•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa

 
Study Program  :  Mathematics Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
  1. Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
  2. Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
  3. Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.

Tujuan
  1. Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
  2. Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
  3. Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
  4. Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.

Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)
Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana

PLO-6 Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT

PLO-7 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

PLO-9 Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika

PLO-10 Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.

PLO-11 Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Asisten Peneliti Pendidikan Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Edupreneur

    Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Penulis Pendidikan Matematika

    Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.


Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Merdeka Belajar 2021_2022

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420202004 Biologi Umum 2.00
8420202004 Kimia Umum 2.00
8420202004 Fisika Umum 2.00
1000002003 Indonesian 2.00
8420203004 Differential Calculus 3.00
1000002005 Basics Of Education 2.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
8420203043 The Basics Of Mathematics 3.00
1000002018 Pancasila Education 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002046 Literasi Digital 2.00
8420203064 Geometry 3.00
8420203084 Integral Calculus 3.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Islam
    -  Agama Protestan
2.00
1000002033 Citizenship 2.00
8420202094 Conservation Of Natural Resources 2.00
1000002177 English 2.00
8420202222 Number Theory 2.00
8420202197 Sejarah Matematika 2.00
8420202004 Teori Belajar 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203004 Analisis Real 3.00
8420202004 Evaluation Of Learning And Learning 2.00
8420202004 Discrete Mathematics 2.00
8420203007 Elementary Linear Algebra 3.00
8420202004 School Curriculum 2.00
8420202004 Visual Programming 2.00
8420202004 Development Of Teaching Materials 2.00
8420202004 Learning Planning 2.00
8420202004 Realistic Mathematics Education 2.00
8420202004 Geometri Analitik 2.00
8420202004 Statistics 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420202121 Instructional Media 2.00
8420203128 Research Methodology 3.00
8420200004 Innovative Learning 3.00
8420202004 Algebra Abstract 2.00
8420203173 Ordinary Differential Equations 3.00
8420202004 Riset Operasi 2.00
8420203086 Multiple Variable Calculus 3.00
8420202148 Solution To Problem 2.00
8420203111 School Mathematics Mathematics 3.00
8420202004 Mathematical Modeling 2.00
8420202047 Elearning 2.00

Semester ke 5

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002176 Entrepreneurship 2.00
8420202004 Micro Learning 2.00
8420202153 Reasoning And Proof 2.00
8420202169 Writing Scientific Papers 2.00
8420202186 Psychology Mathematics Learning 2.00
8420202004 Educational Opportunities Stem 2.00
8420202004 Transformation Geometry 2.00
8420202004 Numerical Methods 2.00
8420202093 Public Communication 2.00
8420202004 Teori Peluang 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420206202 Thesis 6.00
8420202057 Philosophy Of Mathematics Education 2.00
8420202004 Personality Development 2.00
8420202004 Cognitive Science 2.00
8420202004 Interpersonal Communication 2.00
8420202052 Etnomatematika 2.00
8420202105 Management And Leadership 2.00
8420202220 Number Theory 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi

Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Elementary Linear Algebra 3 16.67% 83.33% 100 %
Sejarah Matematika 2 100% 100 %
School Mathematics Mathematics 3 18.18% 22.73% 9.09% 18.18% 13.64% 9.09% 9.09% 100 %
The Basics of Mathematics 3 28.57% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Integral Calculus 4 35.29% 29.41% 35.29% 99.99 %
Mathematical Modeling 2 50% 50% 100 %
Differential Calculus 3 57.14% 42.86% 100 %
Analisis Real 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
Geometri Analitik 2 20% 80% 100 %
Realistic Mathematics Education 2 33.33% 16.67% 16.67% 33.33% 100 %
Instructional Media 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Innovative Learning 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistics 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Evaluation of Learning and Learning 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
School Curriculum 2 33.33% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Visual Programming 2 50% 25% 25% 100 %
Psychology Mathematics Learning 2 100% 100 %
Micro Learning 2 14.29% 28.57% 28.57% 28.57% 100 %
Integral Calculus 3 66.67% 33.33% 100 %
Teori Belajar 2 50% 50% 100 %
Solution to problem 2 100% 100 %
Differential Calculus 4 72.73% 27.27% 100 %
Philosophy of Mathematics Education 2 16.67% 25% 16.67% 41.67% 100 %
Basic Education 2 50% 50% 100 %
Visual Programming 3 50% 25% 25% 100 %
Konsep Dasar Ipa 2 37.5% 37.5% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi