Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unesa
Study Program | : | English Language Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bahasa Inggris berbasisEnglish for Specific Purposes (ESP) yang menghasilkan course designer yang unggul dan berwawasan global.
Tujuan
- Menghasilkan calon pendidik Bahasa Inggris yang profesional, berjiwa mandiri, adaptif, kreatif, inovatif terhadap perubahan zaman yang bersumber pada kearifan lokal.
- Terlaksananya penelitian bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dengan perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif.
- Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
- Terlaksananya pengelolaan program studi yang transparan, kredibel dan akuntabel
- Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri secara berkelanjutan. Nilai Dasar:
Capaian Lulusan Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
- Calon pendidik profesional di bidang ELT
Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan komprehensif dan memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya. - Desainer program di bidang ELT
Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk menciptakan program pembelajaran bahasa Inggris yang memiliki kemampuan berkembang dan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya.
Struktur Kurikulum English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Bahasa Inggris 2024--2028
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8820305338
Essential Communication Skills
5.00
8820305337
Essential Reading And Writing Skills
5.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8820302282
Principles Of Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820305336
Intermediate Communication Skills
5.00
8820305335
Intermediate Reading And Writing Skills
5.00
1000002033
Citizenship
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8820302334
School Curriculum For 21st Century
2.00
8820302333
Theories Of Learning
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820303341
Advanced Communication Skills
3.00
8820302107
Introduction To Linguistics
2.00
8820302110
Introduction To Literature
2.00
8820303339
Research Methods For Elt
3.00
8820302261
Second Language Acquisition
2.00
8820303262
Syllabus Design
2.00
8820304340
Advanced Reading And Writing Skills
4.00
8820302342
Methods And Approaches In Elt
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820302354
Mandarin Language
2.00
8820302343
Developing Materials For Elt
2.00
8820302326
Edupreneurship
2.00
8820304325
English For Academic Purposes
4.00
8820302351
Introduction To International Curriculum
2.00
8820302346
Qualitative Data Analysis In Elt
2.00
8820302344
Testing And Assessment In Elt
2.00
8820302223
Teyl
2.00
8820302353
Japanese Language
2.00
8820302355
German Language
2.00
8820302352
International English Language Tests
2.00
8820302148
Microteaching
2.00
8820302345
Statistics For Research In Elt
2.00
Semester ke 5
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
MBKM0031
Plp Program Evaluation
2.00
MBKM0032
Plp Program Planning
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000020155
Final Project Seminar
2.00
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820302350
Diversity And Inclusion In Elt
2.00
8820303263
Educational Technology In Elt
2.00
8820304347
Esp Course Design
4.00
8820303348
Esp Course Evaluation
3.00
8820303303
Esp Course Management
3.00
8820304322
Esp Teaching
4.00
8820303304
Games Songs And Storytelling
3.00
8820304349
Teaching English Through Literature
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820305338 | Essential Communication Skills | 5.00 | |
8820305337 | Essential Reading And Writing Skills | 5.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8820302282 | Principles Of Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820305336 | Intermediate Communication Skills | 5.00 | |
8820305335 | Intermediate Reading And Writing Skills | 5.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8820302334 | School Curriculum For 21st Century | 2.00 | |
8820302333 | Theories Of Learning | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820303341 | Advanced Communication Skills | 3.00 | |
8820302107 | Introduction To Linguistics | 2.00 | |
8820302110 | Introduction To Literature | 2.00 | |
8820303339 | Research Methods For Elt | 3.00 | |
8820302261 | Second Language Acquisition | 2.00 | |
8820303262 | Syllabus Design | 2.00 | |
8820304340 | Advanced Reading And Writing Skills | 4.00 | |
8820302342 | Methods And Approaches In Elt | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820302354 | Mandarin Language | 2.00 | |
8820302343 | Developing Materials For Elt | 2.00 | |
8820302326 | Edupreneurship | 2.00 | |
8820304325 | English For Academic Purposes | 4.00 | |
8820302351 | Introduction To International Curriculum | 2.00 | |
8820302346 | Qualitative Data Analysis In Elt | 2.00 | |
8820302344 | Testing And Assessment In Elt | 2.00 | |
8820302223 | Teyl | 2.00 | |
8820302353 | Japanese Language | 2.00 | |
8820302355 | German Language | 2.00 | |
8820302352 | International English Language Tests | 2.00 | |
8820302148 | Microteaching | 2.00 | |
8820302345 | Statistics For Research In Elt | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
MBKM0031 | Plp Program Evaluation | 2.00 | |
MBKM0032 | Plp Program Planning | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000020155 | Final Project Seminar | 2.00 | |
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820302350 | Diversity And Inclusion In Elt | 2.00 | |
8820303263 | Educational Technology In Elt | 2.00 | |
8820304347 | Esp Course Design | 4.00 | |
8820303348 | Esp Course Evaluation | 3.00 | |
8820303303 | Esp Course Management | 3.00 | |
8820304322 | Esp Teaching | 4.00 | |
8820303304 | Games Songs And Storytelling | 3.00 | |
8820304349 | Teaching English Through Literature | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kebijakan MBKM yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dimaksudkan untuk menata ulang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi agar mampu membekali mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, tanggap menghadapi tantangan zaman yang terus berubah dan berkembang secara cepat. Satu hal yang mencolok dalam kebijakan tersebut adalah kegiatan pembelajaran tidak terbatas di program studi yang dipilihnya, tetapi bisa juga di luar program studi selingkung perguruan tinggi tersebut, atau bahkan di luar kampus, yakni di kampus lain, di dunia usaha dan industri, di pedesaan, atau dunia nyata lainnya. Hasil dari Tracer study juga meberikan masukan untuk perbaikan program studi meliputi:
1. Perlu adanya program kewirausahaan sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan berwirausaha.
2. Perlu adanya program persiapan memasuki dunia kerja sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan bekerja kurang dari 6 bulan.
3. Perlu adanya program sosialisasi pascasarjana dan cara mendapatkan beasiswa pascasarjana sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan studi lanjut
Rekap PLO Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Qualitative Quantitative Analyzes | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Introduction To Systemic Functional Linguistics | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Elt Method | 4 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Educational Research Methodology | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Critical Reading | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Academic Speaking | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||
Esp Materials Development | 3 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Principles Of Education | 2 | 8.33% | 41.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Argumentative Writing | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Elt Assessment | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Current Issues And Policies In Education | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Elt Method | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Literature In Elt | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Essential Reading And Writing Skills | 5 | 13.04% | 13.04% | 13.04% | 13.04% | 13.04% | 8.7% | 13.04% | 13.04% | 99.98 % | |||
Essential Communication Skills | 5 | 34.48% | 34.48% | 31.03% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum MBKM PS S1 PBI 2020 disusun sesuai kerangka dasar struktur kurikulum yang ditetapkan dari hasil perumusan pertemuan bidang akademik, dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik bersama dengan para Wakil Dekan Bidang Akademik dari setiap fakultas, serta beberapa pihak yang terkait. Kemudian tracer study dan survei pengguna lulusan digunakan sebagai pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum baru program studi. Setelah itu, prodi melakukan sanctioning dan uji publik.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved