Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unesa
Study Program | : | English Language Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bahasa Inggris berbasisEnglish for Specific Purposes (ESP) yang menghasilkan course designer yang unggul dan berwawasan global.
Tujuan
- Menghasilkan calon pendidik Bahasa Inggris yang profesional, berjiwa mandiri, adaptif, kreatif, inovatif terhadap perubahan zaman yang bersumber pada kearifan lokal.
- Terlaksananya penelitian bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dengan perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif.
- Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
- Terlaksananya pengelolaan program studi yang transparan, kredibel dan akuntabel
- Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri secara berkelanjutan. Nilai Dasar:
Capaian Lulusan Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
- Calon pendidik profesional di bidang ELT
Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan komprehensif dan memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya. - Desainer program di bidang ELT
Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk menciptakan program pembelajaran bahasa Inggris yang memiliki kemampuan berkembang dan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya.
Struktur Kurikulum English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820306233
Written Integrated English
6.00
8820302234
Philosophy Of Science
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8820306209
Spoken Integrated English
6.00
1000002033
Citizenship
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8820302101
Interpretative Reading
2.00
1000003042
Dasar Dasar Kependidikan
3.00
8820302170
Pronunciation Practice
2.00
8820302098
Intermediate English Grammar
2.00
8820302131
Listening For Daily Context
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820304057
Elt Method
4.00
1000002010
Basic Natural Sciences
2.00
8820302132
Listening For Social Issues
2.00
8820302176
Public Speaking
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820302006
Advanced English Grammar
2.00
8820303220
Analysis Of School Curriculum
3.00
8820302001
Academic Listening
2.00
8820303035
Critical Reading
3.00
8820303078
Expository Argumentative Writing
3.00
8820302072
English Semantics
2.00
8820302070
English Morpho Syntax
2.00
8820302071
English Phonology
2.00
8820302151
Paragraph Writing
2.00
8820303109
Introduction To Literature
3.00
8820302044
Descriptive And Narrative Writing
2.00
8820301280
Introduction To The School Field
1.00
8820302002
Academic Speaking
2.00
8820302107
Introduction To Linguistics
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820303009
Elt Assessment
3.00
8820303146
Educational Research Methodology
3.00
8820302223
Teyl
2.00
8820303089
Instructional Design
3.00
8820302150
Paper Writing
2.00
8820302202
Speaking For Debates
2.00
8820303080
Extensive Reading
3.00
8820303152
Innovative Learning
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820302037
Cross Cultural Understanding
2.00
8820302278
Seminar On Research Proposal
2.00
8820303237
Community Service Program
3.00
8820303241
Introduction To The Field Of Schooling
4.00
8820303140
Literary Appreciation
3.00
8820302240
Indonesia English Translation
2.00
8820302199
Sociolinguistics
2.00
8820302165
Pragmatics
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820302050
Drama In Efl
2.00
8820302047
Discourse Analysis
2.00
8820302108
Introduction To Literary Criticism
2.00
8820302195
Seminar On Resarch Proposal
2.00
8820306197
Thesis
6.00
8820302075
Esp
2.00
8820302175
Psycholinguistics
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820306233 | Written Integrated English | 6.00 | |
8820302234 | Philosophy Of Science | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8820306209 | Spoken Integrated English | 6.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8820302101 | Interpretative Reading | 2.00 | |
1000003042 | Dasar Dasar Kependidikan | 3.00 | |
8820302170 | Pronunciation Practice | 2.00 | |
8820302098 | Intermediate English Grammar | 2.00 | |
8820302131 | Listening For Daily Context | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820304057 | Elt Method | 4.00 | |
1000002010 | Basic Natural Sciences | 2.00 | |
8820302132 | Listening For Social Issues | 2.00 | |
8820302176 | Public Speaking | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820302006 | Advanced English Grammar | 2.00 | |
8820303220 | Analysis Of School Curriculum | 3.00 | |
8820302001 | Academic Listening | 2.00 | |
8820303035 | Critical Reading | 3.00 | |
8820303078 | Expository Argumentative Writing | 3.00 | |
8820302072 | English Semantics | 2.00 | |
8820302070 | English Morpho Syntax | 2.00 | |
8820302071 | English Phonology | 2.00 | |
8820302151 | Paragraph Writing | 2.00 | |
8820303109 | Introduction To Literature | 3.00 | |
8820302044 | Descriptive And Narrative Writing | 2.00 | |
8820301280 | Introduction To The School Field | 1.00 | |
8820302002 | Academic Speaking | 2.00 | |
8820302107 | Introduction To Linguistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820303009 | Elt Assessment | 3.00 | |
8820303146 | Educational Research Methodology | 3.00 | |
8820302223 | Teyl | 2.00 | |
8820303089 | Instructional Design | 3.00 | |
8820302150 | Paper Writing | 2.00 | |
8820302202 | Speaking For Debates | 2.00 | |
8820303080 | Extensive Reading | 3.00 | |
8820303152 | Innovative Learning | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820302037 | Cross Cultural Understanding | 2.00 | |
8820302278 | Seminar On Research Proposal | 2.00 | |
8820303237 | Community Service Program | 3.00 | |
8820303241 | Introduction To The Field Of Schooling | 4.00 | |
8820303140 | Literary Appreciation | 3.00 | |
8820302240 | Indonesia English Translation | 2.00 | |
8820302199 | Sociolinguistics | 2.00 | |
8820302165 | Pragmatics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820302050 | Drama In Efl | 2.00 | |
8820302047 | Discourse Analysis | 2.00 | |
8820302108 | Introduction To Literary Criticism | 2.00 | |
8820302195 | Seminar On Resarch Proposal | 2.00 | |
8820306197 | Thesis | 6.00 | |
8820302075 | Esp | 2.00 | |
8820302175 | Psycholinguistics | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kebijakan MBKM yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dimaksudkan untuk menata ulang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi agar mampu membekali mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, tanggap menghadapi tantangan zaman yang terus berubah dan berkembang secara cepat. Satu hal yang mencolok dalam kebijakan tersebut adalah kegiatan pembelajaran tidak terbatas di program studi yang dipilihnya, tetapi bisa juga di luar program studi selingkung perguruan tinggi tersebut, atau bahkan di luar kampus, yakni di kampus lain, di dunia usaha dan industri, di pedesaan, atau dunia nyata lainnya. Hasil dari Tracer study juga meberikan masukan untuk perbaikan program studi meliputi:
1. Perlu adanya program kewirausahaan sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan berwirausaha.
2. Perlu adanya program persiapan memasuki dunia kerja sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan bekerja kurang dari 6 bulan.
3. Perlu adanya program sosialisasi pascasarjana dan cara mendapatkan beasiswa pascasarjana sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan studi lanjut
Rekap PLO Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Qualitative Quantitative Analyzes | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Introduction To Systemic Functional Linguistics | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Elt Method | 4 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Educational Research Methodology | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Critical Reading | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Academic Speaking | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||
Esp Materials Development | 3 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Principles Of Education | 2 | 8.33% | 41.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Argumentative Writing | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Elt Assessment | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Current Issues And Policies In Education | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Elt Method | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Literature In Elt | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Essential Reading And Writing Skills | 5 | 13.04% | 13.04% | 13.04% | 13.04% | 13.04% | 8.7% | 13.04% | 13.04% | 99.98 % | |||
Essential Communication Skills | 5 | 34.48% | 34.48% | 31.03% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum MBKM PS S1 PBI 2020 disusun sesuai kerangka dasar struktur kurikulum yang ditetapkan dari hasil perumusan pertemuan bidang akademik, dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik bersama dengan para Wakil Dekan Bidang Akademik dari setiap fakultas, serta beberapa pihak yang terkait. Kemudian tracer study dan survei pengguna lulusan digunakan sebagai pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum baru program studi. Setelah itu, prodi melakukan sanctioning dan uji publik.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved