•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga Unesa

 
Study Program  :  Bachelor Of Sports Coaching Education
Establishment Date  :  7 November 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Or. Muhammad, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi program studi terdepan yang unggul dalam inovasi Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, melalui pelaksanaan kegiatan tridharma yang adaptif dan berkelanjutan.


Misi
  1. Melaksanakan program pendidikan yang berstandar tinggi untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian dan inovasi dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga untuk menghasilkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dan berdampak positif, khususnya dalam bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  4. Membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi pelatih olahraga profesional yang mampu berkompetisi di tingkat nasional dan internasional.
  5. Menyiapkan mahasiswa untuk menjadi guru olahraga yang kompeten, inovatif, dan mampu menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  6. Mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa agar mampu menciptakan peluang usaha di bidang keolahragaan dan industri olahraga.
  7. Membangun dan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai institusi, baik nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan unggul di bidang Kepelatihan, Pedagogi, dan industri olahraga, serta mampu bersaing di pasar kerja nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kualitas dan relevansi kurikulum pendidikan agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta kebutuhan industri olahraga dan kesehatan.
  3. Memperkuat kapasitas dan kualitas penelitian yang inovatif dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga, guna berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan kualitas dan jangkauan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak positif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat, khususnya dalam bidang keolahragaan, Pedagogi, dan industri olahraga.
  5. Menyiapkan mahasiswa menjadi pelatih olahraga profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan etika kerja yang tinggi, serta mampu mengembangkan prestasi olahraga di berbagai tingkat.
  6. Mempersiapkan mahasiswa menjadi guru olahraga yang mampu mengajar dengan metode yang inovatif, mendidik, dan menginspirasi siswa di berbagai jenjang pendidikan.
  7. Mendorong mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan dan menciptakan peluang usaha baru di bidang keolahragaan dan industri olahraga, serta mampu berkontribusi pada perekonomian lokal dan nasional.
  8. Mengembangkan kemitraan strategis dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, dan industri, baik di tingkat nasional maupun internasional, untuk memperkuat program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  9. Menjalankan kegiatan tridharma yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bidang keolahragaan, kesehatan, dan industri olahraga.

Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of Sports Coaching Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Mampu merancang program latihan yang efektif dan inovatif berdasarkan prinsip-prinsip keilmuan dan penelitian terbaru di berbagai cabang olahraga.

PLO-6 Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran olahraga yang inovatif dan efektif.

PLO-7 Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri olahraga, serta mengembangkan ide-ide bisnis yang inovatif.

PLO-8 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang berkualitas tinggi dalam bidang keolahragaan, serta mempublikasikan hasil penelitian di jurnal ilmiah bereputasi.

Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of Sports Coaching Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Bachelor Of Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI PKO 2016

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520202130 Outbound 2.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520204392 Program Planning For Tennis Sports 4.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520203107 Massage Sports And Physical Rehabilitation 3.00
    8520204491 Training Methods Mental Tactics Techniques Fencing Sports 4.00
    8520204505 Sports Methods Of Physical Training Techniques Mental Tactics Sports Gymnastics 4.00
    8520204519 Methods Of Physical Training Mental Tactics Techniques For Aerobic Gymnastics 4.00
    8520204506 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Football Sports Physical 4.00
    8520204507 Physical Training Methods Techniques Mental Tactics For Sepak Takraw Sports 4.00
    8520204508 Training Methods Mental Tactics Techniques Combat Fighting Sports Physical 4.00
    8520204509 Training Methods For Physical Techniques Mental Tactics For Field Tennis Sports 4.00
    8520204510 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Table Tennis Sports Physical Training 4.00
    8520204511 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Boxing 4.00
    8520204515 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques For Wushu 4.00
    8520202132 Training Adaptive 2.00
    8520202141 Injury Prevention Or 2.00
    8520202193 Sports Seminars 2.00
    8520202219 Sports Technology And Information 2.00
    8520202059 Teaching Evaluation 2.00
    8520204493 Methods For Physical Training Mental Tactics Techniques For Aquatic 4.00
    8520204499 Methods For Physical Training Mental Tactics Techniques For Rowing Sports 4.00
    8520204500 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques For Floor Ball 4.00
    8520204512 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Karate Sports 4.00
    8520204517 Methods Of Physical Training Mental Tactics Techniques Archery Sports 4.00
    8520204513 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Rock Climbing Sports 4.00
    8520202148 Fitness Development 2.00
    8520204492 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Athletics Sports 4.00
    8520204516 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques For Bicycle Racing Sports 4.00
    8520204494 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Baseball Sports Planning Training 4.00
    8520204495 Methods Of Physical Training Techniques Mental Tactics Sports Basketball 4.00
    8520204496 Methods Of Physical Training Mental Tactics Techniques For Handball Sports 4.00
    8520204497 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques Volleyball Sports 4.00
    8520204498 Methods Physical Training Techniques Mental Tactics Badminton Sports 4.00
    8520204501 Physical Training Methods For Mental Tactics Techniques For Futsal Sports 4.00
    8520204514 Methods For Physical Training Mental Tactics Techniques For Wrestling Sports 4.00
    8520204502 Methods Mental Tactics Techniques Hockey Sports 4.00
    8520204503 Physical Training Methods For Mental Tactics Techniques For Pencak Silat Sports 4.00
    8520204504 Physical Training Methods Mental Tactics Techniques For Petanque Sports 4.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520202528 Mental Conditions Training 2.00
    8520204463 Regulations And Refereeing For Bridge Sports 4.00
    8520204442 Rules And Referees For Badminton Sports 4.00
    8520204462 Regulations And Refereeing, 4.00
    8520204443 Regulations And Refereeing Rowing 4.00
    8520204444 Regulations And Refereeing For Floorball Sports 4.00
    8520204445 Rules And Referees For Futsal Sports 4.00
    8520204459 Regulations And Refereeing For Wrestling Sports 4.00
    8520204446 Rules And Refereeing Hockey Sports 4.00
    8520204460 Regulations And Refereeing Judo 4.00
    8520204456 And Refereeing For Karate Sports 4.00
    8520204525 Rules And Referees For Archery Sports 4.00
    8520204458 Rules And Refereeing Rock Climbing Sports Rules 4.00
    8520204447 Rules And Refereeing For Pencak Silat 4.00
    8520204448 Regulations And Refereeing For Petanque Sports 4.00
    8520204449 Regulations And Refereeing For Gymnastics 4.00
    8520204526 Rules And Referees For Gymnastics Aerobics 4.00
    8520204450 Rules And Refereeing For Football Sports 4.00
    8520204451 Regulations And Refereeing For Sepak Takraw Sports 4.00
    8520204464 Rules And Refereeing For Roller Skating Sports 4.00
    8520204461 Tae Kwon Do Sports 4.00
    8520204452 Rules And Refereeing Fighting Sports Drajat 4.00
    8520204453 Rules And Refereeing For Field Tennis Sports 4.00
    8520204454 Rules And Refereeing For Table Tennis Sports 4.00
    8520204455 Rules And Refereeing For Boxing Sports 4.00
    8520204466 Rules And Refereeing Triathlon Sports 4.00
    8520204465 Regulations And Refereeing Of Wushu Sports 4.00
    8520202212 Spa 2.00
    8520203434 Sports Tests And Measurements 3.00
    8520202057 Evaluation 2.00
    8520202432 Physiotherapy Sports 2.00
    8520202143 Character Building 2.00
    8520202157 Victim Rescue Swimming Pool 2.00
    8520204435 Rules And Refereeing For Fencing Sports 4.00
    8520204585 Management Of Organizing Matches And Competitions For Tennis Sports 4.00
    8520204437 Regulations And Refereeing Aquatic Sports Regulations And Refereeing 4.00
    8520204436 Rules And Refereeing For Athletics 4.00
    8520204457 Rules And Refereeing Bicycle Racing 4.00
    8520204438 Regulations And Refereeing Baseball Sports 4.00
    8520204439 , Basketball Sports Regulations And Refereeing, Chess Sports 4.00
    8520204440 Regulations And Refereeing For Handball Sports 4.00
    8520204441 Rules And Refereeing For Volleyball Sports 4.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520202082 Journalism Sports 2.00
    8520202347 Basic Skills Sports Games 2.00
    8520202348 Basic Skills For Traditional Sports 2.00
    8520204533 Management Organizing Fencing Sports 4.00
    8520204534 Organizing Management Of Aquatic Sports 4.00
    8520204474 Badminton Sports Organizing Management 4.00
    8520204475 Organizing Management Of Rowing Sports 4.00
    8520204476 Management Organizing Floor Ball 4.00
    8520204477 Management Organizing Futsal Sports 4.00
    8520204535 Organizing Management Of The Wrestling Sport 4.00
    8520204478 Management Management For Hockey Sports 4.00
    8520204489 Organizing The Management Of The Archery Sport 4.00
    8520204479 Sports Management Organizing Pencak Silat Sports Physical Training 4.00
    8520204480 Management Of Petanque Sports 4.00
    8520204427 Methods Sports Tennis 4.00
    8520204490 Sports Training Practices 4.00
    8520203178 Learning Management For Islamic Economics 3.00
    8520203080 Instructor Aerobics 3.00
    8520204484 Management Of Organizing Fighting Sports 4.00
    8520204486 Table Tennis Sport 4.00
    8520204567 Introduction To The Field Of Schooling 4.00
    8520204488 Organizing Management Of Karate Sports 4.00
    8520204487 Sports Management Of Boxing Sports 4.00
    8520204468 Management Management Of Athletic Sports Organizing 4.00
    8520204470 Management Of Organizing Baseball 4.00
    8520204471 Management Organizing Basketball Sports 4.00
    8520204472 Management Of Handball Sports 4.00
    8520204473 Management For Organizing Volleyball Sports 4.00
    8520204481 Management Of Gymnastics Sports Organizing 4.00
    8520204532 Management Organizing The Football Sport 4.00
    8520204483 Management Organizing The Sepak Takraw Sport 4.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520206208 Thesis 6.00
    8520203062 Physiology Training 3.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya

    A. Evaluasi Kurikulum

    Evaluasi Kurikulum Prodi S-1 PKO UNESA mengacu pada indicator kelayakan kurikulum, kecukupan materi dan Metode pengajaran,kualitas dosen dan tenaga pendukung dan keberhasilan lulusan. Berikut ini adalah hasil evaluasi yang telah dilakukan;

    1. Evaluasi kelayakan kurikulum.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih cukup relevan dengan kebutuhan dan tuntutan dunia olahraga. Hal ini terlihat dari kesesuaian kurikulum PKO dengan Asosiasi Prodi PKO Indonesia dan beberapa Asosiasi Kepelatihan International. 

    2. Evaluasi kecukupan materi dan metode pengajaran.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa materi pelajaran dalam kurikulum PKO UNESA sudah cukup lengkap dan sesuai dengan kebutuhan dunia olahraga dan metode pembelajaran sudah menggunakan metode Case Metode dan PjBL (Projek Base Learning). 

    3. Evaluasi kualitas dosen dan tenaga pendukung.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kualitas dan kompetensi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO UNESA sudah cukup baik dilihat dari masing-masing dosen memiliki sertifikat kompetensi dibidang olahraga dan beberapa merupakan praktisi aktif dalam pembinaan olahraga prestasi. 

    4. Evaluasi keberhasilan lulusan.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa lulusan PKO UNESA memiliki tingkat keberhasilan yang baik dalam mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama masa studi ke dalam dunia kerja atau profesi yang mereka tekuni.

    Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum PKO UNESA masih perlu dikembangkan agar tetap sesuai dengan perkembangan terkini dalam dunia olahraga. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk mengidentifikasi perkembangan terkini dalam dunia olahraga dan mengintegrasikannya ke dalam kurikulum PKO UNESA. Selain itu, perlu juga dilakukan upaya untuk mengadakan program pelatihan atau peningkatan kualifikasi bagi dosen dan tenaga pendukung yang terlibat dalam penyelenggaraan kurikulum PKO.

    B. Tracer Study

    Hasil analisis tracer study, 34% alumni bekerja di pemerintahan seperti KONI, Dispora, Guru Olahraga SMP dan SMA, 27% di fitness center, 12% menjadi personal trainer dan sisanya bekerja di bidang lain-lain. Berdasarkan data tersebut maka dapat disimpulan bahwa lulusan telah bekerja sesuai dengan profil lulusan yang telah direncanakan oleh Prodi. Jika ditinjau dari keterkaitan materi perkuliahan dengan pekerjaan alumni, 34% alumni menyampaikan bahwa materi perkuliahan dengan dunia kerja sangat erat hubungannya, 19% menyampaikan erat, 19% cukup erat, dan 28% menyatakan tidak ada hubungan antara materi perkuliahan dengan dunia kerja mereka.

    Rekap PLO Program Studi Bachelor Of Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8
    Sports Nutrition Science 2 33.33% 16.67% 25% 16.67% 8.33% 100 %
    Methods of Physical Training Techniques Mental Tactics Rugby 7s 4 12.2% 14.63% 12.2% 14.63% 14.63% 12.2% 7.32% 12.2% 100 %
    Microteaching 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Metode Melatih Fisik Teknik Taktik Mental Cabor Angkat Berat 4 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Planning the Elite Training Program for Hockey Sports Athletes 3 28.57% 21.43% 21.43% 28.57% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of Sports Coaching Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Landasan Kurikulum

    Universitas Value

    Universitas Negeri Surabaya (UNESA) merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang memiliki university value yang sangat penting bagi masyarakat, mahasiswa, dan dunia pendidikan. Berikut adalah beberapa nilai yang ditawarkan oleh UNESA:

    Pendidikan yang Berkualitas Tinggi.

    UNESA menyediakan program pendidikan yang berkualitas tinggi di berbagai bidang studi, termasuk pendidikan, bahasa dan sastra, sains dan teknologi, serta seni dan desain. Fakultas-fakultas di UNESA dilengkapi dengan fasilitas modern dan tenaga pengajar yang berkualitas dan berpengalaman, sehingga mahasiswa dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja.

    Penelitian yang Berkualitas dan Berdampak pada Masyarakat.

    Selain fokus pada pendidikan, UNESA juga memiliki program penelitian yang aktif dan produktif. Para peneliti di UNESA terlibat dalam penelitian-penelitian yang berdampak pada masyarakat, seperti penelitian dalam bidang kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Dengan penelitian yang berkualitas, UNESA dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

    Pengabdian Kepada Masyarakat yang Aktif.

    Sebagai universitas negeri, UNESA juga memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan masyarakat. UNESA menyediakan berbagai program pelayanan masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pelatihan dan kursus, serta bantuan hukum. Dengan program pelayanan masyarakat yang aktif, UNESA dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat sekitar dan meningkatkan citra positif universitas.

    Kolaborasi dengan Industri.

     

    Landasan Filosofi

    UNESA juga memiliki kemitraan dengan berbagai industri dan organisasi di Indonesia dan luar negeri. Kolaborasi dengan industri ini memungkinkan UNESA untuk mengembangkan program-program pendidikan dan penelitian yang relevan dengan kebutuhan industri, sehingga mahasiswa UNESA siap menghadapi tantangan dunia kerja.

    Dengan value yang dimilikinya, UNESA telah menjadi universitas yang terkemuka di Indonesia dan diakui secara internasional. UNESA terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pelayanan masyarakatnya, serta memperkuat kemitraannya dengan industri untuk mencapai tujuan-tujuan strategisnya.

    Prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan olahraga berdiri berdasarkan amanat undang – undang berkaitan dengan sistem Keolahragaan. Undang – undang nomor 3 tahun 2005 memberikan definisi terhadap keolahragaan, olahraga, olahraga pendidikan dan olahraga prestasi. Keolahragaan adalah segala aspek yang berkaitan dengan olahraga yang memerlukan pengaturan, pendidikan, pelatihan, pembinaan, pengembangan, dan pengawasan. Olahraga adalah segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina, serta mengembangkan potensi jasmani, rohani, dan sosial. Olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani dan olahraga yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan yang konsisten dan berkelanjutan untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani. Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetisi untuk mencapai prestasi dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi keolahragaan. Tiga definisi tersebut merupakan bagian dari filosofi prodi dalam mencetak lulusan, yaitu menjadi guru olahraga dan pelatih olahraga. Kedua kompetensi ini akan didapat oleh mahasiswa dengan menyelesaikan 144 SKS yang harus diprogram. Kebutuhan tenaga guru olahraga dan pelatih olahraga sangat tinggi karena saat ini masyarakat sudah menjadikan kebugaran merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi. Tenaga olahraga guru dan pelatih olahraga merupakan profesi yang tidak dapat terpisahkan dalam menciptakan masyarakat Indonesia yang unggul, guru olahraga dari tingkat SD dan SMP merupakan pondasi penting dalam memberikan pemahaman pentingnya berolahraga di usia dini yang nanti akan berdampak pada segala aktivitas dimasa dewasa baik sebagai masyarakat biasa dan menjadi atlet. Guru SMA dan Pelatih olahraga merupakan berperan penting dalam peningkatan pencapaian terbaik pada peforma dan kepercayaan diri kelompok masyarakat untuk tampil pada level yang lebih tinggi dalam bidang olahraga. Filosofi inilah yang menjadikan prodi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga berdiri yaitu menciptakan generasi yang unggul melalui kegiatan Olahraga.

    Landasan Sosilogis

    Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) merupakan salah satu program studi yang terdapat di Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan sosiologis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

    Hubungan antara Prodi S-1 PKO dengan masyarakat

    Sebagai program studi yang berkaitan dengan olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki hubungan yang erat dengan masyarakat, terutama dengan komunitas olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi pada pengembangan olahraga di masyarakat, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas. Dalam hal ini, Prodi S-1 PKO UNESA perlu memahami kebutuhan dan harapan masyarakat terkait dengan olahraga, dan mengembangkan program-program yang relevan dengan kebutuhan tersebut.

    Fungsi Prodi S-1 PKO dalam pengembangan olahraga di Surabaya

    Sebagai program studi yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga, Prodi S-1 PKO UNESA memiliki peran yang penting dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Prodi S-1 PKO UNESA harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap kerja, yang akan berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya melalui perannya sebagai pelatih olahraga di klub, sekolah, dan komunitas olahraga lainnya. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu mengembangkan program-program pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kebutuhan masyarakat di bidang olahraga.

    Struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA

    Studi tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA melibatkan analisis tentang bagaimana program studi diorganisir dan dikelola, termasuk bagaimana keputusan diambil, struktur kekuasaan, dan hubungan antara dosen, staf, dan mahasiswa. Analisis tentang struktur dan dinamika internal Prodi S-1 PKO UNESA dapat membantu mengoptimalkan kinerja dan efektivitas program studi dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan olahraga.

    Dengan memperhatikan landasan sosiologis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan yang diselenggarakan, serta memberikan kontribusi yang lebih besar pada pengembangan olahraga di masyarakat. Oleh karena itu, Prodi S-1 PKO UNESA perlu terus melakukan kajian dan penelitian untuk mengembangkan strategi pengembangan yang lebih baik, dengan mempertimbangkan aspek-aspek sosiologis yang terkait dengan program studi ini.

    Landasan Historis

    Program Studi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memiliki landasan historis yang cukup penting. Berikut adalah beberapa hal yang terkait dengan landasan historis dalam kaitannya dengan Prodi S-1 PKO UNESA:

    Awal mula berdirinya Prodi S-1 PKO UNESA.

    Prodi S-1 PKO UNESA berawal dari dibukanya Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (PJK) di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya pada tahun 1964. Jurusan PJK tersebut kemudian menjadi Fakultas Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (FPJK) pada tahun 1968, dan pada tahun 2010 berubah menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) yang terdiri dari beberapa program studi, termasuk Prodi S-1 PKO.

    Perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya.

    Seiring dengan perkembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, kebutuhan akan pelatih olahraga yang berkualitas semakin meningkat. Hal ini mendorong IKIP Surabaya untuk membuka Jurusan PJK yang kemudian menjadi cikal bakal dari Prodi S-1 PKO UNESA. Dengan membuka Prodi S-1 PKO, UNESA berkontribusi pada pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya, khususnya dalam hal pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang berkualitas.

    Perkembangan dan peningkatan kualitas program studi.

    Sejak berdirinya Jurusan PJK di IKIP Surabaya, program studi tersebut terus mengalami perkembangan dan peningkatan kualitas. Pada awalnya, Jurusan PJK hanya menyelenggarakan program studi Diploma-III PJK, namun kemudian berkembang menjadi menyelenggarakan program studi Sarjana Pendidikan (S-1) PJK. Seiring dengan perubahan nama menjadi FPOK, program studi S-1 PJK kemudian berubah nama menjadi S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), sesuai dengan fokusnya pada pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga.

    Dengan memperhatikan landasan historis, Prodi S-1 PKO UNESA dapat memahami dan menghargai peran dan kontribusi yang telah diberikan oleh pendahulunya dalam pengembangan olahraga di Surabaya dan sekitarnya. Selain itu, Prodi S-1 PKO UNESA dapat mengambil pelajaran dari pengalaman dan perubahan yang telah terjadi, sehingga dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan pelatih olahraga yang diselenggarakan.

    Landasan Hukum

    1. Pancasila dan UUD 1945;

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);

    4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);

    5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

    6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;

    7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;

    8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);

    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;

    10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;

    11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;

    12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;

    13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;

    14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;

    15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;

    16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;

    17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;

    18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;

    19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;

    20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA