkan era Revolusi Industri 5.0 yaitu kreativitas dan inovasi sebagai soft skills; dancloud computing, blockchain, UX Design, análisis bisnis berbasis big data, digital marketing, manajemen start-up dan kewirausahaan digital sebagai hard skills. Kurikulum prodi bisnis digital mengakomodasi required skills profesi analis data, analis fintech,technopreneur (wirausahawan digital), manajer pemasaran digital, manajer pengembangan bisnis, dankonsultan bisnis digital ke dalam mata kuliahnya. Sehingga Prodi bisnis digital UNESA diharapkan dapat menjadi sarjana terapan yang siap pakai dalam mendukung ekonomi digital di sektor manufaktur, ritel dan UMKM di kawasan Indonesia Timur pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Dari penjelasan tersebut, maka penyusunan kurikulum menerapkan konsep humanistik-teknologis. Kurikulum teknologis menekankan pada kompetensi dengan adaptasi teknologi sedangkan kurikulum humanistik mewujudkan pengembangan masing-masing potensi pembelajar dengan tetap memperhatikan nilai moral dan karakter.
Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional pendidikan Tinggi.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 197/E/0/2021
- Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu:“Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata krama”.
- Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.
Perumusan CPL
Perumusan capaian pembelajaran lulusan (learning outcome) program studi S1 Bisnis Digital FEB Unesa dibentuk dari empat aspek yaitu, kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan, kompetensi umum dan kompetensi khusus. Penjelasan rinci kompetensi tersebut dapat dilihat pada tabel 3.
Tabel 6. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
No | Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Sumber acuan |
CPL1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya | CPL Universitas |
CPL 2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan | CPL Universitas |
CPL 3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan | CPL Universitas |
CPL 4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. | CPL Universitas |
CPL 5 | Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh. | ACM |
CPL 6 | Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik. | ACM |
CPL 7 | Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif. | ACM |
CPL 8 | Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat. | ACM |
CPL 9 | Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan. | ACM |
CPL 10 | Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif. | ACM |
CPL 11 | Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat. | ACM |
Matrik hubungan CPL dengan Profil Lulusan
- PEO.1: Mampu menerapkan konsep dan teori manajemen dalam bidang kewirausahaandigital, analis bisnis digital dan pemasaran digital untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaannya.
- PEO.2: Mampu mengembangkan diri melalui pendidikan formal maupun informal di bidang bisnis digital.
- PEO.3: Mampu mengimplementasikan etika bisnis, keterampilan manajerial, teknologi informasi dan kewirausahaan dalam praktik profesinya.
Tabel 7. Matrik hubungan Profil & CPL Prodi
No | CPL Prodi | PEO1 | PEO2 | PEO3 |
1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya | v | ||
2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan | v | ||
3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan | v | ||
4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. | v | v | v |
5 | Mampu menguasai teori bidang bisnis digital secara menyeluruh. | v | v | v |
6 | Mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis digital yang dihadapi dengan baik. | v | v | v |
7 | Mampu mengembangkan ide bisnis digital secara kreatif dan inovatif. | v | v | v |
8 | Mampu mengembangkan keilmuan di bidang bisnis digital dengan tepat. | v | v | v |
9 | Mampu mengembangkan bisnis digital berdasarkan entrepreneurial leadership secara berkelanjutan. | v | v | v |
10 | Mampu mengimplementasikan teori bidang bisnis digital dalam mengelola organisasi secara etis dan efektif. | v | v | v |
11 | Mampu mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan bisnis dengan tepat. | v | v | v |
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved