•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Unesa

 
Study Program  : 
Establishment Date  :  11 Maret 2022
Study Program Coordinator  :  RUQOYYAH FITRI
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangakan keilmuan PAUD yang adaptif, inovatif, dan berjiwaa Edupioneers dalam Pengembangan Pembelajaran Kreatif di tingkat Nasional dan Global di tahun 2029.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran guna membentuk praktisi, akademisi, dan konsultan yang berjiwa EduPioneers untuk kemajuan bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berkarakter adaptif, Kritis dan reflektif.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang inovatif bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan jiwa EduPioneers.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan hasil inovasi & penelitian bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengn jika EduPioneers untuk kesejahteraan Masyarakat.

Tujuan
  1. Menghasilkan pendidikan dan pembelajaran guna membentuk praktisi, akademisi dan konsultan yang berjiwa EduPioneers untuk kemajuan bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang berkarakter adaptif, Kritis dan reflektif.
  2. Menghasilkan penelitian yang inovatif dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan hasil inovasi & penelitian di bidang Pendidikan Anak Usia Dini untuk kesejahteraan Masyarakat.

Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Early Assessment And Intervention Abk In Early Childhood EducationEarly Childhood Unit Management LeadershipInclusive Education And Management In Early Childhood EducationLearning Inclusion Education AudLegal Policy Analysis And Child ProtectionMetodologi Penelitian PendidikanNutrition And Parenting Analysis AudPpl Arts In Pt InThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Digital Literacy In Early Childhood EducationFinal Project ProposalLatest Research Analysis And Scientific Writing About AudMetodologi Penelitian PendidikanNutrition And Parenting Analysis AudPhilosophy Of SciencePpl Arts In Pt InResearch Instrument DevelopmentStudy Of Playing Theory Aud806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Inclusive Education And Management In Early Childhood EducationNutrition And Parenting Analysis AudPhilosophy Of SciencePpl Arts In Pt InScience And Mathematics Education AudStudy Of Playing Theory AudThesis50403020100Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-5 Menguasai konsep dan teori PAUD, metode penelitian terkini tentang AUD, manajemen mutu, sumber belajar multi moda, dan isu terkini terkait kebijakan PAUD dan implementasinya; (Pengetahuan);
Assessment And Learning AudBasic Concepts Of Learning Design AudCritical Theory About Early Childhood EducationDigital Literacy AudFinal Project ProposalReligious And Moral Development AudResearch Instrument DevelopmentStudy Of Playing Theory AudThesis6040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-6 Mampu mengomunikasikan ide, hasil pemikiran dan argumen saintifik terkait konsep dan teori PAUD secara bertanggung jawab yang didasarkan pada etika akademik, melalui berbagai media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; (Keterampilan Umum)
Dibebankan pada matakuliah:
Aud Learning Models And DesignCritical Theory About Early Childhood EducationCurriculum Study And Development Aud1Development Creativity AndDevelopment Of The Aud Learning CurriculumDigital Literacy In Early Childhood EducationInclusive Education And Management In Early Childhood EducationIntegration Of Arts In Early Childhood EducationLatest Research Analysis And Scientific Writing About AudLearning Inclusion Education AudLearning Model Development AudMetodologi Penelitian PendidikanPhilosophy Of SciencePhysical And Motor Development AudResearch Instrument DevelopmentScience And Mathematics Development AudScience And Mathematics Education AudThesisTic-Based Learning1209060300Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-7 Mendesain program PAUD yang adaptif terhadap tantangan serta mengembangkan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda yang menyesuaikan dengan berbagai situasi dan tantangan dalam implementasi kebijakan PAUD melalui pendekatan inter- dan multidisipliner. (Keterampilan Khusus)
Assessment And Learning AudCurriculum Study And Development Aud1Development Of The Aud Learning CurriculumDigital Literacy AudHealth And Nutrition AudMetodologi Penelitian PendidikanReligious And Moral Development AudSocial And Emotional DevelopmentStudy Of Playing Theory AudThesis806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

PLO-8 Melakukan penelitian dengan berbagai pendekatan inovatif serta mengkaji berbagai teori dan konsep PAUD sesuai perkembangan terbaru dalam penelitian anak usia dini yang diimplementasikan dalam masyarakat dalam pendidikan anak usia dini di tingkat lokal, nasional, dan internasional (Keterampilan Khusus)
Aud Learning Models And DesignBasic Concepts Of Learning Design AudDevelopment Creativity AndEarly Assessment And Intervention Abk In Early Childhood EducationEarly Childhood Unit Management LeadershipHealth And Nutrition AudIntegration Of Arts In Early Childhood EducationLearning Model Development AudLegal Policy Analysis And Child ProtectionMetodologi Penelitian PendidikanPhysical And Motor Development AudSocial And Emotional DevelopmentThesis806040200Basic Radar Chart
Download SVG
Download PNG
Download CSV

Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik (Dosen), Pengelola, dan Peneliti

    Pendidik (Dosen):

    1. Menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika, menjaga kejujuran, dan keadilan dalam pengambilan keputusan yang berdampak pada perkembangan anak; (CPL 1).
    2. memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja sama secara efektif dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkelanjutan; (CPL 1 & 4).
    3. memiliki pemahaman mendalam tentang teori, konsep, dan praktik terbaik dalam PAUD; (CPL 3, 5 & 8)
    4. mengembangkan pembelajaran kreatif dan inovatif yang holistik berorientasi pada kebutuhan anak serta adaptif terhadap perubahan teknologi.

    Pengelola:

    Memiliki kemampuan dalam mengelola lembaga PAUD dengan standar nasional dan global, dengan keahlian mengembangkan, menerapkan, dan mengevaluasi strategi pengelolaan lembaga PAUD berdasarkan analisis mendalam terhadap tren pendidikan, kebutuhan anak, dan kebijakan nasional. (CPL 1, 2, 3, 4 &7)

    Peneliti:

    Memiliki kemampuan dalam melaksanakan penelitian yang inovatif dengan pendekatan multi-disipliner untuk memecahkan permasalahan PAUD guna mengembangkan pengetahuan baru yang signifikan dan relevan bagi perkembangan teori serta praktik PAUD, serta menjadi pionir dalam memformulasikan solusi atas tantangan-tantangan terkini di bidang PAUD, dan mampu mendesimenasikan   hasil   penelitian   untuk   kemaslahatan masyarakat. (CPL 1, 5, 6 & 8)


Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S2 PAUD 2024--2028

Semester ke 1

Semester ke 2

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8610704039 INTERNSHIP 4.00
8610702038 CONTEMPORARY ISSUES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION 2.00
8610702034 STUDY OF RELIGIOUS AND MORAL VALUES IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION 2.00
8610702036 MULTI PERSPECTIVE PARENTING 2.00
8610702032 PSYCHOLOGICAL APPROACH IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION 2.00
8610704042 PUBLICATION 4.00
1000002166 RESEARCH RESULTS SEMINAR 3.00
1000007108 THESIS 7.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya

 Evaluasi kurikulum di lakukan  melalui Re strukturisasi Kurikulum 1-2 tahun  sekali.

 A. Evaluasi Kurikulum

Kurikulum program studi S2 PAUD yang telah disusun oleh tim pengembang dilakukan 2 kali reviewer. Pertama dilakukan reviewer dengan menghadirkan reviewer ekternal, dalam hal ini mengundang Dr. Hari Wibawanto, MT dari Universitas Negeri Semarang. Kedua dilakukan reviewer internal dengan menghadirkan seluruh dosen pengajar S2 PAUD Unesa.

Rewiewer pertama, kurikulum prodi S2 PAUD diajukan kepada reviewer eksternal yaitu Dr. Hari Wibawanto, MT dari Universitas Negeri Semarang dan mendapat masukan terkait dengan perlu adanya perbaikan CPL yang telah dirumuskan. Semula CPL Prodi S2 PAUD dirumuskan sama persis dengan hasil asosiasi PG PAUD Se-Indonesia, selanjutnya diberi masukan oleh reviewer ekternal untuk merumuskan CPL berdasarkan keunikan program studi dan disesuaikan dengan profil lulusan. Selanjutnya diminta untuk menyusun keterkaitan keunggulan prodi dengan CPL dan deskripsi mata kuliah. Berdasarkan masukan tersebut dirumuskan CPL dengan memasukkan keunggulan prodi S2 PAUD Unesa yaitu:

Mempersiapkan insan intelektual yang ahli dalam bidang pendidikan anak usia dini, pengembang dan pendidik yang profesional, serta menguasai riset-riset yang terkait dengan bidang akademik dan kebijakan tentang anak usia dini dengan menfokuskan pada kemampuan sebagai berikut. 

  1. Mengembangkan diri dalam semua aspek literasi digital baik dalam aspek teknis berupa penguasaan teknologi pembelajaran, aspek kognitif melaluipengkajian keilmuan dengan menerapkan logika berpikir kritis dalam memilih dan menerapkan teknologi digital yang relevan dengan karakteristik anak usia dini, serta aspek sosial emosional dengan cara peningkatan profesionalisme dalam mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni, dalam bidang keilmuan anak usi adini.
  2. Menerapkan semua aspek literasi digital di berbagai konteks dan kebutuhan dalam memecahkan permasalahan empiris, ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang relevan dengan pendidikan anak usia dini.

Perbaikan kurikulum yang kedua dengan melibatkan seluruh dosen pengajar S2 PAUD.

Dari hasil diskusi dengan dosen pengajar diperoleh masukan tentang perbaikan struktur mata kuliah, sebaran mata kuliah dalam tiap semester, dan masukan tentang mata kuliah pilihan yang dimasukkan dalam kurikulum prodi S2 PAUD.

B. Tracer Study

Pelaksanaan evaluasi kurikulum dengan melibatkan mahasiswa S2 PAUD yang telah menjadi praktisi di pendidikan anak usia dini

Mengevaluasi terhadap kompetensi yang dibutuhkan oleh tracer study ketika berkontribusi di masyarakat dalam bidang akademik dan kebijakan tentang anak usia dini. Selanjutnya mengevaluasi CPL yang dirumukan apakah telah sesuai dengan kebutuhan tracer study dalam memecahkan permasalahan empiris, ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang relevan dengan pendidikan anak usia dini. Hasil dari evaluasi ini akan dijadikan bahan tindak lanjut dalam menyusun kembali rumusan CPL yang akan terkait deskripsi mata kuliah, dan dalam waktu yang akan datang dijadikan sebagai bahan untuk meninjau struktur mata kuliah prodi S2 PAUD.

Hasil survey tracer study pada 22 responden yang berisi pertanyaan tentang keilmuan apa yang harus dikuasai untuk mendukung profil lulusan S2 PAUD, diperoleh hasil jawaban isian responden tersebut menunjukkan kebutuhan kurikulum S2 PAUD adalah memiliki spesifikasi dalam teknologi digital, mengingat jawaban responden tentang kebutuhan keilmuan yang harus dipelajari adalah kompetensi IT secara luas. Berdasarkan jawaban tersebut maka S2 PAUD menjadikan literasi digital spesifikasi kurikulumnya.

Untuk mendapatkan peta kubutuhan konten kurikulum S2 PAUD yang akan digunakan sebagai matakuliah prodi dengan merujuk pada pertanyaan survey pengetahuan yang ingin dikuasia responden. Berdasrkan hasil survey tentang pengetahuan yang perlu dikuasai oleh lulusan S2 PAUD, hasil jawaban responden menggambarkan tingkat kebutuhan terhadap konten kurikulum sebagai bahan mata kuliah adalah pada rentang pilihan jawaba nomor 5 (sangat dibutuhkan) dan pilihan jawaban no 4 (dibutuhkan) sehingga ditindaklanjuti semua keilmuan tersebut akan dijadikan sebagai keilmuan untuk bahan mata kuliah Prodi S2 PAUD UNESA. 

Link survey: https://docs.google.com/forms/d/1oKInMupW9Irn4Eujz1UULAzCEvpiNImGNPZ7K_a2ORE/edit

Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8
Curriculum Study and Development Aud1 2 50% 50% 100 %
Basic Concepts of Learning Design Aud 3 50% 50% 100 %
Digital Literacy Aud 2 50% 50% 100 %
Tic-Based Learning 2 50% 50% 100 %
Learning Inclusion Education Aud 2 50% 50% 100 %
Social and Emotional Development 2 50% 50% 100 %
Philosophy of Science 2 75% 25% 100 %
Learning Model Development Aud 2 50% 50% 100 %
Assessment and Learning Aud 2 60% 40% 100 %
Religious and Moral Development Aud 2 50% 50% 100 %
Physical and Motor Development Aud 2 50% 50% 100 %
Science and Mathematics Development Aud 2 100% 100 %
Legal Policy Analysis and Child Protection 2 50% 50% 100 %
Early Assessment and Intervention Abk in Early Childhood Education 2 50% 50% 100 %
Development Creativity and 2 50% 50% 100 %
Ppl Arts in Pt in 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Thesis 10 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Health and Nutrition Aud 3 50% 50% 100 %
Critical Theory About Early Childhood Education 4 40% 60% 100 %
Latest Research Analysis and Scientific Writing About Aud 2 38.46% 61.54% 100 %
Integration of Arts in Early Childhood Education 2 50% 50% 100 %
Study of Playing Theory Aud 3 33.33% 66.67% 100 %
Aud Learning Models and Design 5 20% 80% 100 %
Metodologi Penelitian Pendidikan 3 36.36% 18.18% 36.36% 9.09% 99.99 %
Final Project Proposal 3 50% 50% 100 %
Development of the Aud Learning Curriculum 5 50% 50% 100 %
Inclusive Education and Management in Early Childhood Education 3 18.18% 9.09% 72.73% 100 %
Early Childhood Unit Management Leadership 3 50% 50% 100 %
Nutrition and Parenting Analysis Aud 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
Research Instrument Development 2 50% 25% 25% 100 %
Science and Mathematics Education Aud 2 45.45% 54.55% 100 %
Digital Literacy in Early Childhood Education 2 40% 60% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Program Studi S2 PAUD mengacu pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi No 53 Tahun 2023, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi. Kurikulum S2 PAUD UNESA didasarkan pada pendekatan humanisme dan konstruktivisme dengan pembelajaran berbasis pengalaman, keanekaragaman dan inklusi, serta kolaborasi dan komunikasi. Kurikulum ini mengakui nilai-nilai, potensi, dan keunikan setiap individu dalam upaya mengembangkan kualitas manusia secara inklusif. Pendekatan tersebut diterapkan untuk memastikan bahwa semua latar belakang sosial, etnis, atau kondisi khusus, memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi S2 PAUD Berdasarkan Asosiasi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (APG PAUD) dan National Association of Young Children Education (NAECY).

Landasan Filosofis, Pedagogis, Psikologis, dan Yuridis.

Kurikulum Program Studi S2 PAUD FIP Universitas Negeri Surabaya dikembangkan dengan menggunakan landasan yang menjadi dasar pijakan dalam mengembangkan capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan program studi. Landasantersebut adalah a) Landasan Filosofis, b) Landasan Sosiologis, c) Landasan Psikologis, d) Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan e) LandasanYuridis.

Landasan Filosofi

Kurikulum dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan dari berbagai sumber yang diselaraskan dengan filosofis yang menjadi akar dan diyakini kebenarannya sebagai dasar pengembangan kurikulum. Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum prodi S2 PAUD FIP Unesa adalah Pancasila yang merupakan pandangan hidup berbangsa dan bernegara, sehingga pencapaian pendidikan program studitentu diarahkan pada pencapaian dalam berbangsa dan bernegara. Selainitu Pancasila merupakan refleksi budaya luhur bangsa Indonesiayang dijadikan pedomanoleh tokoh pendidikan Indonesia seperti Ki Hajar Dewantara.

Berbagai pandangan tentang filosofi dalam pendidikan dan pembelajaran perlu diakomodasikan dalam landasan pengembangan kurikulum prodi baik itu yang bersifat idealisme, maupun pragmatisme dengan tujuan memperkaya landasan dalam pencapaian tujuan. Karena secara prinsip pendidikan dan pembelajaran tidak hanya terkait masalah substansi subject academic namun juga terkait dengan segala implementasi dalam berbagai dimensi seperti aspek pribadi, sosial dan religi. Untuk mendukung pencapaian tujuan berupa profil lulusan maka penguasaan teori dan praktikdengan menerapkan aspek humanistik yang kolaboratif, maka perlu tercermin pelaksanaan perkuliahan di kelas yang kondusif. Landasan filosofis, memberikan pedomansecara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014).

Landasan Sosiologi

Kurikulum merupakancermin dari kehidupan masyarakat yang salingberinteraksi dan membentuk komunitas kehidupan yang kompleks sebagaimasyarakat sosial. Oleh karena itu dalam proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan aspek sosiologis yang diangkat dari kehidupan masyarakat. Masyarakat Indonesia yang berlandaskan filosofi Pancasila dikenal sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari beragam suku, adat dan bahasa namun mempunyai cita-cita ke arah yang sama selanjutnya dicerminkan dalam Bhineka Tunggal Ika. Hal ini juga sangat sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan dari behavioristik menuju ke konektivistik yang artinya memahami keragaman dan kebutuhan individu yang berbeda. Implementasi aspek sosiologis ini tertuang dalam pelaksanaan perkuliahan dengan memperhatikan aspek gotong royong dalam berbagai perbedaan dan kepentingan untuk menuju pada kelulusan mahasiswa pascasarjana. Semangat ini juga telah diwariskan oleh para pendahulu bangsa yang memang didirikan dari keberagaman yang menyatu. Aspek social dan budaya perlu dipahami sebagai bagian dari pengetahuan kelompok (group knowledge) (Roos, 1963:85).

Landasan Psikologi

Subjek kurikulum adalah pebelajar yang memiliki aspek psikologi yang kuat. Sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang diberikan pikirandan perasaan tentu aspek psikologi dalam perlaksanaan perkuliahan dalam rangka memberikan pengalaman belajar yang optimal harus diperhatikan.

Landasan psikologi yang perlu diperhatikan tersebut terdiri dari aspek kebutuhan (need), motivasi, perkembangan, pertumbuhan kognitif dan sosial serta kematangan intelektual. Hal ini harus mampu diakomodasi dalam bentuk penyusunan rangkaian pengalaman belajar yang menyediakan kesempatan untuk muncul dan berperannya sapek psikologis tersebut. Kurikulum harus mampu menyebabkan mahasiswa berpikir kritis dan berpikir tingkat tinggi serta melakukan penalaran tingkat tinggi, kurikulum yang mampu mengoptiomalkan pengembangan potensi mahasiswa menjadimanusia seutuhkan dan terpenuhinya kebutuhanfisik dan psikis.

Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Perkembangan era industry 4.0 dan sedang meluncur deras menuju 5.0 tentu berpengaruh terhadap penyusunan kurikulum, misalnya tentang pemikiran post modern yang melahirkan pemikir-pemikir futuristik dalam melahirkan peradaban baru umat manusia yang semakin kencang dalam memudahkan dan membuat nyaman kehidupan manusiaselanjutnya.

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan perlu pula dimanfaatkan baik sebagai proses dan sumber belajar dalam sebuah system pembelajaran yang menyeluruh dan bukan sekedar sebagai alat (tools). Hal ini menuntut Implementasi kurikulum mampu mengakomodasi perkembangan dunia maya (cyber) untuk dimanfaatkan baik dalam menyusunrancangan pembelajaran untuk memperoleh pengalaman belajar yang optimalatau juga memanfaatkannya sebagai sumber belajaryang tidak terbatas. 

Landasan Yuridis mohon dicek Kembali apakah masih berlaku atau copy dari Pedoman Kurikulum UNESA

  1. Pancasila dan UUD 1945;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
  7. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
  10. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
  11. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  14. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
  15. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
  16. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
  17. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
  18. Rencana Strategis (Renstra) FIP 2024-2029.