Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah Unesa
Study Program | : | Nonformal Education |
Establishment Date | : | 26 April 2013 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Wiwin Yulianingsih, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Mengembangkan mutu pembelajaran yang inovatif pendidikan tenaga kependidikan PLS.
- Mengembangkan keilmuan dan teknologi bidang PLS serta profesi PLS melalui penelitian.
- Meningkatkan kerjasama kemitraan profesional dengan institusi dalam pengembangan keilmuan PLS.
Tujuan
- Terwujudnya lulusan magister PLS profesional dalam pembelajaran yang inovatif berbasis IT.
- Terlaksananya penelitian untuk pengembangan keilmuan PLS dan keprofesian PLS
- Terlakasananya pengembangan keilmuan dan teknologi sebagai referensi pembelajaran PLS yang kreatif dan inovatif.
- Terpublikasikannya hasil penelitian dalam rangka pengembangan ilmu Pendidikan Luar Sekolah
- Terwujudnya kerjasama kemitraan profesional dengan institusi dalam pengembangan keilmuan PLS.
Visi
Pada tahun 2035 menjadi pusat pengembangan keilmuan Pendidikan Luar Sekolah yang unggul dan kukuh berbasis Eduprenership pada level nasional.Capaian Lulusan Program Studi Nonformal Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Nonformal Education
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Pendidik/Dosen
Lulusan memiliki kemampuan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program Pendidikan Luar Sekolah secara inovatif dan adaptif dengan memanfaatkan teknologi dan pendekatan pembelajaraan terkini.
- 2. Peneliti
Lulusan mampu melakukan penelitian yang berkualitas dan aplikatif untuk mengembangkan keilmuan Pendidikan Luar Sekolah serta menghasilkan luaran sebagai solusi bagi permasalahan yang dihadapi masyarakat.
- 3. Pemimpin dan Manajer Lembaga PNF
Lulusan memiliki kemampuan untuk mempimpin dan mengelola lembaga Pendidikan Luar Sekolah secara profesional, akuntabel dan transparan serta mampu menjalin kemitraan strategis untuk pengembangan lembaga.
- 4. Konsultan Program PNF
Lulusan memiliki kemampuan sebagai konsultan dan pengembang program Pendidikan Luar Sekolah yang efektif, efisien dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan menerapkan prinsip prinsip eduprenership.
Struktur Kurikulum Nonformal Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S2 Pendidikan Luar Sekolah 2024--2028
Semester ke 1
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8610504045 | THEORY AND DEVELOPMENT OF EARLY CHILDHOOD EDUCATION. | 2.00 | |
8610503051 | SUSTAINABLE COMMUNITY DEVELOPMENT | 2.00 | |
8610502058 | PARTNERSHIP IN NON-FORMAL EDUCATION | 2.00 | |
8610504046 | DEVELOPMENT OF ADULT EDUCATION PROGRAMS | 3.00 | |
8610503042 | PHILOSOPHY OF SCIENCE IN NON-FORMAL EDUCATION | 3.00 | |
8610502056 | ORGANIZATIONAL BEHAVIOR DEVELOPMENT | 2.00 | |
8610503044 | MODELS OF SOCIAL GUIDANCE AND EXTENSION | 3.00 | |
8610504050 | TECHNOLOGY APPLICATIONS OF NON-FORMAL EDUCATION | 2.00 |
Semester ke 2
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8610502057 | CONTINUING FAMILY EDUCATION | 2.00 | |
8610503055 | EDUCATION AND TRAINING DEVELOPMENT | 3.00 | |
8610503041 | RESEARCH METHODOLOGY NON-FORMAL EDUCATION | 3.00 | |
8610504043 | EDUCATION MANAGEMENT NON-FORMAL | 3.00 | |
8610504049 | DIFFUSION OF INNOVATIONS IN NON-FORMAL EDUCATION | 3.00 | |
8610502059 | RESEARCH INSTRUMENT DEVELOPMENT | 2.00 | |
8610504048 | DEVELOPMENT OF NON-FORMAL EDUCATION LEARNING MODELS | 3.00 |
Semester ke 3
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002166 | RESEARCH RESULTS SEMINAR | 3.00 | |
8610504054 | PUBLICATION | 4.00 | |
8610502052 | INTERNSHIP | 4.00 | |
8610503053 | THESIS PROPOSAL SEMINAR | 3.00 |
Semester ke 4
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000007108 | THESIS | 7.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Nonformal Education
Universitas Negeri Surabaya
Kegiatan evaluasi kurikulum dan tracer study idealnya dilakukan secara berkala, melibatkan seluruh pemangku kepentingan, didasarkan pada bukti dan data yang valid, serta menghasilkan rekomendasi yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum serta lulusan Program Studi S2 PLS Universitas Negeri Surabaya.
Evaluasi Kurikulum dan Tracer Study pada Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Universitas Negeri Surabaya dapat dideskripsikan secara rasional dan teknis sebagai berikut:
Evaluasi Kurikulum
- Rasional:
- Evaluasi kurikulum diperlukan untuk memastikan kurikulum tetap relevan dengan kebutuhan pemangku kepentingan dan perkembangan ilmu pengetahuan.
- Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kurikulum untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum.
- Menjamin mutu penyelenggaraan dan lulusan program studi.
- Teknis:
- Pembentukan tim evaluasi yang terdiri dari perwakilan dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, dan pakar.
- Mengumpulkan data melalui kuesioner, wawancara, observasi, studi dokumen, masukan dari forum diskusi pemangku kepentingan.
- Melakukan evaluasi terhadap komponen kurikulum meliputi visi, misi, tujuan, capaian pembelajaran, bahan kajian, mata kuliah, beban studi, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran, sumber daya, dan aspek lainnya.
- Menganalisis data dan informasi yang diperoleh.
- Merumuskan rekomendasi perbaikan dan pengembangan kurikulum untuk diajukan kepada pimpinan universitas.
- Mendiseminasikan hasil evaluasi kepada pemangku kepentingan.
- Menyusun roadmap pengembangan kurikulum.
- Implementasi perbaikan kurikulum sesuai rekomendasi.
Tracer Study
- Rasional:
- Mengidentifikasi perkembangan karir dan kualitas lulusan di dunia kerja/profesi.
- Memperoleh umpan balik untuk perbaikan dan pengembangan kurikulum.
- Mengevaluasi relevansi pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi lulusan terhadap kebutuhan pemangku kepentingan.
- Teknis:
- Menyusun instrumen penelusuran (tracer) lulusan seperti kuesioner dan panduan wawancara.
- Mengumpulkan data melalui survei, wawancara, forum alumni, studi kasus, dan media online.
- Menganalisis informasi yang diperoleh meliputi proses pencarian kerja, posisi/jenjang pekerjaan, relevansi bidang kerja dengan prodi, pendapatan, pengembangan karir, serta umpan balik untuk perbaikan kurikulum.
- Menyusun rekomendasi tindak lanjut terhadap kurikulum dan aspek penyelenggaraan prodi berdasarkan hasil tracer study.
- Mendiseminasikan hasil tracer study dan rekomendasi.
- Melaksanakan tindak lanjut perbaikan kurikulum sesuai rekomendasi tracer study.
Rekap PLO Program Studi Nonformal Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | |||
Seminar Pls | 3 | 25% | 25% | 37.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Metodologi Penelitian Pendidikan | 4 | 20% | 10% | 20% | 30% | 20% | 100 % | |||||
Theory and Practice | 3 | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Philosophy of Science | 2 | 18.18% | 27.27% | 9.09% | 27.27% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Komprehensif | 2 | 6.67% | 26.67% | 40% | 26.67% | 100 % | ||||||
Diffusion of Educational Innovation | 3 | 22.22% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | |||
Bimbingan dan Penyuluhan Sosial | 3 | 8.33% | 8.33% | 16.67% | 8.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 100 % | ||
Study and Development of Learning Models Pls | 4 | 6.67% | 13.33% | 20% | 13.33% | 26.67% | 20% | 100 % | ||||
Scientific Publication | 2 | 22.22% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | ||||
Management Pls | 3 | 25% | 25% | 16.67% | 16.67% | 8.33% | 8.33% | 100 % | ||||
Bimbingan dan Penyuluhan Sosial | 2 | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 7.69% | 23.08% | 7.69% | 15.38% | 7.69% | 99.98 % | |
Adult Education | 3 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | |||||
Analisis Artikel Mutakir | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Research Methodology Non-formal Education | 3 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
Development of Adult Education Programs | 4 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
Education Management Non-formal | 4 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||
Theory and Development of Early Childhood Education. | 4 | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 100 % | ||||||
Development of Non-formal Education Learning Models | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Publication | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Diffusion of Innovations in Non-formal Education | 4 | 15.79% | 15.79% | 26.32% | 10.53% | 10.53% | 21.05% | 100 % | ||||
Philosophy of Science in Non-formal Education | 3 | 16% | 32% | 20% | 24% | 8% | 100 % | |||||
Models of Social Guidance and Extension | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Sustainable Community Development | 3 | 14.29% | 21.43% | 21.43% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||
Technology Applications of Non-formal Education | 4 | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 33.33% | 11.11% | 99.99 % | ||||
Continuing Family Education | 2 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 18.18% | 18.18% | 99.99 % | |||||
Education and Training Development | 3 | 12.5% | 25% | 12.5% | 12.5% | 25% | 12.5% | 100 % | ||||
Organizational Behavior Development | 2 | 25% | 25% | 37.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Partnership in Non-formal Education | 2 | 24% | 4% | 8% | 16% | 48% | 100 % | |||||
Research Instrument Development | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
Education and Training Development | 2 | 14.29% | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 28.57% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Nonformal Education
Universitas Negeri Surabaya
Berdasarkan dokumen kurikulum S2 PLS pada peninjauan terbaru, landasan perancangan dan pengembangan kurikulum dijelaskan sebagai berikut:
- Landasan Filosofis Pengembangan kurikulum S2 PLS didasarkan pada berbagai aliran filsafat seperti perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme, dan eksistensialisme yang bermuara pada visi Unesa yaitu keunggulan dalam bidang kependidikan dan kekukuhan dalam keilmuan. Kurikulum dirancang agar lulusan memiliki keunggulan di bidang kependidikan sekaligus keilmuan yang kuat.
- Landasan Pedagogis Kurikulum dikembangkan dengan mempertimbangkan masyarakat dan kebudayaan di mana mahasiswa berasal dan akan berkiprah. Kurikulum harus dapat menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat serta mengakomodasi nilai-nilai budaya lokal maupun nasional.
- Landasan Psikologis Kurikulum mempertimbangkan kondisi psikologis mahasiswa sebagai subjek belajar, termasuk karakteristik individu mahasiswa, tahap perkembangannya, serta dinamika proses pembelajaran.
- Landasan Yuridis Pengembangan kurikulum mengacu pada regulasi dan perundang-undangan yang berlaku seperti UU Sisdiknas, UU Pendidikan Tinggi, Perpres tentang KKNI, Permendikbud, Renstra Kemendikbud, dan Statuta Universitas.
Secara umum, kurikulum S2 PLS Unesa dirancang dengan mempertimbangkan berbagai landasan filosofis, pedagogis, psikologis dan yuridis agar relevan dengan kebutuhan, perkembangan, serta regulasi yang ada.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved