Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Study Program | : | Mathematics Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Merdeka Belajar 2021_2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202004
Biologi Umum
2.00
8420202004
Kimia Umum
2.00
8420202004
Fisika Umum
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8420203004
Differential Calculus
3.00
1000002005
Basics Of Education
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8420203043
The Basics Of Mathematics
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002046
Literasi Digital
2.00
8420203064
Geometry
3.00
8420203084
Integral Calculus
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
8420202094
Conservation Of Natural Resources
2.00
1000002177
English
2.00
8420202222
Number Theory
2.00
8420202197
Sejarah Matematika
2.00
8420202004
Teori Belajar
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420203004
Analisis Real
3.00
8420202004
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8420202004
Discrete Mathematics
2.00
8420203007
Elementary Linear Algebra
3.00
8420202004
School Curriculum
2.00
8420202004
Visual Programming
2.00
8420202004
Development Of Teaching Materials
2.00
8420202004
Learning Planning
2.00
8420202004
Realistic Mathematics Education
2.00
8420202004
Geometri Analitik
2.00
8420202004
Statistics
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202121
Instructional Media
2.00
8420203128
Research Methodology
3.00
8420200004
Innovative Learning
3.00
8420202004
Algebra Abstract
2.00
8420203173
Ordinary Differential Equations
3.00
8420202004
Riset Operasi
2.00
8420203086
Multiple Variable Calculus
3.00
8420202148
Solution To Problem
2.00
8420203111
School Mathematics Mathematics
3.00
8420202004
Mathematical Modeling
2.00
8420202047
Elearning
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004067
Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program
4.00
1000003068
Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program
3.00
1000003065
Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program
3.00
1000003070
Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan
3.00
1000003069
Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program
3.00
1000004066
Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat
4.00
8420202200
Mathematics Education Seminar
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8420202004
Micro Learning
2.00
8420202153
Reasoning And Proof
2.00
8420202169
Writing Scientific Papers
2.00
8420202186
Psychology Mathematics Learning
2.00
8420202004
Educational Opportunities Stem
2.00
8420202004
Transformation Geometry
2.00
8420202004
Numerical Methods
2.00
8420202093
Public Communication
2.00
8420202004
Teori Peluang
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420206202
Thesis
6.00
8420202057
Philosophy Of Mathematics Education
2.00
8420202004
Personality Development
2.00
8420202004
Cognitive Science
2.00
8420202004
Interpersonal Communication
2.00
8420202052
Etnomatematika
2.00
8420202105
Management And Leadership
2.00
8420202220
Number Theory
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202004 | Biologi Umum | 2.00 | |
8420202004 | Kimia Umum | 2.00 | |
8420202004 | Fisika Umum | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8420203004 | Differential Calculus | 3.00 | |
1000002005 | Basics Of Education | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8420203043 | The Basics Of Mathematics | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8420203064 | Geometry | 3.00 | |
8420203084 | Integral Calculus | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8420202094 | Conservation Of Natural Resources | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
8420202222 | Number Theory | 2.00 | |
8420202197 | Sejarah Matematika | 2.00 | |
8420202004 | Teori Belajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420203004 | Analisis Real | 3.00 | |
8420202004 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8420202004 | Discrete Mathematics | 2.00 | |
8420203007 | Elementary Linear Algebra | 3.00 | |
8420202004 | School Curriculum | 2.00 | |
8420202004 | Visual Programming | 2.00 | |
8420202004 | Development Of Teaching Materials | 2.00 | |
8420202004 | Learning Planning | 2.00 | |
8420202004 | Realistic Mathematics Education | 2.00 | |
8420202004 | Geometri Analitik | 2.00 | |
8420202004 | Statistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202121 | Instructional Media | 2.00 | |
8420203128 | Research Methodology | 3.00 | |
8420200004 | Innovative Learning | 3.00 | |
8420202004 | Algebra Abstract | 2.00 | |
8420203173 | Ordinary Differential Equations | 3.00 | |
8420202004 | Riset Operasi | 2.00 | |
8420203086 | Multiple Variable Calculus | 3.00 | |
8420202148 | Solution To Problem | 2.00 | |
8420203111 | School Mathematics Mathematics | 3.00 | |
8420202004 | Mathematical Modeling | 2.00 | |
8420202047 | Elearning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004067 | Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program | 4.00 | |
1000003068 | Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program | 3.00 | |
1000003065 | Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program | 3.00 | |
1000003070 | Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan | 3.00 | |
1000003069 | Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program | 3.00 | |
1000004066 | Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat | 4.00 | |
8420202200 | Mathematics Education Seminar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8420202004 | Micro Learning | 2.00 | |
8420202153 | Reasoning And Proof | 2.00 | |
8420202169 | Writing Scientific Papers | 2.00 | |
8420202186 | Psychology Mathematics Learning | 2.00 | |
8420202004 | Educational Opportunities Stem | 2.00 | |
8420202004 | Transformation Geometry | 2.00 | |
8420202004 | Numerical Methods | 2.00 | |
8420202093 | Public Communication | 2.00 | |
8420202004 | Teori Peluang | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420206202 | Thesis | 6.00 | |
8420202057 | Philosophy Of Mathematics Education | 2.00 | |
8420202004 | Personality Development | 2.00 | |
8420202004 | Cognitive Science | 2.00 | |
8420202004 | Interpersonal Communication | 2.00 | |
8420202052 | Etnomatematika | 2.00 | |
8420202105 | Management And Leadership | 2.00 | |
8420202220 | Number Theory | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Elementary Linear Algebra | 3 | 16.67% | 83.33% | 100 % | |||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
School Mathematics Mathematics | 3 | 18.18% | 22.73% | 9.09% | 18.18% | 13.64% | 9.09% | 9.09% | 100 % | ||||
The Basics of Mathematics | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Integral Calculus | 4 | 35.29% | 29.41% | 35.29% | 99.99 % | ||||||||
Mathematical Modeling | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Differential Calculus | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Realistic Mathematics Education | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Instructional Media | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Innovative Learning | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistics | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
School Curriculum | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Visual Programming | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Psychology Mathematics Learning | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Micro Learning | 2 | 14.29% | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 100 % | |||||||
Integral Calculus | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Solution to problem | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Differential Calculus | 4 | 72.73% | 27.27% | 100 % | |||||||||
Philosophy of Mathematics Education | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Basic Education | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Visual Programming | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Konsep Dasar Ipa | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved