Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Unesa
Study Program | : | Vocational and Technology Education |
Establishment Date | : | 5 Oktober 2009 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi bidang pendidikan teknologi dan kejuruan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan pada tahun 2035
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknologi dan kejuruan yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang teknologi dan kejuruan
- pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang teknologi dan kejuruan yang berbasis kewirausahaan bagi kesejahteraan masyarakat;
- menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi melalui sistem multikampus secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan;
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang teknologi dan kejuruan yang berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- Menguasai dan menerapkan kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, personal, sosial, dan profesional di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Professional Accomplishment).
- Menguasai dan mengimplementasikan kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, mengelola, menilai pembelajaran, menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik serta melakukan penelitian dan mampu mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan (Professional Accomplishment).
- Menguasai teknik analisis dan metode ilmiah untuk memecahkan permasalahan dalam bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan dalam bentuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, artikel dalam prosiding seminar, artikel yang dimuat di dalam jurnal, media pembelajaran, HAKI, ataupun karya inovatif yang solutif bagi masyarakat (Professional Accomplishment).
- Secara terus-menerus mengembangkan pengetahuan sepanjang hayat di bidang keilmuan Pendidikan Tekhnologi Kejuruan melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji (kecendekiaan). (Academic Accomplishment/Mampu berkembang dan belajar hidup sepanjang hayat untuk mengembangkan pengetahuan baik formal maupun informal)
- Menguasai dan mampu berkomunikasi, bekerjasama dalam tim, beretika profesi, membangun dan mengembangkan jejaring kerjasama kemitraan yang relevan dengan prodi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta duna usaha dan industri. (General/Social Accomplishment/Memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan)
Capaian Lulusan Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Berbasis Luaran (OBE)
Semester ke 1
Semester ke 2
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8310102103
Artificial Intelligence
2.00
8310102091
Manajemen Basis Data
2.00
8310103040
Computer Network Engineering
3.00
8310102082
Latest Journal Article Analysis
2.00
8310102135
Creative Industries And Digital Business
2.00
8310102093
Culinary Arts And Culture Studies
2.00
8310102079
Adaptive Business Sustainability
2.00
8310103014
Ptk Management
3.00
8310102098
Business Management
2.00
8310102080
Entrepreneurial Organization Development
2.00
8310102110
Algorithm Design And Analysis
2.00
8310102026
Praktek Pengalaman Lapangan
2.00
8310102055
Publication
2.00
8310102035
Ptk Seminar
2.00
8310102133
Geographic Information System
2.00
8310102136
Information And Communication Technology For Business
2.00
8310102050
Examinations Comprehensive Examinations
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8310106051
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8310102103 | Artificial Intelligence | 2.00 | |
8310102091 | Manajemen Basis Data | 2.00 | |
8310103040 | Computer Network Engineering | 3.00 | |
8310102082 | Latest Journal Article Analysis | 2.00 | |
8310102135 | Creative Industries And Digital Business | 2.00 | |
8310102093 | Culinary Arts And Culture Studies | 2.00 | |
8310102079 | Adaptive Business Sustainability | 2.00 | |
8310103014 | Ptk Management | 3.00 | |
8310102098 | Business Management | 2.00 | |
8310102080 | Entrepreneurial Organization Development | 2.00 | |
8310102110 | Algorithm Design And Analysis | 2.00 | |
8310102026 | Praktek Pengalaman Lapangan | 2.00 | |
8310102055 | Publication | 2.00 | |
8310102035 | Ptk Seminar | 2.00 | |
8310102133 | Geographic Information System | 2.00 | |
8310102136 | Information And Communication Technology For Business | 2.00 | |
8310102050 | Examinations Comprehensive Examinations | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8310106051 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum dalam proses pengembangan ide dan dokumen kurikulum dilakukan untuk mendapatkan masukan mengenai kesesuaian ide dan desain kurikulum untuk mengembangkan kualitas yang dirumuskan dalam Standar Kompetensi lulusan (SKL). Evaluasi terhadap implementasi dilakukan untuk memberikan masukan terhadap proses pelaksanaan kurikulum agar sesuai dengan apa yang telah dirancang dalam dokumen Evaluasi Kurikulum yang meliputi antara lain: evaluasi hasil belajar, evaluasi proses pembelajaran, evaluasi relevansi kurikulum, evaluasi daya dukung sarana prasarana, dan evaluasi program/akreditasi. Analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan dari hasil tracer study. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan.
Rekap PLO Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | |||
Applied Nutrition | 3 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||||||
Rekayasa Perangkat Lunak | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
PLC and Pneumatic | 2 | 41.67% | 58.33% | 100 % | ||||||||||||
Sanitation and Hygiene | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Philosophy of Science and Foundations of Ptk | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Family Welfare Science | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Internship | 2 | 38.46% | 30.77% | 30.77% | 100 % | |||||||||||
Publication | 2 | 20% | 80% | 100 % | ||||||||||||
Thesis | 4 | 45.45% | 54.55% | 100 % | ||||||||||||
Instrument Seminar | 1 | 46.15% | 53.85% | 100 % | ||||||||||||
Engineering Engineering | 2 | 54.55% | 45.45% | 100 % | ||||||||||||
Fuels and Lubricants | 2 | 26.67% | 33.33% | 40% | 100 % | |||||||||||
Behavior of Building Structures | 3 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||||
Technology Materials | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Latest Journal Article Analysis | 3 | 35.71% | 28.57% | 35.71% | 99.99 % | |||||||||||
Kecerdasan Buatan | 2 | 55.56% | 44.44% | 100 % | ||||||||||||
Learning Strategies Technological and Vocational Education | 2 | 26.09% | 4.35% | 13.04% | 21.74% | 34.78% | 100 % | |||||||||
Contemporary Make Up | 2 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||||||
Culinary Nutrition | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||||
Philosophy of Technological and Vocational Education | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Engineering Video and Audio | 2 | 70% | 30% | 100 % | ||||||||||||
Fashion and Lifestyle | 2 | 37.5% | 12.5% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Educational Assessment Vocational Technology | 2 | 13.79% | 13.79% | 13.79% | 20.69% | 6.9% | 20.69% | 10.34% | 99.99 % | |||||||
Design and Culture | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||||
Teori Belajar | 2 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | |||||||||||
Cosmetology | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
Seminar Vocational Technology Education | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Financial Accounting | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Statistik | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
Entrepreneurial Mindset | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Mekatronika | 2 | 21.43% | 28.57% | 50% | 100 % | |||||||||||
Management Vocational Technology Education | 2 | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 15.79% | 5.26% | 15.79% | 100 % | |||||||
Planning and Development of Vocational Technology Education Curriculum | 2 | 54.55% | 27.27% | 18.18% | 100 % | |||||||||||
Manajemen Basis Data | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||||
Management Culinary Business | 2 | 51.61% | 32.26% | 16.13% | 100 % | |||||||||||
Culinary Arts and Culture Studies | 2 | 15% | 30% | 25% | 10% | 20% | 100 % | |||||||||
Culinary Product Innovation | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||||
Pneumetic and Hydraulic | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Computer Network Engineering | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Beauty Research Beauty Research | 2 | 72.73% | 27.27% | 100 % | ||||||||||||
Motor Control | 2 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | ||||||||||
Accounting for Banking and Microfinance | 2 | 40% | 33.33% | 26.67% | 100 % | |||||||||||
Artistic Arrangement Beauty | 2 | 30% | 20% | 20% | 30% | 100 % | ||||||||||
Accounting Sharia Banking Accounting | 2 | 23.08% | 38.46% | 38.46% | 100 % | |||||||||||
Energy Conversion | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
Artificial Intelligence | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Culinary Product Research | 2 | 4% | 20% | 20% | 16% | 20% | 8% | 12% | 100 % | |||||||
Asesmen Proses dan Hasil Pembelajaran Pendidikan Teknologi Kejuruan | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | |||||||||||
Reka Pola Busana | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Thesis Proposal | 2 | 38.46% | 53.85% | 7.69% | 100 % | |||||||||||
Wastra Nusantara | 2 | 5.56% | 22.22% | 27.78% | 16.67% | 27.78% | 100 % | |||||||||
Fashion Entrepreneurship | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Innovative Learning Design for Business and Management | 2 | 62.5% | 37.5% | 100 % | ||||||||||||
Bisnis Fashion And Branding | 2 | 41.67% | 8.33% | 50% | 100 % | |||||||||||
Structural Modeling and Analysis | 2 | 40% | 33.33% | 26.67% | 100 % | |||||||||||
Geographic Information System | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Creative Industries and Digital Business | 2 | 31.25% | 43.75% | 25% | 100 % | |||||||||||
Numerical Computation | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 7.14% | 7.14% | 100 % | ||||||
Electric Magnet | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 6.25% | 6.25% | 100 % | |||||
Quantum Physics | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 3.57% | 3.57% | 3.57% | 3.57% | 100 % | ||||
Structure and Function of Biomolecules | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||||||
Philosophy of Mathematics | 2 | 5.88% | 5.88% | 17.65% | 5.88% | 11.76% | 11.76% | 11.76% | 17.65% | 11.76% | 99.98 % | |||||
Modern Physics | 2 | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 10.71% | 3.57% | 99.96 % | ||||
Elementary Linear Algebra | 2 | 40% | 30% | 30% | 100 % | |||||||||||
Mathematical Computation | 2 | 7.14% | 7.14% | 28.57% | 21.43% | 28.57% | 7.14% | 99.99 % | ||||||||
Discrete Mathematics | 2 | 21.43% | 21.43% | 21.43% | 14.29% | 21.43% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
Perancangan dan pengembangan kurikulum disusun berdaarkan peratudan dan kebijakan yang berlaku meliputi:
- Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit SemesterMagang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved