Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Unesa
Study Program | : | Indonesian Language Education |
Establishment Date | : | 2 April 2007 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif dalam ilmu kependidikan bahasa Indonesia yang berbasis kewirausahaan dengan pumpunan pada ke-BIPA-an dan literasi.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang beraksentuasi pada inovasi kependidikan bahasa Indonesiaâbaik pada penutur bahasa Indonesia maupun penutur asingâserta pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
- Menyelenggarakan penelitian yang berorientasi pada inovasi pendidikan bahasa Indonesia; pengembangan BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia
- Menyebarluaskan inovasi pendidikan bahasa Indonesia, pengembangan BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia melalui pengabdian pada masyarakat.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa Indonesia, BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia.
- Menyelenggarakan pengelolaan program studi yang akademis, transparan, akuntable, dan berorientasi masa depan sehingga menjadi pusat kajian ilmiah di bidang inovasi pendidikan bahasa Indonesia, BIPA, dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia
Tujuan
1) Menghasilkan lulusan yang mengembangkan ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa dan sastra Indonesia yang berakhlak mulia, profesional, berkecerdasan majemuk, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan dengan pumpunan pada bidang ke-BIPA-an dan literasi; 2) Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia yang unggul, berkualitas, dan inovatif dengan pumpunan pada bidang ke-BIPA-an dan literasi; 3) Menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa dan sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan dengan pumpunan pada bidang ke-BIPA-an dan literasi; 4) Mewujudkan terselenggaranya kerja sama dengan pemangku kepentingan (stakeholders) yang berkontribusi pada pendidikan bahasa Indonesia, BIPA, pengembangan ilmu bahasa dan sastra Indonesia, dan literasi; 5) Mewujudkan tata kelola prodi yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;Nilai_dasar
Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini pada Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia sejalan dan mengikuti nilai daras yang disemai di UNESA sebagai mana tercamtum dalam Statuta UNESA adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, innovAtif, inkluSif, belajaR sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, Amanah): • Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan seharihari dan memiliki daya juang. • Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah. • Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. • Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah. • Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman. • Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah. • Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas. • International: mendukung perguruan tinggi dalam pencapaian QS 200 dengan menginisiasi dan mengimplementasikan kerjasama-kerjasama luar negeri baik di bidang pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. • Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. • Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.Capaian Lulusan Program Studi Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
- Menjadi pendidik profesional pada tingkat nasional/internasional yang mampu mengaplikasikan teori pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, BIPA, serta literasi.
- Menjadi peneliti profesional pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, BIPA, serta literasi.
- Menjadi pengembang kurikulum pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, BIPA, serta literasi.
- Menjadi pengembang materi pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, BIPA, serta literasi.
- Menjadi wirausahawan pada bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, BIPA, serta literasi.
Struktur Kurikulum Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia 2021
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1234603001
3.00
1234602005
Literature In Indonesian Language Learning
2.00
1234602006
Literacy In Indonesian Language Education
2.00
1234603002
Innovative
3.00
1234602004
Indonesian Language Education Curriculum
2.00
1234602003
Philosophy Of Language And Literature Education
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1234602011
Innovative Learning For Bipa
2.00
1234602009
Variations And Changes In Language
2.00
1234602010
Pragmatics Education
2.00
1234602007
Kritik Sastra Mutakhir
2.00
1234603012
Field Study
3.00
1234603008
Research Methodology
3.00
Semester ke 3
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810102017
Creative Literary Learning
2.00
8810102018
Interdisciplinary Literature
2.00
8810102013
Curriculum Development Bipa
2.00
8810102019
Gender Studies In Indonesian Language Learning Learning
2.00
8810102016
Critical Discourse Analysis
2.00
8810102014
It-Based Indonesian Language Learning Innovation
2.00
8810102015
Applied Linguistics
2.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810102024
Research Proposal
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8810106023
Thesis
6.00
8810102025
Scientific Publication
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1234603001 | 3.00 | ||
1234602005 | Literature In Indonesian Language Learning | 2.00 | |
1234602006 | Literacy In Indonesian Language Education | 2.00 | |
1234603002 | Innovative | 3.00 | |
1234602004 | Indonesian Language Education Curriculum | 2.00 | |
1234602003 | Philosophy Of Language And Literature Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1234602011 | Innovative Learning For Bipa | 2.00 | |
1234602009 | Variations And Changes In Language | 2.00 | |
1234602010 | Pragmatics Education | 2.00 | |
1234602007 | Kritik Sastra Mutakhir | 2.00 | |
1234603012 | Field Study | 3.00 | |
1234603008 | Research Methodology | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810102017 | Creative Literary Learning | 2.00 | |
8810102018 | Interdisciplinary Literature | 2.00 | |
8810102013 | Curriculum Development Bipa | 2.00 | |
8810102019 | Gender Studies In Indonesian Language Learning Learning | 2.00 | |
8810102016 | Critical Discourse Analysis | 2.00 | |
8810102014 | It-Based Indonesian Language Learning Innovation | 2.00 | |
8810102015 | Applied Linguistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810102024 | Research Proposal | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8810106023 | Thesis | 6.00 | |
8810102025 | Scientific Publication | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dan tracer study di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Indonesia dilakukan setiap tahun sekali. Evaluasi kurikulum pada tingkat Prodi dilakukan oleh tim kurikulum prodi. Evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum fakultas. Adapun evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum universitas.
Rekap PLO Program Studi Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Curriculum Development Bipa | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Interdisciplinary Literature | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Gender Studies in Indonesian Language Learning Learning | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Innovative Learning Materials and Media | 2 | 8.33% | 8.33% | 14.58% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 6.25% | 14.58% | 14.58% | 99.97 % | |
Kritik Sastra Mutakhir | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Research methodology | 3 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |
Variations and Changes in Language | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Pragmatics Education | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Innovative Learning For Bipa | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Field Study | 3 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Indonesian Language Learning Assessment | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
IT-Based Indonesian Language Learning Innovation | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Applied Linguistics | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Critical Discourse Analysis | 2 | 11.36% | 11.36% | 11.36% | 9.09% | 11.36% | 11.36% | 11.36% | 11.36% | 11.36% | 99.97 % | ||
Creative Literary Learning | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Research Proposal | 2 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |
Thesis | 6 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||
Scientific Publication | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Literature in Indonesian Language Learning | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Literacy in Indonesian Language Education | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Indonesian Language Education Curriculum | 2 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Philosophy of Language and Literature Education | 2 | 13.46% | 13.46% | 7.69% | 11.54% | 13.46% | 13.46% | 13.46% | 13.46% | 99.99 % | |||
Innovative | 3 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Innovative Learning Materials and Media | 3 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||
Innovative Learning For Bipa | 3 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||
Thesis | 7 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % |
Indonesian Language Education Curriculum | 3 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Research Proposal | 3 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % | |
Indonesian Language Learning Assessment | 3 | 13.79% | 3.45% | 13.79% | 13.79% | 13.79% | 13.79% | 13.79% | 13.79% | 99.98 % | |||
Literacy in Indonesian Language Education | 3 | 15.15% | 15.15% | 15.15% | 15.15% | 15.15% | 3.03% | 3.03% | 15.15% | 3.03% | 99.99 % | ||
Scientific Publication | 4 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Indonesian Language Education
Universitas Negeri Surabaya
Pengembangan kurikulum Prodi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia didasari oleh landasan yuridis berikut.
1) Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945;
2) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
4) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
5) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen;
6) Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Studi;
7) Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia;
8) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 73 tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi;
9) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi,
10) Panduan Pengembangan dan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi: Pendekatan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan Pendidikan Berbasis Capaian
11) Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya.
Selain landasan yuridis, Pengembangan kurikulum Prodi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia juga didasari oleh landasan
University Value
Sebagai pendidikan tinggi yang pada mulanya berbentuk isnstitut kependidikan dengan tugas menyiapkan tenaga kependidikan dan mengembangkan ilmu kependidikan, tetapi selanjutnya memperoleh perluasan mandat mengembangkan ilmu murni hingga menjadi universitas, Universitas Negeri Surabaya menetapkan motto Growing with Characters. Dengan motto itu, aktivitas akademik di Unesa berupaya dan berpumpunkan pada pengembangan karakter mahasiswa sebagaimana filosofi pendidikan sebagai pengarakteran. Karakter yang dikembangkan pada para mahasiswa terumus dalam Idaman Jelita, yakni berIman, cerDAs, MANdiri, Jujur, pEduLI, dan TAngguh. Selain itu, untuk memacu segenap civitas akademika bergerak secara sinergis era kompetitif, motto kerja Unesa adalah Unesa satu langkah di depan.
Filosofis
Menurut faham determinisme, manusia adalah makhluk simbol (homo simbolicum). Manusia berbeda dengan makhluk yang lain karena mampu menciptakan dan mengunakan simbol-simbol. Tidak ada dalam hidup manusia tanpa simbol. Simbol paling sempurna yang diciptakan dan dikuasai manusia adalah bahasa. Prodi Magister (S-2) Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan kelanjutan dari Prodi S-1 Pendidikan bahasa dan Sastra Indonesia serta Prodi S-1 Sastra Indonesia yang dikembangkan untuk mendidik para mahasiswa agar dapat menguasai bahasa sebagai simbol, baik penguasaan secara pragmatis maupun penguasaan secara teoretis. Penguasaan secara pragmatis memumpunkan arah aktivitas pembelajaran pada penciptaan inovasi pembelajaran dan BIPA, sedangkan secara teoretis memumpunkan arah aktivitas pembelajaran pada penguasaan teori-teori pendidikan, bahasa, dan sastra untuk menjadi ahli dalam bidang pendidikan bahasa Indonesia. Manakala keduanya tercapai, maka para lulusan akan menjadi semakin manusiawi dengan bahasa dan sastra yang dikuasianya baik secara pragmatis maupun secara teoretis. Dengan demikian landasan filosofis kedua adalah filsafat humanisme. Segala aktivitas pendidikan bahasa dan sastra dengan kurikulum yang dikembangkan disikapi sebagai proses humanisasi, pemanusiawian manusia.
Sosiologis
Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai bagian dari Universitas Negeri Surabaya berada pada wilayah sosiologis regional Kota Surabaya, Jawa Timur. Itu berarti, dari segi bahasa dan budaya Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia bersentuhan dengan situasi berbahasa yang majemuk, yang berkaitan dengan teknologi dan cenderung terjadi di kota besar. Ditambah lagi dengan penggunaan bahasa Indonesia oleh penutur asing yang saat ini cenderung berdiam di Surabaya. Begitupun dari segi demografis, penduduk kota Surabaya, dan Jawa Timur umumnya, terdapat beragam suku, beraaneka bidangkerja. Kondisi sosiologis yang majemuk serta tidak lepas dengan perkembangan teknologi tersebut berkontribusi sebagai pertimbangan dalam pengembangan kurikulum Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia Unesa.
Historis
Berdasarkan aspek historis, lulusan S-1 pendidikan bahasa Indonesia/sastra Indonesia yang melanjutkan studi ditampung di Prodi S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra. Adanya kebutuhan akan keselarasan dengan nomenklatur dan guna kepentingan lulusan, maka didirikan Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia, yang izinnya diterbitkan pada Februari 2021. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan pecahan dari Prodi S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra yang berkonsentrasi pada pengembangan inovasi pembelajaran serta BIPA, serta merupakan kelanjutan dari Prodi S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Sastra Indonesia. Aspek sejarah tersebut serta pengembangan keilmuan pendidikan bahasa Indonesia, bahasa, dan sastra melandasi juga pengembangan kurikulum pada Prodi S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved