Examining the meaning of ethnomathematics, studying various articles about ethnomathematics, exploring culture or traditions in Indonesia that have mathematical value in learning mathematics
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-5 Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan
PLO-6 Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis
Program Objectives (PO)
PO-1 Menerapkan konsep etnomatematika dalam menganalisis sistem bilangan dan pola matematika dari berbagai budaya lokal Indonesia (C3)
PO-2 Menganalisis struktur geometri dan pola spasial dalam artefak budaya tradisional dan arsitektur vernakular Indonesia (C4)
PO-3 Mengevaluasi kontribusi pengetahuan matematika tradisional dalam pengembangan pembelajaran matematika modern (C5)
PO-4 Menciptakan modul pembelajaran matematika yang mengintegrasikan konsep etnomatematika dari budaya lokal (C6)
PO-5 Menerapkan metode etnomatematika dalam penelitian pendidikan matematika berbasis budaya (C3)
PO-6 Menganalisis sistem pengukuran dan satuan tradisional dalam berbagai budaya Indonesia dan kaitannya dengan matematika formal (C4)
PO-7 Mengevaluasi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal dalam praktik matematika tradisional Indonesia (C5)
PO-8 Menciptakan strategi pembelajaran yang menghubungkan matematika sekolah dengan konteks budaya siswa (C6)
PO-9 Menganalisis pola matematika dalam seni tradisional, musik, dan tarian Indonesia (C4)
PO-10 Mengevaluasi implementasi etnomatematika dalam kurikulum pendidikan matematika Indonesia (C5)