•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Unesa

 
Study Program  :  English Language Education
Establishment Date  :  7 November 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Penyelenggara Pendidikan Bahasa Inggris berbasisEnglish for Specific Purposes (ESP) yang menghasilkan course designer yang unggul dan berwawasan global.


Tujuan
  1. Menghasilkan calon pendidik Bahasa Inggris yang profesional, berjiwa mandiri, adaptif, kreatif, inovatif terhadap perubahan zaman yang bersumber pada kearifan lokal.
  2. Terlaksananya penelitian bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang relevan dengan perkembangan pembelajaran Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mutakhir dan aplikatif sebagai wujud tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
  4. Terlaksananya pengelolaan program studi yang transparan, kredibel dan akuntabel
  5. Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri secara berkelanjutan. Nilai Dasar:

Capaian Lulusan Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Menunjukkan keterampilan presentasi tertulis, visual dan lisan untuk mengkomunikasikan pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa Inggris

PLO-6 Mendemonstrasikan kompetensi lisan dan tulis yang setara dengan level B2 CEFR.

PLO-7 Menunjukkan pemahaman yang baik tentang konsep pembelajaran bahasa Inggris dari perspektif nasional dan global.

PLO-8 Menerapkan konsep linguistik terapan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

PLO-9 Merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran Bahasa Inggris secara efektif dan kreatif.

PLO-10 Melakukan penelitian dan pengkajian pembelajaran Bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Menciptakan produk terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris.
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Calon pendidik profesional di bidang ELT
    Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran bahasa Inggris secara efektif dan komprehensif dan memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya.
  • Desainer program di bidang ELT
    Menguasai keilmuan pembelajaran bahasa untuk menciptakan program pembelajaran bahasa Inggris yang memiliki kemampuan berkembang dan belajar sepanjang hayat, beretika, adaptif, kreatif, inovatif serta bertanggung jawab dalam melaksanakan profesinya.

Struktur Kurikulum English Language Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Inggris

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002003 Indonesian 2.00
8820309094 Intensive Course I 9.00
8820302169 Pronunciation 2.00
8820303237 Community Service Program 3.00
8820309096 Intensive Course Ii 9.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
1000002010 Basic Natural Sciences 2.00
8820302182 Reading I 2.00
8820302211 Structure I 2.00
8820302205 Speaking I 2.00
8820302133 Listening I 2.00
8820302229 Writing 1 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000004007 Dasar-Dasar Pendidikan 4.00
8820302183 Reading Ii 2.00
8820302134 Listening Ii 2.00
8820302206 Speaking Ii 2.00
8820302212 Structure Ii 2.00
8820302107 Introduction To Linguistics 2.00
8820302230 Writing Ii 2.00
8820302218 Tefl I 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302071 English Phonology 2.00
8820302083 Functional Listening 2.00
8820302017 Basic English Grammar 2.00
8820302112 Introduction To Literature I 2.00
8820302010 Literal Reading 2.00
8820302124 Language Acquisition 2.00
8820302135 Listening Iii 2.00
8820302184 Reading Iii 2.00
8820302180 Reading Comprehension 2.00
1000004041 Psikologi Pendidikan 4.00
8820302151 Paragraph Writing 2.00
8820302219 Tefl Ii 2.00
8820302231 Writing Iii 2.00
8820302213 Structure Iii 2.00
8820302207 Speaking Iii 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302041 Curriculum Material Developt 2.00
8820302046 Developing Language Assessment 2.00
8820302076 Essay Writdescriptive And Narrative 2.00
8820302058 Elt Methods 2.00
8820304069 English Morphology And Syntax 4.00
8820302088 Informational Listening 2.00
8820302003 Academic Writing I 2.00
8820302149 Learning Model 2.00
8820302185 Reading Iv 2.00
8820302208 Speaking Iv 2.00
8820302203 Speaking For Discussion 2.00
8820302097 Intermediate Englgrammar 2.00
8820302136 Listening Iv 2.00
8820302210 Statistics 2.00
8820302104 Introduction Literature Ii 2.00
8820302222 Textual Reading 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302061 Elt Pendagogy 2.00
8820302090 Instructional Design 2.00
8820302077 Essay Writexpo And Argumentative 2.00
8820302162 Elt Micro Teaching 2.00
8820302068 English Morphology 2.00
8820302004 Academic Writing Ii 2.00
8820302033 Critical And Analytical Speaking 2.00
8820302001 Academic Listening 2.00
8820302027 Classroom Discourse 2.00
8820302005 Advanced Englgrammar 2.00
8820302189 Scientific Reading 2.00
8820302116 Intro To Lg Educ Research 2.00
8820302186 Reading V 2.00
8820302199 Sociolinguistics 2.00
8820302110 Introduction To Literature 2.00
8820302145 Learning Media 2.00
8820302126 Language Game And Songs 2.00
8820302125 Elt Assessment 2.00
8820302175 Psycholinguistics 2.00
8820302190 Semantics 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302052 Eduresearch Methodology 2.00
8820302073 English Syntax 2.00
8820302056 Elt For Young Learners 2.00
8820302075 Esp 2.00
8820302037 Cross Cultural Understanding 2.00
8820302034 Critical Listening 2.00
8820302036 Critical Reading 2.00
8820302176 Public Speaking 2.00
8820302196 Semion Lang And Eduresearch 2.00
8820302141 Literary Appreciation 2.00
8820302227 Translation 2.00
8820302122 Lang Assesstest And Non Test 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820302020 Business Correspondence 2.00
8820302043 Descripand Narressay Writing 2.00
8820302048 Drama 2.00
8820302070 English Morpho Syntax 2.00
8820302084 Functional Speaking 2.00
8820302092 Instructional Media 2.00
8820302074 Entrepreneurship 2.00
8820302072 English Semantics 2.00
8820302002 Academic Speaking 2.00
8820302028 Classroom Language 2.00
8820302026 Classroom Actresearch 2.00
8820302121 Langassessment Development 2.00
8820302099 Interperson And Transactional Speaking 2.00
8820302181 Reading For Research 2.00
8820302114 Introduction To Sla 2.00
8820302150 Paper Writing 2.00
8820306197 Thesis 6.00
8820302101 Interpretative Reading 2.00
8820302170 Pronunciation Practice 2.00
8820302163 Ppl Ii 2.00
8820302226 Thesis Proposal Writing 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya

Kebijakan MBKM yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dimaksudkan untuk menata ulang kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi agar mampu membekali mahasiswa menjadi pribadi yang tangguh, tanggap menghadapi tantangan zaman yang terus berubah dan berkembang secara cepat. Satu hal yang mencolok dalam kebijakan tersebut adalah kegiatan pembelajaran tidak terbatas di program studi yang dipilihnya, tetapi bisa juga di luar program studi selingkung perguruan tinggi tersebut, atau bahkan di luar kampus, yakni di kampus lain, di dunia usaha dan industri, di pedesaan, atau dunia nyata lainnya. Hasil dari Tracer study juga meberikan masukan untuk perbaikan program studi meliputi:


1. Perlu adanya program kewirausahaan sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan berwirausaha.
2. Perlu adanya program persiapan memasuki dunia kerja sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan bekerja kurang dari 6 bulan.
3. Perlu adanya program sosialisasi pascasarjana dan cara mendapatkan beasiswa pascasarjana sebelum mahasiswa lulus sehingga harapannya dapat memperbesar IKU 1 Kualitas lulusan studi lanjut

Rekap PLO Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11
Qualitative Quantitative Analyzes 2 75% 25% 100 %
Introduction To Systemic Functional Linguistics 2 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Elt Method 4 66.67% 33.33% 100 %
Educational Research Methodology 3 100% 100 %
Critical Reading 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Academic Speaking 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Esp Materials Development 3 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 99.99 %
Principles Of Education 2 8.33% 41.67% 50% 100 %
Argumentative Writing 2 50% 50% 100 %
Elt Assessment 2 33.33% 66.67% 100 %
Current Issues And Policies In Education 2 50% 50% 100 %
Elt Method 3 50% 50% 100 %
Literature In Elt 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Essential Reading And Writing Skills 5 13.04% 13.04% 13.04% 13.04% 13.04% 8.7% 13.04% 13.04% 99.98 %
Essential Communication Skills 5 34.48% 34.48% 31.03% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi English Language Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum MBKM PS S1 PBI 2020 disusun sesuai kerangka dasar struktur kurikulum yang ditetapkan dari hasil perumusan pertemuan bidang akademik, dalam hal ini Wakil Rektor Bidang Akademik bersama dengan para Wakil Dekan Bidang Akademik dari setiap fakultas, serta beberapa pihak yang terkait. Kemudian tracer study dan survei pengguna lulusan digunakan sebagai pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum baru program studi. Setelah itu, prodi melakukan sanctioning dan uji publik.