Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Unesa
| Study Program | : | History Education |
| Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
| Study Program Coordinator | : | WISNU |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi yang tangguh, adaptif dan inovatif dalam menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang humanis dan unggul dalam iptek serta berwawasan edupreneur.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Sejarah dan berkarakter tangguh adaptif dan inovatif berbasis edupreneur mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur dan mampu bersaing di era global.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan sejarah yang berbasis edupreneur bagi kesejahteraan masyarakat dan mampu bersaing di tataran global.
- Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Prodi Pendidikan Sejarah, FISIPOL dan keunggulan UNESA.
- Menyelenggarakan tata Kelola dan tata pamong yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu kapasitas Program Studi Pendidikan Sejarah, FISIPOL secara berkelanjutan ; dan
- Menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Sejarah berbasis kewirausahaan ditataran global
Tujuan
- Menghasilkan lulusan berkarakter, professional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa edupreneur.
- Menghasilkan lulusan yang mampu meningkatlan kualitas inovasi di bidang pendidikan Sejarah berbasis edupreneur.
- Menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur.
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang pendidikan dan ilmu sejarah berbasis edupreneur dengan memperhatikan keunggulan UNESA.
Nilai_dasar
UNESA TANGKAAS REK TANG (Tangguh), K (Kolaboratif), A (Adaptif), A (inovAtif), S (inkluSif), RE (belajaR sEpanjang hayat), K (Kewirausahaan)Capaian Lulusan Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum History Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Sejarah 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102210
TEORI BELAJAR
2.00
8720103263
HISTORY OF INDONESIA IN THE PRE-LITERATE AND HINDU-BUDDHIST PERIOD
3.00
8720102108
AFRICAN HISTORY
2.00
8720102162
HISTORY OF EDUCATION
2.00
1000002018
PANCASILA EDUCATION
2.00
8720102227
EUROPEAN AMERICAN
3.00
8720102021
BASICS OF HISTORICAL SCIENCE
2.00
8720102215
SCHOOL CURRICULUM
2.00
1000002005
BASICS OF EDUCATION
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8720102038
ILMU POLITIK
2.00
8720102122
HISTORY OF EAST ASIA
2.00
8720102208
DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS
2.00
8720102212
SOCIOCULTURAL THEORY
2.00
8720102138
HISTORY OF INDONESIA DURING THE ISLAMIC PERIOD
2.00
1000002033
CITIZENSHIP
2.00
8720102213
LEARNING PLANNING
2.00
8720102264
DUTCH LANGUAGE
2.00
8720102158
MARITIME HISTORY
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102226
SOCIOECONOMIC HISTORY
2.00
8720102218
HISTORY OF SOUTH AND SOUTHEAST ASIA
2.00
8720102216
EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING
2.00
8720103279
3.00
8720102115
HISTORY OF WEST ASIA
2.00
8720102219
LOCAL HISTORY AND INDONESIAN CULTURE
2.00
1000002003
INDONESIAN
2.00
8720102032
PHILOSOPHY OF HISTORY
2.00
8720102223
STATISTICS
2.00
8720102265
HISTORY OF COLONIAL INDONESIA
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102268
HISTORY OF INDONESIA FROM INDEPENDENCE TO REFORMATION
2.00
8720102262
SEJARAH PUBLIK
2.00
8720102233
HISTORICAL METHOD
2.00
8720103222
RESEARCH METHODS
3.00
8720102123
HISTORY OF AUSTRALIA AND OCEANIA
2.00
8720102005
ARCHEOLOGY
2.00
1000002176
ENTREPRENEURSHIP
2.00
1000002047
PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS
2.00
8720102267
HISTORY OF INDONESIA DURING THE NATIONAL MOVEMENT
2.00
8720102217
TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING
2.00
8720102145
INTELLECTUAL HISTORY
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (2 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (20 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
1000002177
ENGLISH
2.00
MBKM0005
TEACHING ASSISTANCE FOR REPORT DEVELOPMENT
3.00
1000002062
PENILAIAN PROGRAM
2.00
1000002059
MANAJEMEN OPERASIONAL
2.00
MBKM0034
TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM PLANNING
2.00
MBKM0006
TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM DESIGN
3.00
MBKM0001
TEACHING ASSISTANCE PROGRAM EVALUATION
3.00
1000004061
PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
1000003060
DESAIN PROGRAM
3.00
1000003058
KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
3.00
MBKM0003
TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM IMPLEMENTATION
4.00
1000002057
PERENCANAAN
2.00
MBKM0002
TEACHING ASSISTANCE DEVELOPING TOOLS
4.00
1000002063
PENDESIMINASIAN PROGRAM
2.00
MBKM0004
TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM DISSEMINATION
3.00
1000002064
PELAPORAN PROGRAM
2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102282
2.00
8720102284
2.00
8720102280
2.00
8720104287
4.00
8720104281
4.00
8720102283
2.00
8720102285
2.00
8720102286
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002049
PLP MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
1000004056
PLP PRAKTIK MENGAJAR
4.00
1000002051
PLP ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000003053
PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002050
PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000002054
PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002055
PLP ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720102272
HISTORY SEMINAR
3.00
8720102273
RECORDED MEDIA AND HISTORICAL ANTIQUITIES
2.00
8720102278
2.00
8720102111
AGRARIAN HISTORY
2.00
8720102036
GEOHISTORY
2.00
8720102277
2.00
8720102275
CULTURAL HERITAGE MANAGEMENT
2.00
8720102252
ORAL HISTORY
2.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT
2.00
8720102065
MUSEOLOGY
2.00
8720102271
HISTORICAL LIBRARIES AND ARCHIVES
2.00
8720102276
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720104270
THESIS
4.00
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8720102210 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
| 8720103263 | HISTORY OF INDONESIA IN THE PRE-LITERATE AND HINDU-BUDDHIST PERIOD | 3.00 | |
| 8720102108 | AFRICAN HISTORY | 2.00 | |
| 8720102162 | HISTORY OF EDUCATION | 2.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
| 8720102227 | EUROPEAN AMERICAN | 3.00 | |
| 8720102021 | BASICS OF HISTORICAL SCIENCE | 2.00 | |
| 8720102215 | SCHOOL CURRICULUM | 2.00 | |
| 1000002005 | BASICS OF EDUCATION | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
| 8720102038 | ILMU POLITIK | 2.00 | |
| 8720102122 | HISTORY OF EAST ASIA | 2.00 | |
| 8720102208 | DEVELOPMENT OF TEACHING MATERIALS | 2.00 | |
| 8720102212 | SOCIOCULTURAL THEORY | 2.00 | |
| 8720102138 | HISTORY OF INDONESIA DURING THE ISLAMIC PERIOD | 2.00 | |
| 1000002033 | CITIZENSHIP | 2.00 | |
| 8720102213 | LEARNING PLANNING | 2.00 | |
| 8720102264 | DUTCH LANGUAGE | 2.00 | |
| 8720102158 | MARITIME HISTORY | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8720102226 | SOCIOECONOMIC HISTORY | 2.00 | |
| 8720102218 | HISTORY OF SOUTH AND SOUTHEAST ASIA | 2.00 | |
| 8720102216 | EVALUATION OF LEARNING AND LEARNING | 2.00 | |
| 8720103279 | 3.00 | ||
| 8720102115 | HISTORY OF WEST ASIA | 2.00 | |
| 8720102219 | LOCAL HISTORY AND INDONESIAN CULTURE | 2.00 | |
| 1000002003 | INDONESIAN | 2.00 | |
| 8720102032 | PHILOSOPHY OF HISTORY | 2.00 | |
| 8720102223 | STATISTICS | 2.00 | |
| 8720102265 | HISTORY OF COLONIAL INDONESIA | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8720102268 | HISTORY OF INDONESIA FROM INDEPENDENCE TO REFORMATION | 2.00 | |
| 8720102262 | SEJARAH PUBLIK | 2.00 | |
| 8720102233 | HISTORICAL METHOD | 2.00 | |
| 8720103222 | RESEARCH METHODS | 3.00 | |
| 8720102123 | HISTORY OF AUSTRALIA AND OCEANIA | 2.00 | |
| 8720102005 | ARCHEOLOGY | 2.00 | |
| 1000002176 | ENTREPRENEURSHIP | 2.00 | |
| 1000002047 | PHYSICAL EDUCATION AND FITNESS | 2.00 | |
| 8720102267 | HISTORY OF INDONESIA DURING THE NATIONAL MOVEMENT | 2.00 | |
| 8720102217 | TEACHING SKILLS AND MICROLEARNING | 2.00 | |
| 8720102145 | INTELLECTUAL HISTORY | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
| 1000002177 | ENGLISH | 2.00 | |
| MBKM0005 | TEACHING ASSISTANCE FOR REPORT DEVELOPMENT | 3.00 | |
| 1000002062 | PENILAIAN PROGRAM | 2.00 | |
| 1000002059 | MANAJEMEN OPERASIONAL | 2.00 | |
| MBKM0034 | TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM PLANNING | 2.00 | |
| MBKM0006 | TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM DESIGN | 3.00 | |
| MBKM0001 | TEACHING ASSISTANCE PROGRAM EVALUATION | 3.00 | |
| 1000004061 | PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
| 1000003060 | DESAIN PROGRAM | 3.00 | |
| 1000003058 | KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA | 3.00 | |
| MBKM0003 | TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM IMPLEMENTATION | 4.00 | |
| 1000002057 | PERENCANAAN | 2.00 | |
| MBKM0002 | TEACHING ASSISTANCE DEVELOPING TOOLS | 4.00 | |
| 1000002063 | PENDESIMINASIAN PROGRAM | 2.00 | |
| MBKM0004 | TEACHING ASSISTANCE FOR PROGRAM DISSEMINATION | 3.00 | |
| 1000002064 | PELAPORAN PROGRAM | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8720102282 | 2.00 | ||
| 8720102284 | 2.00 | ||
| 8720102280 | 2.00 | ||
| 8720104287 | 4.00 | ||
| 8720104281 | 4.00 | ||
| 8720102283 | 2.00 | ||
| 8720102285 | 2.00 | ||
| 8720102286 | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 1000002049 | PLP MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000003052 | PLP PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
| 1000004056 | PLP PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
| 1000002051 | PLP ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
| 1000003053 | PLP PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
| 1000002050 | PLP PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000002054 | PLP PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 1000002055 | PLP ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8720102272 | HISTORY SEMINAR | 3.00 | |
| 8720102273 | RECORDED MEDIA AND HISTORICAL ANTIQUITIES | 2.00 | |
| 8720102278 | 2.00 | ||
| 8720102111 | AGRARIAN HISTORY | 2.00 | |
| 8720102036 | GEOHISTORY | 2.00 | |
| 8720102277 | 2.00 | ||
| 8720102275 | CULTURAL HERITAGE MANAGEMENT | 2.00 | |
| 8720102252 | ORAL HISTORY | 2.00 | |
| 1000002104 | SEMINAR PROPOSAL FINAL PROJECT | 2.00 | |
| 8720102065 | MUSEOLOGY | 2.00 | |
| 8720102271 | HISTORICAL LIBRARIES AND ARCHIVES | 2.00 | |
| 8720102276 | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
|---|---|---|---|
| 8720104270 | THESIS | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
Hasil evaluasi implementasi kurikulum yang sedang berjalan menunjukkan bahwa kurikulum program studi efektif yakni kurang lebih 86.67% mahasiswa lulus tepat waktu dan indeks prestasi kumulatif rata-ratadi atas 3.40. Hasil evaluasi tersebut berdasarkan mekanisme analisis transkrip nilai. Sementara cara sistematis untuk mengetahui dampak positif dan negatif akibat implementasi kurikulum adalah melalui studi pelacakan (tracer study). Hasil pelacakan tahun 2023 dengan populasi alumni sasaran tracer study berjumlah 88 orang. Berdasarkan Laporan Kinerja tahun 2023 Alumni yang bekerja berjumlah 67 orang (76,14%), kemudian yang berwirausaha 3 orang (3,41%), kemudian yang melanjutkan studi ke S2 sejumlah 8 orang (9,09%), yang sedang mencari kerja sejumlah 9 orang (10,23%). Pada IKU 1 lulusan yang mendapat pekerjaan kurang dari 6 bulan dengan gaji 1,2 UMP = 46 orang. Jumlah lulusan yang menjadi wirausaha 3 orang, dan jumlah lulusan yang melanjutkan studi 8 orang. Berdasarkan data tracer study didapatkan jumlah gold standar program studi S1 Pendidikan Sejarah yakni 64,77% kurang dari 6 bulan dengan gaji UMP >1,2. Angka-angka ini berarti terdapat kurikulum program studi Pendidikan Sejarah menghasilkan out put sesuai dengan :
Kebutuhan dan Daya Saing Kerja
Kurikulum program studi dirancang dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan yang terus berkembang. Hal itu mencakup penelitian mendalam tentang keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan oleh lulusan dalam memasuki dunia kerja yang kompetitif. Dengan memahami persyaratan kerja saat ini, program studi akan melengkapi lulusannya dengan kompetensi yang relevan dan dicari oleh berbagai dunia usaha dan industri, di lembaga pemerintahan dan non pemerintahan.
Penyediaan Sumber Daya Manusia Terampil
Kurikulum program studi berfokus pada penyediaan sumber daya manusia yang terampil dan siap untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa depan. Dalam upaya mendukungperkembangan yang berkelanjutan, lulusan diharapkan tidak hanya memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip pendidikan, tetapi juga memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengantisipasi perubahan dinamis di dunia pendidikan.
Perkembangan Industridan Kewirausahaan
Kurikulum program studi beradaptasi dengan perkembangan industridan kecenderungan terbarudalam dunia pendidikan. Mengacu pada kebutuhan dunia usaha dan industri saat ini serta arah perkembangannya, program studi mengintegrasikan elemen-elemen yang sesuai dalam pembelajaran. Dengan demikian, lulusanakan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di berbagai sektor dunia usaha dan industri terkait.
Penerapan Metode Pembelajaran SistemGanda (Dual System):
Kurikulum programstudi mengambil pendekatan modern dengan mengintegrasikan metode pembelajaran sistem ganda atau dual system. Hal itu memungkinkan mahasiswa tidak hanya mendapatkan pemahaman teoritis, tetapi juga memiliki pengalaman langsung di dunia usaha dan industri. Melalui kolaborasi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan swasta, dunia industri dan dunia usaha mahasiswa akan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajarinya dalam lingkungan kerja nyata (internship). Pendekatan ini akan mempersiapkan merekadengan lebih baik untuk menghadapi tantangan di dunia profesional.
Dengan mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di atas maka pengembangan dan restrukturisasi kurikulum program studi memiliki tujuan utama yaitu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi pengetahuan di bidang ilmunya dan kompetensi keterampilan sehingga lulusan mampu menghadapi berbagai tantangan dunia usaha dan industri serta kebutuhan masyarakat. Pengembangan kurikulum program studi berfokus pada pelayanan pendidikan dan pembelajaran berdaya guna, berdaya saing, inovatif, dan relevan dengan perubahan masyarakat dan tuntutan kebutuhannya.
Rekap PLO Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | |||
| History of West Asia | 2 | 13.33% | 40% | 46.67% | 100 % | ||||
| Ilmu Politik | 2 | 20% | 20% | 60% | 100 % | ||||
| Philosophy of History | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | |||
| History of Australia and Oceania | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| Maritime History | 2 | 12.5% | 87.5% | 100 % | |||||
| Intellectual History | 2 | 23.81% | 23.81% | 28.57% | 23.81% | 100 % | |||
| Sociocultural Theory | 2 | 14.29% | 85.71% | 100 % | |||||
| History of Indonesia in the Pre-literate and Hindu-Buddhist Period | 4 | 40% | 60% | 100 % | |||||
| Oral History | 2 | 24.24% | 33.33% | 33.33% | 9.09% | 99.99 % | |||
| Cultural Heritage Management | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
| Historical Libraries and Archives | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||
| Development of Teaching Materials | 2 | 28.57% | 71.43% | 100 % | |||||
| European American | 3 | 34.62% | 65.38% | 100 % | |||||
| History of East Asia | 2 | 42.11% | 57.89% | 100 % | |||||
| History of Education | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||
| Agrarian History | 2 | 10% | 40% | 50% | 100 % | ||||
| Basics of Historical Science | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| Archeology | 2 | 14.29% | 14.29% | 71.43% | 100 % | ||||
| History of Colonial Indonesia | 3 | 100% | 100 % | ||||||
| Geohistory | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
| Museology | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| History of Indonesia during the Islamic Period | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| Historical Methodology and Historiography | 3 | 100% | 100 % | ||||||
| African History | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||
| Teori Belajar | 2 | 30.56% | 25% | 44.44% | 100 % | ||||
| Learning Planning | 2 | 40% | 60% | 100 % | |||||
| Teaching Skills and Microlearning | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 50% | 12.5% | 100 % | ||
| School Curriculum | 2 | 42.11% | 15.79% | 42.11% | 100 % | ||||
| History of Indonesia from Independence to Reformation | 4 | 100% | 100 % | ||||||
| Socioeconomic History | 2 | 4.76% | 4.76% | 4.76% | 85.71% | 99.99 % | |||
| Museology | 3 | 21.74% | 17.39% | 60.87% | 100 % | ||||
| Statistics | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % | ||||
| History of Indonesia during the National Movement | 4 | 100% | 100 % | ||||||
| History of South and Southeast Asia | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | ||||
| Evaluation of Learning and Learning | 2 | 42.31% | 57.69% | 100 % | |||||
| Research methods | 3 | 21.74% | 78.26% | 100 % | |||||
| Dutch language | 3 | 100% | 100 % | ||||||
| Historical Method | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||
| Media Historical Record and Antiquities | 4 | 36.36% | 63.64% | 100 % | |||||
| Local History and Indonesian Culture | 2 | 18.18% | 9.09% | 18.18% | 27.27% | 27.27% | 99.99 % | ||
| Historical Tourism | 4 | 12.5% | 12.5% | 37.5% | 37.5% | 100 % | |||
| History of Indonesia in the Pre-literate and Hindu-Buddhist Period | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||
| History of Colonial Indonesia | 2 | 20% | 20% | 60% | 100 % | ||||
| Dutch language | 2 | 2.94% | 2.94% | 94.12% | 100 % | ||||
| History of Indonesia from Independence to Reformation | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| Sejarah Publik | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||
| History of Indonesia during the National Movement | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| Historical Libraries and Archives | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||
| History Seminar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||
| Recorded Media and Historical Antiquities | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||
| Cultural Heritage Management | 2 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 99.99 % | |||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi History Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Filosofi
Esensialisme dan perenialisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan esensi keilmuan pendidikan Sejarah. Progresivisme dan rekonstruksionisme menjadi landasan filosofi pengembangan kurikulum program studi yaitu untuk mengembangkan keterampilan proses pendidikan Sejarah. Berdasarkan filosofi itu implementasi kurikulum prodi mampu menghasilkan lulusan berkesadaran kritis.
2. Landasan Sosiologis
Pluralisme masyarakat Indonesia dan perkembangan masyarakat global (masyarakat 4.0 dan 5.0 atausmart society) menjadi landasan sosiologis pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sosiologis itu implementasi kurikulum program studi mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi komunikasi lintas budaya, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, kemampuan memecahkan masalah, dan mengambil keputusan.
3. Landasan Historis
Perubahan dan berkelanjutan institusi Universitas Negeri Surabaya sebagai lembaga pendidikan tinggi menjadi landasan sejarah pengembangan kurikulum program studi. Berdasarkan sejarah itu implementasi kurikulum program studi mampu melakukan transformasi kurikulum secara dinamis seiring dengan dinamika perkembangan Universitas Negeri Surabaya .
4. Landasan Yuridis.
Landasan yuridis pengembangan kurikulum program studi adalah peraturan perundangan yang berlaku. Berdasarkan aspek hukum itu maka kurikulum program studi mempunyai kekuatan hukum yang dimana mengacu pada
- Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan
- Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNDikti)
- Surat Edarat Menteri Ristekdikti Nomor 255?B/SE/VII/2016 Tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi
- Buku Panduan “Merdeka Belajar-Kampus Merdeka” Tahun 2020 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
- Peraturan Menteri Tentang Perguruan Tinggi Nomor 53 Tahun 2023 Tentang Rumusan Capaian Pembelajaran.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
