Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
Study Program | : | History Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Wisnu, M.Hum. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)Capaian Lulusan Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu Merancang, Melaksanakan, Menilai Proses dan Hasil Pembelajaran Sejarah
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Mampu Memecahkan Kompleksitas Permasalahan Pembelajaran Sejarah Berbasis Riset Inter Disiplin dan Multi Disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menguasai Pengetahuan Peristiwa Sejarah, Fakta, dan Konsep
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum History Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum OBE
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8720102021
Basics Of Historical Science
2.00
1000002048
Dasar Dasar Kependidikan
2.00
8720102038
Ilmu Politik
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8720104211
History Of Indonesia In The Pre-Literate And Hindu-Buddhist Period
4.00
8720102210
Teori Belajar
2.00
8720102212
Sociocultural Theory
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002177
English
2.00
8720102036
Geohistory
2.00
8720102215
School Curriculum
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
8720102208
Development Of Teaching Materials
2.00
8720102111
Agrarian History
2.00
8720102138
History Of Indonesia During The Islamic Period
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
8720102213
Learning Planning
2.00
8720102122
History Of East Asia
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102216
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8720102217
Teaching Skills And Microlearning
2.00
8720103221
Plk Thematic Indonesian History
3.00
8720102115
History Of West Asia
2.00
8720102219
Local History And Indonesian Culture
2.00
8720102162
History Of Education
2.00
8720103011
Dutch Language
3.00
8720102032
Philosophy Of History
2.00
8720102218
History Of South And Southeast Asia
2.00
8720103140
History Of Colonial Indonesia
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720103222
Research Methods
3.00
8720103220
Historical Methodology And Historiography
3.00
8720104225
History Of Indonesia From Independence To Reformation
4.00
8720102226
Socioeconomic History
2.00
8720102223
Statistics
2.00
8720102233
Historical Method
2.00
8720102123
History Of Australia And Oceania
2.00
8720104224
History Of Indonesia During The National Movement
4.00
8720102145
Intellectual History
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720104238
Media Historical Record And Antiquities
4.00
8720102065
Museology
2.00
8720103255
Cultural Heritage Management
3.00
8720104257
Historical Libraries And Archives
4.00
8720104256
Historical Research Practice
4.00
8720102108
African History
2.00
8720102251
Contemporary Indonesian History
2.00
8720102252
Oral History
2.00
8720102158
Maritime History
2.00
8720100253
History Seminar
3.00
8720102254
Archeology Theory
2.00
8720102227
European American
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720106187
Thesis
6.00
8720102259
Search Resources History
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8720102021 | Basics Of Historical Science | 2.00 | |
1000002048 | Dasar Dasar Kependidikan | 2.00 | |
8720102038 | Ilmu Politik | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8720104211 | History Of Indonesia In The Pre-Literate And Hindu-Buddhist Period | 4.00 | |
8720102210 | Teori Belajar | 2.00 | |
8720102212 | Sociocultural Theory | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002177 | English | 2.00 | |
8720102036 | Geohistory | 2.00 | |
8720102215 | School Curriculum | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
8720102208 | Development Of Teaching Materials | 2.00 | |
8720102111 | Agrarian History | 2.00 | |
8720102138 | History Of Indonesia During The Islamic Period | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8720102213 | Learning Planning | 2.00 | |
8720102122 | History Of East Asia | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720102216 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8720102217 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
8720103221 | Plk Thematic Indonesian History | 3.00 | |
8720102115 | History Of West Asia | 2.00 | |
8720102219 | Local History And Indonesian Culture | 2.00 | |
8720102162 | History Of Education | 2.00 | |
8720103011 | Dutch Language | 3.00 | |
8720102032 | Philosophy Of History | 2.00 | |
8720102218 | History Of South And Southeast Asia | 2.00 | |
8720103140 | History Of Colonial Indonesia | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720103222 | Research Methods | 3.00 | |
8720103220 | Historical Methodology And Historiography | 3.00 | |
8720104225 | History Of Indonesia From Independence To Reformation | 4.00 | |
8720102226 | Socioeconomic History | 2.00 | |
8720102223 | Statistics | 2.00 | |
8720102233 | Historical Method | 2.00 | |
8720102123 | History Of Australia And Oceania | 2.00 | |
8720104224 | History Of Indonesia During The National Movement | 4.00 | |
8720102145 | Intellectual History | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720104238 | Media Historical Record And Antiquities | 4.00 | |
8720102065 | Museology | 2.00 | |
8720103255 | Cultural Heritage Management | 3.00 | |
8720104257 | Historical Libraries And Archives | 4.00 | |
8720104256 | Historical Research Practice | 4.00 | |
8720102108 | African History | 2.00 | |
8720102251 | Contemporary Indonesian History | 2.00 | |
8720102252 | Oral History | 2.00 | |
8720102158 | Maritime History | 2.00 | |
8720100253 | History Seminar | 3.00 | |
8720102254 | Archeology Theory | 2.00 | |
8720102227 | European American | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720106187 | Thesis | 6.00 | |
8720102259 | Search Resources History | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Rekap PLO Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | |||
History of West Asia | 2 | 10.53% | 42.11% | 47.37% | 100 % | ||||
European American | 3 | 11.11% | 88.89% | 100 % | |||||
Agrarian History | 2 | 36.36% | 63.64% | 100 % | |||||
Basics of Historical Science | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
History of Colonial Indonesia | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
Museology | 3 | 41.18% | 58.82% | 100 % | |||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||
Dutch language | 3 | 100% | 100 % | ||||||
Local History and Indonesian Culture | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
- Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
- Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved