Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 1 Agustus 2011 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Hj. Sri Handajani, S.Pd., M.Kes. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Visi
UNGGUL DALAM PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KEILMUAN TATA BOGA
Misi
- Menghasilkan sarjana pendidikan bidang boga yang berkarakter dan profesional sehingga mampu berkompetisi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, maksimal lama studi 10 semester sebanyak 100%.
- Meningkatkan keilmuan pendidikan Tata Boga melalui penelitian yang relevan dengan perkembangan ipteks minimal 5 penelitian per tahun.
- Meningkatkan kepedulian kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian, minimal sepuluh pengabdian per tahun
- Meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi guna meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan, minimal tiga perjanjian kerjasama per tiga tahun
- Meningkatkan kuantitas dan/ kualitas sarana dan prasarana pembelajaran per lima tahun
- Memperluas aksesibilitas informasi semua jenis data Prodi seiring dengan perkembangan di Fakultas dan Universitas
- Melaksanakan tatapamong diprodi yang sehat, efisien, efektif, produktif, transparan, akuntabel, dan sejahtera.
Tujuan
- Menguasai dan menerapkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial dalam ilmu dan teknologi pendidikan Tata Boga bercirikan kearifan lokal (keguruan).
- Menguasai metode ilmiah untuk memecahkan masalah ilmu kependidikan dan penerapan keterampilan Tata Boga (knowledge and understanding).
- Memiliki keterampilan dalam menerapkan keilmuan di bidang pendidikan Tata Boga secara formal dan non formal sepanjang hayat dengan mengedepankan kearifan lokal.
- Memiliki kemampuan dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan Tata Boga (transferable skills).
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu mengkreasikan karya dalam bidang tata boga berbasis kearifan lokal yang berwawasan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Mampu merancang, melaksanakan, menganalisis dan mengimplentasikan hasil penelitian dalam bidang pendidikan Tata Boga
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu memahami konsep-konsep ilmu dalam bidang pedagogi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu memahami konsep-konsep ilmu dalam bidang tata boga
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengetahuan adaptif dan normatif yang menunjang bidang pendidikan tata boga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2018
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003006
Dasar Dasar Pendidikan
3.00
1000002003
Indonesian
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8321102011
Basic
2.00
8321103059
Food Ingredient Knowledge
3.00
8321102024
Family Welfare Science
2.00
8321103009
Basic Food
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
8321102108
Kitchen Management
2.00
8321102077
Philosophy Of Science
2.00
8321103111
Hygiene And Sanitation
3.00
8321103054
Indonesian Food Management
3.00
8321102026
Applied Chemistry
2.00
8321103097
Teori Belajar
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321102081
Bakery
3.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8321103023
Nutritional Science
3.00
8321103025
Vocational School Curriculum Study
3.00
1000002011
Isbd
2.00
8321103055
Continental Food
3.00
8321103070
Cooking
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321103014
Decoration
3.00
8321102080
English Applied
2.00
8321103112
Assessment Of Learning Processes And Outcomes
3.00
8321102036
Applied Mathematics
2.00
8321103092
Innovative Learning Prose I
3.00
8321103091
Oriental Food Management
3.00
8321102095
Statistics
2.00
8321102096
Food Technology
2.00
8321103122
Cake Pastry
3.00
8321101127
Introduction School Field I
1.00
8321102030
Management
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321103044
Pengel Food Indonesian Cakes And Drinks
3.00
8321102001
Anatomy Physiology
2.00
8321102053
Management Lab Management Field Of Study
2.00
8321103032
Business Management Food
3.00
8321103028
Applied Computers
3.00
8321102084
Socio-Cultural Food
2.00
8321103093
Innovative Learning Ii
3.00
8321102089
Learning Media And Ict
2.00
8321103034
Bakery Business Management Services And Pastry
3.00
8321103038
Research Methodology
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321103128
Introduction To School Fields Ii
3.00
8321102106
Banquet
2.00
8321104103
Introduction To School Fields
4.00
8321102107
Table Manner
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8321102039
Food Microbiology
2.00
8321102043
Consumer Education
2.00
8321102012
Housekeeping
2.00
8321103109
Cake Decoration Quality
3.00
8321102086
Vegetable Food Technology
2.00
8321102087
Animal Food Technology
2.00
8321106066
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003006 | Dasar Dasar Pendidikan | 3.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8321102011 | Basic | 2.00 | |
8321103059 | Food Ingredient Knowledge | 3.00 | |
8321102024 | Family Welfare Science | 2.00 | |
8321103009 | Basic Food | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8321102108 | Kitchen Management | 2.00 | |
8321102077 | Philosophy Of Science | 2.00 | |
8321103111 | Hygiene And Sanitation | 3.00 | |
8321103054 | Indonesian Food Management | 3.00 | |
8321102026 | Applied Chemistry | 2.00 | |
8321103097 | Teori Belajar | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321102081 | Bakery | 3.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8321103023 | Nutritional Science | 3.00 | |
8321103025 | Vocational School Curriculum Study | 3.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8321103055 | Continental Food | 3.00 | |
8321103070 | Cooking | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321103014 | Decoration | 3.00 | |
8321102080 | English Applied | 2.00 | |
8321103112 | Assessment Of Learning Processes And Outcomes | 3.00 | |
8321102036 | Applied Mathematics | 2.00 | |
8321103092 | Innovative Learning Prose I | 3.00 | |
8321103091 | Oriental Food Management | 3.00 | |
8321102095 | Statistics | 2.00 | |
8321102096 | Food Technology | 2.00 | |
8321103122 | Cake Pastry | 3.00 | |
8321101127 | Introduction School Field I | 1.00 | |
8321102030 | Management | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321103044 | Pengel Food Indonesian Cakes And Drinks | 3.00 | |
8321102001 | Anatomy Physiology | 2.00 | |
8321102053 | Management Lab Management Field Of Study | 2.00 | |
8321103032 | Business Management Food | 3.00 | |
8321103028 | Applied Computers | 3.00 | |
8321102084 | Socio-Cultural Food | 2.00 | |
8321103093 | Innovative Learning Ii | 3.00 | |
8321102089 | Learning Media And Ict | 2.00 | |
8321103034 | Bakery Business Management Services And Pastry | 3.00 | |
8321103038 | Research Methodology | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321103128 | Introduction To School Fields Ii | 3.00 | |
8321102106 | Banquet | 2.00 | |
8321104103 | Introduction To School Fields | 4.00 | |
8321102107 | Table Manner | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8321102039 | Food Microbiology | 2.00 | |
8321102043 | Consumer Education | 2.00 | |
8321102012 | Housekeeping | 2.00 | |
8321103109 | Cake Decoration Quality | 3.00 | |
8321102086 | Vegetable Food Technology | 2.00 | |
8321102087 | Animal Food Technology | 2.00 | |
8321106066 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Sejak tahun 2014 Prodi di Unesa secara bertahap telah mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum Prodi berbasis KKNI dan SNPT. Pada tahun 2016, prodi S1 Pendidikan Tata Boga melaksanakan Kurikulum KKNI yang disusun sesuai dengan standar pendidikan nasional (Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015). Pelaksanaan Kurikulum KKNI di UNESA sesuai dengan berdasarkan SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019, Prodi melakukan revisi kurikulum berdasarkan Pedoman Asesmen ketercapaian Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Program Studi di Universitas negeri Surabaya. Pada tahun 2020 hingga sekarang di berlakukan kurikulum MBKM, yang di implementasikan ke Prodi selingkung UNESA berdasarkan Pedoman Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Evaluasi Kurikulum tahun 2020, yaitu kurikulum MBKM dilakukan dengan membandingkan capaian kinerja mutu unsur yang dievaluasi terhadap standar yang telah ditetapkan. Kesenjangan antara kinerja mutu terhadap standar menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan modifikasi. Modifikasi dilakukan terhadap kinerja yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, atau dapat juga standar yang dimodifikasi jika kinerja telah melampauinya. Selanjutnya diputuskan apakah dilakukan perbaikan terhadap kinerja mutu atau standar, atau kinerja mutu tersebut dianggap selesai dalam proses evaluasi. Evaluasi terhadap kurikulum telah dilakukan setiap 2 tahun sekali, terakhir dilakukan pada tahun 2022, dilanjutkan dengan kegiatan restrukturisasi kurikulum dengan menghadirkan narasumber dari praktisi boga dan pendidikan. Hasil yang diperoleh adalah masukan terhadap konten atau isi materi perkuliahan agar lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan DU/DI.
Alumni sebagai subjek tracer study menilai bahwa sebesar 84% kurikulum yang telah dikembangkan oleh Prodi S1 Pendidikan Tata Boga telah sesuai dan erat hubungannya dengan bidang pekerjaannya sekarang. Mendiskripsikan kesesuaian bidang kerja lulusan juga menjadi salah satu yang teramat penting dalam tracer study. Secara umum keselarasan antara bidang pekerjaan alumni saat ini dengan bidang ilmu yang ditempuh ketika di bangku kuliah, hal ini sebagai salah satu indicator penting untuk melihat apakah proses perkuliahan dengan berbagai kurikulum, mata kuliah, dan pengajarannya menjadi bukti apakah selaras dengan kebutuhan dunia dunia kerja atau tidak. Juga bisa memiliki makna bahwa para alumni yang sudah atau sedang berkiprah di dunia kerja apakah sudah sesuai dengan keilmuan atau kompetensinya. Hal ini menjadi penting untuk mengukur kualitas pembelajaran dengan kebutuhan di dunia kerja (link and match), sehingga penting sekali mengetahui terkait keselarasan horizontal. Secara beturut-turut pada tahun 2021, 2022, dan 2023 bidang pekerjaan alumni memiliki kesesuaian dengn profil Program studi dan kurikulum adalah sebesar 69%; 80,78%; dan 80%. Walaupun pada tahun 2022 kesesuain mengalami peningkatan, namum nyatanya nilai kesesuain masih belum sempurna. Hal ini diduga karena para alumni telah mengalami perkembangan teknologi terkait materi yang yang selama ini diajarkan, sehingga perlu adanya perbaikan serta penyesuaian dengan perkembangan ilmu yang selama ini terjadi. Perlu menambahkan mata kuliah baru pada kurikulum PS S1 Pendidikan Tata Boga FT Unesa sesuai degan kurikulum di SMK dan industri, seperti gastronomi molekuler, pengelolaan IT bisnis kuliner, analisis sensori, dan lain sebagainya.
Terkait dengan aspek pembelajaran, aspek tersebut menjadi salah satu feedback yang penting bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pembelajaran S1 Pendidikan Tata Boga. Aspek pembelajaran yang dimaksud adalah 1) Perkuliahan; 2) Demonstrasi; 3) Partisipasi dalam Proyek (Riset); 4) Magang; 5) Praktikum; 6) Kerja Lapangan, dan 7) Diskusi. Berdasarkan hasil tracer study pendekatan diskusi dan magang menunjukan respon yang positif, yaitu masing-masing berada pada poin 3,30 dan 3,00 dari skor maximum 4,00. Pada aspek praktikum dan perkuliahan terlihat paling rendah, yaitu 2,35 dan 2,25. Hal ini dapat terjadi dikarenakan alumni mengalami pembelajaran daring dikarenaka Covid 19. Sehingga pembalajaran beralih menjadi luring. Keterlibatan alumni dalam praktikum pun menjadi sangat minim, karena alumni harus belajar dirumah. Pengembangan aspek pembelajaran sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi-kompetensi yang nantinya diperlukan di DU/DI.
Kemampuan alumni S1 Pendidikan Tata Boga tidak hanya dinilai dari hard skill saja namun juga dinilai dari soft skill. Kedua kemampuan tersebut selayaknya terus diasah selama masa studi di perguruan tinggi. Dalam survey ini alumni diminta memberikan umpan balik atau penilaian terhadap penguasaan kompetensi yang mereka miliki. Berdasarkan hasil penelusuran dari 29 kompetensi yang dibutuhkan oleh industri, alumni memiliki lima kopetensi yang sangat unggul, yaitu 1) etika, 2) keahlian bidang studi, 3) kerjasama, 4) toleransi, dan 5) integritas, dimana kompetensi tersebut memiliki skor ≥4,00 dengan skor maksimum adalah 5,00. Sedangkan kompetensi terendah adalah kemampuan bahasa inggis dengan skor 2,88. Artinya kurikulum perlu lebih mendukung mahasiswanya dalam berbahasa inggis dalam pembelajaran.
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Cake and Pastry | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Basics of Education | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Cooking | 2 | 20% | 20% | 60% | 100 % | ||||||
Halal Food | 2 | 18.18% | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Family Welfare Science | 2 | 20% | 10% | 20% | 50% | 100 % | |||||
Nutritional Science | 2 | 23.53% | 5.88% | 17.65% | 17.65% | 35.29% | 100 % | ||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 100% | 100 % | ||||||||
Computer Applications | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Indonesian food | 2 | 100% | 100 % | ||||||||
Food Technology | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Food Chemistry | 2 | 9.09% | 27.27% | 9.09% | 27.27% | 18.18% | 9.09% | 99.99 % | |||
Sanitation Hygiene and K3 | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||
Culinary Mathematics | 2 | 16.13% | 38.71% | 25.81% | 19.35% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan filosofis :
Bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya secara individu maupun di masyarakat.
Landasan sosiologis :
Mahasiswa diharapkan mampu memiliki karakter sebagai seorang pendidik dan memiliki kecakapan hidup yang bisa diaplikasikan di dalam masyarakat.
Landasan psikologis :
Pengembangan kurikulum mampu mendorong secara terus-menerus keingintahuan dan dapat memotivasi belajar sepanjang hayat
Landasan historis :
Kurikulum yang mampu memfasilitasi peserta didik belajar sesuai zamannya.
Landasan Yuridis:
- UU RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
- UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
- Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
- Permendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan kkni bidang perguruan tinggi
- Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi
- Permendikbud RI nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi
- Permendikbud RI Nomor 5 tahun 2020 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi
- Permendikbud RI nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved