•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa

 
Study Program  :  Mathematics Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
  1. Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
  2. Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
  3. Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.

Tujuan
  1. Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
  2. Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
  3. Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
  4. Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.

Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)
Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana

PLO-6 Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT

PLO-7 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

PLO-9 Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika

PLO-10 Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.

PLO-11 Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Asisten Peneliti Pendidikan Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Edupreneur

    Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Penulis Pendidikan Matematika

    Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.


Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Matematika

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203080 Kalkulus I 3.00
8420203087 Basic Chemistry 3.00
1000002177 English 2.00
8420203106 Matematika Dasar 3.00
8420203035 Biologi Dasar 3.00
8420203156 Pengantar Dasar Matematika 3.00
8420203059 Fisika Dasar I 3.00
8420204170 Student Development 4.00
8420203058 Fisika Dasar 3.00
1000002003 Indonesian 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
8420203125 Statistical Methods 3.00
8420203064 Geometry 3.00
8420203024 English Ii 3.00
8420202220 Number Theory 2.00
8420203081 Calculus Ii 3.00
8420203219 Teori Belajar 3.00
8420202015 Computer Applications 2.00
8420203028 English For 3.00
8420203084 Integral Calculus 3.00
1000003040 Psikologi Pendidikan 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420202077 Isd 2.00
8420202197 Sejarah Matematika 2.00
8420203066 Geometry Analytical 3.00
8420204085 Multiple Variable Calculus 4.00
8420203107 Discrete Mathematics 3.00
8420203009 Elementary Linear Algebra 3.00
8420204130 Mkpbm I 4.00
8420203152 Visual Programming 3.00
8420203112 Matematika Sekolah I 3.00
8420203100 Foundations Of Education 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203114 School Mathematics Ii 3.00
8420204016 Asesmen 4.00
8420203183 Linear Programming 3.00
8420204131 Mkpbm Ii 4.00
8420203123 Numerical Methods 3.00
8420203013 Real Analysis I 3.00
8420203144 Innovative Learning Prose I 3.00
8420202047 Elearning 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203108 Vocational Mathematics 3.00
8420203010 Aljbra Abstract I 3.00
8420202187 Psychology Of Mathematics Learners 2.00
8420204132 Mkpbm Iii 4.00
8420203146 Innovative Learning Ii 3.00
8420202098 Mathematics Curriculum 2.00
8420203208 Mathematical Statistics I 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203005 Algebra Abstract Ii 3.00
8420202180 Ppl I 2.00
8420203175 Ordinary Differential Equations 3.00
8420202200 Mathematics Education Seminar 2.00
8420203155 Penelitian Pendidikan Matematika 3.00
8420203067 Transformation Geometry 3.00
8420202057 Philosophy Of Mathematics Education 2.00
8420203185 Learning Management Programs 3.00
90220303 Teaching Assistantship 3.00
8420202161 Development Of Purchaser Tools 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203201 Geometry Systems 3.00
8420202181 Ppl Ii 2.00
8420203149 Mathematical Modeling 3.00
8420202162 Purchase Tools 2.00
8420203096 Kuliah Kerja Nyata 3.00
8420206202 Thesis 6.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8420203207 Statistika Matematika Ii 3.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi

Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Elementary Linear Algebra 3 16.67% 83.33% 100 %
Sejarah Matematika 2 100% 100 %
School Mathematics Mathematics 3 18.18% 22.73% 9.09% 18.18% 13.64% 9.09% 9.09% 100 %
The Basics of Mathematics 3 28.57% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Integral Calculus 4 35.29% 29.41% 35.29% 99.99 %
Mathematical Modeling 2 50% 50% 100 %
Differential Calculus 3 57.14% 42.86% 100 %
Analisis Real 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
Geometri Analitik 2 20% 80% 100 %
Realistic Mathematics Education 2 33.33% 16.67% 16.67% 33.33% 100 %
Instructional Media 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Innovative Learning 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistics 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Evaluation of Learning and Learning 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
School Curriculum 2 33.33% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Visual Programming 2 50% 25% 25% 100 %
Psychology Mathematics Learning 2 100% 100 %
Micro Learning 2 14.29% 28.57% 28.57% 28.57% 100 %
Integral Calculus 3 66.67% 33.33% 100 %
Teori Belajar 2 50% 50% 100 %
Solution to problem 2 100% 100 %
Differential Calculus 4 72.73% 27.27% 100 %
Philosophy of Mathematics Education 2 16.67% 25% 16.67% 41.67% 100 %
Basic Education 2 50% 50% 100 %
Visual Programming 3 50% 25% 25% 100 %
Konsep Dasar Ipa 2 37.5% 37.5% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya

Belum Diisi