Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
Study Program | : | History Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Wisnu, M.Hum. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)Capaian Lulusan Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum History Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Sejarah
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102212
SOCIOCULTURAL THEORY
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8720102210
TEORI BELAJAR
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002005
BASICS OF EDUCATION
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
8720104211
HISTORY OF INDONESIA IN THE PRE-LITERATE AND HINDU-BUDDHIST PERIOD
4.00
8720102038
ILMU POLITIK
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8720102070
EDUCATION IPS
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8720102117
HISTORY OF SOUTH ASIA
2.00
8720102208
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8720103137
HISTORY OF INDONESIA FROM THE HINDU BUDDHIST PERIOD
3.00
1000002039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
2.00
8720103194
SCHOOL CURRICULUM REVIEW
3.00
1000002010
BASIC NATURAL SCIENCES
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102138
HISTORY OF INDONESIA DURING THE ISLAMIC PERIOD
2.00
8720102122
HISTORY OF EAST ASIA
2.00
8720102213
LEARNING PLANNING
2.00
8720102120
HISTORY OF SOUTHEAST ASIA
2.00
8720102157
LOCAL HISTORY
2.00
8720102115
HISTORY OF WEST ASIA
2.00
8720102032
PHILOSOPHY OF HISTORY
2.00
8720102124
EUROPEAN HISTORY
2.00
8720102111
AGRARIAN HISTORY
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102123
HISTORY OF AUSTRALIA AND OCEANIA
2.00
8720102036
GEOHISTORY
2.00
8720103140
HISTORY OF COLONIAL INDONESIA
3.00
8720102113
AMERICAN HISTORY
2.00
8720101207
INTRODUCTION TO THE SCHOOLING FIELD I
1.00
8720102072
VALUES AND CHARACTER EDUCATION
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720104238
MEDIA HISTORICAL RECORD AND ANTIQUITIES
4.00
8720103063
HISTORICAL RESEARCH METHODOLOGY
3.00
8720102037
HISTORIOGRAPHY
2.00
8720102152
HISTORY OF WORLD CULTURE
2.00
8720102108
AFRICAN HISTORY
2.00
8720102145
INTELLECTUAL HISTORY
2.00
8720103139
INDONESIAN HISTORY PERIOD OF NATIONAL AWAKENING AND MOVEMENT
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102089
INTEGRATED STREETWEAR
2.00
8720103136
CONTEMPORARY INDONESIAN HISTORY
3.00
8720102186
INFORMATION SYSTEMS GEOHISTORY
2.00
8720102071
MULTICULTURAL EDUCATION
2.00
8720102033
PHOTOGRAPHY HISTORY CULTURE
2.00
8720102040
IPS LEARNING INNOVATION
2.00
8720104214
INTRODUCTION TO THE FIELD OF SCHOOLING
4.00
8720103053
KULIAH KERJA NYATA
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102162
HISTORY OF EDUCATION
2.00
8720102073
TRANSFORMATIVE EDUCATION
2.00
8720102055
TOURISM MANAGEMENT CULTURE
2.00
8720102039
SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY
2.00
8720102076
SEARCHING AND WRITING HISTORICAL AND EDUCATIONAL INFORMATION
2.00
8720102021
BASICS OF HISTORICAL SCIENCE
2.00
8720103008
ASSESSMENT OF LEARNING PROCESSES AND OUTCOMES
3.00
8720103062
METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
3.00
8720102190
STATISTICS AND DATA ANALYSIS TECHNIQUES QUALITATIVE
2.00
8720106187
THESIS
6.00
8720102209
PHYSICAL EDUCATION FITNESS
2.00
8720103083
DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS
3.00
8720102065
MUSEOLOGY
2.00
8720103066
INNOVATIVE LEARNING PROSE I
3.00
8720102193
STUDY OF THE SOCIAL SCIENCES CURRICULUM
2.00
8720102164
ECONOMIC HISTORY
2.00
8720103067
INNOVATIVE LEARNING II
3.00
8720102005
ARCHEOLOGY
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102212 | SOCIOCULTURAL THEORY | 2.00 | |
1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
8720102210 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
1000002005 | BASICS OF EDUCATION | 2.00 | |
1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
8720104211 | HISTORY OF INDONESIA IN THE PRE-LITERATE AND HINDU-BUDDHIST PERIOD | 4.00 | |
8720102038 | ILMU POLITIK | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8720102070 | EDUCATION IPS | 2.00 | |
1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
8720102117 | HISTORY OF SOUTH ASIA | 2.00 | |
8720102208 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
8720103137 | HISTORY OF INDONESIA FROM THE HINDU BUDDHIST PERIOD | 3.00 | |
1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
8720103194 | SCHOOL CURRICULUM REVIEW | 3.00 | |
1000002010 | BASIC NATURAL SCIENCES | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102138 | HISTORY OF INDONESIA DURING THE ISLAMIC PERIOD | 2.00 | |
8720102122 | HISTORY OF EAST ASIA | 2.00 | |
8720102213 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
8720102120 | HISTORY OF SOUTHEAST ASIA | 2.00 | |
8720102157 | LOCAL HISTORY | 2.00 | |
8720102115 | HISTORY OF WEST ASIA | 2.00 | |
8720102032 | PHILOSOPHY OF HISTORY | 2.00 | |
8720102124 | EUROPEAN HISTORY | 2.00 | |
8720102111 | AGRARIAN HISTORY | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102123 | HISTORY OF AUSTRALIA AND OCEANIA | 2.00 | |
8720102036 | GEOHISTORY | 2.00 | |
8720103140 | HISTORY OF COLONIAL INDONESIA | 3.00 | |
8720102113 | AMERICAN HISTORY | 2.00 | |
8720101207 | INTRODUCTION TO THE SCHOOLING FIELD I | 1.00 | |
8720102072 | VALUES AND CHARACTER EDUCATION | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720104238 | MEDIA HISTORICAL RECORD AND ANTIQUITIES | 4.00 | |
8720103063 | HISTORICAL RESEARCH METHODOLOGY | 3.00 | |
8720102037 | HISTORIOGRAPHY | 2.00 | |
8720102152 | HISTORY OF WORLD CULTURE | 2.00 | |
8720102108 | AFRICAN HISTORY | 2.00 | |
8720102145 | INTELLECTUAL HISTORY | 2.00 | |
8720103139 | INDONESIAN HISTORY PERIOD OF NATIONAL AWAKENING AND MOVEMENT | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102089 | INTEGRATED STREETWEAR | 2.00 | |
8720103136 | CONTEMPORARY INDONESIAN HISTORY | 3.00 | |
8720102186 | INFORMATION SYSTEMS GEOHISTORY | 2.00 | |
8720102071 | MULTICULTURAL EDUCATION | 2.00 | |
8720102033 | PHOTOGRAPHY HISTORY CULTURE | 2.00 | |
8720102040 | IPS LEARNING INNOVATION | 2.00 | |
8720104214 | INTRODUCTION TO THE FIELD OF SCHOOLING | 4.00 | |
8720103053 | KULIAH KERJA NYATA | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102162 | HISTORY OF EDUCATION | 2.00 | |
8720102073 | TRANSFORMATIVE EDUCATION | 2.00 | |
8720102055 | TOURISM MANAGEMENT CULTURE | 2.00 | |
8720102039 | SCIENCE TECHNOLOGY AND SOCIETY | 2.00 | |
8720102076 | SEARCHING AND WRITING HISTORICAL AND EDUCATIONAL INFORMATION | 2.00 | |
8720102021 | BASICS OF HISTORICAL SCIENCE | 2.00 | |
8720103008 | ASSESSMENT OF LEARNING PROCESSES AND OUTCOMES | 3.00 | |
8720103062 | METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN | 3.00 | |
8720102190 | STATISTICS AND DATA ANALYSIS TECHNIQUES QUALITATIVE | 2.00 | |
8720106187 | THESIS | 6.00 | |
8720102209 | PHYSICAL EDUCATION FITNESS | 2.00 | |
8720103083 | DEVELOPMENT OF LEARNING TOOLS | 3.00 | |
8720102065 | MUSEOLOGY | 2.00 | |
8720103066 | INNOVATIVE LEARNING PROSE I | 3.00 | |
8720102193 | STUDY OF THE SOCIAL SCIENCES CURRICULUM | 2.00 | |
8720102164 | ECONOMIC HISTORY | 2.00 | |
8720103067 | INNOVATIVE LEARNING II | 3.00 | |
8720102005 | ARCHEOLOGY | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Rekap PLO Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | |||
History of West Asia | 2 | 10.53% | 42.11% | 47.37% | 100 % | ||||
Intellectual History | 2 | 34.78% | 17.39% | 21.74% | 26.09% | 100 % | |||
European American | 3 | 11.11% | 88.89% | 100 % | |||||
Agrarian History | 2 | 36.36% | 63.64% | 100 % | |||||
Basics of Historical Science | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
History of Colonial Indonesia | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
Museology | 3 | 41.18% | 58.82% | 100 % | |||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||
Dutch language | 3 | 100% | 100 % | ||||||
Local History and Indonesian Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
- Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
- Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved