Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa
Study Program | : | Mathematics Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
- Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
- Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
- Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
- Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
- Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.
Tujuan
- Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
- Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
- Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
- Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.
Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)Capaian Lulusan Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menerapkan prinsip-prinsip dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika sederhana
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika dengan menggunakan IT
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara efektif, lisan, dan harfiah
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mendemonstrasikan pengetahuan dan wawasan matematika
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Menunjukkan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian pendidikan matematika
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Asisten Peneliti Pendidikan Matematika
Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Edupreneur
Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
- Penulis Pendidikan Matematika
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.
Struktur Kurikulum Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Matematika 2019
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8420203036
Biologi Umum
3.00
8420203043
The Basics Of Mathematics
3.00
1000002005
Basics Of Education
2.00
8420203061
Fisika Umum
3.00
8420204079
Differential Calculus
4.00
8420203089
Kimia Umum
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420203064
Geometry
3.00
8420204083
Integral Calculus
4.00
8420202094
Conservation Of Natural Resources
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
8420203219
Teori Belajar
3.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
1000002177
English
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420203007
Elementary Linear Algebra
3.00
8420203065
Geometri Analitik
3.00
1000002011
Isbd
2.00
8420202110
Contextual Mathematics
2.00
8420204126
Statistical Methods
3.00
8420203144
Innovative Learning Prose I
3.00
8420202197
Sejarah Matematika
2.00
8420202222
Number Theory
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420203010
Aljbra Abstract I
3.00
8420203013
Real Analysis I
3.00
8420203018
Assessment Of Learning Processes And Outcomes
3.00
8420203150
Visual Programming Mathematics
3.00
8420202187
Psychology Of Mathematics Learners
2.00
8420203193
Riset Operasi
3.00
8420203107
Discrete Mathematics
3.00
8420202121
Instructional Media
2.00
8420203146
Innovative Learning Ii
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202047
Elearning
2.00
8420204085
Multiple Variable Calculus
4.00
8420203111
School Mathematics Mathematics
3.00
8420203123
Numerical Methods
3.00
8420203129
Metodologi Penelitian Pendidikan
3.00
8420203142
Probability And Statistics
3.00
8420202153
Reasoning And Proof
2.00
8420202169
Writing Scientific Papers
2.00
8420203201
Geometry Systems
3.00
8420203217
School Curriculum Review
3.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420202093
Public Communication
2.00
8420203096
Kuliah Kerja Nyata
3.00
8420203149
Mathematical Modeling
3.00
8420203004
Introduction To School Fields
4.00
8420206202
Thesis
6.00
8420203221
Number Theory
3.00
8420203223
Fuzzy
3.00
8420203224
Graph Theory
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420203005
Algebra Abstract Ii
3.00
8420203006
Linear Algebra
3.00
8420203012
Real Analysis 2
3.00
8420202052
Etnomatematika
2.00
8420202056
Philosophy Of Mathematics
2.00
8420202105
Management And Leadership
2.00
8420203206
Mathematical Statistics
3.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8420203036 | Biologi Umum | 3.00 | |
8420203043 | The Basics Of Mathematics | 3.00 | |
1000002005 | Basics Of Education | 2.00 | |
8420203061 | Fisika Umum | 3.00 | |
8420204079 | Differential Calculus | 4.00 | |
8420203089 | Kimia Umum | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420203064 | Geometry | 3.00 | |
8420204083 | Integral Calculus | 4.00 | |
8420202094 | Conservation Of Natural Resources | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8420203219 | Teori Belajar | 3.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420203007 | Elementary Linear Algebra | 3.00 | |
8420203065 | Geometri Analitik | 3.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8420202110 | Contextual Mathematics | 2.00 | |
8420204126 | Statistical Methods | 3.00 | |
8420203144 | Innovative Learning Prose I | 3.00 | |
8420202197 | Sejarah Matematika | 2.00 | |
8420202222 | Number Theory | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420203010 | Aljbra Abstract I | 3.00 | |
8420203013 | Real Analysis I | 3.00 | |
8420203018 | Assessment Of Learning Processes And Outcomes | 3.00 | |
8420203150 | Visual Programming Mathematics | 3.00 | |
8420202187 | Psychology Of Mathematics Learners | 2.00 | |
8420203193 | Riset Operasi | 3.00 | |
8420203107 | Discrete Mathematics | 3.00 | |
8420202121 | Instructional Media | 2.00 | |
8420203146 | Innovative Learning Ii | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202047 | Elearning | 2.00 | |
8420204085 | Multiple Variable Calculus | 4.00 | |
8420203111 | School Mathematics Mathematics | 3.00 | |
8420203123 | Numerical Methods | 3.00 | |
8420203129 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3.00 | |
8420203142 | Probability And Statistics | 3.00 | |
8420202153 | Reasoning And Proof | 2.00 | |
8420202169 | Writing Scientific Papers | 2.00 | |
8420203201 | Geometry Systems | 3.00 | |
8420203217 | School Curriculum Review | 3.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420202093 | Public Communication | 2.00 | |
8420203096 | Kuliah Kerja Nyata | 3.00 | |
8420203149 | Mathematical Modeling | 3.00 | |
8420203004 | Introduction To School Fields | 4.00 | |
8420206202 | Thesis | 6.00 | |
8420203221 | Number Theory | 3.00 | |
8420203223 | Fuzzy | 3.00 | |
8420203224 | Graph Theory | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420203005 | Algebra Abstract Ii | 3.00 | |
8420203006 | Linear Algebra | 3.00 | |
8420203012 | Real Analysis 2 | 3.00 | |
8420202052 | Etnomatematika | 2.00 | |
8420202056 | Philosophy Of Mathematics | 2.00 | |
8420202105 | Management And Leadership | 2.00 | |
8420203206 | Mathematical Statistics | 3.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Rekap PLO Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Elementary Linear Algebra | 3 | 16.67% | 83.33% | 100 % | |||||||||
Sejarah Matematika | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
School Mathematics Mathematics | 3 | 18.18% | 22.73% | 9.09% | 18.18% | 13.64% | 9.09% | 9.09% | 100 % | ||||
The Basics of Mathematics | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||||
Integral Calculus | 4 | 35.29% | 29.41% | 35.29% | 99.99 % | ||||||||
Mathematical Modeling | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Differential Calculus | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Analisis Real | 3 | 42.86% | 28.57% | 28.57% | 100 % | ||||||||
Geometri Analitik | 2 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Realistic Mathematics Education | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Instructional Media | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Innovative Learning | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistics | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
School Curriculum | 2 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Visual Programming | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Psychology Mathematics Learning | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Micro Learning | 2 | 14.29% | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 100 % | |||||||
Integral Calculus | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Teori Belajar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Solution to problem | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Differential Calculus | 4 | 72.73% | 27.27% | 100 % | |||||||||
Philosophy of Mathematics Education | 2 | 16.67% | 25% | 16.67% | 41.67% | 100 % | |||||||
Basic Education | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Visual Programming | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Konsep Dasar Ipa | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mathematics Education
Universitas Negeri Surabaya
Belum Diisi
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved