•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan Unesa

 
Study Program  :  Vocational and Technology Education
Establishment Date  :  5 Oktober 2009
Study Program Coordinator  :  Prof. Dr. Ir. Achmad Imam Agung, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi bidang pendidikan teknologi dan kejuruan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan pada tahun 2035


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang teknologi dan kejuruan yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
  2. menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang teknologi dan kejuruan
  3. pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang teknologi dan kejuruan yang berbasis kewirausahaan bagi kesejahteraan masyarakat;
  4. menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi melalui sistem multikampus secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan;
  5. menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang teknologi dan kejuruan yang berbasis kewirausahaan.

Tujuan
  1. Menguasai dan menerapkan kompetensi guru yang meliputi kompetensi pedagogik, personal, sosial, dan profesional di bidang pendidikan teknologi dan kejuruan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab (Professional Accomplishment). 
  2. Menguasai dan mengimplementasikan kompetensi dalam merencanakan, melaksanakan, mengelola, menilai pembelajaran, menindaklanjuti hasil penilaian, melakukan pembimbingan, dan pelatihan peserta didik serta melakukan penelitian dan mampu mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan (Professional Accomplishment).
  3. Menguasai teknik analisis dan metode ilmiah untuk memecahkan permasalahan dalam bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan dalam bentuk penelitian, pengabdian kepada masyarakat, artikel dalam prosiding seminar, artikel yang dimuat di dalam jurnal, media pembelajaran, HAKI, ataupun karya inovatif yang solutif bagi masyarakat (Professional Accomplishment).
  4. Secara terus-menerus mengembangkan pengetahuan sepanjang hayat di bidang keilmuan Pendidikan Tekhnologi Kejuruan melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji (kecendekiaan). (Academic Accomplishment/Mampu berkembang dan belajar hidup sepanjang hayat untuk mengembangkan pengetahuan baik formal maupun informal)
  5. Menguasai dan mampu berkomunikasi, bekerjasama dalam tim, beretika profesi, membangun dan mengembangkan jejaring kerjasama kemitraan yang relevan dengan prodi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan serta duna usaha dan industri.  (General/Social Accomplishment/Memahami etika profesi, bertanggungjawab, berkontribusi secara positif, befikir kritis, kreatif dan menunjukkan kepeloporan dan kepemimpinan)

Capaian Lulusan Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Bertaqwa kepada Tuhan Yang maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

PLO-7 Memiliki pengetahuan yang luas di bidang pengetahuan umum, sosial dan humaniora

PLO-8 Mampu berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik secara lisan dan tulisan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu menyelaraskan kurikulum S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan tuntutan perkembangan industri global.

PLO-10 Mampu merencanakan, menerapkan, dan mengevaluasi program pembelajaran inovatif yang efektif dan efisien pada pendidikan S2 Pendidikan Teknologi Kejuruan yang relevan dengan perkembangan industri global.

PLO-11 Mampu menerapkan riset terapan untuk inovasi metode pembelajaran kejuruan, optimalisasi teknologi yang relevan dengan industri
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Memiliki pengetahuan yang komprehensif sehingga dapat menyelesaikan permasalahan kompleks yang khas di program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dan mengikuti kaidah penulisan ilmiah

PLO-13 Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Mampu mendesain rangkaian, perangkat, dan produk pada program S2 Pendidikan teknologi kejuruan
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Vocational and Technology Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Vocational and Technology Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002177 English 2.00
    8310103010 Kecerdasan Buatan 3.00
    8310102021 Algorithm Design And Analysis 2.00
    8310102035 Ptk Seminar 2.00
    8310103018 Multimedia And Ict In Pembptk 3.00
    8310103046 Teori Belajar 3.00
    8310102013 Construction Management 2.00
    8310103027 Manufacturing Process 3.00
    8310103029 Psda And Environment 3.00
    8310103041 Electrical Power Utilization Techniques 3.00
    8310103004 Culture And Design 3.00
    8310103020 Learning Assessment In The Field Of Ptk 3.00
    8310104048 Thesis 4.00
    8310103053 Examinations Comprehensive Examinations 3.00
    8310102024 Plc And Pneumatic 2.00
    8310102031 Sanitation And Hygiene 2.00
    8310102002 Fuels And Lubricants 2.00
    8310102054 Instrument Seminar 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8310103019 Image Processing 3.00
    8310103014 Ptk Management 3.00
    8310101033 Seminar Proposal 1.00
    8310102043 Engineering Engineering 2.00
    8310102030 Rekayasa Perangkat Lunak 2.00
    8310103011 Energy Conversion 3.00
    8310102009 Family Welfare Science 2.00
    8310103039 Audio And Video Engineering 3.00
    8310103023 Behavior Of Building Structures 3.00
    8310102044 Technology Materials 2.00
    8310103022 Planning And Development Of Ptk Curriculum 3.00
    8310103017 Research Methodology 3.00
    8310103038 Learning Strategy In The Field Of Ptk 3.00
    8310103008 Applied Nutrition 3.00
    8310102007 Digital Signal Processing 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8310102034 Thesis Proposal Seminar 2.00
    8310103015 Mekatronika 3.00
    8310103037 Statistik 3.00
    8310103040 Computer Network Engineering 3.00
    8310103012 Cosmetology 3.00
    8310102025 Ppl 2.00
    8310103036 Geographic Information Systems 3.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Vocational and Technology Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Evaluasi Kurikulum dalam proses pengembangan ide dan dokumen kurikulum dilakukan untuk mendapatkan masukan mengenai kesesuaian ide dan desain kurikulum untuk mengembangkan kualitas yang dirumuskan dalam Standar Kompetensi lulusan (SKL). Evaluasi terhadap implementasi dilakukan untuk memberikan masukan terhadap proses pelaksanaan kurikulum agar sesuai dengan apa yang telah dirancang dalam dokumen Evaluasi Kurikulum yang meliputi antara lain: evaluasi hasil belajar, evaluasi proses pembelajaran, evaluasi relevansi kurikulum, evaluasi daya dukung sarana prasarana, dan evaluasi program/akreditasi. Analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan pemangku kepentingan dari hasil tracer study. Hasil tracer study juga dijelaskan sebagai bentuk analisis kebutuhan berdasarkan kebutuhan.

    Rekap PLO Program Studi Vocational and Technology Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14
    Learning Strategies Technological and Vocational Education 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
    Educational Assessment Vocational Technology 2 13.79% 13.79% 13.79% 20.69% 6.9% 20.69% 10.34% 99.99 %
    Design and Culture 2 66.67% 33.33% 100 %
    Management Vocational Technology Education 2 15.79% 15.79% 15.79% 15.79% 15.79% 5.26% 15.79% 100 %
    Planning and Development of Vocational Technology Education Curriculum 2 55% 25% 20% 100 %
    Management Culinary Business 2 51.61% 32.26% 16.13% 100 %
    Culinary Product Research 2 4% 20% 20% 16% 20% 8% 12% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Vocational and Technology Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Perancangan dan pengembangan kurikulum disusun berdaarkan peratudan dan kebijakan yang berlaku meliputi:

    1. Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit SemesterMagang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
    13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
    19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA