•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa

 
Study Program  :  Bachelor Of History Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Wisnu, M.Hum.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.


Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
  4. Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
  5. Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
  6. Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan  berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
  3. Menyebarluaskan inovasi  di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
  4. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.

Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)
Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of History Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of History Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Bachelor Of History Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Sejarah

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720102212 Sociocultural Theory 2.00
    1000002003 Indonesian 2.00
    8720102210 Teori Belajar 2.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00
    1000002005 Dasar Dasar Pendidikan 2.00
    1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
    8720104211 History Of Indonesia In The Pre-Literate And Hindu-Buddhist Period 4.00
    8720102038 Ilmu Politik 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    8720102070 Education Ips 2.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    8720102117 History Of South Asia 2.00
    8720102208 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
    8720103137 History Of Indonesia From The Hindu Buddhist Period 3.00
    1000002039 Psikologi Pendidikan 2.00
    8720103194 School Curriculum Review 3.00
    1000002010 Basic Natural Sciences 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720102138 History Of Indonesia During The Islamic Period 2.00
    8720102122 History Of East Asia 2.00
    8720102213 Perencanaan Pembelajaran 2.00
    8720102120 History Of Southeast Asia 2.00
    8720102157 Local History 2.00
    8720102115 History Of West Asia 2.00
    8720102032 Philosophy Of History 2.00
    8720102124 European History 2.00
    8720102111 Agrarian History 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720102123 History Of Australia And Oceania 2.00
    8720102036 Geohistory 2.00
    8720103140 History Of Colonial Indonesia 3.00
    8720102113 American History 2.00
    8720101207 Introduction To The Schooling Field I 1.00
    8720102072 Values And Character Education 2.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720104238 Media Historical Record And Antiquities 4.00
    8720103063 Historical Research Methodology 3.00
    8720102037 Historiography 2.00
    8720102152 History Of World Culture 2.00
    8720102108 African History 2.00
    8720102145 Intellectual History 2.00
    8720103139 Indonesian History Period Of National Awakening And Movement 3.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
    1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
    1000002064 Pelaporan Program 2.00
    1000002057 Perencanaan 2.00
    1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
    1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
    8720102153 History Of Indonesian Culture 2.00
    8720102023 Basics Basics Of Media Production Recording 2.00
    8720102203 Microteaching 2.00
    1000003060 Desain Program 3.00
    1000003095 Magang Riset Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
    1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
    1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
    1000003058 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
    8720102104 R D Education History 2.00
    8720102084 Social Science Learning Design 2.00
    8720102169 Social History 2.00
    8720102201 Kuliah Kerja Nyata 2.00
    1000003100 Magang Riset Publikasi 3.00
    1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
    1000004097 Magang Riset Pengumpulan Data 4.00
    1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
    1000004096 Magang Riset Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
    1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
    1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
    1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00
    1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
    1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
    1000002059 Manajemen Operasional 2.00
    8720102158 Maritime History 2.00
    1000020103 Apprenticeship 20.00
    1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
    1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
    1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
    1000020101 Kkn T 20.00
    1000002099 Magang Riset Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
    1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
    1000004061 Pelaksanaan Program 4.00
    1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
    1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
    1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
    1000002063 Pendesiminasian Program 2.00
    1000002062 Penilaian Program 2.00
    1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
    8720104142 Indonesian History Revolutionary Period 4.00
    1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
    1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00
    1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
    1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
    1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
    1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
    1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
    1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
    1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
    1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
    1000004098 Magang Riset Penganalisisan Data 4.00
    1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
    1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
    1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720102089 Integrated Streetwear 2.00
    8720103136 Contemporary Indonesian History 3.00
    8720102186 Information Systems Geohistory 2.00
    8720102071 Multicultural Education 2.00
    8720102033 Photography History Culture 2.00
    8720102040 Ips Learning Innovation 2.00
    8720104214 Introduction To The Field Of Schooling 4.00
    8720103053 Kuliah Kerja Nyata 3.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720102162 History Of Education 2.00
    8720102073 Transformative Education 2.00
    8720102055 Tourism Management Culture 2.00
    8720102039 Science Technology And Society 2.00
    8720102076 Searching And Writing Historical And Educational Information 2.00
    8720102021 Basics Of Historical Science 2.00
    8720103008 Assessment Of Learning Processes And Outcomes 3.00
    8720103062 Metodologi Penelitian Pendidikan 3.00
    8720102190 Statistics And Data Analysis Techniques Qualitative 2.00
    8720106187 Thesis 6.00
    8720102209 Physical Education Fitness 2.00
    8720103083 Development Of Learning Tools 3.00
    8720102065 Museology 2.00
    8720103066 Innovative Learning Prose I 3.00
    8720102193 Study Of The Social Sciences Curriculum 2.00
    8720102164 Economic History 2.00
    8720103067 Innovative Learning Ii 3.00
    8720102005 Archeology 2.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of History Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :  

    Kebutuhan dan Daya Saing Kerja

    Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.

    Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil

    Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.

    Perkembangan Industridan Kewirausahaan

    Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.

    Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):

    Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.

    Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.

    Rekap PLO Program Studi Bachelor Of History Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of History Education
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Landasan Filosofi

    Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.

    2. Landasan Sosiologis

    Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.

    3. Landasan Historis

    Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .

    4. Landasan Yuridis.

    Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada 

    1. Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
    2. Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
    3. Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
    4. Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
    5. Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.